bacaterus web banner retina

So Sweet! 20 Anime Romantis Ini Punya Cerita Happy Ending

Tidak semua kisah romantis berakhir dengan happy. Kadang hal inilah yang membuat para penonton menjadi gemas, atau malah kadang menilai bahwa tayangan yang baru saja mereka tonton itu jelek, karena memiliki konklusi yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Tapi memang, jika kita menyimak kisah dua insan yang saling jatuh hati, tentu kita ingin mereka berbahagia bersama. Kadang juga kita tahu, bahwa sebenarnya hubungan kedua karakter utama akan berakhir dengan manis, tapi kita juga dibawa larut bahkan kadang tersesat dalam sebuah plot twist.

Kamu sendiri kira-kira tipe orang yang mana, lebih suka nonton film dengan happy ending atau sesuatu yang tidak dapat ditebak sebelumnya? Kali ini, kita akan menyimak daftar anime romantis yang memiliki akhir yang membahagiakan. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Kaguya Sama: Love is War

kaguya sama_

Anime ini adalah anime komedi romantis yang bisa menghibur para penontonnya. Ceritanya fokus pada dua tokoh utama yakni Miyuki dan Kaguya yang memiliki kemistri yang luar biasa.

Miyuki Shirogane dan Kaguya Shinomiya adalah dua orang perwakilan teratas badan siswa di Akademi Shuchiin yang terkenal. Miyuki menjabat sebagai ketua OSIS yang dihormati oleh rekan-rekannya dan menjadi siswa dengan peringkat terbaik di negaranya. 

Sementara Kaguya adalah wakil ketua OSIS yang merupakan putri tertua dari keluarga Shinomiya yang kaya dan sangat mahir dalam segala bidang. Hal tersebut membuat iri semua siswa dan mereka dianggap sebagai pasangan yang sempurna.

Sebenarnya mereka berdua sama-sama tertarik satu sama lain, tapi mereka tidak mengakuinya. Salah satunya menganggap hal tersebut akan dianggap rendah dan mempertaruhkan harga dirinya, sehingga mereka berdua melakukan berbagai cara untuk membuat salah satunya menyatakan perasaannya.

2. Horimiya

horimiya_

Anime ini menceritakan tentang dua pemain utama, yaitu Hori Kyouko dan Miyamura Izumi yang merupakan murid SMA di satu sekolah yang sama.

Di sekolahnya, Hori dikenal sebagai siswi yang cantik dan pintar, sehingga banyak laki-laki yang ingin mendekati dirinya. Sementara Miyamura adalah siswa yang terlihat pemurung dan tidak populer, kebalikan dari Hori.

Tapi, mereka berdua memiliki rahasia yang tidak diketahui oleh teman sekelasnya yang lain. Kemudian, takdir mempertemukan mereka berdua di luar sekolah.

Meskipun memiliki kepribadian yang bertolak belakang, tapi mereka berdua bisa berbagi tentang hidup dan menjadi teman. Bahkan, keduanya sering menghabiskan waktu bersama di rumah Hori.

3. Sakamichi no Apollon

sakamichi no appollon_

Sakamichi no Apollon adalah sebuah anime yang memiliki cerita persahabatan, musik dan kisah cinta yang heartwarming. Anime ini hadir dengan tiga pemain utama yang memiliki hubungan unik karena disatukan oleh musik jazz.

Kaoru Nishimi adalah seorang pianis klasik yang introvert dan seorang siswa papan atas. Ia baru saja tiba di Kyushu untuk tahun pertamanya di SMA, setelah selama masa kecilnya ia selalu berpindah-pindah tempat dan harus menyesuaikan diri. 

Hidup Kaoru yang biasanya sepi mulai berubah ketika ia bertemu dengan Sentarou Kawabuchi yang dikenal karena nakal. Sentarou sangat menyukai musik jazz dan membuat Kaoru terinspirasi untuk mempelajari genre musik tersebut, hingga suatu ketika Sentarou menjadi teman pertama Kaoru.

Sepulang sekolah, Kaoru bermain piano di ruang bawah tanah toko kaset milik keluarga Ritsuko Mukae. Saat itu, ia menemukan suatu hal yang menyenangkan karena menggunakan bakat musiknya, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi untuk orang lain juga. Mungkin, musim panas kali ini akan berbeda dengan musim panas yang telah Kaoru alami selama ini.

4. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

seishun buta yarou_
Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Kaito Ishikawa Asami Seto

Anime ini menceritakan kisah protagonis yang membantu para gadis yang ada di sekitarnya. Ketika itu, sindrom pubertas yang cukup langka dianggap sebagai sebuah mitos dan penyakit langka yang hanya akan menyerang para remaja. Gejalanya bersifat supernatural, sehingga hampir tidak ada yang mengenali gejala tersebut.


Suatu ketika, seorang siswa SMA bernama Sakuta Azusagawa mengalami sindrom pubertas tersebut. Sindrom itu merupakan hal yang umum terjadi di sekolahnya.

Sementara Mai Sakurajima adalah seorang siswa SMA yang telah terkenal sejak ia menjadi seorang aktris cilik. Tapi, baru-baru ini ia berhenti dari dunia artis dengan alasan yang tidak bisa ia ceritakan di depan publik.

Meskipun ia terkenal, tidak ada yang berani mendekatinya di sekolah, hingga Sakuta melihat dirinya berkeliaran di perpustakaan dengan mengenakan kostum gadis kelinci.

Mai mengetahui kalau ia sedang mengalami sindrom pubertas dan saat Sakuta ingin mencoba membantu Mai, ia malah terlibat ke dalam lingkungan gadis-gadis yang juga menderita penyakit yang sulit dipahami.

5. Nodame Cantabile

nodame cantabile_

Bagi penggemar anime atau drama Jepang tahun 90-an, pasti sudah tidak asing dengan anime yang satu ini. Nodame Cantabile menceritakan kisah romantis antara Chiaki Shinichi dan Noda Megumi yang disatukan oleh musik klasik.

Shinichi Chiaki adalah seorang musisi ternama yang memiliki mimpi bisa tampil di hadapan orang elit di Eropa. Chiaki berasal dari keluarga terhormat dan dia dikenal sebagai seorang yang perfeksionis. Tidak hanya perfeksionis, ia merupakan orang yang kritis, baik pada dirinya maupun kepada orang lain. 

Shinichi sudah menjalani tahun keempat di universitas musik ternama di Jepang. Kebetulan di sana ia bertemu dengan Noda Megumi, atau yang sering menyebut dirinya sebagai, Nodame.

Dari luar, Nodame tampak seperti seorang gadis yang tidak tahu arah hidup dan berantakan. Tapi, ketika Shinichi mendengarkan Nodame bermain piano, untuk pertama kalinya ia merasa kagum dengan jenis musik yang dimainkan oleh Nodame. 

Hal yang mengejutkan adalah, Nodame merupakan tetangganya sendiri yang tak pernah dia sadari. Lebih parah dan mengejutkan lagi, Shinichi mulai jatuh cinta kepada Nodame.

6. Kamisama Kiss

kamisama kiss_

Jika kamu mencari anime romantis antara manusia dan youkai, Kamisama Kiss atau Kamisama Hajimemashita bisa masuk ke dalam list kamu. Ceritanya berpusat pada kisah seorang gadis tunawisma bernama Nanami yang kini hidup di sebuah kuil milik dewa. 

Di sana, Nanami ditemani oleh roh penunggu sekaligus pelayannya. Salah satu roh tersebut adalah Tomoe.

Tomoe memiliki wajah yang tampan dan membuat dirinya dikagumi kemana pun dia pergi. Nanami jatuh cinta pada Tomoe, namun, Tomoe menganggap hal tersebut adalah tabu. Kemudian, Nanami membuat sebuah kontrak dengan Tomoe dan sama-sama menjadi dewa.

Setelah itu, kehidupan Nanami menjadi tidak mudah karena muncul ancaman baru. Akankah kisah cinta mereka bersemi dan Nanami bisa mengatasi masalah yang muncul tersebut?

7. Toradora!

Toradora!

Toradora! dinilai sebagai salah satu anime romantis dengan tema sekolah terbaik. Kisahnya sendiri adalah tentang Ryuji Takasaku, seorang pemuda yang sering dianggap murid bengal karena memiliki sorot mata yang bisa dibilang ‘tidak baik-baik’.

Ia kemudian menyukai Minori Kusheida, teman satu kelasnya. Satu kali ia bertemu dengan seorang gadis bernama Taiga Aisaka, teman baik Minori. Tanpa disangka-sangka, Taiga ternyata menyukai Yusaku Kitamura yang merupakan teman baik dari Ryuji.

Mengetahui bahwa mereka saling menyukai sahabat masing-masing, Ryuji dan Taiga pun memutuskan untuk bekerjasama demi mendapatkan tambatan hati mereka. Anime komedi romantis ini diawali dengan adegan-adegan jenaka yang lama kelamaan akan membuat kita tersentuh.

8. Bakuman

bakuman_

Jika kamu bukan tipikal orang yang terlalu menyukai kisah romantis sebagai inti cerita, mungkin anime ini cocok untuk kamu tonton. Dengan kisah romantis yang berakhir happy ending, petualangan para tokoh pemainnya semakin seru untuk disaksikan.

Moritaka Masahiro adalah seorang anak laki-laki yang bermimpi bisa menjadi seorang mangaka seperti pamannya, Tarou Kawaguchi, yang menciptakan manga populer saat ia masih kecil.

Tapi, karena suatu hal, ia menyerah dengan mimpinya dan fokus menghabiskan hari-harinya dengan belajar di SMA untuk menjadi seorang pegawai suatu hari nanti.

Suatu hari, Akito Takagi, teman sekelas Moritaka yang merupakan seorang siswa peringkat atas di sekolahnya, memperhatikan gambar yang ada di buku catatan milik Moritaka.

Melihat bakat yang dimiliki Moritaka, Akito mendekatinya dan mengusulkan bersama-sama menjadi mangaka.

Akito terus berusaha untuk meyakinkan Moritaka, bahkan sampai mengiming-imingi Moritaka. Akito berkata, jika ia menjadi seorang mangaka, ada kemungkinan ia bisa mendapatkan hati gadis yang disukainya, Miho Azuki.

Selain itu, ia bisa mengajaknya menjadi seorang pengisi suara di anime adaptasi dari manga mereka. Kemudian, mereka pun mulai menjadi seorang mangaka dengan nama penanya ‘Muto Ashirogi’.

9. Lovely Complex

Lovely Complex

Risa Koizumi dan Atsushi Ōtani memiliki perbedaan fisik yang kentara. Sementara Risa memiliki tinggi tubuh 172 sentimeter, postur tubuh Atsushi ‘hanya’ 156 sentimeter, bahkan perbedaan tersebut sering menjadi bahan gunjingan kawan-kawan mereka di sekolah. Risa lantas menyukai Ryouji Suzuki, pemuda yang memiliki postur tubuh lebih tinggi dari dirinya.

Atsushi sendiri menyukai Chiharu Tanaka, lalu ia dan Risa pun memutuskan untuk bekerjasama hingga akhirnya Ryouji dan Chiharu justru menjalin hubungan asmara. Namun situasi tersebut akhirnya justru membuat Risa dan Atsushi yang sebelumnya memiliki hubungan bak kucing dan anjing menjadi lebih dekat.

10. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

yahari ore no seishun love comedy wa machigatteru_

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru, atau yang dikenal juga dengan OreGairu, adalah adaptasi anime dari manga dengan judul yang sama karya Wataru Watari. Animenya diadaptasi ke dalam tiga season yang masing-masing tayang pada tahun 2013, 2015 dan 2020. 

Ceritanya mengikuti kisah siswa bernama Hachiman Hikigaya, seseorang yang pesimis, tertutup dan realistis. Ia memiliki kemampuan menganalisa karakter orang lain karena pengalaman buruk yang pernah dialaminya. Hachiman dipaksa oleh gurunya untuk bergabung dengan klub layanan sukarelawan di sekolahnya.

Yukino Yukinoshita adalah satu-satunya anggota klub sukarelawan yang cantik dan memiliki julukan ‘Putri es’ karena sifatnya yang dingin. Akhirnya, Hachiman bergabung dan kemudian disusul oleh anggota ketiga, yaitu Yui Yuigahama yang memiliki sifat ceria dan ramah. 

Klub tersebut memiliki tugas untuk membantu para siswa menghadapi problematikanya, sekaligus memecahkan permasalahan tersebut. Akankah mereka bertiga bisa membantu permasalahan siswa lainnya, sementara mereka sendiri pun memiliki masalahnya masing-masing?

11. Kaichou Wa Maid Sama

kaichou wa maid sama_

Kisah komedi romantis anime Kaichou Wa Maid sama ini dijamin bikin kamu senyum-senyum karena tingkah lucu dari Misaki dan Usui yang menjadi karakter utamanya.

Ceritanya mengikuti kisah Misaki yang menjadi ketua OSIS perempuan pertama di SMA yang memiliki sebuah rahasia. Rahasia yang Misaki sembunyikan dari orang lain adalah pekerjaan paruh waktunya sebagai pelayan di maid cafe.

Suatu ketika, salah satu siswa laki-laki terkenal di sekolahnya mengunjungi kafe tempatnya bekerja paruh waktu. Semenjak mengetahui rahasia Misaki, hubungan mereka mulai tumbuh menjadi love and hate relationship.

12. Spice and Wolf

spice and wolf_

Spice and Wolf dikenal dengan judul Ookami to Koushinryou dalam bahasa Jepang. Anime ini merupakan sebuah anime adaptasi dari light novel populer dengan judul yang serupa. Kisahnya mengikuti dua karakter utama, yaitu Holo dan Kraft Lawrence. 

Kraft adalah seorang lelaki berusia 25 tahun yang bekerja sebagai pedagang keliling. Ia menawarkan berbagai barang dari satu kota ke kota lainnya. Sementara Holo adalah dewa serigala kuat yang dihormati di sebuah kota kecil di Pasloe.

Namun seiring waktu berjalan, orang-orang semakin mandiri dan Holo kini hanya dikenal sebagai cerita rakyat belaka.

Suatu ketika, Holo bertemu dengan Kraft dan menawarkan diri untuk jadi mitra bisnisnya. Kraft mengakui kemampuan Holo dan menerima tawaran tersebut. Sekarang mereka berdua memiliki toko sendiri. Namun ketika Kraft mencari peluang ekonomi lainnya, Kraft menyadari suatu hal lain kepada Holo yang tak diduga-duga.

13. Hachimitsu to Clover

hachimitsu to clover_

Hachimitsu to Clover adalah anime heartwarming dengan kisah masa muda yang meliputi cinta, serta pencarian jati diri yang dibalut dengan hubungan yang rumit dan kompleks di antara lima teman baik.

Salah satu karakter utamanya adalah Yuuta Takemoto, seorang mahasiswa tahun kedua di sebuah perguruan tinggi seni yang berbagi tempat tinggal di sebuah apartemen murah bersama dua orang senior.

Shinobu Morita adalah orang yang eksentrik tapi selalu gagal lulus karena jarang masuk kuliah. Sementara Takumi Mayama adalah seorang senior yang bijaksana dan baik kepada Takemoto, serta sering mencarikan jalan keluar untuk Yuuta.

Takemoto tidak terlalu memikirkan masa depan dirinya, sampai akhirnya ia bertemu dengan Hagumi Hanamoto saat musim semi tiba. Takemoto langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. 

Hagumi memiliki bakat seni dan merupakan mahasiswa di universitas yang sama dengan Takemoto. Hagumi berteman dengan Ayumi Yamada, seorang mahasiswa terkenal dari jurusan tembikar.

Ayumi sudah mengenal tiga orang teman Takemoto dan diam-diam memendam perasaan kepada salah satu dari mereka.

14. Clannad

clannad_

Clannad adalah adaptasi anime dari visual novel dengan judul yang sama. Clannad menceritakan kisah seorang siswa berandalan bernama Tomoya Okazaki yang merasa tidak masalah jika ia menyia-nyiakan waktu sekolahnya. Ia menjalin persahabatan dengan Sunohara, karena memiliki selera humor yang sama.

Suatu hari Tomoya bertemu dengan Nagisa, seorang siswa yang mengulang kelas karena suatu hal. Nagisa ingin mengaktifkan kembali klub drama sekolah, kemudian dibantu oleh Tomoya yang mulai memperhatikan Nagisa sejak pertemuan pertamanya.

Setelah membantu Nagisa dan teman-teman gadis lainnya, Tomoya mulai menyadari kalau hidup ini tidak membosankan. Kalau menonton anime ini jangan lupa juga untuk menonton season keduanya, Clannad After Story.

15. ReLIFE

relife_

ReLIFE merupakan anime adaptasi dari manga dengan judul yang sama. Ceritanya mengikuti kisah seorang pria bernama Arata Kaizaki yang berusia 27 tahun dan masih menganggur.

Suatu ketika, ia bertemu dengan seorang pria misterius bernama Ryou Yoake. Ia membutuhkan Arata sebagai tester untuk sebuah eksperimen yang bisa membawanya kembali ke 10 tahun yang lalu, saat ia masih SMA.

Kini Arata kembali menjadi seorang siswa SMA dan mulai menyesuaikan diri lagi. Awalnya ia yakin kalau dirinya bisa melalui kehidupan ‘keduanya’ ini. Namun semua perkiraannya salah, bahkan ia tidak bisa mengikuti kebijakan sekolah yang baru. 

Arata berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalunya. Arata perlahan-lahan mulai menyukai kehidupan keduanya dan mulai bisa menikmati hidup bersama teman-teman sekelasnya.

16. My Love Story!!

My Love Story!!

Kebanyakan pria mendambakan tubuh yang atletis bahkan kekar supaya dapat memikat wanita. Tapi apa yang dialami oleh Takeo Gōda berbeda dari yang ia harapkan.

Badannya yang tinggi besar dan berotot memang membuat teman-teman prianya segan terhadap dirinya, tapi para gadis menilai bahwa sosok Takeo tersebut menyeramkan.

Suatu ketika, Takeo menyelamatkan seorang gadis bernama Rinko Yamato yang cantik dan auto jatuh hati pada gadis itu.

Tapi, Takeo malah sibuk menjadi mak comblang bagi teman-temannya yang juga menyukai Rinko, sementara memendam perasaannya. My Love Stroy!! merupakan adaptasi dari manga karya penulis Kazune Kwahara dan artist Aruko.

17. Tsuki Ga Kirei

tsuki ga kirei_

Tsuki ga Kirei merupakan anime romantis yang menceritakan dua siswa SMA, Akane dan Kotaro yang jatuh cinta untuk pertama kalinya dan berjuang untuk mempertahankan hubungan mereka. Mungkin anime ini merupakan anime dengan kisah cinta yang cukup polos dan bisa saja terjadi di dunia nyata. 

Pada tahun ajaran baru, Kotaro dan Akane menjadi teman sekelas untuk pertama kalinya. Meskipun awalnya merasa asing, tapi mereka berdua beberapa kali bertemu secara kebetulan, dan akhirnya muncul benih-benih cinta diantara mereka.

Rasa rindu, hati yang berdebar-debar ketika bertemu, merupakan cinta pertama yang tiba-tiba menyelinap begitu saja ke dalam kehidupan keduanya. Tapi rasa cemas dan sakit hati pun datang silih berganti. Tak hanya itu, mereka juga terlibat persaingan dengan orang sekitar.

Namun, suatu ketika, pada saat bulan purnama yang indah, Kotaro memberanikan dirinya untuk menyatakan perasaannya kepada Akane; pernyataan yang akan merubah kehidupan dirinya dan juga hubungan mereka berdua.

18. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Karena pembawaannya, Sawako Kuronuma dijuluki Sadako oleh teman-temannya. Ia dianggap mengerikan, sehingga disamakan dengan karakter dari film horror The Ring tersebut. Bahkan, ia dianggap bisa melihat hantu dan mampu menyematkan kutuk pada orang lain.

Satu kali, Sawako yang introvert dan tidak terlalu pandai bergaul bertemu dengan Kazehaya, pemuda yang populer di sekolahnya. Perlahan-lahan, sikap Kazehaya yang memiliki pembawaan berbanding terbalik dengan Sawako mulai merubah karakteristik gadis tersebut.

Bisa dibilang, Kimini Todoke adalah sebuah serial yang diperuntukan bagi kamu yang menyukai kisah-kisah romantis. Disuguhkan dengan plot yang unik lagi manis, anime ini juga memiliki gambar yang indah sehingga membuatnya asyik untuk disimak.

19. Golden Time

Golden Time

Tidak lama setelah lulus dari sekolah, Banri Tada mengalami amnesia karena terjatuh dari sebuah jembatan. Ia kemudian meneruskan pendidikannya ke sebuah akademi hukum di Tokyo.

Saat akan mengikuti orientasi mahasiswa baru, ia berkenalan dengan Mitsuo Yanagisawa, yang juga merupakan seorang mahasiswi baru di akademi mereka tersebut.

Banri juga kemudian bertemu dengan Koko Kaga gadis teman masa kecil yang pernah Banri janjikan untuk ia nikahi. Namun, amnesia yang ia alami membuat situasi menjadi rumit.

Kita akan dibawa dalam sebuah kisah dimana Banri lambat laun mulai mendapatkan kembali memorinya sementara konflik antara ia dan Kaga berlanjut. Salah satu serial yang paling direkomendasikan dalam daftar kita kali ini.

20. His and Her Circumstances

His and Her Circumstances

Di sekolah, Miyazawa Yukino dikenal sebagai seorang gadis yang sempurna. Cantik, pintar dan baik hati. Namun sebenarnya, itu hanyalah pencitraannya saja agar dipuji oleh teman-temannya. Ketika berada di luar sekolah, ia sebenarnya adalah bukan gadis yang seperti itu.

Suatu ketika, seorang murid laki-laki bernama Arima Soichiro yang tampan, pintar dan baik hati mencuri perhatian teman-teman Yukino. Tidak sampai disitu, Soichiro akhirnya mengetahui rahasia Yukino sehingga memeras gadis tersebut.

Diangkat dari manga karya Masami Tsuda, serial ini tayang apda tahun 1998 silam. Kisah ini bukan hanya mengangkat tema romansa, tapi juga tentang bagaimana menerima seseorang sebagai dirinya sendiri.

Tidak ada kisah romantis yang manis selain yang memiliki happy ending, bukan? Bagi kamu pecinta kisah roman sejati, silahkan bisa memilih anime mana kira-kira yang menarik untuk disaksikan.

Seperti anime lainnya, judul-judul ini juga memberikan sentuhan comedy didalamnya, tapi tetap menggetarkan hati. Punya anime romantis happy ending favorit kamu sendiri? Jangan lupa tulis di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram