Bacaterus / Film Anime Olahraga / Suka Baseball? Ini 10 Rekomendasi Anime Baseball Terbaik

Suka Baseball? Ini 10 Rekomendasi Anime Baseball Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di Indonesia, cabang olahraga baseball mungkin nggak begitu populer. Pamornya masih kalah sama sepak bola dan bulu tangkis. Lain cerita dengan di Jepang, di sana baseball adalah cabang olahraga yang sangat populer dan begitu dicintai orang Jepang. Diperkirakan, baseball sudah masuk ke Jepang sejak tahun 1870.

Sebagai negara penghasil anime berkualitas, nggak heran kalau para pembuat anime menjadikan baseball sebagai tema utama. Kalau kamu suka baseball, atau mungkin ingin tahu lebih banyak soal baseball, kamu bisa menonton anime baseball untuk menambah wawasan. Ini 10 rekomendasi anime baseball terbaik. 

1. Battery [2016]

Battery [2016]

Di dalam dunia baseball, seorang pitcher yang melempar membutuhkan seorang catcher yang menerima. Keduanya harus sama-sama handal. Kombinasi keduanya disebut battery. Masalahnya, menemukan pasangan yang cocok itu lumayan sulit. Nggak cuma keterampilan, tetapi juga karakter. Kedua orang itu harus saling melengkapi.

Setelah keluarganya pindah ke daerah pegunungan, Harada Takumi dilanda frustasi sampai hampir menyerah. Dia yang seorang pitcher kesulitan menemukan catcher yang bisa mengimbanginya. Kemudian, teman sekelasnya, Nagakura Gou mengajaknya untuk membentuk battery. Seperti apakah kisah mereka selanjutnya? Selengkapnya ada di anime baseball ini.

2. Diamond No Ace [2013]

Diamond No Ace [2013]

Selain tentang kedisiplinan dan kerja keras, olahraga juga identik dengan persaingan. Bukan cuma persaingan dengan lawan, tetapi juga persaingan di dalam tim untuk memperebutkan posisi tertentu. Anime baseball berjudul Diamond No Ace ini bercerita tentang sosok Sawamura Eijun, seorang remaja periang yang suka bermain baseball sebagai pitcher.

Bersama teman-teman SMP yang nggak begitu pandai main baseball, Sawamura mengikuti pertandingan dan kalah. Kekalahan itu membawa cerita baru untuk Sawamura. Seorang pelatih dari SMA Seido tertarik pada Sawamura dan mengajaknya bergabung. Di sanalah dia bertemu dengan catcher bernama Miyuki, dan pitcher yang jadi rivalnya, Furuya.

3. Touch [1985]

Touch [1985]

Kalau sepak bola punya Captain Tsubasa, basket punya Slam Dunk, maka baseball juga punya Touch yang melegenda. Meski anime baseball yang satu ini rilis tahun 1985, tapi jangan pernah meragukan kualitasnya. Alur ceritanya bagus dan masih menarik untuk ditonton jaman sekarang. Ceritanya tentang Uesugi bersaudara, si kembar yang sangat berbeda.

Tatsuya adalah pemain baseball yang diidolakan siswi-siswi di sekolah. Sementara kembarannya, Kazuya, bukanlah siapa-siapa. Semuanya berubah waktu Kazuya jatuh cinta sama Asakura Minami. Sejak saat itu, dia punya tekad untuk jadi pemain baseball yang lebih hebat dari kakaknya. Kalau mau lihat sekeras apa remaja berjuang untuk cintanya, nonton ya!

4. Cross Game [2009]

Cross Game [2009]

Kalau kamu mencari anime sport yang mampu mengaduk-aduk emosi, anime baseball berjudul Cross Game mungkin akan cocok buat kamu. Desain poster dan karakternya mungkin terlalu klasik untuk ukuran anime keluaran tahun 2009, tetapi jangan salah, coba dulu nikmati cerita yang ada di dalamnya. Ini bukan cuma tentang baseball, tetapi juga cinta, dan keluarga.

Ceritanya tentang dua keluarga, Kitamura dan Tsukishima. Kou Kitamura sangat dekat dengan Wakaba Tsukishima sejak kecil, bahkan sampai membuat Aoba, adik Wakaba, cemburu. Aoba adalah pitcher hebat. Kou diam-diam berlatih supaya bisa seperti dia. Ini bukan cuma tentang baseball semata, ada kisah rumit antara manis dan pahit yang terjadi di antara mereka. 

5. Major [2004]

Major [2004]

Kamu mau anime sport yang ceritanya unik? Anime baseball berjudul Major mungkin bisa jadi pilihan. Keunikan anime baseball yang satu ini ada pada keterlibatan para karakternya. Ada seorang Ayah tunggal bersama seorang anak yang sama-sama bermain baseball, dan seorang guru cantik yang membuat Ayah tunggal itu jatuh cinta lagi.

Ini tentang Goro, anak dari Sigeharu Honda yang merupakan pemain baseball profesional. Mengikuti jejak Ayahnya, Goro juga bermain baseball dengan posisi pitcher. Di sekolah, Goro punya seorang guru cantik yang membuat Ayahnya jatuh cinta. Anime baseball yang satu ini memadukan drama keluarga, cinta, dan olahraga menjadi satu cerita menarik.

6. H2 [1995]

H2 [1995]

Apa kamu punya mimpi? Bagaimana kalau seandainya kamu dihadapkan pada sebuah kondisi yang mengharuskan kamu melepas mimpi itu? Apa kamu akan melepaskannya? Atau melawan keadaan dan tetap mengejar mimpi itu? Anime baseball yang satu ini berkisah tentang Kunimi Hiro, pitcher handal yang terpaksa berhenti bermain karena cidera bahu yang parah.

Untuk melupakan mimpinya, dia pindah ke sekolah yang nggak punya tim baseball. Di sana, dia bergabung dengan tim sepak bola. Dia ingin melupakan semua hal tentang baseball. Namun ternyata, dia nggak bisa. Lalu, dia memilih untuk melawan keadaan dan kembali berusaha mengejar mimpinya. Kisahnya tertuang dalam anime baseball berjudul H2. 

7. One Outs [2008]

One Outs [2008]

Kita tentu tahu kalau dunia olahraga pun punya sisi gelap, salah satunya adalah perjudian. Sudah menjadi rahasia umum kalau pertandingan olahraga seringkali dibuat menjadi arena perjudian oleh orang-orang tertentu. Itulah yang membuat anime baseball yang satu ini berbeda. Kebanyakan, anime baseball bercerita dengan latar belakang sekolah atau keluarga.

Kala itu, Kojima sedang mencari pitcher baru. Tanpa sengaja, dia nyasar ke sebuah tempat judi. Di sana, dia bertemu dengan Tokuchi, seorang penjudi misterius yang nggak terkalahkan dalam bermain One Outs. Kojima bermain dengan Tokuchi dan menang. Sebagai imbalan, Tokuchi harus bergabung dengan tim Kojima. Dari sanalah keseruan dimulai.

8. Big Windup! [2007]

Big Windup! [2007]

Meskipun dirilis tahun 2007, anime baseball berjudul Big Windup! ini cukup sering masuk daftar top 10 sebagai anime baseball terbaik. Kualitas visualnya juga memuaskan, nggak kalah dengan anime modern yang rilis setelahnya. Sebagian besar penonton akan langsung tertarik ketika menonton episode pertama, mungkin kamu juga? Nggak ada salahnya dicoba.

Ceritanya tentang SMA Nishimura yang baru membentuk tim baseball untuk sekolah mereka. Jadi, para pemainnya pun semuanya anak-anak tahun pertama tanpa ada senior. Di sana ada Mishahi, seorang pitcher yang penakut dan nggak percaya diri karena masa lalunya. Melalui tim yang baru itu, Mishahi dan kawan-kawan berusaha keras membangun tim.

9. Taisho Baseball Girls [2009]

Taisho Baseball Girls [2009]

Kalau kamu ingin anime sport dengan cerita yang segar, mungkin kamu akan suka anime baseball yang berjudul Taisho Baseball Girls ini. Ada dua keunikan utama yang menjadi pembeda. Pertama, latar waktu di dalam cerita yang diambil adalah tahun 1925. Kedua, karakter yang disorot adalah karakter-karakter perempuan.

Ini tentang Akiko, remaja 14 tahun yang ingin membentuk tim baseball perempuan. Kala itu baseball belum terlalu populer apalagi untuk perempuan. Akiko menemui banyak halangan mulai dari sulitnya mendapat restu orang tua, sampai sulitnya mengajak teman untuk bergabung. Simak sendiri perjuangan Akiko di dalam anime baseball yang satu ini, ya! 

10. Moshidora [2011]

Moshidora [2011]

Kalau biasanya anime baseball berfokus pada pemain, kali ini ceritanya berbeda. Anime baseball berjudul Moshidora mengambil sudut pandang lain, yakni sudut pandang manajer tim. Inilah yang memberikan keseruan dalam anime baseball yang satu ini. Apalagi, karakter utama yang menjadi manajer adalah perempuan.

Minami diminta oleh Yuki yang sedang sakit untuk menggantikannya menjadi manajer tim baseball SMA Hodokubo. Karena ini adalah pengalaman baru, Minami menerapkan konsep manajemen yang dia pelajari dari buku manajemen bisnis untuk tim baseball yang akan dikelolanya. Apakah Minami akan berhasil? Selengkapnya ada di anime baseball yang ini, ya!

Itulah 10 rekomendasi anime baseball terbaik. Ada yang membuat kamu tertarik? Atau mungkin ada yang pernah kamu tonton sebelumnya? Ceritakan di kolom komentar, yuk! Di sana, kamu juga bisa ikut menambahkan barangkali ada anime baseball seru yang belum tertulis di atas. Rekomendasi dari kamu pasti akan berguna untuk pembaca yang lain.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *