Bacaterus / Film Anime / Butuh Tontonan? Ini 10 Rekomendasi Anime School Terbaik

Butuh Tontonan? Ini 10 Rekomendasi Anime School Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Banyak orang yang sepakat kalau masa-masa paling berkesan dalam hidup adalah masa sekolah. Ada banyak suka dan duka terukir di masa itu. Waktu kita masih sekolah, mungkin kita sering merasa malas, tapi semuanya berubah setelah kita lulus. Berkesannya masa sekolah akan semakin terasa setelah kita lulus dan melanjutkan hidup di kampus atau dunia kerja.

Dengan kesan yang begitu kuat, nggak heran kalau banyak seniman yang mengangkat dunia sekolah ketika berkarya. Mereka berlomba menghasilkan karya terbaik di bidang masing-masing. Ada lagu, novel, film, sampai anime. Pada kesempatan ini, yang akan diulas adalah 10 anime school terbaik dengan berbagai tema menarik. 

1. Angel Beats [2010]

Angel Beats [2010]

Mau anime school yang berbumbu fantasy? Angel Beats nggak boleh kamu lewatkan. Kamu akan dibawa berkenalan dengan Otonashi Yuzuru. Anak laki-laki yang hilang ingatan setelah perkelahiannya. Dia terbangun di sebuah sekolah yang sedang bertarung melawan Tenshi.

Otonashi Yuzuru nggak ingat apa pun, bahkan dia nggak ingat siapa dirinya sendiri. Kemudian dia bertemu Yuri seorang pemimpin organisasi. Organisasi itu didirikan untuk melawan yang memberi takdir buruk. Ada aksi, drama, fantasi yang dikemas dengan baik melalui anime school ini. Nggak lupa adegan lucu yang menjadi pelengkap di setiap episodenya. 

2. Sket Dance [2011]

Sket Dance [2011]

Kalau anime school yang satu ini ceritanya terfokus pada kegiatan klub bernama Sket Dance. Klub itu mendedikasikan diri untuk membantu siswa-siswi yang ada di SMA Kaimei. Anggotanya ada tiga orang, Fujisaki Yusuke, Otonashi Yuzuru, dan Usui Kazuyoshi. Merekalah yang selalu siap sedia membantu menyelesaikan masalah siswa-siswi.

Kisahnya nggak cuma unik tapi juga sangat menarik. Bayangkan betapa serunya kehidupan masa sekolah jika ada klub yang memang mendedikasikan diri untuk membantu siswa yang punya masalah. Kamu bisa menikmati keseruannya dengan menonton anime school Sket Dance ini di waktu luang kamu.

3. Teasing Master Takagi-san [2018]

Teasing Master Takagi-san [2018]

Waktu sekolah, kita pasti punya satu teman yang jahil. Namun, justru karena dialah hari-hari sekolah jadi terasa ceria. Cerita itu diangkat oleh anime school yang ini, judul aslinya Karakai Jouzu no Takagi-san. Ini tentang Nishikata murid SMP yang selalu menjadi korban kejahilan Takagi, gadis yang duduk di sebelahnya.

‘Kalau kau tersipu, kau kalah’ itulah yang dikatakan Takagi. Nishikata bersumpah akan membalas perbuatan Takagi. Dia mencoba berbagai cara dan selalu gagal. Anime ini memang berfokus pada cerita tentang mereka, cerita khas remaja yang ringan dan sangat menghibur. Sebelum nonton, siapkan hati dulu, ya. Anime school yang ini berpotensi bikin kamu baper. 

4. Ghost at School [2000]

Ghost at School [2000]

Ya, anime school yang ini memang dirilis tahun 2000. Namun, karya yang bagus nggak akan pernah hilang ditelan waktu. Jadi, kamu nggak usah khawatir sama kualitas ceritanya. Untuk pencinta anime yang lahir tahun 90-an, Ghost at School adalah salah satu anime school yang paling membekas.

Di sana Satsuki menemukan bagunan lama dari sekolah barunya. Waktu Satsuki memasukinya, bangunan itu terasa angker. Satsuki menemukan buku harian yang ternyata milik mendiang bunya. Di dalamnya tertulis cara-cara menidurkan hantu yang pernah dihadapi oleh ibunya dulu. Maka dimulailah petualangan Satsuki dan kawan-kawan menghadapi para hantu.

5. Classrom of The Elite [2017]

Classrom of The Elite [2017]

Di kehidupan sehari-hari kita akrab dengan istilah ‘sekolah bergengsi’. Kamu bisa melihat sekolah sejenis itu di dalam anime school yang satu ini. Ceritanya tentang SMA Koudo Ikusei, sekolah elite dengan fasilitas terbaik. Murid-muridnya diberi kebebasan penuh termasuk untuk masalah penampilan.

Terkesan menyenangkan, tapi hanya yang terbaik dari yang terbaiklah yang diperlakukan dengan baik. Hanya murid kelas A yang mendapat perlakuan istimewa. Nasib yang terbalik harus diterima oleh murid kelas D seperti Kiyotaka. Dia dan teman-temannya punya tujuan yang sama; mereka ingin menaikkan peringkat kelasnya. Berhasil nggak ya?

6. From Me To You [2009]

From Me To You [2009]

Judul aslinya, Kimi ni Todoke. Anime school yang satu ini termasuk anime yang bisa dengan mudah menyentuh hati penontonnya. Karena sebenarnya, kita memang lemah kalau melihat orang baik tertindas. Termasuk ketika kita melihat Sawako, gadis lugu dan baik yang dijauhi teman-temannya, bahkan dia dijuluki Sadako karena penampilannya.

Sawako nggak berubah, dia tetap menjalankan prinsip hidupnya yakni ‘satu kebaikan setiap hari.’ Dia memang kurang pandai mengekspresika kebaikannya yang kemudian membuat teman-temannya salah paham. Lalu, hadirlah sosok Kazehaya, cowok paling populer di sekolah yang membantu Sawako supaya bisa bergaul.

7. Ouran High School Host Club [2006]

Ouran High School Host Club [2006]

Ouran High School adalah sekolah elite tempatnya anak-anak dari keluarga berada bersekolah. Haruhi, cewek tomboy yang berasal dari keluarga berekonomi menengah ke bawah bisa bersekolah di sana karena pengaruh beasiswa. Pada suatu hari, Haruhi mencari tempat yang sepi untuk belajar tapi dia malah nyasar ke tempat aneh yang ternyata adalah Host Club.

Tempat itu dikelola oleh 6 orang cowok yang juga murid sekolah itu. Haruhi nggak sengaja memecahkan vas mahal milik Host Club itu. Karena nggak mampu mengganti, Haruhi harus jadi pelayan di Host Club itu. Karena penampilannya, orang-orang mengira kalau dia itu cowok. Dimulailah petualangan Haruhi mejadi cowok yang melayani Host Club itu.

8. Hyouka [2012] 

Hyouka [2012] 

Sebenarnya, Oreki nggak mau jadi murid yang menonjol. Malah dia punya moto yang berbunyi, ‘Aku nggak akan melakukan hal yang nggak perlu aku lakukan, tapi kalau aku harus melakukan sesuatu, aku akan menyelesaikannya dengan cepat’. Namun, kakaknya meminta Oreki untuk bergabung dengan klub sastra SMA Kamiyama.

Di klub itulah dia bertemu dengan orang-orang baru yang punya berbagai karakter menarik. Oreki yang sebelumnya selalu bertindak seperlunya terpaksa terlibat menyelesaikan banyak kasus misteri yang terjadi di sekolahnya. Petualangan dia dan orang-orang di klub sastra menyajikan banyak cerita menarik yang akan menghibur kamu.

9. The Master of Killing Time [2014]

The Master of Killing Time [2014]

Kamu pasti pernah kenal dengan seseorang yang nggak bisa diam. Kalau diperhatikan, kelihatannya ada saja hal-hal yang dia kerjakan. Bahkan seringkali hal-hal itu nggak penting buat kamu tapi terasa menyenangkan buat dia. Itulah yang dirasakan oleh Yokoi. Di kelas, dia duduk di sebelah Seki-kun yang nggak bisa diam.

Selama di kelas, Seki-kun selalu sibuk sendiri. Dia nggak memperhatikan guru yang mengajar, malah asyik bermain di mejanya. Seringkali dia membuat berbagai permainan unik di mejanya. Yokoi selalu menegur tapi pada akhirnya dia malah terbawa suasana dan terhanyut dalam permainan yang dimainkan oleh Seki-kun. Seseru apa kisah mereka? Nonton saja, ya! 

10. The Pet Girl of Sakurasou [2013]

The Pet Girl of Sakurasou [2013]

Kalau kamu suka seni, mungkin kamu akan cocok dengan anime school yang satu ini. Latar cerita yang diangkat adalah sekolah khusus seni. Sorata adalah murid di sekolah itu dan dia tinggal di asrama reguler seperti murid lainnya. Sorata itu pecinta kucing yang nggak bisa melihat kucing terlantar. Namun, aturan asramanya melarang penghuni memelihara hewan.

Sorata dipindahkan ke asrama Sakura, tempatnya murid-murid yang melanggar aturan. Sorata merasa nggak enak hati karena mengira akan berdampingan dengan murid-murid pembangkang. Namun, ternyata dia salah. Terutama setelah kedatangan Shina, siswi cantik pindahan dari Inggris. Anehnya, anak itu sangat polos bahkan nggak bisa mengurus diri sendiri.

Dari 10 anime school terbaik yang diulas di atas, kira-kira mana yang paling menarik menurut kamu? Tentu saja masih banyak anime school seru lainnya yang belum sempat diulas. Kamu bisa ikut menambahkan kalau punya rekomendasi anime school yang belum diulas di atas. Kolom komentar sudah disediakan untuk kamu yang ingin ikut menambahkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *