Bacaterus / Film Anime / Ada yang Lebih Dulu, Ini 10 Anime Mirip Sword Art Online

Ada yang Lebih Dulu, Ini 10 Anime Mirip Sword Art Online

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Serial anime Sword Art Online (SAO) mengisahkan tentang bagaimana Kirito berjuang untuk dapat bertahan hidup dan menyelamatkan diri dari sebuah game MMORPG yang juga mengancam nyawa para pemainnya yang terjebak dalam gim tersebut.

Tapi tentu saja bukan hanya SAO yang memiliki cerita dengan genre yang disebut isekai ini. Contohnya, Overlord, Hack/Sign dan masih banyak lagi. Jangan salah, ternyata, anime dengan tema terjebak dalam dunia antah berantah sudah ada dari sebelum genre ini populer. Anime apa saja yang mirp dengan SAO, ini dia diantaranya.

1. Aura Battler Dunbine

Aura Battler Dunbine

* sumber: www.otakuusamagazine.com

Saat tengah beratraksi menggunakan sepeda motornya, Sho Zama tiba-tiba saja menghilang dan menemukan dirinya berada di Byston Well, sebuah negeri yang terdapat di dimensi lain. Sho kemudian mengetahui bahwa ternyata dia memiliki kekuatan ‘aura’ luar biasa, lantas terjun dalam konflik di negeri tersebut menggunakan robot bernama Dunbine.

Memulai debut pada tahun 1983, anime ini disebut-sebut sebagai pelopor isekai pertama. Menariknya, Aura Battler Dunbine menyuguhkan perang antar robot dan dinahkodai oleh sutradara Yoshiyuki Tomino, yang tidak lain adalah kreator dari serial robot kenamaan, Mobile Suit Gundam.

2. Magic Knight Rayearth

Magic Knight Rayearth

* sumber: adrionox.com

Satu lagi anime yang disebut sebagai pelopor genre isekai yang lebih dahulu muncul sebelum Sword Art Online hadir. Anime ini merupakan adaptasi manga terbitan publisher kenamaan CLAMP yang hadir pertama kali pada November 1992, di majalah komik Nakayoshi. Bahkan animenya sempat tayang di salah satu saluran televisi di sini.

Magic Knight Rayearth menampilkan tiga orang gadis dengan kepribadian khas mereka masing-masing yang dipindahkan ke dunia lain bernama Cephiro. Mereka harus menyelamatkan Putri Emeraude dari serangan Zagato, menggunakan Rune Gods yang berwujud robot raksasa.

3. InuYasha

InuYasha

* sumber: www.cvillarreal.com

Anak 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan InuYasha. Bahkan hingga sekarang, banyak yang mengaku sebagai fans sejati dari serial yang pernah ditayangkan salah satu stasiun televisi dalam negeri ini. Bahkan, opening song-nya yang berjudul Change the World mungkin masih terngiang-ngiang di telinga.

Kagome Higurashi jatuh ke dalam sebuah sumur dan pindah dari dunia modern Jepang ke periode Sengoku. Dia kemudian bertemu dengan iblis berwujud manusia setengah anjing yang tidak lain adalah InuYasha. Keduanya kemudian bertualang untuk menemukan Shikon Jewel. Kalau ada yang belum nonton, segeralah. Bagi yang sudah pernah dan ingin nonton lagi, silahkan.

4. Digimon Adventure

Digimon Adventure

* sumber: www.lastpodcastnetwork.com

Lagi-lagi judul yang tidak asing malahan masih sangat populer sampai sekarang. Sepertinya semua tahu kisah tentang tujuh bocah yang terdampar di Digital World ini. Singkat cerita, anak-anak ini kemudian bertemu dengan makhluk-makhluk yang disebut Digimon dan keseruan pun dimulai.

Sangking populernya, kehadiran Digimon mampu menyaingi Pokemon yang menuai sukses besar pada saat itu. Sama seperti anime yang populer dikalangan anak-anak, Digimon juga meraih kesuksesan saat diadaptasi menjadi game, malahan film-film barunya masih sempat tayang di bioskop beberapa waktu lalu. Tim Wargreymon, mana suaranya…?!

5. Re:Zero – Starting Life in Another World

Re Zero – Starting Life in Another World

* sumber: www.mobileyouth.org

Kadang orang-orang berharap untuk bisa mendapatkan kesempatan kedua. Tapi bagaimana jika kesempatan itu datang bak bermain game. Setiap gagal, kamu akan respawn, memulai segala sesuatunya dari awal dan bisa lanjut terus jika semuanya dapat dijalankan dengan baik. Itulah yang dialami oleh Subaru Natsuki setelah dirinya pindah ke sebuah dunia fantasi.

Setelah kemunculan SAO dan Overlord, Re: Zero mungkin adalah salah satu anime bergenre isekai yang digemari para fans. Selain memiliki cerita yang apik, kadar ‘potential wifu alert!’ serial ini memang cukup tinggi.

6. Drifters

Drifters

* sumber: jfongfish.blogspot.com

Sayang, season 2 dari anime yang tayang pertama kali pada 7 Oktober 2016 ini belum dapat dipastikan. Tapi, bukan berarti bisa dilewatkan begitu saja mengingat ceritanya yang unik dan seru. Salah satu kelebihan Drifters adalah, para karakter utamanya merupakan pahlawan-pahlawan dunia nyata yang tercatat dalam sejarah.

Toyohisa Shimazu, adalah samurai yang tewas dalam peperangan di Sekigahara, Jepang pada tahun 1600. Di sini, diceritakan bahwa menjelang kematiannya, Toyohisa ditransfer ke sebuah dunia dimana ada dua fraksi yang bertikai dan dia bertemu dengan tokoh-tokoh legendaris dunia yang lain seperti Nobunaga Oda, tokoh Romawi Hanibal Barca dan Scipio Africanus, hingga Jeanne d’Arc.

7. Knight’s and Magic

Knight’s and Magic

* sumber: thehypedgeek.com

Lagi, anime genre isekai yang menggunakan teknik reinkarnasi sebagai latar belakang cerita. Tsubasa Kurata tewas dalam sebuah kecelakaan dan ia dilahirkan kembali di sebuah dunia medieval yang mengandalkan robot raksasa untuk bertempur  yang disebut Silhouette Knights. Sekarang, Tsubasa pun memiliki nama Ernesti Echavalier.

Silhouette Knights sendiri dirancang untuk menghadapi ancaman monster iblis yang dapat menghancurkan apa saja yang ada di hadapannya. Dengan memanfaatkan hobinya merakit mainan robot di kehidupan lalu, Ernesti merancang Silhouette Knights-nya sendiri untuk melawan para monster yang mengancam negeri tersebut.

8. Re: Creators

Re Creators

* sumber: anigate.id

Reverse isekai? Ya, kali ini bukan manusia yang terjebak dalam sebuah game, negeri fantasi atau dunia antah berantah. Tapi, para karakter dari game, anime dan manga tiba-tiba saja muncul dan terjebak di dunia nyata. Bukan hanya hadir, tokoh-tokoh rekaan ini juga bertempur satu dengan yang lain karena kemunculan gadis misterius bernama Altair.

Keunggulan anime ini jelas pada konsepnya yang membalikkan plot isekai. Kita juga akan dibuat bertanya-tanya, bagaimana bisa para karakter ini malah muncul di dunia nyata. Serunya, Re:Creators bukan hanya menghadirkan kekuatan super para tokohnya, tapi juga menyatukannya dengan proses kreasi dari para pencipta yang oleh tokoh rekaan mereka disebut sebagai ‘dewa’.

9. That Time I Got Reincarnated as a Slime

That Time I Got Reincarnated as a Slime

* sumber: www.monstersandcritics.com

Anime ini sangat populer, bahkan rasanya tidak perlu untuk kami ceritakan kembali. Tapi kita tetap akan membahasnya, siapa tahu ada yang belum mengenal anime satu ini. Sesuai judul, Satoru Mikami yang tewas terbunuh dilahirkan kembali. Bukan sebagai bayi, tapi dia telah berubah menjadi slime, makhluk yang masuk dalam kategori monster di sebuah negeri fantasi.

Meski begitu, sang slime bisa menyerap berbagai macam kandungan yang membuatnya memiliki kekuatan yang juga variatif. Petualangan makhluk yang akhirnya diberi nama Rimuru Tempest ini dimulai saat bertemu naga bernama Veldora. Selanjutnya, Rimuru akhirnya bisa berubah sosok menjadi manusia dan bermaksud membebaskan Veldora dari segel yang tersemat padanya.

10. The Rising of the Shield Hero

The Rising of the Shield Hero

* sumber: animemotivation.com

‘Tiba-tiba ditransfer dengan cara misterius ke dunia lain’, standar isekai, kan? Itulah yang terjadi pada Naofumi Iwatani. Ternyata, dia di summon untuk menjadi salah satu dari empat ksatria legendaris untuk melindungi dunia tersebut dari kehancuran. Sialnya, Naofumi terpilih menjadi ksatria perisai, role ksatria yang tidak disukai di kerajaan.

Melewati pengkhianatan, dicemooh bahkan tidak ada yang mau bertempur bersama dengannya, Naofumi tetap menjalani tugas hingga bertemu Raphtalia dan Filo yang membantu ia dalam petualangannya. Yang membuat serial ini menarik adalah, bagaimana Naofumi berusaha mengatasi segala keterbatasannya dan tentu saja, kejutan dimana ksatria perisai tidak bisa dianggap remeh.

‘Sekonyong-konyong dipindahkan secara misterius ke dunia lain’, terjebak dalam game, reinkarnasi, itulah ciri khas dari genre isekai. Namun pastinya, setiap kisah menyimpan daya tariknya sendiri bahkan bisa bikin ketagihan. Selain Sword Art Online, anime segenre mana lagi yang kamu suka? Baca juga artikel anime kisah peperangan yang punya jalan cerita dramatis ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *