Bacaterus / Tahu / Yuk, Cicipi 10 Olahan Tahu Terpopuler di Indonesia Ini

Yuk, Cicipi 10 Olahan Tahu Terpopuler di Indonesia Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahu merupakan salah satu bahan makanan terpopuler, selain tempe dan telur. Bahan makanan berbahan dasar kedelai ini memiliki tekstur yang lembut, dan bagian luarnya berwarna kuning atau putih.

Tahu biasanya diolah dengan cara digoreng. Namun, tahu pun juga bisa diolah dengan cara lain, dan bisa menjadi hidangan yang lezat. Di Indonesia, ada sejumlah menu hidangan tahu yang tepopuler dan diolah dengan cara tidak biasa. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan dari Bacaterus ini.

1. Pepes Tahu

* sumber: www.primarasa.co.id

Ini adalah olahan tahu asli Tanah Sunda. Pada olahan ini, tahu diolah dengan cara mencampurkan tahu bersama adonan bumbu. Adapun adonan bumbu pada Pepes Tahu dibuat dari bawang merah; bawang putih; cabai keriting; garam; gula; kunyit; dan merica.

Setelah dicampur dengan adonan bumbu, tahu bakal diberi daun kemangi di bagian atasnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan tusuk gigi. Syahdan, tahu itu pun dikukus atau dipanggang selama kurang lebih 15-20 menit.

2. Tahu Kukus

* sumber: resepkoki.id

Cara mengolah makanan satu ini sama dengan pepes, yakni dikukus. Bedanya, Tahu Kukus tidak menggunakan daun pisang untuk membungkus makanannya. Adapun Tahu Kukus dibuat dengan memberikan tahu sejumlah isian.

Isian tahu sendiri bisa berupa sosis, wortel, tauge, daun bawang, dan bumbu. Isian tersebut lantas dimasukkan ke dalam tahu yang sebelumnya telah dicampur dengan telur; kucai; garam; lada; dan gula pasir.

Tahu pun lantas dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus hingga matang. Barulah kemudian disajikan di atas piring selagi matang. Selain enak, olahan tahu ini tergolong sehat karena tidak diolah dengan cara digoreng.

3. Tahu Gejrot

* sumber: www.primarasa.co.id

Tahu Gejrot merupakan olahan tahu terpopuler yang berasal dari Cirebon dan sekitarnya. Tahu Gejrot dibuat dari tahu yang sudah digoreng lalu dipotong agak kecil. Kemudian, diberi kuah yang berbahan dasar cabai, bawang merah, bawang putih, dan gula.

Tahu Gejrot biasanya disajikan di atas layah kecil. Untuk menyantap olahan tahu ini, kamu harus menusukkan tahunya dengan lidi kecil. Selain di Cirebon, makanan ini juga bisa kamu temukan di sejumlah kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

4. Tahu Pletok

* sumber: www.masakapahariini.com

Ini adalah olahan tahu lainnya yang juga merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Olahan tahu ini merupakan olahan asli Tegal dan Slawi. Meskipun makanan khas Tegal dan Slawi, olahan tahu ini rupanya berasal dari daratan Tiongkok yang kemudian sampai ke Tegal dan Slawi.

Tahu Pletok dibuat dengan cara mencampurkan tahu dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu; garam; tapioka; dan bubuk kaldu. Setelah dicampur dengan adonan, tahu pun digoreng garing hingga menghasilkan suara “pletok”. Suara itulah yang kelak membuat tahu ini bernama Tahu Pletok.

5. Tahu Jeletot

Bagi kamu yang menyukai tahu sekaligus makanan pedas, olahan tahu ini sebaiknya kamu coba. Tahu Jeletot sendiri dibuat dengan menggoreng tahu dahulu,kemudian dibelah menjadi dua bagian. Tahu tersebut nantinya diberi isian berupa wortel, tauge, daun bawang, cabai, dan bumbu.

Setelah diberi isian, tahu yang dibelah dua itu diberi tepung terigu, lalu digoreng lagi hingga matang. Olahan tahu ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luar, dan lembut di bagian dalam. Cita rasa pedasnya kuat, lantaran adanya isian berupa cabai di dalamnya.

6. Tahu Mercon Goreng

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=MIQgsKyKKOk

Ini adalah olahan tahu lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Tahu Mercon sendiri dibuat dengan cara yang kurang lebih sama dengan Tahu Jeletot. Adapun letak perbedaannya ada pada isian Tahu Mercon itu sendiri.

Isian Tahu Mercon dibuat dari daging ayam cincang, wortel serut, kol, tauge, dan cabai merah yang berjumlah 10 buah. Penggunaan cabai itulah membuat isian tahu ini unik, sekaligus lebih pedas dibanding Tahu Jeletot.

Serupa dengan Tahu Jeletot, Tahu Mercon memiliki cita rasa gurih di bagian luarnya. Letak perbedaannya tentu saja bagian dalamnya yang begitu pedas, melebihi Tahu Jeletot. Tahu Mercon sangat cocok disantap selagi hangat.

7. Tahu Bacem

* sumber: review.bukalapak.com

Siapa bilang hanya tempe saja yang bisa dibacem? Tahu pun juga ternyata bisa dibuat bacem, lho. Cara membuat Tahu Bacem sendiri tak terlalu beda jauh dengan tempe bacem. Pembuatan olahan ini dimulai dari membuat bumbu bacemnya dulu.

Bumbu bacem dibuat dengan memasukkan air hingga mendidih, dan memasukkan bumbu halus ke dalamnya. Bumbu halus sendiri dibuat dari ketumbar, bawang putih, dan bawang merah. Setelah keduanya dicampur, sejumlah bahan lain seperti kecap, lengkuas, daun salam, dan garam. Aduklah kesemua bahan itu hingga merata.

Setelah merata, masukkan beberapa potong tahu ke dalamnya. Biarkanlah beberapa potongan tahu itu hingga bumbu bacemnya meresap. Setelah meresap, tiriskan tahu sejenak dan kemudian digoreng sebentar saja.

8. Tahu Brintik

* sumber: pesonasiak.id

Tahu Brintik merupakan olahan tahu khas Bandung. Pada olahan ini, tahu dibuat dengan cara dikukus dahulu. Setelah itu, diberi bumbu dan dipotong-potong hingga beberapa bagian. Setelah dikukus dan dipotong-potong, tahu tersebut nantinya dimasukkan ke dalam kocokan telur.

Biarkan tahu-tahu itu di dalam kocokan telur selama 10 menit lamanya, atau hingga telurnya meresap ke dalam tahu. Setelah meresap, gulung tahu ke dalam tepung kering dan goreng di dalam minyak goreng yang panas.

Tahu ini bisa kamu santap langsung selagi hangat. Biar makin lezat, kamu bisa menambahkan saus atau mayones di atas olahan tahu ini.

9. Perkedel Tahu Kornet

* sumber: resepkuliner23.blogspot.com

Sesuai namanya, ini adalah olahan tahu yang dibentuk seperti perkedel dan diberi isian kornet di dalamnya. Dalam membuat olahan ini, tahu dan kornet bakal dihancurkan terlebih dulu hingga halus. Kedua bahan tersebut lalu dicampur dan ditambahkan sejumlah bahan lainnya.

Bahan-bahan lainnya itu adalah daun bawang, bumbu halus, cabai, dan gula pasir. Setelah semuanya tercampur, tahu dan kornet yang telah menjadi adonan itu lantas dibentuk bulat khas perkedel. Barulah setelahnya diberi tambahan telur dan angciu, serta digoreng di atas wajan hingga matang. Olahan ini bisa kamu jadikan kudapan atau teman santap nasimu kelak.

10. Wedang Tahu

* sumber: www.kompasiana.com

Boleh dibilang kalau Wedang Tahu merupakan olahan tahu terunik di daftar ini. tak seperti olahan-olahan sebelumnya, olahan ini tidak dibuat dari tahu putih atau kuning. Tetapi, dari jenis tahu lain, yaitu: kembang tahu.

Kembang tahu pada olahan ini bakal diolah dengan sejumlah lainnya, seperti: susu kacang kedelai, jahe, dan sebagainya. Wedang jahe memiliki cita rasa manis, hangat, dan punya cita rasa kembang tahu yang kuat. Wedang Tahu sangat cocok disantap di saat cuaca tengah dingin-dinginnya.

Itulah sepuluh aneka olahan tahu terpopuler di Indonesia. Di antara sepuluh olahan tahu di atas, mana yang menjadi olahan tahu favoritmu? Yuk, beritahu kami di kolom komentar! Intip juga artikel olahan tempe unik untuk menambah referensimu seputar hidangan tahu dan tempe.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *