Bacaterus / Film Anime / 5 Film Anime Makoto Shinkai Terbaik yang Wajib Ditonton

5 Film Anime Makoto Shinkai Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2019

Para pecinta film anime pasti sudah mengenal dengan baik salah satu sosok besar dalam industri tersebut. Siapa lagi kalau bukan Makoto Shinkai. Ia merupakan seorang sutradara ternama yang sudah membuat banyak film, video game, komersial dan karya kreatif lainnya.

Banyak orang dari seluruh dunia memuji karya-karya pria kelahiran tahun 1973 di prefektur Nagano, Jepang ini. Bahkan, salah satu filmnya yang berjudul Kimi no Na wa. telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi serta mendulang kesuksesan secara komersial di berbagai negara.

Selain dikenal emosional, cerita dalam film-film Makoto Shinkai juga dikenal selalu meninggalkan pintu belakang terbuka untuk harapan. Jadi, di antara banyaknya nilai yang bisa dipetik, salah satu yang paling penting adalah tidak boleh berputus asa.

Nah, di antara lusinan film anime yang telah diproduksi oleh Makoto Shinka, berikut adalah lima terbaik yang wajib kalian tonton.

1. Your Name./Kimi no Na wa.

Poster Kimi no Na Wa

* sumber: www.imdb.com

Tidak diragukan lagi kalau salah satu anime paling sedih, Kimi no Na wa. ini merupakan film anime Makoto Shinkai terbaik yang bisa kalian tonton saat ini. Film keluaran tahun 2016 ini sukses mendapatkan banyak perhatian dan popularitas di berbagai negara di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Sebelumnya Kimi no Na wa. dinobatkan sebagai film anime terlaris di dunia dengan pendapatan total lebih dari 360 juta Dolar. Namun, posisi tersebut kemudian diambil alih oleh film anime keluaran tahun 2001, Spirited Away, yang pada tahun 2019 baru dirilis di Tiongkok dan mendulang kesuksesan besar di sana.

Karakter utama film ini adalah remaja SMA yang bernama Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu. Mereka yang tidak saling mengenal dan hidup terpisah menemukan diri mereka terhubung dengan cara yang aneh dan tidak biasa. Namun, hal tersebut menjadi salah satu daya tarik utama dari karya yang sangat hebat ini.

2. The Place Promised in Our Early Days/Kumo no Mukō, Yakusoku no Basho

Poster The Place Promised in Our Early Days - Kumo no Mukō, Yakusoku no Basho

* sumber: www.imdb.com

Film ini dibuat oleh Makoto Shinkai 12 tahun sebelum film Kimi no Na wa. Sayangnya, meskipun banyak orang merekomendasikan untuk menonton film The Place Promised in Our Early Days ini, kita kesulitan untuk mengetahui seberapa besar kesuksesan karya Shinkai yang satu ini secara komersial.

Film yang bergenre fiksi ilmiah, drama, peperangan, dan romansa ini berlatarkan Jepang di masa pasca-perang dalam sebuah alam semesta realitas alternatif. Kisahnya sendiri berpusat pada ketiga remaja yang bernama Hiroki, Takuya dan Sayuri, yang terobsesi untuk mencari tahu rahasia menara misterius yang tingginya menembus langit.

Ketika mereka berencana untuk terbang ke tempat di mana menara itu dibangun, Sayuri mulai menderita penyakit tidur yang aneh dan akhirnya menghilang. Selama tahun-tahun berikutnya, mereka menemukan bahwa apa yang sebenarnya terjadi pada Sayuri disebabkan oleh menara tersebut.

3. 5 Centimeters per Second/Byōsoku Go-Senchimētoru

Poster 5 Centimeters per Second - Byōsoku Go-Senchimētoru

* sumber: www.imdb.com

Ini adalah film anime Makoto Shinkai terbaik lainnya yang dibagi ke dalam tiga segmen yang saling berhubungan, dengan karakter utama bernama Takaki Tono. Ketiga segmen tersebut berjudul Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second. Meskipun terdengar simpel, film ini memiliki cerita yang emosional yang mungkin pernah dialami banyak orang saat masih muda.

Segmen pertama mengisahkan hubungan dekat Takaki dengan seorang gadis muda yang bernama Akari yang pada akhirnya harus berpisah karena tempat. Cerita mengambil tempat di Tokyo pada awal tahun 1990-an dan ketika itu Takaki merupakan seorang siswa sekolah dasar.

Di segmen Cosmonaut Takaki sudah beranjak menjadi seorang siswa kelas menengah yang tinggal di Pulau Tanegashima di Jepang bagian selatan. Kisah ini berfokus pada Kanae, teman sekelas Takaki, dan cinta tak berbalas yang dipegangnya untuk Takaki, meskipun pemuda tersebut menganggapnya tidak lebih dari seorang teman baik. Hal itu karena Takaki masih setia dengan Akari.

Dalam 5 Centimeters per Second, Takaki sudah beranjak dewasa dan bekerja sebagai sebagai seorang programmer di Tokyo. Dia terus memikirkan Akari dan merindukannya, sehingga Takaki merasa tidak bahagia dengan pekerjaannya.

4. Children Who Chase Lost Voices/Hoshi o Ou Kodomo

Poster Children Who Chase Lost Voices - Hoshi o Ou Kodomo

Children Who Chase Lost Voices adalah salah satu film anime terpanjang Makoto Shinkai yang berisikan aksi, petualangan, dan romansa. Seseorang dari Capcom menyebut film ini sebagai film terbaik Shinkai, bahkan dianggap sebagai puncak dari seluruh karir Shinkai hingga saat ini.

Kisah film yang emosional ini berpusat pada seorang gadis muda yang bernama Asuna. Dia harus melewati banyak hari-harinya dalam kesendirian setelah ditinggal ayahnya pergi untuk selamanya dan ibunya yang harus bekerja selama berjam-jam.

Suatu hari Asuna diserang oleh monster dan di waktu yang bersamaan ia ditolong oleh seorang bocah misterius yang bernama Shun. Ketika Asuna dan Shun terikat pada pengalaman itu, dia mengetahui bahwa dia berasal dari negeri lain bernama Agartha. Namun, sekali lagi, Asuna kembali dibiarkan sendirian setelah Shun tidak tinggal lama bersamanya.

Menonton film Children Who Chase Lost Voices bisa membuat kita mengetahui betapa sedihnya menjalani hidup dalam kesendirian karena kehilangan orang yang dicintai. Namun, di saat yang sama kita juga diajarkan untuk tetap berusaha dan berjuang mengatasi kesedihan tersebut.

5. The Garden of Words/Kotonoha no Niwa

Poster The Garden of Words - Kotonoha no Niwa

* sumber: www.imdb.com

Film anime Makoto Shinkai yang satu ini juga tidak lepas dari yang namanya perjuangan dan kesulitan. Kisah dalam film The Garden of Words sendiri berpusat pada seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun dan seorang wanita berusia 27 tahun yang menemukan persahabatan yang tidak mungkin.

Takao Akizuki, nama remaja tersebut, adalah seorang pembuat sepatu yang bercita-cita tinggi. Ia terus menemui seorang wanita misterius yang bernama Yukari Yukino di Taman Nasional Shinjuku Gyoen pada pagi hari hujan. Meskipun Yukari tidak memberi tahu Takao tentang dirinya, termasuk namanya, Takao tetap bersikap terbuka kepadanya.

Lama kelamaan mereka mulai membentuk sebuah ikatan yang selanjutnya berbagi perjuangan untuk mencapai normalitas dalam kehidupan. Terlepas dari perbedaan usia dan aspirasi, mereka juga berbagi kerinduan universal untuk kepuasan pribadi dan hubungan yang emosional.

Itulah daftar lima film anime Makoto Shinkai terbaik yang menarik untuk ditonton. Di situs IMDb semua film-film di atas mendapatkan penilaian yang bagus dari para penggemarnya dari seluruh dunia. Bahkan Kimi no Na wa. masuk daftar film anime dengan rating tertinggi di dunia.

Beberapa film Makoto Shinkai lainnya yang bisa kalian tonton antara lain:

  • The World be Enclosed/Kakomareta Sekai (film pendek, 1998)
  • Other Worlds/Tōi Sekai (film pendek, 1998)
  • She and Her Cat/Kanojo to Kanojo no Neko (film pendek, 1999)
  • Voices of a Distant Star/Hoshi no Koe (film pendek, 2002)
  • Minna no Uta: “Egao” (film pendek, 2003)
  • Someone’s Gaze/Dareka no Manazashi (film pendek, 2013)
  • Weathering with You/Tenki no Ko (2019)
Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar