Bacaterus / Film Anime / 10 Anime Misteri Terbaik yang Bakal Bikin Kamu Ikutan Mikir

10 Anime Misteri Terbaik yang Bakal Bikin Kamu Ikutan Mikir

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Oktober 2019

Anime dengan genre misteri menjadi pilihan sebagian orang karena jalan cerita yang biasanya memiliki plot twist yang mengejutkan. Anime misteri juga membuat penonton ikut berpikir tentang apa yang terjadi. Tidak hanya dibangun oleh suasana yang tegang biasanya genre misteri juga digabungkan dengan drama, pembunuhan dan kekuatan supranatural.

Untuk para pecinta misteri dan teka-teki berikut beberapa anime misteri terbaik versi Bacaterus.

1. The Promised Neverland

The Promised Neverland

The Promised Neverland menceritakan tentang anak-anak yang hidup dalam sebuah panti asuhan. Di panti asuhan tersebut para anak-anak hidup dengan cukup bebas, mereka dapat bermain asalkan tidak terlalu jauh dari panti asuhan.

Meski mereka harus mengikuti test secara berkala namun mereka tidak keberatan karena mengetahui bahwa mereka pasti akan diadopsi suatu hari nanti. Orang yang bertanggung jawab atas panti asuhan itu merupakan wanita yang anak-anak sebut dengan “mama” Isabella.

Hal yang cukup mengganggu anak-anak panti asuhan tersebut adalah bahwa tidak adanya kabar dari setiap anak yang telah diadopsi. Kemudian tiga anak tertua dalam panti asuhan tersebut, Emma, Ray dan Norman mulai menemukan fakta mengerikan dibalik panti asuhan dan “mama” Isabella mereka.

2. Boogiepop wa Warawaranai

Boogiepop wa Warawaranai

Boogiepop merupakan sebuah keberadaan yang dikenal sebagai Shinigami (malaikat pencabut nyawa) yang dirumorkan membunuh orang saat mereka masih cantik dan muda. Rumor ini membuat keheningan mencekam menyebar diantara gadis-gadis Akademi Shinyo.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Boogiepop merupakan pelindung yang berwujud sebagai alter ego dari siswi bernama Touka Miyashita. Dan Boogiepop sebenarnya berusaha untuk mengalahkan “musuh dunia”.

Serangkaian kejadian janggal yang membuat banyak siswi Akademi Shinyo menghilang membuat Boogiepop terbangun kembali. Namun, di dalam Akademi tersebut juga bersembunyi makhluk berbahaya yang menunggu saat yang tepat untuk menyerang.

3. Kuroshitsuji

Kuroshitsuji

Chiel Phantomhive memiliki masa lalu yang kelam karena sebuah tragedi yang menimpa keluarganya. Dalam keputusasaan Chiel membuat kontrak dengan Iblis untuk membantunya balas dendam pada orang-orang yang telah menyakitinya. Sebagai balasannya jiwa Chiel akan menjadi milik sang iblis.

Chiel disebut juga dengan “Anjing Penjaga Ratu” karena dirinya menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di Inggris untuk sang Ratu. Chiel menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan bantuan iblis yang mengikat kontrak dengannya.

Iblis yang dipanggil Sebastian tersebut hidup sebagai kepala pelayan di kediaman Phantomhive dan selalu berada disisi Chiel. Namun, itu semua dilakukannya agar dapat menikmati jiwa Chiel dengan sempurna.

4. Death Parade

Death Parade

Dalam anime Death Parade bukanlah surga ataupun neraka yang akan dihadapi setelah kematian melainkan hanya bar bernama “Quindecim”. Bartender akan menawarkan reinkarnasi atau menjadi hilang untuk selamanya kepada para pengunjungnya.

Bartender bar yang bernama Decim akan memasangkan dua orang yang masuk ke dalam bar untuk memainkan game acak. Ini dilakukan agar dapat  menentukan apakah mereka akan reinkarnasi atau akan dihilangkan untuk selamanya.

Dari sekian banyak orang yang sudah dihakimi oleh Decim, seorang pengunjung yang aneh dan misterius pada akhirnya membuat Decim mempertanyakan keputusannya dalam menghakimi orang-orang.

5. Death Note

Death Note

Cerita Death Note dimulai saat dewa kematian (Shinigami) bernama Ryuuk bosan dengan kesehariannya sebagai shinigami. Ryuuk kemudian menjatuhkan Death Note, sebuah buku yang digunakan shinigami untuk mencabut nyawa ke dunia manusia.

Death Note akhirnya jatuh di tangan seorang siswa SMA jenius bernama Light Yagami. Light kemudian menyadari bahwa Death Note dapat membunuh orang dengan menuliskan nama target didalamnya. Ia menyadarinya saat iseng ingin menghukum para kriminal yang tidak mendapat hukuman yang sepadan.

Dengan kekuatan Death Note Light memutuskan untuk membersihkan dunia dari para kriminal. Namun, polisi tentunya tidak tinggal diam mengetahui adanya pembunuh berantai yang menargetkan para kriminal.

Untuk menginvestigasi kejadian janggal ini tim investigasi Jepang bekerja sama dengan detektif muda yang sangat berbakat bernama L.

6. Erased (Boku Dake ga Inai Machi)

Erased

Satoru Fujinuma memiliki kemampuan untuk kembali beberapa menit ke masa lalu saat kecelakaan akan terjadi. Satoru pun memanfaatkan kemampuan yang dinamai “Revival” ini untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Namun, suatu hari salah satu orang terdekatnya dibunuh dan Satoru tidak dapat mencegahnya, sebaliknya dirinya malah dituduh sebagai pelaku pembunuhan. Karena ini Satoru kembali memutar waktu tapi kali ini dirinya kembali ke tahun 1988, 18 tahun yang lalu dari sekarang.

Pada tahun ini juga terjadi pembunuhan dimana korbannya adalah teman satu kelasnya, Kayo Hinazuki. Satoru pun berusaha mencari tahu tentang pembunuhan yang akan terjadi agar dapat menyelamatkan Kayo dan juga orang-orang terdekatnya di masa depan.

7. Mirai Nikki

Mirai Nikki

Mirai Nikki menceritakan tentang seorang siswa penyendiri bernama Amano Yukiteru yang sangat senang menulis diary di telepon genggamnya. Namun kehidupannya tiba-tiba berubah saat teman imajinasinya yaitu dewa ruang dan waktu, Deus Ex Machina ternyata adalah suatu keberadaan yang nyata.

Deus memberikan diary yang dapat memprediksi masa depan kepada Yukiteru bernama “random diary”. Deus juga memberitahu bahwa dia mengadakan kompetisi diantara para pemegang diary masa depan yang berjumlah 12 orang.

Orang yang berhasil bertahan diakhir kompetisi ini pada akhirnya akan dinobatkan sebagai dewa ruang dan waktu yang baru. Untuk menghindari dan membunuh para pemegang diary lain Yukiteru pun bekerja sama dengan stalker obsesif-nya yang bernama Gasai Yuno.

Namun, Gasai ternyata menyimpan rahasia yang lebih kelam dibanding cinta sebelah pihaknya pada Yukiteru.

8. Danganronpa

Danganronpa

Daganronpa menceritakan seputar Makoto Naegi siswa biasa-biasa saja yang berhasil masuk ke sekolah super elit dengan gelar “Keberuntungan Super Level SMA”. Disebut begitu karena sebenarnya sekolah elit ini hanyalah untuk anak-anak dengan skill di atas rata-rata.

Kesenangan karena dapat masuk ke sekolah super elit ini hanya berlangsung sementara. Sang Kepala Sekolah, Monokuma, ternyata malah mengurung mereka di dalam sekolah. Mereka bisa lulus dan keluar dari sekolah ini hanya jika mereka berhasil membunuh teman mereka tanpa ketahuan.

Namun, jika pembunuhan mereka diketahui maka pelaku tersebut juga akan dieksekusi. Mereka yang bertahan akan tetap melanjutkan permainan mematikan ini sampai hanya ada satu orang yang tersisa dan menjadi pemenang.

9. Another

Another

Another mengisahkan tentang kisah misteri yang terjadi di SMP Yomiyama utara kelas 3-3. Kisah misteri ini dimulai saat salah satu murid kelas 3-3 bernama Misaki meninggal pada tahun 1972 dan sejak saat itu suasana kelas 3-3 menjadi suram.

26 tahun kemudian di kelas 3-3 kedatangan murid baru bernama Kouichi Sakakibara. Tidak butuh waktu lama, Kouichi pun merasakan ada yang aneh dengan teman-teman sekelasnya.

Teman-teman sekelasnya memperlakukan salah satu siswi yang bernama Misaki Mei secara berbeda seolah-olah dirinya tidak ada. Meski sudah diperingati oleh orang-orang di sekelilingnya Kouichi tetap dekat dengan Misaki. Tidak hanya dekat dengan Misaki, namun Kouichi juga semakin dekat pada kebenaran mengerikan yang terjadi di kelas 3-3.

Another menceritakan bagaimana Kouichi, Misaki, dan teman sekelas mereka terlibat dalam berbagai kejadian tragis yang tidak terhindarkan dan berusaha mengungkap kebenaran dibalik itu semua.

10. Detective Conan

Detective Conan

Detective Conan memusatkan ceritanya pada Shinichi Kudou yang merupakan murid SMA yang memiliki bakat dalam menyelidiki berbagai kasus misteri. Namun karena suatu kejadian yang tidak terduga Shinichi terjebak dalam tubuh anak kecil berusia 7 tahun.

Meski telah berubah menjadi anak kecil namun Shinichi masih memiliki kesadaran dan kemampuan detektifnya. Karena itu Shinichi memutuskan menyembunyikan identitas aslinya dari semua orang, termasuk pada teman masa kecilnya Ran Mouri serta ayah Ran, detektif pribadi bernama Kogorou Mouri.

Dengan nama samaran Conan Edogawa, Shininchi membantu Detektif Mouri untuk menyelesaikan berbagai kasus dari balik layar. Bersamaan dengan itu dia berusaha menyelidiki organisasi yang bertanggung jawab atas keadaannya sekarang dan berharap suatu hari nanti dapat kembali seperti dulu lagi.

Nah, itulah 10 rekomendasi anime misteri yang akan membuat kamu juga ikutan mikir saat menontonnya. Kalau kamu punya anime misteri favorit jangan lupa bagikan di kolom komentar ya. Jika ingin tahu genre-genre anime lainnya, cek artikel beragam genre film anime ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. mau mempunyai tambahan hasil yang besar ?? mari merapat bersama kami sekarang juga !!
    Hubungin Kami Di Sini :
    SKYPE : PELANGIQQ
    LINE : PELANGIQQ
    FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    PIN BB : E37271BF
    WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *