Bacaterus / Film Anime / 8 Anime Detektif Terbaik, Penuh Misteri dan Bikin Penasaran

8 Anime Detektif Terbaik, Penuh Misteri dan Bikin Penasaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Dari berbagai genre yang ada, genre misteri termasuk salah satu yang paling disukai oleh para pencinta anime, apalagi bila ada tokoh detektif di dalamnya. Bicara tentang detektif, sosok yang satu ini selalu identik sebagai orang yang cerdas dan jenius. Akan tetapi, ada pula tokoh detektif yang di animenya digambarkan sebagai sosok yang pemalas, aneh, bahkan terkesan bodoh.

Kalau kalian sedang mencari anime misteri yang seru untuk ditonton, Bacaterus punya 8 rekomendasi anime bertema detektif yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Detektif Conan

Detektif Conan

Siapa yang tidak kenal dengan Detektif Conan? Anime yang satu ini diawali dengan kisah detektif SMA bernama Shinichi Kudo. Shinichi yang baru berusia 17 tahun ini dikenal cerdas dan sering membantu polisi untuk membongkar kasus-kasus kriminal. Tapi, Shinichi kemudian berhadapan dengan sindikat misterius bernama Organisasi Hitam dan hampir saja kehilangan nyawa.

Shinichi dipaksa meminum racun yang baru saja dikembangkan oleh sindikat tersebut. Namun tanpa sepengetahuan Organisasi Hitam, racun itu gagal membunuh Shinichi dan justru membuat tubuh pemuda tersebut mengecil seperti anak tujuh tahun. Demi menyelamatkan diri, Shinichi pun menyembunyikan identitasnya dan memakai nama Conan Edogawa.

Ia lalu tinggal di rumah Ran Mouri yang merupakan sahabatnya sejak kecil, sedangkan ayah Ran yang bernama Kogoro Mouri merupakan seorang detektif swasta. Dari sinilah Shinichi yang sudah berubah menjadi Conan ikut mengusut kasus-kasus yang ditangani Kogoro sekaligus mengumpulkan informasi tentang Organisasi Hitam.

2. Detektif Kindaichi

Detektif Kindaichi

Anime lain yang juga sangat populer adalah “Kindaichi Shounen no Jikenbou”, tapi di Indonesia sendiri lebih dikenal sebagai Detektif Kindaichi. Anime yang diangkat dari manga ini berkisah tentang Hajime Kindaichi, anak SMA sekaligus cucu dari detektif ternama bernama Kosuke Kindaichi.

Dalam kehidupan sehari-hari, Kindaichi tampak seperti anak SMA biasa yang sedikit nakal, malas, bahkan terkesan mesum. Tapi di balik itu semua, kecerdasan Kindaichi sebenarnya tak beda jauh dengan sang kakek.

Detektif SMA yang satu ini sangat pandai menyelidiki sebuah misteri dan sudah sering membantu polisi dalam menangani kasus-kasus pelik. Dalam perjalanannya, Kindaichi sering ditemani oleh sahabatnya, Miyuki Nanase, dan juga seorang inspektur polisi bernama Isamu Kenmochi.

3. Death Note

Death Note

Selanjutnya ada “Death Note” yang sukses menjadi salah satu anime populer sepanjang masa. Anime bertema detektif ini menonjolkan sisi misteri yang dibalut dengan bumbu supernatural. Ceritanya diawali dengan seorang pemuda jenius bernama Light Yagami yang tidak sengaja menemukan death note milik shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk.

Sesuai namanya, death note adalah buku catatan kematian. Siapapun yang namanya tertulis di dalamnya, maka orang tersebut akan mati dengan cara yang sudah ditentukan si penulis. Dengan death note inilah Yagami diam-diam mulai menghabisi nyawa orang-orang yang menurutnya pantas mati dan bertujuan ingin menciptakan dunia tanpa kejahatan.

Yagami kemudian dijuluki dewa kematian bernama Kira dan sosoknya tidak pernah terungkap oleh publik. Kematian berantai yang misterius akhirnya membuat polisi kalang kabut. Pihak polisi lalu meminta bantuan seorang detektif nyentrik bernama L untuk menghentikan Kira. Dari sinilah si jenius Yagami harus beradu otak dengan L yang super cerdas.

4. Psychic Detective Yakumo

Psychic Detective Yakumo

Anime yang satu ini diadaptasi dari novel misteri karya Manabu Kaminaga. Anime ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Yakumo Saitou yang memiliki mata kiri berwarna merah. Lewat matanya inilah Yakumo bisa melihat hantu atau roh-roh yang ada di sekitarnya.

Yakumo dapat berkomunikasi dengan roh dan membantu menyelesaikan permasalahan mereka di dunia, dengan begitu roh-roh tersebut bisa pergi dengan tenang ke alamnya. Cerita anime ini dimulai ketika seorang gadis bernama Haruka Ozawa muncul di hadapan Yakumo.

Haruka meminta bantuan pada Yakumo untuk menyelamatkan temannya yang sedang diganggu oleh makhluk tak kasat mata. Seiring berjalannya waktu, Yakumo dan Haruka terus berurusan dengan kasus-kasus misterius yang berhubungan dengan hantu atau roh.

5. Tantei Gakuen Q

Tantei Gakuen Q

Anime ini juga dikenal dengan judul “Detective School Q” atau “Dan Detective School (DDS)”. Sesuai dengan judulnya, anime ini bercerita tentang sekolah khusus detektif yang sangat terkenal. Sekolah ini didirikan oleh Morihiko Dan yang merupakan seorang detektif ternama di Jepang.

Kisah anime ini berpusat pada seorang anak laki-laki bernama Kyu Renjo yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Karena bercita-cita menjadi detektif, Kyu lalu masuk ke DDS dan bertemu dengan beberapa teman baru, mulai dari Ryu, Megumi, Kintaro, dan Kazuma. Menariknya lagi, semua teman Kyu memiliki kemampuan unik yang membantu mereka menjadi detektif handal.

Bersama dengan keempat temannya, Kyu lalu memecahkan sejumlah kasus yang sangat pelik, baik itu kasus yang dibuat oleh Morihiko Dan untuk ujian sekolah maupun kasus-kasus kriminal yang sebenarnya. Tak hanya itu, Kyu dan teman-temannya juga harus berhadapan dengan organisasi misterius bernama Pluto.

6. Hyouka

Hyouka

Berikutnya ada anime “Hyouka” dengan tokoh utama Oreki Houtarou, seorang murid SMA yang terlihat malas-malasan. Atas permintaan sang kakak, Oreki akhirnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan masuk ke Klub Sastra Klasik (Koten-bu) yang terancam dibubarkan.

Di klub inilah Oreki bertemu dengan gadis bernama Chitanda Eru yang punya rasa penasaran tinggi. Bila berhadapan dengan misteri atau teka-teki, gadis ini akan terus memikirkannya sampai benar-benar menemukan jawabannya.

Selain Oreki dan Chitanda, klub ini juga diisi oleh Fukube Satoshi yang punya ingatan kuat serta Ibara Mayaka yang memiliki hubungan kurang akur dengan Oreki. Oreki dan teman-temannya kemudian berhadapan dengan berbagai misteri, termasuk yang berhubungan dengan klub mereka.

7. Un-Go

Un-Go

Anime “Un-Go” mengambil latar belakang masa depan distopia, tepatnya ketika Jepang sedang mengalami kekacauan tapi berusaha untuk bangkit. Pada masa ini, perusahaan JJ System menguasai teknologi sekaligus jaringan telekomunikasi di Jepang.

Perusahaan ini dipimpin oleh Rinroku Kaishou, penguasa media yang ikut memecahkan kasus-kasus kriminal lewat media yang dikuasainya. Akan tetapi, anime ini lebih berpusat pada tokoh Shinjuurou Yuuki yang mendapat julukan Si Detektif yang Kalah.

Bersama partner-nya yang misterius, Inga, Shinjuurou terus melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus kriminal, khususnya pembunuhan. Menariknya lagi, Shinjuurou sering memiliki hipotesa yang berbeda dengan Rinroku Kaishou.

Anime ini tidak hanya menampilkan sepak terjang Shinjuurou sebagai seorang detektif, tapi juga menunjukkan bahwa ada teka-teki besar tentang sosok Rinroku Kaishou yang sebenarnya. Selain itu, sang partner yang bernama Inga juga menyimpan sebuah misteri, bahkan tampaknya memiliki tujuan lain yang tak terduga.

8. Kamisama no Memochou

Kamisama no Memochou

Anime yang satu ini diawali dengan kisah Narumi Fujishima, siswa SMA yang terkesan penyendiri dan tak mau berbaur dengan teman-teman sekolahnya. Suatu hari, ia bertemu dengan teman sekelasnya yang bernama Ayaka di atap sekolah. Pertemuan inilah yang kemudian membuat kehidupan Narumi berubah total.

Ayaka yang bersifat ceria dan aktif ini mengajak Narumi untuk bergabung dengan tim detektif NEET yang memang berisi orang-orang NEET (Not in Education, Employment, or Training). Tim ini dipimpin oleh seorang gadis bernama Alice yang tinggal di lantai atas kios ramen Hanamaru.

Meski penampilannya seperti anak belasan tahun, Alice merupakan seorang hacker handal yang menjadi otak dalam tim detektif NEET. Kelompok ini sering menghadapi kasus-kasus kriminal berbahaya, mulai dari pencurian, pembunuhan, hingga yang berhubungan dengan obat-obatan terlarang.

Itu dia 8 anime bertema detektif untuk kalian yang suka sekali dengan kisah-kisah misteri. Semuanya dijamin menyajikan teka-teki yang pastinya bikin penasaran. Kalau kalian punya rekomendasi lain tentang anime misteri dengan tokoh utama detektif, jangan ragu berbagi di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *