Bacaterus / Film Animasi / 15 Animasi Paling Seru yang Pernah Tayang di Indonesia

15 Animasi Paling Seru yang Pernah Tayang di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Maret 2020

Dahulu, pada masa kecil kita para gen 90-an, banyak sekali animasi yang ditayangkan di televisi. Biasanya animasi-animasi ini sudah meramaikan televisi setelah adzan subuh, dan kita suka menontonnya sambil bersiap-siap untuk sekolah. Nanti pulang sekolah, lanjut nonton kartun lagi sampai sore. Masa muda yang indah, ya?

Animasi seperti Dora, Spongebob dan Doraemon masih bisa kita tonton di televisi hingga kini. Lalu, bagaimana dengan animasi legend yang sudah tak ditayangkan lagi? Bacaterus telah merangkum animasi apa saja yang pernah tayang di tv lokal kita. Coba, apakah Anda masih ingat dengan animasi-animasi di bawah ini?

1. ChalkZone

Serial animasi yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki total 42 episode. Diproduksi oleh Frederator Studios dan disiarkan oleh Nickelodeon pada tahun 2002, baru empat tahun kemudian animasi ini tayang di layar kaca Indonesia. Lebih tepatnya dari tahun 2006 hingga 2012.

“ChalkZone” menceritakan kisah pelajar sekolah dasar bernama Rudy Tabootie. Walaupun baru berusia 10 tahun, ia merupakan seorang seniman muda yang sangat hebat, terutama dengan kapur. Suatu hari, ia menemukan kapur ajaib yang bisa membawanya ke zona kapur a.k.a ChalkZone. Rudy mengajak teman sekelasnya yang bernama Penny Sanchez yang pandai ke dalam sana.

Saat pertama kali masuk ke dunia kapur, Rudy Tabootie dan Penny Sanchez bertemu dengan Snap, ciptaan Rudy ketika ia berumur 8 tahun. Snap mengajak Rudy dan Penny berkeliling melihat hasil karya pencipta mereka, yaitu Rudy. Setiap harinya, selalu ada petualangan baru yang dialami Rudy, Penny dan Snap di ChalkZone.

2. Donald Duck

Siapa yang tidak tahu karakter animasi milik Disney ini? Seekor bebek yang identik dengan baju pelaut berwarna biru dan tanpa celana ini bernama Donald Duck. Karakter ini juga dikenal dengan suaranya yang khas. Ketika karakter bebek-bebek lainnya bersuara normal, suara Donald serak sendirian.

Donald Duck memiliki karakter yang mudah marah. Ia juga berulang kali dipecat dan bergonti-ganti pekerjaan. Meskipun begitu, Donald Duck itu terampil dalam segala bidang, loh! Di sini, diceritakan pula kekasih Donald, yaitu Daisy. Lalu, ada karakter pendukung lainnya seperti tiga keponakan Donald dan Gober (paman Donald) yang kaya raya tapi kikir luar biasa.

3. The Fairly Odd Parents

Masih dengan serial animasi asal Amerika Serikat, “The Fairly Odd Parents” dibuat oleh Butch Hartman dan ditayangkan oleh Nickelodeon. Hingga kini, serial animasi tersebut masih ditayangkan di berbagai negara, tapi sudah tak ada lagi di televisi kita kecuali Anda pasang tv kabel.

Bercerita tentang anak tunggal berusia 10 tahun bernama Timmy Turner yang memiliki banyak masalah. Kedua orang tuanya kurang perhatian, sehingga Timmy dititipkan pada Vicky untuk menemani Timmy di rumah.

Tapi, gadis galak ini sering mem-bully Timmy di belakang orang tua Timmy. Di luar Vicky, masalah Timmy juga cukup banyak. Seperti ia yang termasuk golongan ‘loser’ di sekolah, ia yang menyukai gadis paling populer dan sombong di sekolah dan masih banyak lagi.

Karena ketidakberuntungannya, Timmy dikirimkan tidak cuma satu tapi dua peri (yang sepertinya suami istri) bernama Cosmo dan Wanda. Cosmo sikapnya kekanak-kanakan dan lucu, sedangkan Wanda lebih dewasa dan keibuan. Peri penjaga Timmy sangat sayang sekali padanya, begitu pula Timmy yang sangat menyayangi mereka.

Dengan bantuan sihir Cosmo dan Wanda, Timmy bisa mendapatkan apapun yang ia inginkan. Tapi, ada problem lagi yang harus Timmy hadapi, yaitu gurunya yang sangat terobsesi dengan peri dan melakukan segala cara untuk membuktikan kalau peri itu nyata, dengan menjadikan Timmy sebagai target utama.

4. Marsupilami

“Marsupilami” adalah serial animasi yang diangkat dari komik Belgia tahun 1952 milik Andre Franquin. Marsupilami sendiri adalah tokoh fiksi yang menyerupai monyet, tapi tubuhnya cukup tinggi.

Ciri khas yang paling jelas dari marsupilami adalah warna bulunya yang kuning terang dengan totol-totol hitam, serta ekornya yang super duper panjang dan bisa dijadikan per atau pun tali gantung! Pokoknya ekor marsupilami itu multifungsi banget.

Mereka juga dianggap makhluk langka dalam animasi tersebut. Makanya, ada karakter jahat yang selalu ingin memburunya serta istri dan anak-anaknya untuk dijual.

5. Casper

Animasi yang satu ini berbeda dari serial animasi lain. Soalnya, “Casper” adalah karakter hantu kecil adalah bentuk adaptasi dari komik berjudul “Casper the Friendly Ghost”. Casper sendiri adalah karakter hantu yang menyenangkan dan baik hati.

Ketika seharusnya hantu itu bertugas untuk menakut-nakuti manusia, Casper malah berteman dengan penyihir kecil bernama Wendy. Di sini ada hantu yang sering menakuti manusia, yaitu ketiga paman Casper yang bernama Fatso, Stinky dan Stretch.

6. SpongeBob SquarePants

Hal-hal yang Belum Terpecahkan dalam Kartun Spongebob

Pasti semua tahu, dong, animasi kartun yang satu ini? Ya, si kuning SpongeBob selalu menghibur para penontonnya dengan tingkah yang konyol dan bikin penontonnya geleng-geleng kepala. Yang bikin kartun ini semakin menarik adalah karakter-karakter lainnya yang punya sifat unik dan lucu, seperti Patrick, Squidward, hingga Mr. Crab.

Selain karakternya yang unik, setiap episode SpongeBob juga menawarkan cerita yang ringan dan menggelitik. Ceritanya beragam, mulai dari hobinya yang menangkap ubur-ubur hingga tingkah laku konyolnya saat bekerja di Krusty Krab. Jadi kangen buat nonton kartun ini, ya?

7. Tom and Jerry

Serial animasi asal Amerika Serikat yang dibuat oleh William Hanna dan Joseph Barbera ini berjudul “Tom and Jerry”. Kedua karakternya ikonik banget. Bahkan, kalau ada dua orang yang sering berkelahi suka dikatakan si Tom dan si Jerry, kan?

Animasi ini menceritakan karakter kucing manja dan malas bernama Tom dan seekor tikus yang hidup berdekatan dengan Tom yang bernama Jerry. Tom dan Jerry dikenal terus bermusuhan. Setiap harinya, Tom selalu gagal menangkap Jerry karena kebodohannya sendiri, ditambah kelakuan Jerry yang lincah dan cerdik untuk lolos dari kejaran Tom.

8. The Flintstones

Sukses menjadi serial animasi selama tiga dekade, “The Flintstones” bercerita tentang petualangan dan keseharian keluarga dari zaman batu. Ada dua tokoh keluarga utama dalam animasi ini, yaitu keluarga Flintstones dan Rubbles yang dikenal ceria.

Kedua keluarga ini bertempat tinggal di Bedrock City. Animasi ini menceritakan centric kisah Fred dan Wilma dari keluarga Flintstones dengan teman dan tetangganya, keluarga Rubbles.

9. Woody Woodpecker

Tokoh animasi Amerika yang diciptakan oleh Walter Lantz ini adalah burung pelatuk berwarna biru yang terkenal dengan suara kicauan yang unik. Anda pasti masih terngiang-ngiang suara tertawa Woody yang “he-he-he-heu”-nya itu, loh! Serial animasi ini menceritakan tingkah konyol dan menjengkelkan Woody Woodpecker yang selalu mengundang tawa.

10. Scooby Doo

Serial animasi populer asal Amerika Serikat ini dibuat oleh Joe Ruby. Bercerita tentang empat remaja yang terdiri dari Fred, Daphne, Velma dan Shaggy. Mereka tergabung dalam Mystery. Inc yang selalu mengendarai mobil van bernama Mystery Machine untuk membongkar berbagai misteri yang berhubungan dengan hantu dan kekuatan gaib lainnya.

Selain sekelompok remaja itu, terdapat juga anjing konyol yang sering kali membuat ulah bernama Scooby Doo, yang menjadi tokoh utama animasi ini.

11. Mickey Mouse

Serial animasi ini dibintangi oleh karakter tikus yang identik sarung tangan berwarna putih, celana merah dan sepatu kuning bernama Mickey. Di sini, Mickey diceritakan memiliki kekasih bernama Minnie Mouse.

Selain menjadi animasi yang banyak digemari, Mickey Mouse juga menjadi simbol penyebaran budaya Amerika Serikat meskipun awalnya digambarkan sebagai sosok yang nakal dan menyebalkan. Ia juga merupakan ikon dari The Walt Disney Company, loh!

Jadi, bisa dibilang karakter Disney yang paling terkenal adalah Mickey. Wajar saja, karena ia merupakan karakter paling pertama yang diciptakan Ub Iwerks, yaitu pada tahun 1920.

12. Teenage Mutant Ninja Turtles

Dikenal juga dengan judul “Kura Kura Ninja”, serial animasi ini bercerita tentang empat kura-kura mutan yang memiliki kemampuan ninjutsu.

Para Kura Kura Ninja yang menyukai pizza itu terdiri dari Raphael dengan karakternya yang bengis, Michaelangelo yang bersemangat, Donatello yang jenius dan Leonardo sebagai pemimpin kelompok Ninja Turtles yang dikenal tegas dan pemberani. Mereka mendapat tugas untuk menjaga keamanan Kota New York dari para penjahat.

13. The Simpsons

“The Simpsons” dibuat oleh Matt Groening. Bercerita tentang keluarga Simpsons yang tinggal di Kota Springfield. Keluarga Simpsons sendiri terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie. “The Simpsons” adalah serial animasi terpanjang di Amerika Serikat.

Walaupun berbentuk kartun, ini lebih ditujukan untuk orang dewasa karena topik yang diangkat sangat sensitif, sehingga ditayangkan pada malam hari di Indonesia.

14. Popeye The Sailor Man

Serial animasi yang diangkat dari komik milik Elzie Crisler Segar ini berisi karakter pelaut kuat bernama Popeye. Di setiap episodenya, Popeye mendapatkan misi untuk menyelamatkan kekasihnya, Olive, serta melawan Bluto yang jahat.

Popeye dikenal senang memakan bayam, itu karena Popeye akan mendapatkan kekuatan super setiap kali memakan sayuran tersebut. Makanya, sampai sekarang orang tua suka bilang ke anaknya “Ayo makan bayam supaya kuat seperti Popeye!”

15. The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius

Serial televisi yang diciptakan tahun 2002 ini memiliki tiga season dengan jumlah 61 episode. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak jenius bernama Jimmy Neutron. Ketika dikatakan jenius, memang tidak main-main, karena Jimmy sangat-sangat jenius.

Ia memiliki lab sendiri di rumahnya, tempat ia menciptakan banyak benda baru yang kadang justru membawa masalah untuk dirinya, teman-temannya, orang tuanya dan orang-orang sekitarnya. Tapi, tentu saja Jimmy bisa mengatasi semua masalah yang terjadi dengan otak ajaibnya.

Nostalgia banget, kan, dengan kesepuluh kartun di atas? Nah, kalau Anda biasanya nonton kartun yang mana, nih? Tulis di kolom komentar untuk kartun-kartun favoritmu, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *