Bacaterus / Film Anime Romantis / Mau Dibikin Baper? ini 10 Rekomendasi Anime Romance School

Mau Dibikin Baper? ini 10 Rekomendasi Anime Romance School

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Setelah kamu lulus dari sekolah, kira-kira apa sih yang paling dikenang dari masa sekolah? Rumus-rumus mungkin akan terlupakan pelan-pelan, tapi romance yang terukir di sana akan tetap terkenang bahkan sampai hari tua. Itulah yang membuat romance school seringkali dijadikan tema dalam film, komik, serial, bahkan anime.

Kalau kamu suka anime, kamu pasti akan suka anime romance school. Selain menghibur, kadang-kadang, anime romance school juga bikin baper. Setelah nonton, jadi terkenang lagi masa-masa sekolah. Terutama kalau ternyata kehidupan setelah lulus nggak lagi seindah itu. Mau dibikin baper? Ini 10 rekomendasi anime romance school.

 1. Ao Haru Ride [2014]

Ao Haru Ride [2014]

Siapa sih yang nggak mengalami cinta monyet waktu remaja? Futaba dan Tanaka Kou dipertemukan di kuil oleh hujan yang menahan mereka pulang. Kedekatan mereka dimulai dari sana sampai kemudian Kou mengajak Futaba ke Festival Musik Musim Panas. Futaba menunggu, tetapi ternyata Kou nggak pernah datang. Bahkan Futaba juga nggak melihatnya di sekolah.

Tiga tahun kemudian, ketika sudah jadi murid SMA, Futaba kembali ke kuil yang sama dan bertemu dengan sosok yang nggak asing. Namun, keduanya sudah sama-sama berubah. Dari sanalah cerita mereka dimulai, tentang cinta masa muda, persahabatan, dan trauma. Cocok kalau kamu sedang ingin memanggil kembali ingatan masa remaja.

2. Kimi no Na Wa [2016]

Kimi no Na Wa

Kalau kamu suka cerita yang nggak biasa, anime romance school yang satu ini bisa jadi pilihan. Ini bukan cuma tentang cerita romantis masa sekolah tetapi juga dibumbui cerita fantasi. Ini tentang Mitsuha, siswi SMA yang tinggal di sebuah desa di pegunungan. Bosan hidup di desa, Mitsuha punya keinginan untuk pergi ke Tokyo.

Sementara itu, Taki adalah seorang siswa SMA di Tokyo. Suatu hari, dua remaja itu mengalami keanehan di dalam tidurnya. Mitsuha bermimpi menjadi seorang laki-laki, sementar Taki bermimpi menjadi seorang perempuan yang tinggal di desa asing. Waktu bangun, mereka mendapati kalau tubuh mereka tertukar. Cerita yang seru untuk disimak di waktu luang.

3. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (Oregairu) [2013]

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

 Anime romance school yang satu ini sebenarnya berjudul Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru, tapi karena terlalu panjang jadi lebih dikenal dengan judul Oregairu. Kalau kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan sosial dan masalah psikologis, kamu akan menyukai anime romance shool yang ini.

Berkisah tentang Hachiman yang terasing dari pergaulan. Dia punya pandangan hidup negatif tetapi logis dan realistis, berbeda dengan teman sebayanya. Maka, dia memutuskan untuk menjadi seorang penyendiri. Sampai akhirnya dia dipaksa gurunya bergabung dengan Klub Relawan. Di sanalah dia bertemu dengan Yukino, siswi tercantik dan terpandai.

4. School Rumble [2004]

School Rumble

Saking bagusnya, anime romance school yang pertama kali rilis tahun 2004 ini masih banyak direkomendasikan oleh para penggemar anime sampai saat ini. Salah satu faktornya adalah karena cerita yang disajikan cukup dekat dan relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Nggak susah untuk membawa kita masuk ke dalam ceritanya.

Bercerita tentang keseharian anak-anak SMA Yagami. Tokoh utamanya seorang siswi ceroboh yang nggak ahli dalam bidang apa pun bernama Tenma Tsukamoto. Dia jatuh cinta kepada siswa yang dingin dan pendiam bernama Karasuma Ooji. Cerita yang ringan tetapi menyentuh serta keunikan para karakternya menjadi daya tarik utama anime ini.

5. Fukumenkei Noise [2017]

Fukumenkei Noise

Kamu suka musik? Kalau iya, Fukumenkei Noise akan cocok untuk mengisi waktu luang kamu. Anime Romance School ini dibumbui dengan musik sebagai faktor yang menggerakkan cerita. Judul Inggrisnya adalah Anonimous Noise, mungkin karena karakter utamanya yang bernama Nino selalu memakai masker.

Nino sangat suka bernyanyi, namun di masa kecilnya dia harus mengalami kehilangan sahabat. Pertama Momo yang sama-sama suka bernyanyi tapi tiba-tiba menghilang. Lalu Yuzu, yang pandai menggubah lagu yang juga menghilang. Nino jadi nggak mau bernyanyi lagi, dia jadi seorang gadis penyendiri yang selalu memakai masker. Bagaimana kalau mereka bertemu lagi?

6. ReLife [2016]

ReLife

 Cerita yang disajikan anime romance school berjudul ReLife cukup unik. Bagaimana jadinya kalau sorang pengangguran berumur 27 tahun yang selalu gagal dapat pekerjaan berubah jadi ABG berumur 17 tahun dan kembali ke sekolah? Itulah yang terjadi pada Kaizaki Arata.

Hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan Yoake Ryou dari ReLife Research Institute yang menawarinya untuk menjadi subjek penelitian. Kaizaki diberi obat yang membuat tubuh 27 tahunnya kembali menjadi 17 tahun. Dia juga kembali hidup sebagai siswa SMA. Lalu seperti apa Kaizaki Arata selama masa percobaannya? Temukan sendiri jawabannya di anime ini, ya!

7. Seiren [2017]

Seiren

Keunikan utama dari anime romance school yang satu ini adalah punya tiga jalan cerita yang berbeda. Ini tentang siswa SMA bernama Kamita Shouici yang bertemu dengan tiga orang gadis dengan karakter yang berbeda-beda. Pertama, Hikari yang selalu cerita dan sering menggoda Kamita tanpa ampun.

Lalu ada juga Tooru yang sulit berkomunikasi sekaligus seorang gamer yang kompetitif. Ditambah teman masa kecil Kamita yang bernama Kyouko. Kyouko adalah penggemar manga shoujo yang kadang kenakanakan. Ketiga gadis ini diceritakan melalui tiga jalan cerita yang terpisah. Seperti apa kisah Kamita Shouici dengan mereka? Ayo luangkan waktu buat nonton!

8. Nisekoi [2014]

Nisekoi

Kalau bicara soal Jepang, kita pasti nggak asing dengan yang namanya Yakuza. Itulah yang akan jadi pembeda anime romance school yang satu ini. Tenang, yang dibahas bukan soal Yakuza tetapi anak dari salah satu petinggi Yakuza, Ichijou Raku namanya. Dia adalah satu-satunya pewaris kepala Yakuza dari keluarga Shuei-gumi.

Seorang gadis cantik bernama Kirisaki Chitoge baru saja masuk ke kelas Raku sebagai siswi pindahan. Dia adalah putri kepala gangster. Suatu keadaan memaksa Raku untuk menjadi pacar Chitoge. Padahal, mereka sama sekali nggak cocok dan Raku sebenarnya naksir teman sekelasnya yang bernama Kisaki. Inilah kisah cinta palsu Raku yang akan menghibur kamu. 

9. Orange [2016]

Orange

Pernah nggak senyum-senyum sendiri waktu menonton atau membawa kisah manis dunia remaja? Kurang lebih, seperti itulah kamu kalau menonton anime romance school yang berjudul Orange ini. Apa yang akan terjadi kalau kamu menerima surat dari masa depan? Tepatnya, dari dirimu sendiri 10 tahun yang akan datang? Itulah yang terjadi pada Naho.

Dia menerima surat dari yang mengaku dirinya di masa depan. Sejak hari itu, hidupnya nggak sama lagi. Surat itu bilang kalau di kelasnya akan ada murid baru bernama Kakeru dan dia harus mengawasi murid itu. Naho harus mengambil banyak keputusan, bukan cuma untuk masa depannya tapi juga untuk masa depan Kakeru. Simak sendiri kisah mereka di waktu luang, ya!

10. Kokoro Connect

Kokoro Connect

Kalau kamu suka cerita supernatural, anime romance school yang satu ini cocok buat kamu. Bercerita tentang anggota Klub Penelitian Budaya di SMA Yamaboshi. Mereka mengalami kejadian aneh. Tiba-tiba saja, tubuh mereka tertukar secara acak. Hal itu membuat hidup mereka nggak sama lagi.

Sejak saat itu mereka kerap mengalami fenomena aneh. Persahabatan mereka yang meriah dan romantis khas remaja pun diuji karena peristiwa aneh yang mereka alami. Bagaimana kelanjutan anime school romance yang dibumbui unsur supernatural ini? Sebaiknya luangkan waktu untuk menonton, ya!

itulah 10 rekomendasi anime romance school. Kalau kamu lagi cari hiburan atau memang mau dibikin baper, anime romance school yang tertulis di atas bisa jadi pilihan. Kira-kira, yang mana yang bikin kamu tertarik? Atau mungkin ada anime romance school yang seru dan belum tertulis? Kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *