Bacaterus / Film Anime / 10 Anime dengan Kisah Peperangan yang Seru dan Dramatis

10 Anime dengan Kisah Peperangan yang Seru dan Dramatis

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Januari 2020

Aksi heroik para jagoan saat menumpas pasukan musuh tidak hanya bisa disaksikan dalam film Hollywood saja. Kisah pertempuran epik tersebut dapat juga kamu temukan lewat sebuah sajian kartun ala anime Jepang.

Anime dengan bertemakan peperangan memang menawarkan jalan cerita penuh fantasi sebagai daya tariknya. Maka tak heran jika banyak sekali judul-judul anime yang menghadirkan cerita seperti itu.

Sebagai alternatif hiburan, menonton tayangan anime berlatarkan peperangan adalah pilihan yang tidak bisa ditolak. Kamu dapat menyaksikan keseruan dalam setiap episodenya dengan sudut pandang cerita yang bervariatif.

Jika kamu masih bingung memilih judul anime yang memiliki kisah perang dahsyat, kali ini Bacaterus akan memberikan rekomendasinya untukmu. Berikut di bawah ini adalah ulasannya.

1. Mobile Suit Gundam Wing

Mobile Suit Gundam Wing

Pada tahun After Colony (AC) 195, para ilmuwan merencanakan operasi Meteor untuk memulai serangan pemberontakan terhadap OZ, sebuah organisasi militer maha kuat. Mereka kemudian memilih lima pemuda yang telah diseleksi untuk melaksanakan rencana kudeta tersebut.

Heero, Maxwell, Trowa Barton, Quatre Raberba Winner dan Chang WuFei lalu dikirim ke Bumi supaya bisa menuntaskan misinya. Kelima pemuda tersebut menggunakan Mobile Suits Gundam yang canggih dalam berperang melawan pasukan militer OZ.

Awalnya, mereka mengira melakukan misi tersebut sendirian. Setelah kelimanya bertemu dan saling bertarung, mereka akhirnya mengetahui jika berada dipihak yang sama. Heero dan kawan-kawannya kemudian bekerjasama dan mulai menyerang OZ untuk menyelesaikan misi mereka.

2. Basilisk

Basilisk

Iga Tsubagakure dan Kouga Manjidani adalah dua klan ninja yang saling berperang satu sama lain. Selama hampir 400 tahun, keduanya terlibat dalam peperangan berdarah. Untuk menghentikan situasi yang lebih buruk lagi, Hattori Hanzo I berhasil mendamaikan mereka dengan melakukan gencatan senjata.

Kedua klan tersebut kini bergabung di bawah kekuasaan Tokugawa Ieyasu (Shogun yang berkuasa saat itu). Pada tahun-tahun berikutnya, Tokugawa Ieyasu ingin kedua klan tersebut bisa menggantikan dirinya dan ikut menentukan masa depan pemerintahannya.

Maka untuk itu, ia memerintahkan agar Kouga dan Iga saling bertarung sekali lagi dengan menyediakan 10 ksatria terbaiknya. Kini, kedua klan tersebut kembali dihadapkan dalam masu lalu kelam untuk saling membunuh satu sama lain demi menggapai kekuasaan.

3. Jormugand

Jormugand

Jonah adalah seorang anak yatim piatu yang dibesarkan di lingkungan yang sarat akan konflik. Ia sangat benci dengan senjata karena benda tersebut telah membunuh kedua orang tuanya. Suatu hari, seorang pedagang senjata internasional yang bernama Koko menawarkan kepada Jonah untuk bergabung dengan kelompoknya. Di dalamnya beranggotakan delapan orang yang terkenal sebagai mantan militer veteran.

Jonah lalu setuju bergabung dengan kelompok tersebut dengan alasan agar bisa menemukan pelaku yang membunuh kedua orangtuanya. Bersama dengan anggota lainnya, ia kini ditugaskan untuk melindungi Koko dalam menjual senjata di bawah perusahaan internasional HCLI. Mereka kemudian harus terus menghindari otoritas lokal dan internasional sambil berbisnis dengan militer dan pihak swasta.

4. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion

Bumi kini tengah dalam masa kritis, bencana yang dinamakan “second impact” telah menghancurkan seluruh permukaan dunia. Pemicu musibah tersebut terjadi akibat serangan monster bernama Angel.

Senjata militer nuklir pun tidak bisa mengalahkan kekuatan dari makhluk mengerikan ini. Organisasi ilmuwan Nerf lalu mengembangkan makhluk bio mekanis bernama Evangelion untuk mengalahkan angel.

Pemimpin Nerf, Gendo Ikari, akhirnya mengutus anaknya sendiri bernama Shinji Ikari untuk menjadi pilot Evangelion Unit-01. Walaupun pada awalnya Shinji menolak keputusan ayahnya, namun ia tetap menaiki EVA-01 dan dengan cepat ia pun dapat menguasainya. Kini, ia harus mengendalikan Evangelion untuk menghadapi dan bertempur melawan para monster Angel yang memporakporandakan kota Tokyo.

5. Aldnoah Zero

Aldnoah Zero

Setelah ditemukannya Hyper Gate yang dapat menghubungkan ke Planet Mars, sebagian manusia Bumi mencoba pergi ke sana dan mulai mendirikan kekaisaran Vers. Di planet merah tersebut, mereka lalu menemukan sebuah teknologi kuno berusia 30 ribu tahun yang bernama Aldnoah.

Tanpa mereka sadari, benda yang mereka temukan itu akan memicu konflik diantara manusia yang tinggal di Bumi dan di Mars. Pada suatu waktu, Putri Vers Alleysium melakukan kunjungan diplomatik ke Bumi dalam rangka menjalin kesepakatan damai diantara kedua planet tersebut.

Akan tetapi, sekelompok teroris berhasil menyerang pengawalan Putri Alleysium. Kekaisaran Vers yang mengetahui hal itu mulai menyiapkan armada pasukan terbaiknya. Peperangan hebat antara planet biru dan planet merah ini tidak bisa dihindarkan lagi.

6. Arslan Senki

Arslan Senki

Cerita anime ini berkisah tentang Pangeran Arslan, pewaris tahta dari Kerajaan Pars yang dipimpin oleh ayahnya sendiri bernama Andragoras III. Saat Arslan berusia 14 tahun, ia mulai mengikuti perang untuk pertama kalinya dengan melawan Negara Lusitania.

Namun naas terjadi, salah seorang Jenderal malah berkhianat kepada ayahnya sehingga mengakibatkan sang raja tersungkur kalah dalam peperangan. Arslan kemudian menyelamatkan diri bersama pengawal setianya yang bernama Daryun.

Saat berada dalam masa pelariannya, ia lalu berteman dengan Narsus, Elam, Gieve dan Farangis. Mereka pun berperang melawan tentara Lusitania yang di pimpin oleh ksatria berjuluk Silvermask. Pada akhirnya, Pangeran Arslan berhasil menghimpun kekuatan untuk merebut kembali kerajaan Pars yang telah jatuh. 

7. Sengoku Basara

Sengoku Basara

Nobunaga Oda mengukuhkan dirinya sebagai seorang yang superior dengan memiliki kekuatan militer maha dahsyat untuk menguasai seantero Jepang. Shingen Takeda bersama Yukimura Sanada memimpin salah satu klan yang berada dalam kekuasaan Nobunaga.

Pada suatu hari, Sanada melakukan kudeta dengan menyerang Jenderal Kenshin Uesugi, namun digagalkan oleh Date Masamune dan pasukannya. Aksi Nobunaga untuk menaklukan seluruh Jepang sudah tidak terbendung lagi.

Dengan sumber daya yang ia miliki, Nobunaga mengerahkan pasukan militernya di Sengoku Basara. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk intimidasi untuk menguasai Jepang. Sementara itu, Sanada dan Dante mau tidak mau harus menghentikan perseteruannya untuk melawan Nobunaga dan menyelamatkan Jepang dari pemerintahan yang kejam. 

8. Shoukoku No Altair

Shoukoku No Altair

Mahmut adalah seorang Pasha termuda atau bisa disebut sebagai kepala Menteri dari Dewan Jenderal Negara Stratokrasi Turkiye. Ia mempunyai tugas untuk menyelesaikan masalah peperangan melawan kekaisaran Balt-Rhain.

Meskipun begitu, dalam dewan Pasha sendiri terdapat dua kubu yang berbeda pendapat. Mereka diantaranya ada yang ingin bertempur dan pihak lainnya menginginkan perdamaian. Agar bisa menemukan jawaban yang tepat, ia memutuskan melakukan petualangan untuk melihati situasi terkini dari konflik tersebut.

Mahmut kemudian menelusuri seluruh wilayah Rumeliana dan malah mendapatkan sekutu serta musuh baru juga. Perjalanan yang ia lalui dalam mencari keputusan yang bijak tentu tidaklah mudah. Ia kemudian harus bergelut dengan waktu sebelum peperangan meletus kembali. 

9. Youjo Senki

Youjo Senki

Pada suatu hari, seorang pemuda tewas setelah dibunuh oleh rekan kerjanya sendiri. Sebelum ajalnya menjemput, dia bertemu dengan sebuah wujud yang mengaku sebagai Tuhan. Namun, ia tidak percaya kepadanya, dan sang wujud tersebut pun menghukumnya untuk terlahir kembali ke zaman Perang Dunia. Kini, sang pemuda bereinkarnasi menjadi seorang gadis yatim piatu bernama Tanya Degurechaff.

Menurut perwujudan “Tuhan” tersebut, jika Tanya tidak percaya kepada-Nya, maka siklus reinkarnasinya akan dikirim ke neraka karena dosa-dosanya. Walaupun berbentuk sebagai seorang gadis kecil yang imut, Tanya mempunyai ilmu sihir dengan kekuatan iblis yang mengerikan. Ia memutuskan untuk masuk ke Divisi Penyihir Kekaisaran dan bertarung dalam peperangan serta bertindak kejam kepada lawannya. 

10. Break Blade (Broken Blade)

Break Blade (Broken Blade)

Semua penduduk di Negara Cruzon memiliki kemampun untuk dapat mengontrol batu kuarsa. Dengan memanfaatkan benda tersebut, mereka dapat membuat sebuah teknologi canggih dan futuristik. Salah satu kegunaannya adalah bisa menjadi pilot dan mengendalikan sebuah mobile suit yang bernama Golems.

Akan tetapi, ada satu warga Cruzon yang tidak mampu mengontrol batu kuarsa yaitu, Rygart Arrow. Berkat keanehan yang tidak biasa itu, ia kemudian disebut sebagai seorang Un-Sorcerer. Suatu hari, ia menerima surat dari Raja Hodr yang mengabarkan bahwa ada sebuah Golem jenis kuno yang telah ditemukan di sebuah pertambangan. Tidak ada seorang pun yang dapat mengendalikan mobile suit tersebut.

Sang Raja yang merupakan teman dekat dari Rygart memperkirakan seorang Un-Sorcerer seperti dirinya dapat menjadi kunci untuk mengaktifkannya. Ketika peperangan dahsyat akan terjadi di depan mata, Rygart Arrow harus mampu menghidupkan dan mengendalikan Golem kuno tersebut.

Nah, itu dia 10 pilihan anime bertemakan peperangan yang bakal seru untuk kamu tonton. Agar semakin betah dan nyaman dalam menyaksikan kisahnya, pastikan jangan sampai melewatkan setiap episodenya ya. Siapa tahu ceritanya mengandung plot twist yang tidak kamu duga. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *