Bacaterus / Film Anime Romantis / 10 Anime Komedi Romantis di Sekolah yang Wajib Ditonton

10 Anime Komedi Romantis di Sekolah yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak semua anime menampilkan konsep fantasi. Bukan hanya kekuatan super, perang antar robot atau Ghibli yang menyentuh, tapi tentu saja serial-serial animasi Jepang ini juga ada yang menyuguhkan kisah-kisah romantis yang dikemas sedemikian rupa, hingga terasa begitu manis tapi juga unik.

Akhir-akhir ini, para penggemar juga dimanjakan oleh karya-karya dari Makoto Shinkai yang seolah-olah menyulap anime menjadi tontonan alternatif yang ramai diperbincangkan di media sosial, dan tentu saja semakin mengangkat anime sebagai hiburan wajib tonton.

Your Name atau Weathering With You bisa jadi adalah tontonan yang tidak boleh terlewatkan. Tapi, kamu juga tidak dapat melewatkan judul-judul anime berikut, yang memiliki genre komedi romantis dengan setting sekolahan.

1. Your Lie in April

Your Lie in April

Yang kita sukai dari sebuah tayangan hiburan dengan genre romance adalah, bahwa plotnya tidak melulu mengangkat tentang permasalahan sebuah hubungan yang terjalin antara si cewek dan si cowok. Tapi juga ada unsur jalinan persahabatan juga semangat dalam meraih cita-cita, seperti yang disuguhkan dalam Your Lie in April.

Kōsei Arima sangat mencintai musik dan mahir bermain piano. Namun gairah bermusiknya tersebut mendadak luntur setelah ibunya meninggal dunia. Bahkan seolah-olah, ia tidak lagi mampu mendengarkan suara denting piano.

Namun semuanya menjadi berbeda, ketika ia bertemu dengan Kaori Miyazano, seorang gadis yang mahir bermain biola namun menyukai Watari Ryōta, salah satu sahabat terbaiknya.

2. Konbini Kareshi

Konbini Kareshi

Anime sepanjang 12 episode ini diadaptasi dari sebuah manga karya penulis Tsukuba dan artist Makoto Sensaki. Komik ini juga merupakan hasil kolaborasi antara penerbit Kadokawa, dengan jaringan swalayan Lawson. Maka dari itu, tidak mengherankan jika dalam bahasa Inggris, judul anime ini adalah Convinience Store Boy Friend.

Mishimi Haruki dan Honda Towa adalah dua pemuda yang bersahabat dengan baik. Bersama dengan teman-teman sekolahnya, mereka memiliki ritual mampir ke sebuah swalyan setiap sepulangnya mereka dari sekolah.

Hingga akhirnya, mereka bertemu dengan gadis-gadis yang mereka sukai. Masih ingat bagaimana rasanya jatuh cinta untuk pertama kali? Konbini Kareshi mampu menerjemahkan perasaan itu dengan baik.

3. Nisekoi (Nisekoi: False Love)

Nisekoi (Nisekoi: False Love)

Tanpa sengaja, Raku Ichijo, putra dari pemimpin yakuza Shuei-gumi bertemu dengan Chitoge Kirisaki, putri dari kelompok Beehive yang merupakan rival dari Shuei-gumi. Chitoge yang jatuh karena memanjat tembok, menimpa Raku hingga membuat pemuda tersebut kehilangan kalung yang merupakan simbol ikatan janji antara ia dengan gadis cinta pertamanya.

Raku kemudian meminta bantuan Chitoge untuk menemukan kalung tersebut hingga merekapun menyadari bahwa keduanya tidak bisa akur satu sama lain. Namun, tanpa diduga-duga sebelumnya, Raku dan Chitoge dijodohkan demi terciptanya perdamaian antara Shuei-gumi dengan Beehive. Namun bagi Raku, persitiwa tersebut membawanya dalam sebuah kisah yang tak pernah ia duga sebelumnya.

4. Special A

Special A

‘Jangan terlalu benci pada seseorang, nanti lama-lama jadi suka’ kamu pasti mengenal istilah yang tidak sepenuhnya benar tersebut. Kadang benci itu datang karena sudah ada cinta (kita sudah miskonteks disini).

Kembali ke topik, bisa jadi istilah itulah yang menggambarkan anime yang diangkat dari manga karya komikus Maki Minami ini. Kisahnya berawal dari persaingan antara seorang gadis bernama Hikari Hanazono dan teman masa kecilnya, Kei Takashima.

Kei yang seolah lebih unggul dari Hiakri dalam bidang apapun membuat gadis itu memiliki tekad, bahwa dia akan mengalahkan Hikari, hingga keduanya bersekolah di Hakusenkan, sebuah sekolah elit. Hal itupun membuat Hikari tidak mengetahui bahwa sebenarnya, Kei menyimpan perasaan yang dalam terhadap dirinya.

5. School Rumble

School Rumble

Tenma Tsukamoto jatuh hati pada Oji Karasuma, teman satu kelasnya. Bahkan, gadis tersebut telah berusaha untuk menunjukan perasaannya tersebut pada pemuda pujaan hatinya. Sementara itu, seorang pemuda bengal bernama Kenji Harima menyukai Tenma. Dia pun bersekolah di SMA Yagami, demi bisa mendekati gadis itu.

School Rumble memang adalah sebuah anime komedi yang akan menyuguhkan kamu hal-hal random yang mengocok perut, tapi masih berada dalam benang merah kisahnya sendiri. Yaitu, cinta segitiga antara Kenji, Tenma dan Oji.

Kita akan dibawa dalam kekonyolan dimana setiap Kenji berusaha untuk mengungkapkan isi hatinya, selalu saja ada hal yang menghalang-halangi niat Kenji tersebut.

6. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Sawako Kuronuma adalah seorang gadis yang dijuluki Sadako oleh teman-temannya. Julukan itu menempel pada diri Sawako karena pembawaannya dianggap mirip dengan gadis menyeramkan dalam film horror The Ring.

Malahan, kawan-kawan satu sekolahnya menyebut Sawako dapat melihat hantu dan bisa mengutuk orang. Namun perubahan dialami oleh Sawako setelah mengenal Kazehaya, pemuda yang populer di sekolahnya.

Lama kelamaan, Sawako dan Kazehaya yang memiliki pembawaan bertolak belakang mulai menyadari bahwa ada rasa yang tumbuh dalam hati mereka. Salah satu kelebihan dari anime ini adalah, keunikan ceritanya dan menghadirkan gambar yang indah. Selain itu, Kimi ni Todoke sepertinya memang dibuat bagi kamu yang benar-benar menyukai genre romance.

7. Lovely Complex

Lovely Complex

Risa Koizumi adalah seorang gadis yang memiliki tinggi tubuh mencapai 172 sentimeter. Sementara postur tubuh Atsushi Ōtani berada di bawah rata-rata tinggi badan pria Jepang, yaitu 156 sentimeter. Suatu ketika, seorang pemuda bernama Ryouji Suzuki hadir dan membuat Risa jatuh hati padanya, karena Ryouji memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibanding dirinya.

Meskipun menjadi gunjingan diantara teman-teman mereka, Risa dan Atsushi kemudian memutuskan untuk bekerjasama. Risa mendekati Ryouji, sementara Atsushi brusaha untuk mendapatkan hati Chiharu Tanaka, gadis yang ia sukai.

Namun ternyata, Ryouji akhirnya menjalin hubungan dengan Chiharu. Sementara keakraban yang terjalin Risa dan Atsushi juga lambat laun mulai menumbuhkan perasaan yang tak disangka-sangka sebelumnya.

8. My Love Story!!

My Love Story!!

Tidak ada kisah romantis terbaik selain menceritakan tentang seorang karakter utama yang digolongkan sebagai looser dalam hal asmara, tapi mampu dekat dengan seorang yang digilai oleh teman-temannya. Merasa related? Kurang lebih itulah cerita dari My Love Stroy!! Yang diadaptasi dari manga karya penulis Kazune Kwahara dan artist Aruko ini.

Kisah My Love Story!! Berpusat pada Takeo Gōda, pemuda bertubuh tinggi tegap dan berotot yang sosoknya sangat disegani oleh teman-temannya, namun penampilannya tersebut ditakuti oleh para gadis.

Satu kali, ia menyelamatkan Rinko Yamato yang cantik dan jatuh hati setengah mati pada gadis tersebut. Namun yang terjadi selanjutnya adalah, Takeo malah sibuk menjadi mak comblang bagi teman-temannya yang menyukai Rinko, bukan berusaha untuk mengungkapkan perasaannya.

9. Kaguya-sama: Love Is War

Kaguya-sama: Love Is War

Diam-diam suka, terlalu gengsi untuk mengungkapkan perasaan karena beberapa hal tertentu kadang menjadi penghalang seseorang untuk menjalin kisah asmara. Dan hal tersebut, diangkat dalam Kaguya-sama: Love Is War. Bagi kamu para pelanggan Netflix, bersyukurlah karena perusahaan jasa streaming ini, sudah menyediakan Kaguya-sama: Love Is War untuk dapat disaksikan di layar kaca.

Anime yang memulai serialisasi manganya di Miracle Jump dan Weekly Young Jump milik Shueisha ini berkisah tentang ketua OSIS Miyuki Shirogane dan wakilnya, Kaguya Shinomiya yang disebut-sebut sebagai ‘perfect couple’ oleh teman-temannya. Namun keduanya gengsi untuk saling mengungkapkan perasaan mereka, dan menilai bahwa siapapun yang mulai untuk mengatakannya adalah pecundang.

10. Toradora!

Toradora!

Ryuji Takasaku dianggap sebagai anak bengal karena memiliki sorot mata yang tajam. Padahal sebenarnya, ia adalah seorang pemuda baik-baik. Di sekolah, ia menjalin persahabatan dengan Yusaku Kitamura dan menyukai Minori Kusheida, teman sekelasnya.

Satu kali, Ryuji bertemu dengan seorang gadis unik bernama Taiga Aisaka yang merupakan teman baik Minori. Taiga ternyata menyukai Yusaku, sehingga mereka memutuskan untuk bekerjasama demi mendapatkan pujaan hati mereka masing-masing.

Dimulai dengan kekocakan-kekocakan, semakin lama anime ini menjadi lebih serius dan menyentuh sisi emosional kita. Disebut-sebut sebagai salah satu anime terbaik di genre komedi romantis, kamu kemungkinan akan menyukainya.

Itu dia daftar anime komedi romantis sekolah yang bisa masuk dalam daftar wajib tonton kamu. Tenang, tidak ada diantara anime ini yang long running, layaknya judul-judul shonen. Jadi, kamu bisa menyaksikannya di saat-saat santai kamu.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *