Bacaterus / Film Anime Romantis / 10 Anime Sad Ending Terbaik yang Akan Menguras Air Mata

10 Anime Sad Ending Terbaik yang Akan Menguras Air Mata

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Membahas anime memang tidak akan ada habisnya, selalu ada berbagai genre yang siap menemani apapun mood menonton yang kamu inginkan. Untuk melengkapi playlist anime yang wajib kamu tonton, Bacaterus sudah rangkum beberapa anime dengan ending sedih yang dijamin akan menguras emosi serta air mata berikut ini.

1. Hotaru no Haka

Hotaru no Haka

Hotaru no Haka atau yang disebut juga Grave of Fireflies merupakan kisah kakak beradik, Seita dan Setsuko yang kehilangan segalanya karena Perang Dunia ke-2. Saat itu Amerika membombardir Jepang sehingga kota-kota hancur dan menjadi rata dengan tanah.

Seita dan Setsuko yang telah kehilangan orang tua mereka kini hidup sebagai yatim piatu dan berusaha bertahan dari perang terjadi. Anime ini menggambarkan bagaimana dampak perang terhadap orang-orang khususnya anak-anak.

Karena hidup tanpa tujuan dan arah Seita dan Setsuko hidup kelaparan dan juga terkena wabah. Seiring perjalanan mereka, mereka menyadari bahwa dalam keadaan mendesak orang baik pun dapat menjadi jahat.

Dapatkah Seita dan Setsuko bertahan dari perang dan takdir yang menimpa mereka ini?

2. Plastic Memories

Plastic Memories

Plastic Memories menggunakan setting masa depan dimana manusia berhasil menciptakan Android yang sangat mirip dengan manusia. Android yang diberi nama “Giftias” ini memiliki jangka kehidupan yang terbatas, yaitu hanya 81.820 jam atau 9 tahun 4 bulan.

Tsukasa Mizugaki, merupakan salah satu karyawan yang bekerja di Perusahaan Sion Artificial Intelligence yang memproduksi Giftias. Dirinya bekerja di terminal satu yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan Giftias yang sudah expired sebelum para Giftias kehilangan memori dan menjadi jahat.

Tsukasa bekerja bersama seorang Giftias cantik bernama Isla untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Meski Isla memiliki penampakan yang mungil dan tenang, namun Isla merupakan Giftias terbaik dalam sejarah pembuatan Giftia.

Sejauh ini mungkin kamu sudah bisa tebak dong apa yang terjadi? Tsukasa mulai jatuh cinta pada Isla, namun Tsukasa juga harus berpacu dengan waktu untuk  mengungkapkan perasaannya sebelum Isla kehabisan waktu. “Tidak peduli betapa seseorang menginginkan sesuatu, tidak ada hal yang bertahan selamanya”, mungkin itulah ungkapan yang cocok untuk keadaan yang dialami oleh Tsukasa.

3. Kimi no Suizou wo Tabetai

Kimi no Suizou wo Tabetai

Kimi no Suizou wo Tabetai merupakan salah satu movie anime dengan plot twist menyedihkan dan tidak terduga sama sekali. Protagonis dari anime ini bernama Haruki Shiga tidak memiliki keinginan untuk berinteraksi dengan siapapun. Dia juga percaya bahwa orang-orang juga tidak peduli dengan keberadaannya.

Kehidupan Haruki mulai berubah saat secara tidak sengaja dirinya menemukan diary salah satu murid populer sekolahnya, Sakura Yamauchi. Sakura kemudian memberitahu rahasianya pada Haruki bahwa ia memiliki penyakit pankreas dan waktu yang dimilikinya sudah sangat sedikit. Sakura selalu menyembunyikan penyakitnya ini bahkan pada sahabatnya sendiri, selain Haruki orang yang mengetahui ini hanyalah keluarganya.

Meski pada awalnya dirinya tidak bersimpati pada Sakura, pada akhirnya Haruki menjadi partner Sakura dalam menjalani hari-hari terakhirnya. Berkat Sakura, Haruki akhirnya meninggalkan kehidupan membosankannya dan mengetahui arti dari kehidupan itu sendiri.

4. Angel Beats!

Angel Beats

Berlatar belakang sekolah di kehidupan setelah kematian, cerita berfokus pada Otonashi yang mendapati dirinya terbangun di dunia setelah kematian. Satu-satunya yang dapat ia ingat setelah terbangun hanyalah namanya. Otonashi kemudian bertemu dengan Yuri yang menjelaskan tentang kehidupan setelah kematian ini.

Otonashi juga diajak bergabung dalam Shinda Sekai Sensen (Front Pertempuran Akhirat). Sesuai judul anime ini, Angel Beats!, SSS memiliki tujuan untuk mengalahkan seorang gadis bernama Tenshi (malaikat). Otonashi tidak percaya begitu saja bahwa Tenshi merupakan gadis jahat yang harus dilawan, meski pada akhirnya usahanya untuk dekat dengan Tenshi tidak berjalan lancar.

Meski memutuskan untuk bergabung dengan SSS, Otonashi perlahan mulai dekat dengan Tenshi dan mengetahui rahasia dari dunia setelah kematian ini.

5. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e

Anime movie satu ini merupakan adaptasi dari manga karya Yuki Midorikawa dengan judul yang sama, menceritakan tentang persahabatan dan cinta tentang dua orang yang seharusnya tidak bertemu. Hotarubi no Mori e dimulai dengan pertemuan Hotaru Takegawa saat berusia 6 tahun dengan roh hutan bernama Gin.

Gin membantu Hotaru untuk keluar dari hutan, dan dari pertemuan mereka ini juga Hotaru mengetahui bahwa manusia tidak boleh menyentuh Gin karena saat itu terjadi, Gin akan menghilang.

Gin sudah memperingatkan Hotaru untuk tidak kembali ke hutan, namun dirinya tetap selalu menemui Gin setiap liburan musim panas. Meski terpisah dunia dan jarak yang tidak membolehkan mereka bersentuhan, kedekatan mereka tetap menjadi kisah yang sangat romantis.

6. Ano Hi Mita Hana no namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Ano Hi Mita Hana no namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Ano Hana bercerita tentang arwah Honma “Menma” Meiko yang mendatangi Jintan untuk mengabulkan satu permintaannya yang belum terpenuhi agar dirinya dapat pergi ke akhirat. Pada awalnya Jintan tidak mempedulikan kehadiran Menma karena mengira dirinya hanya berhalusinasi karena gelombang panas. Lagi pula, Menma yang Jintan tahu sudah meninggal bertahun-tahun lalu.

Karena Menma selalu ada di hadapannya, Jintan pun mulai percaya bahwa yang menemuinya adalah jiwa Menma. Menma meminta Jintan untuk mengumpulkan semua teman masa kecil mereka yang telah berpisah sejak kematiannya.

Pertemuan mereka membangkitkan kembali rasa sakit dan perasaan bersalah karena kematian Menma. Tidak hanya membantu Menma memenuhi permintaan terakhirnya, tetapi mereka juga harus move on dari perasaan mereka dan melanjutkan hidup.

7. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

Satu lagi anime romantis dengan sad ending yang sukses menguras air mata adalah Shigatsu wa Kimi no Uso. Arima Kousei, seorang pianis jenius yang kehilangan kemampuannya untuk mendengar suara piano. Kousei kemudian bertemu dengan violinis bernama Miyazono Kaori.

Kaori membuat Kousei sekali lagi terjun ke dalam dunia yang telah ditinggalkannya dan membuat dirinya kembali bermain piano. Bermain musik dengan Kaori juga membuat Kousei menyadari bahwa bermain piano tidak hanya tentang kesempurnaan nada.

Pada akhirnya Kaori berhasil membuat Kousei kembali bermain piano, namun Kaori sebenarnya menyembunyikan sebuah rahasia dari Kousei. Apakah Kousei dapat menerima kenyataan dari rahasia Kaori dan tetap bermain piano?

8. 5 Centimeter per Second

5 Centimeter per Second

5 Centimeter per Seconds merupakan kisah asmara antara Takaki Toono dan Akari Shinohara. Takaki dan Akari kemudian harus berpisah karena kepindahan Akari ke kota lain. Meski terpisah jarak, mereka tetap berhubungan dengan saling berkirim surat.

Seiring waktu berjalan, Takaki dan Akari melanjutkan kehidupan mereka masing-masing. Jarak diantara mereka semakin lama semakin menjauh, komunikasi diantara mereka pun semakin berkurang. Meski begitu, mereka tetap mengingat kenangan saat bersama dan masih berharap untuk dapat bertemu kembali.

5 Centimeter per Second merupakan sebuah penggambaran bagaimana jarak dapat menghapus banyak hal, dan pada akhirnya hanya meninggalkan kenangan.

9. Nana

Nana

Nana bercerita tentang dua wanita muda yang memiliki nama sama namun, dengan kepribadian yang bertolak belakang. Nana Komatsu merupakan gadis yang naif dan sangat bergantung pada orang lain. Dia juga sangat ingin lepas dari kehidupan lamanya dan mencari hal yang benar-benar ingin dilakukannya.

Di sisi lain, Nana Osaki, seorang vokalis dari punk rock  band memiliki kepercayaan diri tinggi dan ingin menjadi seorang penyanyi profesional. Pertemuan Nana Komatsu dan Nana Osaki di kereta menandai awal dari perjalanan dan kisah mereka berdua.

Mereka pada akhirnya tinggal di apartemen yang sama, persahabatan mereka menjadi semakin dekat dan mereka berjanji untuk saling support satu sama lain. Namun, tidak ada hubungan tanpa masalah, begitu pula hubungan duo Nana ini. Hubungan, romansa, musik, serta patah hati juga melengkapi persahabatan mereka, namun apakah mereka dapat melewati itu semua dan mempertahankan persahabatan mereka?

10. Tokyo Magnitude 8.0

Tokyo Magnitude 8.0

Dari judulnya mungkin sudah dapat ditebak bahwa anime satu ini mengangkat tema bencana alam, yaitu gempa bumi. Anime ini bercerita tentang Mirai Onozawa yang merasa muak dengan keadaan keluarganya dan berharap semuanya hancur. Pemikiran negatif dari Mirai menjadi kenyataan karena gempa dengan kekuatan 8.0 magnitudo mengguncang Jepang setelahnya.

Saat gempa terjadi, Mirai dan adiknya, Yuki, sedang berada di Odaiba untuk melihat pameran robot. Saat di mereka di Odaiba ini gempa 8.0 magnitudo pun mengguncang provinsi Kanto. Kakak beradik ini menyaksikan kekuatan dari bencana alam yang kemudian memporak-porandakan Kanto.

Setelah kejadian ini Murai dan Yuki bertemu dengan  Mari Kusakabe, yang kemudian membantu mereka untuk kembali ke rumah dan bertemu dengan keluarga mereka. Apakah Mirai dan Yuki berhasil bersatu dengan keluarga mereka?

Gimana nih anime sad ending terbaik versi Bacaterus? Apakah sudah cukup sedih untuk menguras emosi dan air mata kamu? Jangan lupa bagikan pengalaman kamu menonton anime-anime ini di kolom komentar ya. Simak juga artikel anime terbaik dengan rating IMDb tertinggi ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *