bacaterus web banner retina

Daftar Anime Terbaik Sepanjang Masa

Anime menjadi salah satu hiburan asal Jepang yang paling populer. Kepopuleran anime Jepang ini terkenal sampai ke seluruh penjuru negeri, termasuk Indonesia. Saking populernya, beberapa anime tercatat sebagai anime dengan rating tertingi sepanjang masa. Rating tertinggi ini biasanya diberikan atas karyanya yang berkualitas baik, dari segi cerita hingga eksekusinya.

Jika kamu penasaran sebagus apa anime dengan rating tertinggi, berikut Bacaterus punya daftar anime rating tertinggi berdasarkan iMDb dan MyAnimeList. Yuk, langsung dibaca artikelnya sampai akhir!

Era 2020 – Sekarang

Anime punya banyak cerita yang menarik. Di tahun 2020 hingga sekarang, anime Jepang masih menjadi primadona. Bahkan, beberapa anime-nya pun punya rating tertinggi lho!

1. Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2 (9,1)

shingeki no kyojin final part 2_

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan merupakan anime yang pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta anime. Series ini merupakan seri ke-2 dan merupakan series terakhir dari serangkaian anime Shingeki no Kyojin: The Final  yang baru ditayangkan pada awal tahun 2022. Baik di situs iMDb maupun MyAnimeList, anime ini memiliki rating yang tinggi, yakni 9,1 di kedua situs tersebut.

Ceritanya sendiri melanjutkan perjuangan Eren CS yang melawan menjalankan rencana besar yang penuh misteri. Sementara itu, Eren mencari lebih jauh tentang masa lalu keluarganya dan berjuang untuk mengendalikan nasibnya sendiri. Kira-kira bagaimanakah nasib Eren CS? Daripada penasaran mending tonton anime-nya sekarang.

2. Fruits Basket The Final (9,1)

fruits basket final_

Anime Fruits Basket The Final merupakan sekuel dari Fruits Basket 2nd Season. Anime ini mempunyai rating 9,1 di iMDb dan rating 9,0 di MyAnimeList. Dengan rating yang tinggi di dua situs tersebut, tentu anime ini layak untuk di tonton.

Ratusan tahun yang lalu, roh-roh Zodiak Cina dan dewa mereka melakukan sumpah untuk tetap bersama selamanya. Sebagai seorang kepala klan, Akito meyakini kalau ia mempunyai hubungan khusus dengan Klan Souma. Sementara keluarga Akito yang lainnya merasa terisolasi dan ketakutan.

Di lain pihak, Tooru Honda bertekad untuk memutuskan rantai perjanjian yang pernah terikat dulu. Ikatan tersebut membuat sebuah belenggu yang membatasi kebebasan mereka dan menjadi beban yang tidak diinginkan (kutukan).

3. Ousama Ranking (9,1)

ousama ranking_

Anime Ousama Ranking atau yang dikenal juga dengan judul Ranking of Kings ini merupakan anime yang cukup banyak diminati oleh para pecinta anime, dengan rating 9,1 dari iMDb dan 9,0 dari MyAnimeList. Tentu saja dengan rating yang tinggi tersebut anime ini layak masuk ke wishlist untuk kamu tonton.

Ceritanya sendiri menceritakan kisah seorang pangeran bernama Bojji yang terlahir bisu dan tuli. Meski kedua orang tuanya adalah seorang raksasa, namun Bojji terlahir dengan tubuh yang sangat kecil. Tidak hanya itu, meski Bojji keturunan raksasa, tapi Bojji itu lemah, sehingga ia sering di bully oleh rakyatnya bahkan keluarganya sendiri.

Meski begitu, Bojji tetap selalu bersemangat menjalankan hidupnya yang serba menyakitkan itu. Dan walaupun banyak yang tidak mempercayainya, Bojji bertekad untuk menjadi seorang penerus Raja suatu saat nanti.

Dengan ceritanya yang lucu, menyentuh hati dan cukup sulit ditebak tentunya membuat semakin penasaran untuk yang menontonnya.

4. Shingeki no Kyojin: The Final Season (9,1)

Shingeki-no-Kyojin-The-Final-Season_

Kalau kamu fans dari Attack on Titan, pasti senang sekaligus mungkin sedih karena di akhir tahun 2020, anime ini merilis seri terakhirnya.

Di seri terakhirnya kali ini digarap oleh Jun Shishido dan beberapa sutradara lainnya. Tidak hanya itu, fans dari Shingeki no Kyojin juga diberi asupan 16 episode untuk menyaksikan petarungan terakhir dari Mikasa CS.

Untuk cerita di final season ini ditulis oleh Hiroshi Seko. Lalu, desainer karakternya dipercayakan pada Tomohiro Kishi. Secara keseluruhan, akhir dari seri ini membawa penjelasan kisah yang belum terungkap. Bahkan, di sini juga mulai dibuka soal sejarah kelam para raksasa. Untuk yang penasaran, segera tonton anime-nya, ya!

5. Kimetsu no Yaiba: Yuukaku-hen (8,7)

kimetsu no yaiba yuukaku hen_

Kimetsu no Yaiba atau Demon Slayer adalah salah satu anime yang hits akhir-akhir ini. Tak heran kalau anime ini memiliki rating yang cukup tinggi, yakni 8,7 berdasarkan iMDb dan 8,8 berdasarkan MyAnimeList.


Kalau kamu mau menonton anime ini, pastikan menonton dari series pertamanya ya, supaya bisa mengerti alur ceritanya dari awal. Seri kali ini melanjutkan cerita setelah terjadinya insiden di Kereta Mugen yang sangat membebani anggota Pembunuh Iblis.

Tengen yang sedang menangani teror iblis di distrik Hiburan Yoshiwara, kehilangan kontak dengan pasangannya. Tengen yang ketakutan meminta bantuan kepada Tanjirou Kamado CS, kemudian menyusup ke rumah-rumah paling terkemuka di distrik tersebut.

6. Jujutsu Kaisen (8,7)

Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen masuk ke dalam jajaran anime dengan rating tertinggi. Berdasarkan iMDb, anime ini dinilai dengan rating 8,7.

Sedangkan menurut MyAnimeList, anime ini berhasil meraih rating 8,4. Raihan angka rating yang tinggi ini berkat antusias para penonton anime. Tercatat, anime ini memiliki jumlah penonton sekitar 270 ribu di tahun 2020. Sebagus apa ceritanya?

Ceritanya berpusat pada Itadori dan teman-temannya. Mereka adalah pemburu monster terkutuk. Tujuan mereka memburu monster adalah menyelamatkan orang-orang dari bahaya monster. Namun, masalah bukan hanya itu saja karena ternyata Itadori juga memiliki monster kutukan terkuat di dalam tubuhnya!

7. Fumetsu no Anata e (8,7)

fumetsu no anata e_

Anime yang dikenal juga dengan judul To Your Eternity ini memiliki rating yang cukup tinggi, yakni 8,7 berdasarkan iMDB dan 8,4 berdasarkan MyAnimeList. Anime ini merupakan adaptasi dari serial manga dengan judul yang sama karya Yoshitoki Ouima yang juga membuat manga terkenal, A Silent Voice.

Untuk series anime-nya, disutradarai oleh Murata Masahiko dan berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi juga kritik yang positif. To Your Eternity menceritakan kisah tentang makhluk abadi bernama Fushi. Ia dikirimkan ke Bumi untuk mempelajari segala sesuatu yang ada di Bumi.

Dari awal kedatangannya ke Bumi, ia sudah beberapa kali berubah ke dalam berbagai bentuk. Hingga akhirnya ia berubah menyerupai seorang bocah laki-laki berambut putih. Lantas, bagaimanakah perjalanan Fusi di Bumi?

8. Odd Taxi (8,6)

odd taxi_

Anime  selanjutnya yang memiliki rating cukup tinggi adalah Odd Taxi. Anime ini cukup unik karena karakter yang dimunculkan adalah hewan. Ceritanya sendiri fokus pada kisah seekor walrus bernama Odokawa yang berusia 41 tahun dan berprofesi sebagai supir taksi.

Odokawa yang ditinggalkan oleh orang tuanya sejak SD, menjadi pribadi yang kurang bersosialisasi. Namun, ketika bekerja ia selalu melakukan percakapan dengan para penumpangnya ketika mengantarkan penumpang tersebut. 

Dalam percakapan Odokawa dengan para penumpangnya, terkuak serangkaian misteri dan tindakan kriminal. Kira-kira percakapan apakah yang diobrolkan Odokawa dengan para penumpangnya tersebut, sampai-sampai Odokawa dikejar oleh polisi?

9. Kaguya-sama wa Kokurasetai?: Tensai-tachi no Renai Zunousen (8,7)

Kaguya-sama-wa-Kokurasetai_

Selain Shingeki no Kyojin, anime yang biasa disingkat Kaguya-Sama ini juga meraih rating tertinggi yakni 8,7 berdasarkan MyAnimeList.

Awalnya, Kaguya-Sama merupakan cerita manga, kemudian ceritanya diadaptasi menjadi anime ber-series. Untuk produksinya sendiri, A-1 Pictures yang bertanggung jawab bekerjasama dengan sutradara handal, Shinichi Omata.

Untuk ceritanya bisa terbilang klise namun menarik karena menceritakan hubungan romantis antara ketua OSIS dengan wakilnya. Yang bikin anime ini spesial adalah karakternya, di mana sang ketua dan wakilnya punya gengsi yang sangat tinggi.

Bagi mereka, siapa pun yang mengungkapkan rasa cintanya terlebih dahulu berarti dia kalah. Akhirnya, tidak ada yang mau mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu. Awalnya mereka saling menunggu, tapi lama kelamaan mereka justru melakukan berbagai macam hal konyol agar membuat lawannya takluk dan menyatakan perasaannya duluan.

10. Fruits Basket S2 (8,5)

Fruits Basket S2

Dengan rating MyAnimeList 8,5, Fruit Basket S2 ini layak untuk ditonton bagi para pecinta cerita anime. Rating yang tergolong tinggi ini menandakan bahwa anime ini punya alur yang asyik untuk diikuti. Ceritanya masih melanjutkan kisah Tohru Honda.

Satu tahun sudah berlalu, Tohru Honda semakin dekat dengan orang-orang di sekitarnya, Shigure, Kyou, serta Yuki. Tidak hanya mereka bertiga, Tohru juga memiliki hubungan semakin dekat dengan keluarga Souma. Saking akrabnya, Tohru mulai mengetahui kisah leluhur keluarga Souma.

Namun semakin mereka dewasa, hubungan Tohru dan Souma bisa menjadi masalah. Selain itu, masalah semakin tegang ketika mereka harus menjalankan tugas bersama dengan Akito Souma. Akito Souma sendiri dikenal sebagai kepala keluarga yang tegas dan menakutkan. Kira-kira, tugas apa yang harus diemban oleh Tohru?

11. Yuru Camp△ Season 2 (8,6)

Yuru Camp△ Season 2

Kalau kamu ingin tontonan yang ringan dan tidak banyak masalah di dalamnya, anime Yuru Camp ini bisa menjadi opsi yang sempurna.

Namun, sebelum menonton musim kedua, sebaiknya tonton dulu season pertamanya untuk mengenal karakter yang ada di Yuru Camp. Menariknya, setiap karakter yang tampil di Yuru Camp punya ciri khas sendiri.

Selain karakternya yang berciri khas, premis cerita yang ditawarkan oleh anime ini juga menarik. Kisahnya tentang anak-anak sekolah yang suka dengan kegiatan camping. Akhirnya, mereka membentuk sebuah ekstrakulikuler khusus camping. Kegiatannya yakni berkemah di alam terbuka dengan berbagai keseruan camping.

Nah, di musim kedua ini menceritakan Rin Shima yang mengadakan solo-camp alias kemah sendiri. Dia berencana untuk berkemah di tepi laut.

Namun, rencana yang ia buat untuk dua hari kemah harus mengalami masalah. Pasalnya, saat ia mau pulang dari kemah tiba-tiba cuaca buruk. Akhirnya ia pun diundang oleh Nadeshiko Kagamihara untuk menginap di rumah neneknya.

12. Re: Zero kara Hajimaru Isekai Seikatsu 2nd Season Part 2 (8,5)

Re- Zero kara Hajimaru Isekai Seikatsu 2nd Season Part 2_

Re: Zero kara Hajimaru Isekai merupakan anime adaptasi dari light novel yang memiliki rating cukup tinggi. Berdasarkan iMDb dan MyAnimeList, untuk season 2 part 2 anime ini memiliki rating 8,5 di kedua situs tersebut.

Sementara ceritanya diadaptasi dari light novel volume ke-9 sampai ke-12 dan bab pertama dari 13 volume dengan judul yang sama. 

Pada musim kedua, anime ini memperlihatkan sebuah kontrak abadi, dosa masa lalu dan cinta yang tak berbalas akan berbenturan dan tenggelam dalam sungai darah. Didorong dengan keputusasaan, akankah Subaru bisa menyelamatkan orang yang dicintainya?

13. Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu Part 2 (8,4)

mushoku tensei isekai_

Anime Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Desu ini merupakan adaptasi dari seri novel ringan dengan judul yang sama. Untuk anime-nya dibagi ke dalam dua bagian, yaitu part 1 yang telah dirilis pada 22 Maret 2021, sedangkan part 2 nya dirilis pada 4 Oktober 2021 setelah terjadinya penundaan tayang. 

Setelah sebuah bencana misterius terjadi, Greyrat dan Eris diteleportasi ke Benua Iblis. Kemudian  mereka bekerja sama dengan rekan baru yang bernama Ruijerd seorang mantan pemimpin kelompok Superd. 

Mereka bertiga lantas melakukan sebuah perjalanan yang melintasi benua untuk pulang ke Fittoa. Namun, dalam perjalanannya tersebut bahaya yang tak terduga mengancam untuk menghalangi perjalanan mereka.

14. Haikyuu!!: To the Top 2nd Season (8,5)

haikyuu to the top 2_

Anime ini mengangkat tema tentang olahraga voli dan menjadi salah satu anime sport yang cukup banyak diminati penontonnya. Tak heran kenapa anime ini banyak penggemarnya karena memiliki rating yang cukup tinggi, baik di iMDb maupun di MyAnimeList.

Setelah sebelumnya SMA Karasuno dianggap sebagai SMA ‘Gagak Tak Terbang’, akhirnya SMA Karasuno berhasil masuk ke tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, SMA yang menjadi lawannya adalah runner-up dari Turnamen Musim Semi terakhir.

Selama pertandingan SMA Karasuno tak lepas dari cemoohan pendukung SMA Inarizaki yang menjadi lawannya. Pertandingan pun dimulai dengan intens oleh kedua tim. Akankah SMA Karasuno bisa mengalahkan SMA Inarizaki dan menjadi juara?

15. Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru (8,4)

Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru_

Anime Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru atau yang dikenal juga dengan judul My Dress-Up Darling ini merupakan anime yang tayang pada musim dingin 2022. Anime garapan CloverWorks dan disutradarai oleh Shinohara Keisuke ini ceritanya fokus pada kisah Kitagawa Marin dan Gojou Wakana.

Adalah Gojou, seorang pemuda murid SMA yang ingin menjadi seorang pengrajin boneka Hina Ningyo (boneka tradisional Jepang).

Namun karena kecintaannya terhadap kerajinan pembuatan boneka tradisional Jepang tersebut, Wakana menjadi penyendiri. Wakana menganggap gadis-gadis seperti Marin Kitagawa merupakan alien dari dunia lain.

Marin, seorang gadis SMA yang menyukai cosplay, merahasiakan hobinya tersebut dari teman sekelasnya.

Namun, ketika Marin melihat Wakana menjahit sesuatu di sebuah ruangan di sekolah, Marin kemudian meminta Wakana untuk membantunya menjalankan hobi rahasianya tersebut. Akankah Wakana bisa mengatasi trauma masa kecilnya itu ketika Marin meminta bantuannya?

16. Kingdom 3rd Season (8,3)

Kingdom 3rd Season_

Anime ini mengambil cerita fiksi yang diadaptasi dari sejarah China pada periode yang dikenal dengan ‘Warring States Period’. Dengan beberapa karakternya diadaptasi juga dari figur sejarahnya. Tapi tenang, visual yang ditampilkan masih gaya Jepang, kok.

Setelah kesuksesan kampanye yang dilakukan oleh Sanyou, pasukan Qin dengan 1.000 orang Li Xin semakin dekat untuk memenuhi permintaan Raja Ying Zhen untuk menyatukan Tiongkok.

Sementara Li Mu, seorang ahli stategi yang tak tertandingi dan baru saja dilantik, memanfaatkan gencatan senjata sementara antara Zhao dengan Qin untuk bernegosiasi dengan negara bagian lainnya tanpa adanya gangguan.

Namun, untuk pertama kalinya dalam sejarah, negara bagian Qin mengalami kehancuran total dan harus menggunakan setiap sumber daya dan strategi yang mereka miliki. Jika tidak, mereka akan terhapus dari peta. Lantas, bagaimanakah nasib negara Qin kedepannya?

17. Vivy: Fluorite Eye’s Song (8,3)

Vivy- Fluorite Eye’s Song_

Seratus tahun yang lalu, AI sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Para AI di program dengan sebuah misi khusus. Vivy adalah AI otonom pertama yang diciptakan untuk menyebarkan kebahagiaan melalui suaranya.

Di sebuah taman hiburan di mana dia hampir tidak pernah mendapatkan penonton yang tepat, Vivy terus berusaha menampilkan keahliannya. Hingga AI canggih dari masa depan muncul di hadapan dirinya dan meminta bantuan untuk menghentikan perang yang menghancurkan dunia. 

Kemudian, Vivy terlempar ke dalam perjalanan selama satu abad untuk menghindari sejarah kekerasan yang akan terjadi di masa depan. Akankah Vivy mampu menghentikan kejadian tersebut?

18. Sasaki to Miyano (8,5)

sasaki to miyano_

Anime ini diadaptasi dari serial manga karya Shou Harusono dengan judul yang sama. Adaptasi anime-nya diproduksi oleh Studio Deen dan disutradarai oleh Ishihira Shinji. 

Fokus ceritanya berpusat pada kisah seorang siswa SMA bernama Miyano Yoshikazu dengan siswa senior Sasaki. Miyano tertarik kepada Sasaki ketika ia sempat menolong teman sekelasnya dari sekelompok pengganggu. 

Sasaki meminjam manga BL yang dibaca oleh Miyano. Namun betapa terkejutnya Miyano ketika mengetahui Sasaki menikmati manga tersebut.

Perlahan hubungan mereka menjadi semakin rumit dan sering menghabiskan waktu bersama. Bahkan, karena mereka memiliki minat yang sama, hubungan mereka pun berubah dan berkembang lebih lanjut.

19. Tokyo Revengers (8,3)

tokyo revenger_

Anime Tokyo Revengers merupakan salah satu anime yang tayang pada musim semi 2021 dan menjadi salah satu anime yang cukup terkenal. Hal tersebut tentu tidak lepas dari rating yang cukup tinggi dan alur cerita yang menarik.

Ceritanya sendiri fokus pada kisah Takemichi Hanagaki seorang laki-laki yang secara tidak sengaja melakukan time lapse. Takemichi kembali ke masa-masa SMA pada 12 tahun yang lalu. Awalnya, Takemichi bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi. 

Namun, Takemichi memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk mengubah masa depannya. Tidak hanya itu, masa lalu yang ia ubah adalah dengan tujuan untuk menyelamatkan pacar dan juga teman-teman gang Touman yang dulu ia banggakan. Perjuangan Takemichi untuk merubah masa depan pun dimulai.

20. Idoly Pride (8,4)

idoly pride_

Idoly Pride adalah sebuah adaptasi anime yang merupakan bagian dari proyek multimedia dengan nama yang sama. Anime ini menceritakan tentang sebuah program bernama VENUS yang merupakan sistem penilaian idola yang menggunakan teknologi AI dan data untuk menentukan peringkat kandidatnya berdasarkan berbagai faktor.

Untuk menemukan bintang idol yang sedang naik daun di industri musik, maka dibuatlah program Grand Prix VENUS yang diadakan setiap tahun. Setelah lulus dalam sebuah audisi menyanyi, Nagase Kotono, seorang siswa SMA dan sahabatnya pindah ke sebuah asrama dengan delapan calon idola lainnya.

Para calon idola menyadari dengan cepat, bahwa untuk menjadi seorang idola terbaik tidak hanya harus mahir dengan koreografi yang imut dan pakaian imut saja.

Mereka harus mengerahkan seluruh tenaga, keringat bahkan air mata agar bisa mencapai puncak. Akankah Nagase bisa merebut gelar idola terbaik yang kini dipegang oleh kakak perempuannya sendiri, Nagase Mana?

1 234
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram