Bacaterus / Udang / 10 Olahan Udang yang Unik dan Wajib Dicoba di Rumah

10 Olahan Udang yang Unik dan Wajib Dicoba di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ayam goreng? Membosankan. Sop daging? Apalagi. Coba berkreasi dengan udang, yuk! Udang sangat fleksibel, mereka bisa matang dengan cepat dan sempurna dijadikan sarapan, makan siang, atau pun makan malam.

Tak sulit memasak udang, karena udang diberi garam dan digoreng saja rasanya sudah enak. Apalagi kalau Anda mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih terasa lezat?

Dan, mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti rendang udang misalnya. Tidak kepikiran, kan? Tapi, sebelum membahas aneka olahan udang unik, Bacaterus akan membahas sedikit tentang manfaat udang.

Manfaat Udang untuk Tubuh

Sebelum masuk ke pembahasan olahan udang, mari ketahui dulu manfaat mengonsumsi udang untuk tubuhmu. Yuk, baca ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Bagus untuk Penderita Anemia

* sumber: meatkart.in

Anemia memiliki gejala seperti: kelelahan, kulit pucat, sesak napas, pusing, hingga detak jantung yang berdetak cepat. Orang yang terjangkit anemia sangat baik jika mengonsumsi udang, karena hewan ini mengandung zat besi yang baik.

Selain itu, udang juga diliputi dengan 21% vitamin B12 (penunjang produksi sel darah merah), makannya udang sangat baik untuk mencegah dan mencukupi kebutuhan sel darah merah orang yang terkena anemia.

2. Peningkat Energi

* sumber: peru.info

Tidak harus anemia, deh, kalau Anda sering merasa kelelahan, lemas dan tidak bertenaga, itu tandanya tubuh Anda kekurangan zat besi. Anda bisa mengisi kembali kekurangan zat besi tersebut dengan mengonsumsi udang.

3. Bagus untuk Kulit, Kuku dan Rambut

* sumber: www.notyourmotherscookbook.com

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, udang juga akan membuat kulit, kuku serta rambut Anda cantik dan kuat! Semua itu berkat kandungan protein yang tinggi di dalam udang.

4. Menguatkan Tulang

* sumber: www.momjunction.com

Udang memiliki kandungan fosfor dan kalsium, yang akan bekerja sama membentuk tulang dan gigi yang lebih kuat. Bagian yang paling banyak kandungan kalsiumnya adalah kulit udang. Di sana mengandung glucosamine yang mampu membantu pembentukan tulang rawan pada persendian. Jadi, kalau makan udang, kulitnya jangan dibuang, ya!

5. Mencegah Kanker

* sumber: safimex.com

Berbagai jenis kanker dapat tumbuh akibat tubuh kekurangan selenium. Tahukah Anda, sebanyak 85 gr udang kukus saja sudah bisa mencukupi kebutuhan selenium harian tubuh? Selain mampu mencegah kanker, selenium juga akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi, loh.

Aneka Olahan Udang yang Unik

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat dari mengonsumsi udang, sekarang Bacaterus mau membagikan resep unik berbahan udang. Apa saja itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Udang Bumbu Rendang

* sumber: www.fimela.com

Pernahkah Anda membayangkan makan udang, tapi dengan bumbu rendang? Mungkin tidak, tapi ini menu yang sangat lezat, unik dan patut Anda coba. Ini cara yang bagus juga jika Anda bosan makan rendang daging sapi. Resepnya bisa Anda temukan di sini, ya.

2. Bakso Serabut

*https://www.instagram.com/p/B5ZNokBlsC_/

Ingin makan bakso yang lebih sehat dan higienis, lalu aman dimakan oleh anak-anak? Coba buat bakso serabut, deh. Seperti namanya, bakso ini seperti memiliki serabut karena di dalamnya ada sohun, jamur kuping, udang, ayam dan wortel. Selain super sehat, rasa baksonya enak dan kenyal. Semua keluarga pasti suka makan ini.

3. Udang Balut Mie Renyah

* sumber: www.fimela.com

Kehabisan ide camilan? Coba buat udang balut mie, yuk. Hidangan ini lebih populer menggunakan sosis, tapi Anda bisa menggantinya dengan bahan yang lebih enak dan sehat juga, yaitu udang. Makanan ini tidak hanya enak dijadikan camilan, tapi sebagai ide bekal makan siang juga.

Bahan yang Anda butuhkan pun tidak banyak, yaitu mie instan, udang ukuran sedang, garam, merica dan minyak goreng saja, loh. Cara membuatnya, bumbui udang, lalu lilitkan dengan mie yang sudah direbus sebelumnya. Goreng dengan menggunakan api sedang, lalu selesai! Udang balut mie siap dinikmati dengan saus sambal dan mayones.

4. Udang Panggang Teflon

*Sumber: https://www.instagram.com/lusiaa_vv/?hl=en

Ingin memanggang udang? Tak perlu menyiapkan pembakaran arang yang merepotkan, Anda bisa memasaknya di teflon. Anti ribet, anti lama, hidangan seafood nikmat pun siap.

Bahan dan alat yang Anda butuhkan tak banyak. Hanya 300 gram udang, 4 buah cabai merah (buang bijinya, ulek kasar), 3 buah jeruk kunci, kecap manis, garam, lada dan margarin. Untuk bumbu halusnya siapkan 4 siung bawang putih, ½ ruas kunyit, 1 sdt ketumbar.

Langkah membuatnya, cuci bersih udang dan jangan lupa kotorannya juga. Beri udang bumbu halus, garam, lada dan perasan jeruk nipis. Marinasi selama 15-30 menit, lalu tambahkan kecap manis dan cabai yang sudah diulek. Siapkan teflon, panaskan margarin, lalu panggang udang. Balik udang setelah bagian bawah menjadi merah agar semua sisi matang sempurna.

5. Sambal Gami Udang

*Sumber: https://www.instagram.com/hanhanny/

Gami udang atau sambal gami ini sangatlah unik, karena dimasaknya harus di atas cobek tanah liat! Ini adalah kuliner khas Bontang, Kalimantan Timur. Banyak sekali restoran dan rumah makan yang menyajikan hidangan ini.

Tapi, Anda bisa juga membuatnya di rumah. Sebenarnya gami bisa dibuat dari apa saja, ikan, cumi, kerang, bahkan ayam dan ati ampela. Tapi, yang paling populer bisa dibilang adalah udang.

Ya, Anda tak salah baca, sambal ini memang dimasak langsung di atas api, tapi bukan menggunakan katel penggorengan melainkan tembikar a.k.a cobek tanah liat. Teknik ini menghasilkan sambal yang beraroma sedap, yang tak akan Anda temukan di tempat lainnya. Resepnya bisa Anda temukan di sini.

6. Dimsum Udang Goreng

* sumber: selerasa.com

Dimsum udang? Itu standar. Tapi, dimsum udang goreng? Itu cukup unik. Apalagi kalau digorengnya seperti gambar di atas, ada “rambut”nya, pasti makin enak. Di dalamnya empuk, tapi di luarnya garing, yum! Anda bisa juga menyebut resep ini sebagai udang goreng rambutan, karena bentuknya memang terlihat seperti buah rambutan, hihi. Resepnya bisa Anda klik di sini, ya.

7. Udang Cola

* sumber: www.kompasiana.com

Anda mungkin pernah mendengar tentang ayam cola, tapi, kalau udang cola? Mungkin belum pernah. Sebenarnya ini adalah menu andalan di sebuah restoran “Seafood Fish Master” di Jombang Raya, Tangerang Selatan. Nama menunya adalah Spice Cola Prawn.

Dari penampilannya, udang saus cola ini mirip dengan udang saus mentega. Bagaimana perpaduan udang dan cola? Terasa lezat, gurih dan manis. Tidak ada yang aneh.

8. Pentul Tahu Udang

Pentul Tahu Udang

Pentul tahu udang merupakan inovasi yang unik dari bahan baku yang sering kita temukan: tahu, dan daging hewan yang disukai banyak orang: udang. Sebenarnya ini sama saja seperti tahu bejek yang digoreng berbentuk seperti perkedel, tapi biar makin mantap diberi daging udang cincang dan diberi tusukan supaya lebih menarik. Ide yang bagus untuk membuat anak-anak jadi lebih lahap makan, nih!

9. Burger Udang

* sumber: ladyandpups.com

Ya, Anda membacanya dengan benar! Ini adalah burger udang, walaupun secara teknis lebih ke burger daging sapi biasa tapi ditambah udang. Cita rasa daging burger dan udang utuh sangat cocok, loh! Apalagi dengan perpaduan roti bun, keju, paprika, mayones, tomat dan selada, pecah banget deh di mulut Anda. Kalau mau mencoba memasaknya, Anda bisa mengikuti resepnya di sini.

10. Shrimp Avocado Tostada

* sumber: www.girlversusdough.com

Tostada adalah kata dalam bahasa Spanyol yang berarti “bersulang”. Di Meksiko dan bagian dari Amerika Latin lainnya, tostada berarti berbagai hidangan lokal yang dipanggang atau menggunakan bahan panggang. Tostada biasanya menggunakan tortilla pipih atau berbentuk mangkuk yang digoreng atau dipanggang.

Anda bisa mencoba resep yummy yang satu ini, yaitu menggunakan tostada, udang dan alpukat. Tostada udang alpukat ini sangat cocok dijadikan appetizer (hidangan pembuka) di pesta yang Anda adakan di rumah.

Itulah berbagai macam ide olahan udang yang unik dan bisa dibuat di rumah. Dari semua resep di atas, kira-kira Anda mau coba resep yang mana? Atau Anda masih bingung dengan jenis udang yang cocok untuk dikonsumsi? Jangan bingung, baca artikel Jenis-Jenis Udang ini untuk mengetahuinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *