bacaterus web banner retina

Butuh Tontonan? Ini 10 Rekomendasi Anime School Terbaik

Banyak orang yang sepakat kalau masa-masa paling berkesan dalam hidup adalah masa sekolah. Ada banyak suka dan duka terukir di masa itu. Waktu kita masih sekolah, mungkin kita sering merasa malas, tapi semuanya berubah setelah kita lulus.

Berkesannya masa sekolah akan semakin terasa setelah kita lulus dan melanjutkan hidup di kampus atau dunia kerja. Dengan kesan yang begitu kuat, nggak heran kalau banyak seniman yang mengangkat dunia sekolah ketika berkarya.

Mereka berlomba menghasilkan karya terbaik di bidang masing-masing. Ada lagu, novel, film, sampai anime. Pada kesempatan ini, yang akan diulas adalah 10 anime school terbaik dengan berbagai tema menarik.

1. Boku no Hero Academia

anime school terbaik_Boku no Hero Academia_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action
  • Produksi: Bones
  • Sutradara: Nagasaki Kenji
  • Pengisi Suara: Yamashita Daiki, Okamoto Nobuhiko, Miyake Kenta, Sakura Ayane, Ishikawa Kaito
  • Jumlah Episode: 13

Boku no Hero atau yang dikenal juga dengan judul My Hero Academia ini terinspirasi dari karakter superhero Amerika pada komik Marvel dan DC. Anime ini menceritakan kisah sekolah bergengsi dengan siswa yang unik-unik dan sedang didik untuk menjadi pahlawan.

Adalah Izuku Midoriya, seorang siswa SMA yang ambisius yang bercita-cita menjadi seorang pahlawan. Kegigihan Midoriya telah membuahkan hasil hingga akhirnya dia bertemu All Might yang merupakan pahlawan nomor satu dan idolanya.

Beruntungnya, Midoriya mendapatkan quirk dari All Might dan menjadi penerusnya. Seperti apakah kisah Midoriya bersama teman-teman barunya yang sedang belajar untuk menjadi pahlawan tersebut?

2. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

anime school terbaik_Code Geass Hangyaku no Lelouch_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Taniguchi Gorou
  • Pengisi Suara: Fukiyama Jun, Yukana, Koshimizu Ami, Sakurai Takahiro
  • Jumlah Episode: 25

Anime ini merupakan anime orisinal yang diproduksi di studio Sunrise. Anime ini juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dengan kategori seri anime terbaik. 

Cerita pada anime ini mengikuti kisah seorang siswa dari Inggris bernama Lelouch Lamperouge yang terjebak dalam sebuah perang. Baku tembak yang terjadi adalah antara pasukan bersenjata pemberontakan Britannian dan Area 11.

Lelouch mampu melarikan diri dan bertemu dengan seorang gadis misterius yang memberikannya sebuah ‘Kekuatan Raja’. Menyadari kekuatan besar yang baru dimilikinya itu, lelouch kemudian mulai melakukan perjalanan berbahaya untuk membalas dendam.

3. Toradora!

anime school terbaik_Toradora!_

Toradora! Diadaptasi dari seri novel ringan karya Takemiya Yuyuko dan Yasu. Anime ini merupakan seri komedi romantis yang mengikuti kisah Taiga dan Ryuuji. Mereka berdua memiliki sifat yang bertolak belakang.

Ryuuki merupakan seorang pria lemah lembut, baik hati, tapi wajahnya terlihat seperti berandalan. Sementara Taiga adalah seorang siswa perempuan yang memiliki tubuh kecil seperti boneka, terlihat rapuh, tapi memiliki jiwa yang semangat dan dikenal dengan julukan ‘Harimau Palmtop’. 

Suatu ketika, terjadi serangkaian kesalahpahaman yang membuat mereka membentuk aliansi untuk bisa dekat dengan orang yang mereka taksir. Tapi, karena kedekatan mereka yang aneh, mulai tersebar desa-desus tentang hubungan keduanya.

4. Shigatsu wa Kimi no Uso

anime school terbaik_Shigatsu wa Kimi no Uso_

Anime ini mengikuti kisah seorang pemuda bernama Kousei Arima yang dikenal sebagai anak ajaib, karena bisa memainkan piano dengan sempurna. Dia selalu memenangkan lomba berkat ibunya yang selalu melatihnya dengan ketat. 

Namun, suatu ketika, ibunya Kousei meninggal dunia dan membuatnya menjadi trauma dan tak bisa mendengar suara piano lagi. Setelahnya Kousei menjalani hidup yang tenang dan sederhana sebagai siswa SMA bersama teman-temannya.

Hidup Kousei mulai berubah ketika dia bertemu dengan seorang gadis eksentrik, Kaori Miyazono, yang merupakan pemain biola. Dengan sedikit kebohongan, Kousei dan Kaori menjadi semakin lebih dekat dan dunia Kousei pun mulai penuh warna kembali.

5. Angel Beats!

Angel Beats [2010]
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Supernatural
  • Produksi: P.A. Works
  • Sutradara: Seiji Kishi
  • Pengisi Suara: Hiroshi Kamiya, Harumi Sakurai, Kana Hanazawa
  • Jumlah Episode: 13

Mau anime school yang berbumbu fantasy? Angel Beats nggak boleh kamu lewatkan. Kamu akan dibawa berkenalan dengan Otonashi Yuzuru. Anak laki-laki yang hilang ingatan setelah perkelahiannya. Dia terbangun di sebuah sekolah yang sedang bertarung melawan Tenshi.

Otonashi Yuzuru nggak ingat apa pun, bahkan dia nggak ingat siapa dirinya sendiri. Kemudian dia bertemu Yuri seorang pemimpin organisasi. Organisasi itu didirikan untuk melawan yang memberi takdir buruk.

Ada aksi, drama, fantasi yang dikemas dengan baik melalui anime school ini. Nggak lupa adegan lucu yang menjadi pelengkap di setiap episodenya. 

6. Jujutsu Kaisen

anime school terbaik_Jujutsu Kaisen_

Jujutsu Kaisen diadaptasi dari seri manga shounen fantasi gelap karya Akutami Gege. Anime ini menceritakan seorang siswa SMA bernama Yuuji Itadori, yang memiliki kekuatan fisik kuat.

Banyak klub olahraga yang menginginkannya bergabung, tapi Yuuji malah bergabung dengan klub paranormal yang dikenal dengan Klub Ilmu Gaib. Sampai suatu ketika, Yuuji menemukan sebuah benda terkutuk.

Benda tersebut memicu timbulnya rantai kejadian supernatural. Yuuji pun terdorong ke dunia kutukan, dimana terdapat makhluk mengerikan yang terbentuk dari kedengkian dan sifat negatif manusia.

7. Ansatsu Kyoushitsu

anime school terbaik_Ansatsu Kyoushitsu_

Ansatsu Kyoushitsu atau yang dikenal juga dengan Assassination Classroom merupakan anime yang cukup hype beberapa tahun kebelakang. Anime ini mengisahkan sebuah sekolah yang melatih muridnya untuk menjadi seorang pembunuh.

Suatu ketika, terjadi ledakan di bulan yang menjadikan bulan berbentuk sabit. Sesosok makhluk mengaku kalau dia bertanggung jawab atas kehancuran tersebut.

Dia juga mengklaim akan menghancurkan dunia pada bulan Maret tahun berikutnya. Namun, tak ada kekuatan militer yang dapat melawannya. Namun, makhluk yang kemudian dikenal dengan julukan Koro-Sensei ini mengajar di sekolah SMP Kunugigaoka.

Kini, nasib dunia ada di tangan para siswa tersebut, khususnya siswa kelas 3-E di sekolah Kunugigaoka. Para siswa pun mencari cara untuk membunuh guru mereka agar dapat menyelamatkan dunia sekaligus mendapatkan uang sebesar sepuluh miliar yen.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Serial Anime Assassination Classroom

8. Ao no Exorcist

anime school terbaik_Ao no Exorcist_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Fantasy
  • Produksi: A-1 Pictures
  • Sutradara: Okamura Tensai
  • Pengisi Suara: Watanabe Akeno, Fukuyama Jun
  • Jumlah Episode: 25

Manusia dan iblis merupakan dua makhluk yang hidup di dunia berbeda. Dua dimensi tersebut tidak dimaksudkan untuk saling mengganggu satu sama lain. Namun, iblis mulai merasuki manusia di dunia Assiah. Dan manusia yang bisa melawan iblis tersebut dikenal dengan pengusir setan.

Adalah Rin Okumura, seorang anak laki-laki biasa yang ternyata adalah anak dari iblis. Ayah angkatnya telah mengorbankan diri untuk menyelamatkannya dari setan. Demi bisa membalas dendam atas kematian ayah angkatnya tersebut, Rin memutuskan untuk menjadi seorang pengusir setan.

9. Haikyuu!!

anime school terbaik_Haikyuu!!_

Adalah Hinata, seorang pemuda yang mulai tertarik dengan permainan bola voli setelah melihat ‘raksasa kecil’ yang memainkan olahraga tersebut.

Meskipun debutnya dalam bola voli gagal dan dikalahkan oleh Kageyama, dia tidak berkecil hati dan mendaftarkan diri untuk bergabung ke SMA Kurasuno yang merupakan almamater dari ‘raksasa kecil’. Hinata percaya, kalau dia bisa selangkah lebih maju untuk mencapai tujuannya menjadi pemain bola voli profesional.

Namun, ternyata musuhnya selama ini sekarang satu sekolah dengan Hinata dan satu tim bola voli. Kemudian mereka bersama-sama bermain di tim bola voli dan bersumpah akan mencapai turnamen tingkat nasional.

10. Kill la Kill

anime school terbaik_Kill la Kill_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Comedy, Ecchi
  • Produksi: Trigger
  • Sutradara: Amemiya Akira
  • Pengisi Suara: Koshimizu Ami, Yuzuki Ryouka, Suzaki Aya, Seki Toshihiko
  • Jumlah Episode: 24

Setelah pembunuhan ayahnya, Ryuuko Matoi berusaha mencari pembunuhnya. Kemudian Ryuuko masuk ke sebuah sekolah SMA yang berbeda dari yang lain.

Sekolah yang dimaksud yaitu Akademi Honnouji, yang diperintah oleh seorang presiden dewan siswa yang berhati dingin, Satsuki Kiryuin dan bawahannya yang dikenal dengan Elite Four.

Di sekolah tersebut, terdapat sebuah hierarki yang sangat kompetitif. Satsuki akan memberikan sebuah pakaian khusus yang dikenal dengan Seragam Goku, yang bisa memberikan pemakainya kemampuan manusia super. 

Di rumahnya, Ryuuko menemukan Senketsu, pakaian Dewa yang langka dan hidup. Setelah bersentuhan dengan darah Ryuuko, Senketsu langsung menempel pada dirinya dan memberinya kekuatan besar.

Setelah memiliki senjata tersebut, Ryouko berusaha melawan Elite Four dan berharap bisa bertemu dengan Satsuki, juga mengungkap pelaku pembunuhan ayahnya.

Dari 10 anime school terbaik yang diulas di atas, kira-kira mana yang paling menarik menurut kamu? Tentu saja masih banyak anime school seru lainnya yang belum sempat diulas. Kalau ingin rekomendasi anime school yang bertemakan magis, kamu bisa mampir ke artikel Anime Magic School Terbaik ini.

Jangan ragu juga untuk ikut menambahkan kalau punya rekomendasi anime school yang belum Bacaterus ulas di atas. Kolom komentar sudah disediakan untuk kamu yang ingin ikut menambahkan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram