Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2019

Salah satu makanan asli Indonesia ini dikenal dengan rasanya yang lezat dan yang pasti harganya terjangkau. Semua kalangan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tempe. Makanan hasil fermentasi biji kedelai ini kaya akan gizi yang mengandung protein, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Banyak yang menjadikan tempe sebagai menu favorit sehari-hari karena mudah diolah. Olahan tempe yang biasanya kita temui sehari-hari adalah tempe goreng, tempe mendoan, dan orek tempe.

Terkadang bosan juga, ya, dengan olahan tempe yang biasa-biasa saja. Padahal tempe bisa diolah menjadi produk pangan kreatif lho. Bahkan, bisa menjadi ide bisnis kuliner baru buat kamu. Tidak hanya menggugah selera makan, aneka olahan tempe ini juga sangat unik dan menarik. Yuk, coba aneka olahan tempe di bawah ini!

10 Aneka Olahan Tempe Unik

1. Bakso Tempe

Bakso Tempe

Kalau biasanya kamu mengonsumsi tempe dengan olahan yang digoreng, kali ini tempe bisa diolah menjadi masakan berkuah. Salah satu makanan berkuah yang populer di Indonesia adalah bakso. Umumnya, bakso terbuat dari daging sapi, kali ini tempe bisa kamu olah menjadi bakso. Makanan unik yang satu ini bisa kamu buat sendiri di rumah.

Dan tentunya kamu bisa mengolah bakso dengan budget yang lebih hemat. Atau, jika kamu tidak sempat membuatnya sendiri di rumah, kamu juga bisa mencoba membeli bakso tempe yang ada di toko. Untuk membuatnya lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan batagor, pangsit, atau siomay sebagai pelengkapnya. Yang pasti rasanya tidak kalah enak dari bakso daging.

2. Steak Tempe

Steak Tempe

Penggemar steak, tentu sudah tidak asing dengan jenis-jenis steak, seperti sirloin. Nah, jika kamu sedang ingin makan steak tapi tetap ingin hemat, kamu bisa coba membuat steak tempe. Tempe juga bisa naik kelas dengan dibuat menjadi steak.

Cocok banget buat vegetarian yang ingin makan steak tanpa daging. Karena, tempe memiliki kandungan protein yang tinggi dan kadar lemak yang rendah dibanding daging sapi. Untuk mempercantik penyajiannya, kamu juga bisa menambahkan kentang goreng dan sayuran rebus, seperti wortel, buncis, dan jagung.

3. Burger Tempe

Burger Tempe

Bagi kamu pecinta fast food tapi ingin mencoba fast food yang lebih sehat, kamu bisa mencoba burger steak. Salah satu makanan western ini bisa kamu kreasikan dengan tempe. Cara membuatnya pun cukup mudah, kukus tempe, kemudian haluskan.

Ganti isian dagingnya dengan patty tempe yang dicampur dengan garam dan merica lalu dibalut dengan telur dan digoreng. Untuk isiannya, gunakan sayuran seperti burger pada umumnya, seperti irisan tomat, daun selada, irisan bawang bombay, dan jangan lupa tambahkan lembaran keju. Pasti enak, bukan?

4. Rolade Tempe

Rolade Tempe

Tempe bisa kamu kreasikan menjadi rolade. Bentuknya yang bulat dan praktis ini cocok untuk menjadi bekal. Jika biasanya rolade terbuat dari cacahan daging, kamu bisa membuat rolade dengan tempe yang sudah dikukus.

Seperti membuat rolade pada umumnya, hasil kukusan tempe bisa dicampur dengan berbagai bumbu, lalu diletakkan di atas telur dadar. Tambahkan beragam isian, seperti wortel dan sayuran sesuai selera. Lalu, gulung dengan telur dan potong adonan sesuai ukuran yang diinginkan. Terakhir goreng sampai matang. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

5. Sate Tempe

Sate Tempe

Untuk pecinta sate, jangan khawatir jika kamu tidak punya daging di rumah. Kamu bisa menggantinya dengan sate tempe. Tempe yang sudah dipotong menjadi bentuk kubus dicampurkan dengan berbagai bumbu halus. Lalu, tusuk tempe dengan tusukan sate dan bakar hingga matang.

Jangan lupa sambil diolesi kecap manis saat membakarnya. Terakhir, sajikan dengan taburan bawang goreng supaya lebih lezat. Walaupun terlihat seperti biasa saja, namun rasanya tak kalah menggoyang lidah. Penasaran, kan?

6. Sushi Tempe

Sushi Tempe

Bagi kamu penggemar makanan Jepang, jangan sampai melewatkan makanan unik yang satu ini. Kira-kira bagaimana, ya, rasanya jika sushi yang biasanya dibuat dengan olahan ikan dan sayuran, tapi diganti dengan olahan tempe? Sushi tempe tentunya akan lebih cocok dengan lidah orang Indonesia.

Sushi tempe ini terbuat dari tempe yang sudah dikukus dan dihaluskan, kemudian campur dengan berbagai macam bumbu. Lalu, dibalut dengan kulit nori, serta tambahkan isian seperti wortel, fishcake, atau daging kepiting sesuai selera kamu.

7. Bola-Bola Tempe

Bola-Bola Tempe

Bola-bola yang satu ini bisa kamu makan, apalagi kalau bukan bola-bola tempe. Bentuknya yang kecil dan unik ini bisa kamu jadikan bekal atau camilan di rumah. Selain sehat, bola-bola tempe ini juga bisa membuat perut kamu lebih kenyang. Cocok banget untuk mengganjal rasa lapar.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kukus tempe hingga empuk. Kemudian campurkan dengan berbagai macam bumbu dan bentuk menjadi bulat. Setelah itu, celupkan ke dalam telur dan tepung roti. Lalu, goreng sampai matang. Sajikan dengan saus sambal dan mayonnaise.

8. Brownie Tempe

Brownie Tempe

Setelah membahas olahan tempe yang gurih-gurih, kali ini kamu bisa membuat olahan tempe menjadi camilan yang manis. Jika biasanya brownie terbuat dari cokelat atau bahan manis lainnya, makanan yang satu ini terbuat dari tempe. Walaupun terdengar cukup aneh, tapi brownie tempe terlihat seperti brownie pada umumnya.

Bentuknya kotak berwarna cokelat gelap. Brownie ini menggunakan bahan dasar tepung olahan tempe, ditambah potongan tempe goreng sebagai toppingnya. Sehingga memberikan kesan renyah pada makanan manis yang satu ini. Salah satu daerah yang sudah memproduksi brownie tempe ini adalah Kota Malang, Jawa Timur.

9. Keripik Tempe Cokelat

Keripik Tempe Cokelat

Keripik pedas, asin, dan gurih mungkin sudah biasa. Tapi kali ini ada keripik yang memiliki cita rasa berbeda. Keripik yang terbuat dari bahan dasar tempe ini bisa kamu kreasikan menjadi rasa yang manis. Selain rasa cokelat, keripik tempe ini juga tersedia dalam varian rasa seperti dark chocolate, cokelat putih, dan green tea. Cocok banget dibawa saat kamu bepergian jauh atau untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

10. Es Krim Tempe

Es Krim Tempe

Masih soal makanan yang manis-manis, nih, kali ini ada es krim tempe. Kira-kira seperti bagaimana rasanya? Makanan manis memang menjadi favorit kaum wanita, apalagi jika terbuat dari olahan yang unik ini.

Es krim tempe cocok banget buat kamu yang takut merasa gendut namun ingin makan es krim. Es krim tempe ini menyehatkan lho, karena memiliki kadar gula dan kandungan lemak yang rendah. Es krim tempe ini bisa kamu temukan di beberapa kedai gelato yang ada di Jakarta.

Itulah beberapa aneka olahan tempe yang bisa kamu buat dan kreasikan di rumah. Olahan tempe ini cocok banget buat kamu yang vegetarian atau ingin makan enak tapi tetap hemat. Olahan tempe di atas juga bisa kamu jadikan ide untuk mulai berbisnis kuliner. Punya resep olahan tempe yang lainnya? Bisa bagikan di kolom komentar, ya.