Bacaterus / Sosis / 10 Aneka Olahan Sosis Terpopuler dan Lezat di Indonesia

10 Aneka Olahan Sosis Terpopuler dan Lezat di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Sosis merupakan salah satu olahan daging yang lazim dikonsumsi di Indonesia. Olahan ini biasanya bisa disantap langsung atau digoreng terlebih dahulu. Olahan daging ini juga lazim diolah lagi menjadi bermacam menu lezat dan populer di Indonesia.

Di artikel ini, kami bakal mencantumkan sepuluh olahan sosis yang tergolong lezat dan populer. Adapun kesepuluh olahan tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

1. BBQ Sosis

BBQ Sosis

* sumber: cookpad.com

Ini merupakan olahan sosis yang enak, populer, dan tidak sulit dibuat. Kamu hanya perlu menyiapkan sosis yang telah dipotong dua bersama dengan sejumlah bahan barbeku (barbeque). Semisal nanas dan paprika potong, bawang Bombay iris, dan tomat ceri.

Sosis dan bahan-bahan tersebut lantas ditusukkan ke tusuk sate. Setelah itu, olesi bahan-bahan itu dengan mentega, dan bakar di atas teflon hingga setengah matang. Bila sudah, olesi bahan-bahan itu dengan barbeku dan bakar lagi hingga matang.

2. Sosis Gulung Mie

Sosis Gulung Mie

* sumber: mesinmie.id

Kalau olahan sosis ini lazim sekali dijadikan bekal anak-anak ke sekolah. Cara membuatnya sendiri tidaklah sulit. Kamu harus mengulek terlebih dulu bawang putih bersama garam, bawang merah, lada dan ketumbar.

Bahan-bahan yang telah menjadi bumbu tersebut lantas dicampurkan pada mie yang telah direbus sebelumnya. Belahlah salah satu ujung sosis hingga membentuk seperti bunga yang mekar. Sosis tersebut lantas digulung oleh mie.

Sosis yang telah digulung mie itu lantas digoreng di atas minyak panas hingga matang. Tiriskan sejenak dan Sosis Selimut Mie pun siap disajikan. Olahan sosis ini cocok disantap bersama dengan saus sambal atau saus tomat.

3. Perkedel Tahu Sosis

Perkedel Tahu Sosis

* sumber: www.idntimes.com

Olahan satu ini juga cocok dijadikan bekal anak-anak saat ke sekolah. Untuk membuatnya, kamu harus menyediakan 8 buah tahu putih yang telah dihaluskan. Tahu tersebut lantas diberi telur, lantas diaduk hingga rata.

Tambahkan lada, daun bawang, dan tepung maizena ke dalam adonan tahu dan telur itu. Aduk lagi hingga rata. Adonan tersebut lantas digulungkan ke sosis yang bagian atasnya sudah dibelah. Goreng hingga matang. Tiriskan dan Perkedel Tahu Sosis pun siap disantap.

4. Telur Gulung Isi Sosis Sapi

Telur Gulung Isi Sosis Sapi

* sumber: www.inews.id

Kalau olahan satu ini cocok disantap sebagai menu sarapan. Sesuai namanya, bahan dasar yang dipakai olahan ini adalah sosis sapi. Sosis tersebut lantas dipotong-potong menjadi dua atau tiga bagian. Sosis tersebut lantas digulung dengan telur dadar yang sudah digoreng sebelumnya.

Selain sebagai menu sarapan, olahan sosis ini juga cocok dijadikan bekal makan siang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Menyantap olahan ini bisa dengan cocolan saus sambal ataupun saus tomat.

5. Nasi Goreng Terasi Sosis

Nasi Goreng Terasi Sosis

* sumber: cookpad.com

Seperti olahan sebelumnya, olahan satu ini juga juga cocok dijadikan menu sarapan. Membuatnya sendiri tergolong gampang. Sebelum menggoreng nasi, kamu harus menumis sejumlah bahan seperti bawang putih, cabai, bawang merah, terasi, dan rawit.

Tumis semua bahan itu hingga mengeluarkan aroma harum. Barulah setelah itu masukkan nasi putih dan sosis yang telah dipotong-potong. Goreng dan aduk hingga rata. Agar makin sedap, kamu bisa masukkan cabai bubuk, lada, garam, dan potongan daging.

Sajikan di atas piring bila sudah matang. Tambahkan telur mata sapi di atasnya untuk menambah cita rasanya.

6. Pizza Sosis Telur Dadar

Pizza Sosis Telur Dadar

* sumber: cookpad.com

Olahan ini pun juga cocok dijadikan menu sarapan. Adapun cara membuatnya adalah dengan mencampurkan telur kocok dengan garam dan merica hingga tercampur aduk. Campuran telur itu lantas dituang ke atas wajan berminyak hingga teksturnya mengeras.

Sambil menunggu telurnya mengeras, kamu bisa memasukkan potongan paprika, bawang Bombay, dan sosis di bagian atasnya. Tutup bagian atas wajan, dan tunggulah hingga bagian atas Pizza Sosis agak matang.

Agar bagian atasnya makin matang, kamu bisa membalikkan Pizza Sosis tersebut. Bila bagian atas itu matang, balikkan kembali Pizza Sosis tersebut, lalu berikan keju mozzarella di bagian atasnya. Tunggu hingga kejunya meleleh. Tiriskan dan Pizza Sosis Telur dadar pun bisa disantap sebagai menu sarapanmu.

7. Sup Sosis

Sup Sosis

* sumber: lifestyle.okezone.com

Bagi yang ingin mencoba olahan sosis berkuah, olahan satu ini layak dicoba. Bahan-bahannya sendiri tak jauh berbeda dengan sayur sup pada umumnya. Semisal makaroni dan sayur-mayur. Yang menjadi pembeda tentu saja adanya kehadiran potongan sosis sebagai bahan utamanya.

Untuk membuat olahan ini, kamu harus menumis bawang putih dan merah hingga layu. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga airnya mendidih. Kalau sudah mendidih, masukkan sayur-mayur, makaroni, dan potongan sosis.

Agar makin mantap, masukkan garam, lada, dan sedikit gula ke dalamnya. Masak hingga matang. Tiriskan dan Sup Sosis pun siap disajikan. Olahan sosis ini sangat cocok disantap sebagai menu makan siangmu nanti.

8. Tumis Sosis

Tumis Sosis

* sumber: craftlog.com

Selain dijadikan sup, sosis pun juga bisa ditumis. Caranya, kamu harus memanaskan mentega dulu di atas wajan berapi sedang. Tumislah cabai dan bawang Bombay hingga tercampur rata. Kalau sudah, tambahkan sayuran dan tumis sebentar, lalu masukkan air ke dalamnya.

Tunggu hingga sayuran di dalamnya melunak. Barulah setelah masukkan potongan sosis dan sejumlah bumbu. Semisal lada, saus tomat, cabai, garam, dan lada. Kamu juga bisa menambahkan kecap manis ke dalamnya agar cita rasanya agak manis.

Tunggulah hingga airnya menyusut. Barulah setelah masukkan irisan seledri. Angkat dan taruh Tumis Sosis yang telah matang itu ke atas piring. Tumis Sosis pun siap disajikan dengan sepiring nasi panas.

9. Sosis Goreng Saus Lada Hitam

Sosis Goreng Saus Lada Hitam

* sumber: cookpad.com

Kalau mau sosis goreng tak biasa, kamu bisa mencoba olahan satu ini. Sesuai namanya, bahan utama dari olahan ini adalah sosis yang telah digoreng. Sosis goreng itu lantas ditumis bersama tumisan paprika, bawang putih, dan bawang Bombay.

Tumis sosis dan tumisan itu hingga aromanya agak harum. Baru setelah itu masukkan saus lada hitam hingga tercampur rata. Tiriskan dan sajikan di atas piring. Agar semakin menarik, taburkanlah bawang goreng renyah dan seledri bagian atasnya.

10. Singkong Gulung Sosis Keju

Singkong Gulung Sosis Keju

* sumber: cookpad.com

Olahan satu ini cocok untuk camilanmu di kala senggang. Cara membuatnya lumayan panjang, namun sesuai dengan cita rasanya. Cara membuat olahan ini dimulai dari mengukus singkong yang telah dikupas dan dicuci sebelumnya.

Singkong yang telah mengempuk itu lantas dihaluskan dan dicampur bersama garam, margarin, serta daun seledri. Aduk hingga rata. Ambil 3 sendok makan dari adonan singkong tersebut. Pipihkan dan tambahkan sosis goreng di atasnya. Gulung hingga rapi. Lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga adonan singkongnya habis.

Potonglah adonan yang terisi sosis itu menjadi 3 bagian. Setelah itu, susun di atas loyang yang telah diolesi margarin. Adonan sosis yang ada di atas loyang itu lantas diberi kuning telur dan keju parut di atasnya.

Panggang adonan-adonan itu di dalam oven selama 25 menit dengan suhu 180 derajat. Bila sudah, angkat adonan yang telah menjadi Singkong Gulung Sosis Keju itu dari oven. Singkong Gulung Sosis Keju pun siap disajikan.

Sosis tak hanya disantap langsung atau digoreng begitu saja. Olahan daging ini juga bisa dijadikan sajian yang lezat dan populer, khususnya di Indonesia. Sepuluh olahan di artikel ini adalah buktinya. Dari sepuluh olahan di atas, mana yang ingin kamu coba? Cek juga artikel jenis-jenis sosis ini untuk menambah wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *