Bacaterus / Puasa / Ini Dia 11 Aneka Usaha yang Cocok di Bulan Puasa

Ini Dia 11 Aneka Usaha yang Cocok di Bulan Puasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Butuh tambahan dana untuk mudik ke kampung halaman? Mungkin Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan sambilan setelah Anda selesai melakukan pekerjaan utama. Sambilan tidak harus bekerja untuk orang lain, lho. Anda bisa membangun bisnis Anda sendiri karena ada banyak peluang usaha yang menjanjikan saat memasuki Bulan Ramadhan.

Masih belum mendapat ide untuk membuka usaha saat bulan puasa? 11 aneka usaha yang cocok di bulan puasa hasil rekomendasi dari Bacaterus ini bisa Anda jadikan pertimbangan, lho. Yuk, segera pilih usaha yang cocok untuk Anda guna mendapatkan uang tambahan untuk mudik.

1. Kue Kering

Kue Kering Aneka Usaha yang Cocok di Bulan Puasa

Sebelum membahas semua aneka usaha yang cocok di bulan puasa, Bacaterus ingin mengajak Anda untuk mengenal usaha yang terbilang mainstream, tetapi selalu laris saat Bulan Ramadhan. Ya, apalagi jika bukan kue kering!

Aneka kue kering, seperti nastar, kastengel, putri salji, lidah kucing, dan masih banyak lagi tentu akan sangat diminati saat Bulan Ramadhan tiba. Kue kering ini digunakan untuk cemilan saat buka puasa atau suguhan kepada para tamu yang datang. Tak ada salahnya untuk membuat kue kering sendiri atau menjadi reseller orang lain.

2. Kurma

Kurma

Selain kue kering, kudapan manis yang juga selalu diburu saat bulan puasa adalah kurma. Meskipun ada banyak supermarket yang menjual kurma siap makan, tapi tetap saja hanya kurma terbaik yang dapat menarik perhatian pembeli. Sebelum mulai berdagang kurma, lakukan survey terlebih dahulu agar Anda bisa mendapatkan kurma dengan harga dan kualitas yang terbaik.

Untuk memasarkan kurma, Anda bisa menjadi reseller resmi. Sebagai permulaan, Anda bisa memasarkan produk Anda di situs jual beli online atau media sosial. Jadi, Anda tidak perlu repot membayar sewa tempat yang mahal.

3. Makanan Sahur

Makanan Sahur

Hal yang dirasa cukup sulit ketika berpuasa adalah saat harus bangun subuh untuk sahur. Belum lagi jika harus memasak sendiri makanan sahur yang akan disantap saat sahur, tentu saja hal tersebut jadi sedikit merepotkan.

Oleh karena itu, mengapa Anda tidak mencoba bisnis catering yang menjual makanan sahur? Tentu saja bisnis ini akan sangat laris saat bulan puasa. Apalagi saat Bulan Ramadhan tiba maka banyak yang menyelenggarakan sahur on the road dan membutuhkan paket makanan sahur dalam jumlah banyak. Jika Anda memiliki keahlian memasak, mengapa tidak dimanfaatkan untuk berbisnis seperti ini?

3. Tiket Transportasi Umum

Tiket alat transportasi umum

Bingung mencari aneka usaha yang cocok di bulan puasa? Cobalah untuk menjadi agen perjalanan yang menjual berbagai tiket alat transportasi umum, mulai dari bus, kereta api, dan pesawat. Lebaran identik dengan mudik ke kampung halaman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bisnis Anda akan sepi.

Meskipun sudah banyak saingan yang membuka usaha sejenis, tapi Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan apabila Anda memasarkan agen perjalanan Anda dengan baik. Mulailah untuk menawarkan tiket ke kerabat, teman-teman, tetangga, dan keluarga. Jika prospeknya bagus, teruskan bisnis ini setelah lebaran.

5. Makanan Takjil

Makanan Takjil

Selain menjual makanan sahur, bisnis yang cocok dijalankan untuk buka puasa adalah menjual makanan dan minuman takjil. Sudah menjadi tradisi turun temurun jika saat Bulan Ramadhan banyak komunitas atau kalangan yang membagi-bagikan takjil di pinggir jalan saat menjelang maghrib.

Ini adalah peluang usaha yang sangat menguntungkan karena permintaan pesanan takjil pasti membludak di bulan puasa. Di samping itu, membuat makanan takjil cenderung lebih mudah dibanding membuat makanan sahur atau buka puasa.

6. Parcel Lebaran

Parcel Lebaran

Tidak perlu tempat usaha untuk membuka tempat penjualan parcel lebaran. Di era digital seperti ini Anda bisa memotret contoh parcel buatan Anda dan masukkan saja ke situs belanja online atau media sosial. Selain itu, tawarkan saja kepada kenalan-kenalan Anda.

Buatlah parcel dengan desain yang semenarik mungkin untuk menarik perhatian calon pembeli. Tentukan juga pangsa pemasaran Anda agar bisa menyesuaikan isi parcel dan harga jualnya. Jika usaha Anda laris, maka Anda bisa meraup keuntungan mulai dari 50 – 200 ribu rupiah untuk setiap parcel yang berhasil terjual.

7. Persewaan Mobil

Persewaan Mobil

Punya mobil yang layak dipakai dan menganggur di rumah Anda? Ini bisa menjadi peluang bisnis, lho. Jika Anda memiliki satu mobil saja, maka sewakan mobil Anda di rental khusus persewaan mobil.

Akan tetapi, jika Anda memiliki beberapa buah mobil, tak ada salahnya jika Anda menyewakan mobil ke kenalan-kenalan Anda. Namun, pastikan Anda meminta jaminan kepada calon penyewa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda tidak memiliki rencana apa pun saat lebaran, Anda juga bisa menyewakan sekaligus mengemudikan mobil tersebut dan mengantar si penyewa hingga ke tempat tujuan. Tak ada salahnya jadi sopir sebagai sambilan saat lebaran, bukan?

8. Busana Muslim

Busana Muslim

Membicarakan tentang aneka usaha yang cocok di bulan puasa memang takkan ada habisnya. Salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah berjualan busana muslim, seperti baju koko, gamis, kerudung, dan sarung. Apalagi jika barang jualan Anda ini memiliki motif atau desain yang unik dan tidak pasaran, maka dijamin jualan Anda ini akan sangat laris manis.

Bagaimana cara memasarkan busana muslim secara tepat ketika Bulan Ramadhan? Selain berjualan di situs jual belanja online dan media sosial, Anda juga dapat aktif mengikuti bazar atau pasar-pasar dadakan yang dibuka hanya saat bulan puasa.

9. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan Ibadah

Selain pakaian muslim, yang paling laris saat bulan puasa adalah perlengkapan ibadah. Di bulan puasa, banyak orang yang lebih sering beribadah, entah itu untuk solat tarawih atau kegiatan keagamaan lainnya. Maka dari itu, biasanya banyak orang muslim membutuhkan peralatan ibadah yang baru.

Nah, dengan situasi seperti ini, Anda juga bisa menjual peralatan solat, mulai dari mukena, sarung, Al-Quran, tasbih, sajadah, dan peralatan solat lainnya. Anda bisa menjualnya secara online, jadi Anda tidak perlu buka toko atau menyewa tempat untuk berjualan, ya.

10. Jasa Bersih-bersih Rumah

Jasa Bersih-bersih Rumah

Tak punya rencana mudik saat lebaran? Manfaatkan hal ini untuk menjadi asisten rumah tangga darurat bagi kerabat Anda yang mudik. Menjelang lebaran, ada orang yang sudah mudik seminggu sebelum lebaran. Namun, beberapa orang tidak suka meninggalkan rumahnya dalam waktu lama karena khawatir kotor.

Nah, Anda bisa menawarkan jasa bersih-bersih rumah ini kepada kenalan yang harus mudik atau ditinggal pulang ke kampung oleh pembantunya. Meskipun akan terasa melelahkan, tapi banyak yang berminat dengan jasa Anda.

11. Ketupat

Ketupat

Ingatlah bahwa tidak semua orang bisa membuat ketupat. Sementara itu, ketupat adalah makanan khas lebaran yang sayang bilang dilewatkan. Buatlah usaha home industry membuat ketupat untuk dijual.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa membuat hidangan lain yang biasa disajikan dengan ketupat, yakni opor ayam, rendang, dan sambal goreng ati. Tawarkan dagangan ketupat Anda sejak hari pertama puasa. Terapkan sistem made by order agar Anda tidak rugi karena Anda hanya membuat ketupat sesuai pesanan.

Sambut bulan puasa dengan mulai memilih aneka usaha yang cocok di bulan puasa. Bekerja di bulan puasa sangat dihalalkan. Bahkan, Anda bisa membeli kebutuhan lebaran dari hasil berbisnis saat bulan puasa. Namun, jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan Anda untuk memberi sedekah kepada kaum yang kurang beruntung.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *