Bacaterus / Ubi / 10 Olahan Ubi Jalar Kuning, Si Manis yang Kaya Manfaat

10 Olahan Ubi Jalar Kuning, Si Manis yang Kaya Manfaat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Ubi jalar atau ketela rambat merupakan jenis umbi yang dapat kita temui dengan mudah di pasar. Ubi jalar mengandung serat dan potasium yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Ubi jalar ungu atau kuning memiliki gula alami lebih banyak dibanding kentang, dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Selain rasanya enak, harga dari ubi jalar juga sangat terjangkau.

Apakah kamu termasuk penggemar ubi jalar? Jika iya, mungkin kamu pernah merasa bosan mengonsumsi ubi dalam bentuk aslinya. Nah, berikut ini kami bagikan 10 olahan ubi jalar kuning yang dapat dicoba atau buat sendiri di rumah. Silahkan dicoba.

1. Kue Talam Ubi

Kue Talam Ubi (Copy)

* sumber: www.bakulmenu.com

 Siapa sih yang tidak suka jajanan tradisional khas Indonesia? Selain rasanya lezat, harganya yang terjangkau juga menjadi alasan mengapa jajanan tradisional sangat digemari berbagai kalangan. Ada banyak sekali camilan tradisional yang bisa dengan mudah kita temui di pasar.

Dari sekian banyak jenis camilan itu, kue talam ubi menjadi salah satu yang banyak difavoritkan. Kue ini pada dasarnya merupakan campuran dari bermacam-macam tepung seperti tepung sagu, tepung beras, tepung terigu, dan tepung tapioka, kemudian dipadukan dengan santan.

Adapun hasil modifikasi kue talam, selain penambahan ubi jalar kuning, kue talam juga biasa ditambahkan dengan bahan lain seperti kue talam tape, pisang, durian, lapis ketan, dll. Rasanya yang manis sangat pas dijadikan kudapan saat petang.

2. Bubur Candil

Bubur Candil (Copy)

Bubur candil seringkali kita jumpai saat bulan Ramadhan. Rasanya yang manis sangat cocok disantap sebagai menu berbuka puasa, apalagi disajikan selagi masih hangat. Bubur manis ini sering disebut juga dengan kolak biji salak.

Adonan candil sendiri terbuat dari campuran ubi kuning dan tepung tapioka. Setelah dibentuk bulat-bulat dan direbus hingga matang, barulah dicampur dengan kuah yang terbuat dari gula merah, gula pasir, dan sedikit cairan tepung tapioka. Untuk menambah aroma biasanya ditambahkan pula daun pandan.

3. Donat Ubi

Donat Ubi (Copy)

* sumber: www.reseptante.com

Kue donat adalah camilan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Walaupun sekarang kue ini sudah banyak tersedia di berbagai toko bakery, tak sedikit juga yang memilih untuk membuat donat sendiri di rumah. Selain lebih hemat, faktor kebersihan dan kesehatan juga menjadi pertimbangan.

Dari waktu ke waktu kue berbentuk bulat ini banyak mengalami modifikasi. Salah satunya yaitu kue donat yang ditambahkan ubi jalar kuning sebagai bahan utamanya. Penambahan ubi kuning menciptakan cita rasa manis alami pada kue donat. Kue ini cocok disajikan dengan teh atau kopi hangat saat bersantai di  rumah.

 4. Kue Klepon

Kue Klepon (Copy)

* sumber: kueresep.com

Kue klepon termasuk jajanan pasar yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Walaupun dahulu kue ini merupakan makanan khas dari pedesaan, di jaman sekarang banyak juga masyarakat perkotaan yang menggemari kue basah ini.

Pada umumya kue klepon terbuat dari tepung ketan dan ubi jalar , dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah di dalamnya. Kemudian setelah direbus matang, kue yang memiliki tekstur kenyal ini disajikan dengan taburan parutan kelapa. Selain rasa manis dari kue itu sendiri, parutan kelapa juga menambahkan cita rasa gurih pada kue ini.

5. Timus Ubi Jalar

Timus Ubi Jalar (Copy)

* sumber: cookpad.com

Timus ubi jalar merupakan salah satu jenis camilan yang enak dan mudah dibuat sendiri dirumah. Rasanya yang manis membuat camilan satu ini cocok dikonsumsi ketika masih hangat. Biasanya timus ubi jalar disajikan dengan kopi atau teh panas.

Camilan berbentuk lonjong ini dibuat dengan campuan dari ubi jalar kukus yang telah dihancurkan sebelumnya, tepung tapioka, serta ditambahkan gula. Untuk menambah variasi, biasanya timus juga diberi isian gula merah, keju, atau isian lain sesuai selera. Camilan ini biasanya dimasak menggunakan minyak panas dengan menggunakan api sedang sampai berwarna kecoklatan.

6. Brownies Ubi

Brownies Ubi (Copy)

* sumber: skinnyms.com

Brownies merupakan kue coklat yang dibuat dengan cara dipanggang. Kue ini memiliki tekstur gabungan antara kue dan cookies. Karena proses pemanggangan tadi, kue brownies memiliki tekstur yang renyah diluar dan lembut di dalam.

Semakin lama, kue yang dikembangkan pertama kali di Amerika ini banyak mengalami peekembangan. Penambahan bahan lain seperti keju, stroberi, bahkan ubi jalar menjadikan kue coklat ini memiliki banyak variasi. Dari segi rasa dan penampilan, brownies ubi jalar kuning pun tidak kalah dari varian brownies lain.

 7. Ubi Jalar Goreng

Ubi Jalar Goreng (Copy)

Seringkali kita temukan ubi jalar goreng dijajakan di pinggir jalan oleh penjual gorengan keliling. Namun Anda juga bisa membuat olahan ubi ini di rumah dengan mudah. Selain lebih hemat, juga lebih terjamin kebersihannya.

Membuat ubi jalar goreng bisa dimulai dari memotong ubi yang sudah dikupas dan dicuci menjadi beberapa bagian yang tidak terlalu tipis, lapisi dengan tepung, kemudian bisa langsung digoreng. Tunggu hingga warnanya kecoklatan dan langsung siap dihidangkan.

 8. Ubi Kremes

Ubi Kremes (Copy)

* sumber: doyanresep.com

Ubi kremes merupakan salah satu jajanan pasar khas indonesia yang mungkin sudah sangat jarang kita temui belakangan ini. Namun, ubi kremes bisa menjadi cemilan pilihan yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Mengolah ubi jalar kuning menjadi kremes sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa mulai dengan memarut secara kasar ubi yang sudah dicuci bersih. Kemudian direndam dengan air garam, dan ditaburi gula merah. Lalu langkah terakhir ialah menggorengnya. Ubi kremes sendiri paling nikmat disantap dalam keadaan dingin.

9. Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu (Copy)

* sumber: www.resepkuekomplit.com

Jajanan pasar yang juga banyak digemari adalah kue putu ayu. Kue tradisional ini biasanya disajikan dalam warna-warna yang cantik dan berbentuk seperti bunga. Selain dari penampilannya yang cantik, rasa gurih dan manis dalam kue ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Kue dengan parutan kelapa di atasnya ini memiliki banyak variasi. Salah satunya kue putu dengan campuran ubi jalar kuning. Kue putu paling enak disajikan ketika masih hangat dengan ditemani secangkir teh.

 10. Puding Ubi

Puding ubi (Copy)

Olahan ubi jalar kuning lain yang mungkin bisa kamu coba adalah puding ubi. Puding adalah salah satu makanan penutup atau sering kita sebut dengan desert yang dibuat dengan cara dikukus. Penganan ini memiliki tekstur lembut dan halus.

Beragam bahan yang biasanya ditambahkan dalam pembuatan puding diantaranya buah-buahan, yogurt, susu, santan, dan lain-lain. Resep puding ubi jalar sendiri dapat dengan mudah ditemukan di internet.

Demikian beberapa olahan ubi jalar kuning yang terkenal di Indonesia dari jaman dahulu hingga saat ini. Jajanan pasar merupakan warisan tradisional masyarakat Indonesia yang tidak boleh menghilang. Maka dari itu kita harus seterusnya mencintai makanan Indonesia. Nah, jika ada olahan ubi jalar kuning lain yang mungkin kamu sukai, silahkan bagikan pada kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *