Bacaterus / Film Anime / Inilah 10 Anime Komedi yang Paling Kocak, Tonton Yuk!

Inilah 10 Anime Komedi yang Paling Kocak, Tonton Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Setiap orang pasti memiliki genre anime favorit mereka sendiri. Baik itu shonen, mecha, magical girl, dan masih banyak lagi. Meski pertempuran, drama, bahkan pertandingan olahraga menjadi suguhan utama, tayangan kartun Jepang tidak lepas dari nuansa komedinya.

Bahkan dalam beberapa genre, ada saja humor yang selalu suguhkan dan tidak jarang mengocok perut. Malahan, beberapa anime action juga menampilkan unsur komedi di dalamnya. Tapi tentu saja ada judul-judul anime yang memang benar-benar menyuguhkan komedi nan segar.

Menampilkan jalan cerita yang terkadang terasa absurd diimbangi dengan animasi yang jenaka, anime komedi selalu berhasil mencuri perhatian para penggemar. Berikut adalah daftar 10 anime komedi yang wajib kamu tonton. Simak ulasannya yuk!

1. Gintama

Gintama

Tidak dapat dibantahkan lagi, Gintama merupakan salah satu anime komedi terbaik saat ini. Pasalnya, selain humor yang membuat perut kita sakit, serial ini juga menampilkan berbagai parodi dari waralaba hiburan besar kenamaan seperti Star Wars, dan pastinya juga adegan pelesetan yang diambil dari judul-judul terkenal milik Shonen Magazine, tempat komik Gintama bernaung.

Anime yang diangkat dari manga karya Hideaki Sorachi ini mengisahkan tentang Jepang pada periode Edo, namun kedatangan alien yang disebut sebagai Amanto berkuasa dan merubah segalanya sehingga modernisasi datang lebih cepat. Seorang samurai bernama Gintoki Sakata bergabung dalam semacam agensi swasta bernama Yorozuya yang berarti, ‘we do everything’.

2. One Punch Man

One Punch Man

Seperti yang telah kita ketahui, genre One Punch Man memang action shonen. Namun saat berbicara tentang anime komedi, tentu saja kita tidak dapat melewatkan aksi Saitama dan para superhero dalam serial ini. Ummm…, sebenarnya hanya tingkah laku Saitama saja –yang juga menyeret karakter lain- mungkin yang bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak.

Terbalik dengan konsep shonen yang biasanya menyuguhkan kisah kepahlawanan from zero to hero, dalam One Punch Man, sang jagoan kita, Saitama adalah superhero yang over power. Meski begitu, ia kurang populer sehingga berusaha untuk meraih ranking tinggi dalam asosiasi superhero yang tidak mengetahui tentang kekuatan sebenarnya dari sang pahlawan gundul.

3. Sakamoto Desu Ga? (Haven’t You Heard? Im Sakamoto)

Sakamoto Desu Ga

Premis dari Sakamoto Desu Ga? cukup sederhana. Seorang pelajar SMA yang keren…, keren banget…, terkeren…di sekolahnya. Ya, cerita dari anime yang satu ini memang menceritakan keseharian Sakamoto si murid paling keren di sekolah yang digilai murid-murid perempuan dan memiliki banyak fans pria juga.

Dan masalah apapun yang dihadapi oleh murid keren ini selalu bisa ditanggulangi dengan baik dan tentu saja tidak ketinggalan, bikin ngakak. Bisa dikatakan, anime ini memiliki genre slice of life karena menunjukan keseharian Sakamoto sebagai seorang murid SMA yang kehadirannya memancing perhatian banyak orang.

Ada yang membenci, teman-teman wanitanya sudah jelas jatuh hati padanya, ada juga yang berusaha ingin seperti dirinya. Sementara Sakamoto tetap cool dan hal-hal itulah yang akan membuat kita terhibur saat menyaksikan anime ini.

4. Space Dandy

Space Dandy

Bisa jadi, anime ini tidak sepopuler itu. Namun, para penggemar anime tentunya sangat mengenal anime yang lahir dari kreatifitas Shinciro Watanabe, kreator di balik Samurai Champloo dan Cowboy Beebop. Para penggemar menyebutnya sebagai anime yang bisa menjadi pilihan kamu saat kamu merasa bosan dengan konsep petualangan yang itu-itu saja.

Dandy adalah seorang bounty hunter luar angkasa yang memiliki misi layaknya film Star Trek. Ia berkeliling galaksi untuk mencari ras alien baru. Dan tanpa ia sadari, Dr.Gel dari Gogol Empire tengah memburu dirinya.

Jangan heran jika Space Dandy selalu memiliki ending dimana karakter protagonis maupun antagonisnya seperti sekarat atau berubah jd zombie namun di episode berikutnya normal-normal saja. Ya, itulah salah satu bumbu komedinya selain banyak menyinggung anime, cerita science fiction jadul dan lainnya.

5. Arakawa Under the Bridge

Arakawa Under the Bridge

Kou Ichinomiya adalah seorang pemuda yang perccaya bahwa hidupnya akan sempurna jika dia memgang teguh filosofi yang ia yakini, yaitu ‘jangan pernah berhutang pada siapapun’. Namun suatu ketika melalui proses yang jenaka, ia terjatuh dari jembatan Arakawa, Tokyo.

Namun Kou yang nyaris tenggelam diselamatkan oleh seorang gadis bernama Nino. Ta-da! Sekarang Kou malah memiliki hutang budi. Pada akhirnya, Kou bertanya pada Nino, apa yang dapat ia lakukan sebagai bentuk balas budi terhadap Nino.

Dan gadis tersebut menjawab, bahwa ia ingin untuk jatuh cinta. Itulah awal dari kisah anime ini yang akan membuat kita terhibur karena tertawa, saat mengikuti kisah Kou yang hidup diantara orang-orang terkucilkan.

6. The Devil is a Part-Timer!

The Devil is a Part-Timer!

Ketika membaca judulnya, mungkin yang akan terbayang di dalam kepala kita adalah bagaimana iblis akan berlaku jahat saat menjadi seorang pekerja paruh waktu. Tapi juga kita akan berpikir, bagaimana bisa sang iblis menjadi seorang pekerja paruh waktu? Pasti bercanda.

Dan memang, anime ini penuh candaan yang akan memenuhi selera humor kamu dengan cukup baik. Dalam sebuah peperangan, Satan terdesak oleh seorang pahlawan bernama Emilia.

Demi menyelamatkan diri, Satan bersama tangan kanannya yaitu Alsiel lari melalui sebuah protal yang ternyata membawa mereka ke era modern Jepang. Tak lagi bisa menggunakan kekuatannya, kini Satan dan bawahannya harus bekerja di sebuah outlet makanan McRonald’s. Iya, bukan Donald’s.

7. Nichijou (My Ordinary Live)

Nichijou (My Ordinary Live)

Sebenarnya, kisah dari anime ini berbalik dengan judulnya. Kita akan mengikuti cerita jenaka dari para gadis belia yaitu Yūko Aioi yang energik, si ceria Mio Naganohara, Mai Minakami yang cenderung pendiam dan seorang gadis cyborg bernama Nano Shinonome.

Secara keseluruhan, kita akan dibawa melihat drama kehidupan beberapa orang di Kota Tokisadame namun berpusat pada Nano. Salah satu kelebihan dari serial ini adalah, bagaimana kita akan disuguhkan dengan tayangan yang membuat kita merasa rileks dan tentu saja tertawa-tawa.

Tampilan warna dari Nichijou juga sedap dipandang dengan menghadirkan warna-warna pastel. Anime ini sangat cocok disaksikan saat kamu merasa bosan dengan tayangan lain, atau bahkan selingan disaat lelah. Dijamin akan sangat menghibur.

8. Daily Lives of High School Boys

Daily Lives of High School Boys

Masa-masa SMA adalah masa yang menyenangkan dan hal ini tertuang dalam Daily Life of High School Boys. Kisahnya pun sederhana saja. Tadakuni, Hidenori Tabata dan Yoshitake Tanaka adalah tiga remaja laki-laki yang bersekolah di Sanada Noth Boys High School.

Ketiganya menjalani keseharian mereka dengan santai dan tentu saja dihadapakan dengan gejolak masa puber yang membuat semuanya menjadi kocak.

Daily Lives of High School Boys diangkat dari manga Yasunobu Yamauchi yang diterbikan oleh publisher kenamaan, Square Enix. Meski terlihat cukup serius karena berasal dari perusahaan yang juga melahirkan game Final Fantasy dan animenya digarap oleh Sunrise, studio pemilik Gundam, tentu saja anime ini tidak seserius itu.

9. The Disastrous Life of of Saiki K

The Disastrous Life of of Saiki K

Satu lagi anime komedi yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari karakter utamanya. Tapi kali ini, kita akan mengikuti kisah dari Kusuo Saiki yang terlahir dengan memiliki kekuatan psychic. Yaitu, telekinetik, psikokinetik dan teleportasi.

Keren kan? Namun ia berusaha untuk tidak menamapkan kekuatannya tersebut dan menggunakannya diam-diam dalam kehidupan sehari-hari termasuk saat bergaul bersama-sama dengan teman-temannya di P.K. Academy.

Yang membuat anime ini menjadi seru bukan hanya permasalahan Kusuo dengan kekuatan yang ia miliki. Tapi juga kehadiran teman-temannya yang membuat keadaan semakin ceria. Atau kacau? Anime ini juga termasuk animasi Jepang dengan genre gag, sebuah genre humor yang disuguhkan melalui tampilan visualnya.

10. Beelzebub

Beelzebub

Banyak yang mengatakan bahwa kita mencari anime jenaka dengan bumbu ala kisah-kisah shonen, Beelzebub adalah judul yang tepat untuk itu. Lahir dari tangan mangaka Ryūhei Tamura, Beelzbub sarat dengan moment yang bisa membuat kamu terpingkal-pingkal, tapi tetap tidak ketinggalan keseruannya.

Kisahnya berawal dari seorang pemuda bernama Oga Tatsumi, seorang ‘preman’ di Ishiyama High, sebuah sekolah yang terkenal dengan anak-anak bengalnya. Suatu ketika, ia menemukan bayi yang ternyata adalah putra dari Raja Iblis dan Oga terpilih untuk membesarkannya, bersama Hilda sang pengasuh sementara menjalani kehidupannya di sekolah.

Terkadang memang kita merasa lelah ketika mengikuti berbagai anime favorit yang telah berjalan sekian episode dan ingin sedikit bersantai dengan suguhan-suguhan ringan yang bisa membuat kita tertawa.

Kamu bisa memilih beberapa anime dari daftar ini untuk disaksikan jika memang komedi adalah genre yang kamu cari. Apakah kamu juga punya referensi anime bergenre komedi lainnya? Jangan lupa untuk meninggalkan pesan di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *