Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Aneka Olahan Pisang yang Kekinian dan Unik untuk Usaha

10 Aneka Olahan Pisang yang Kekinian dan Unik untuk Usaha

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Sudah tidak asing dengan pisang? Ya, banyak yang suka dengan pisang, mau dimakan langsung ataupun diolah menjadi pisang goreng, semuanya pasti suka. Bukan hanya rasa yang lezat, pisang juga terkenal akan kandungan gizinya yang kaya. Makanya, dengan banyaknya manfaat ini, pisang menjadi salah satu olahan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Nah, jika saat ini kamu berpikir untuk membuka sebuah usaha makanan, maka kamu bisa mencobanya dengan membuat aneka olahan pisang. Tidak usah bingung dengan ide aneka olahannya, karena Bacaterus akan membahas 10 aneka olahan pisang kekinian dan unik berikut ini.

10 Aneka Olahan Pisang untuk Usaha

1. Pisang nugget

Olahan Pisang Kekinian

* sumber: id.tastemade.com

Di zaman modern ini pisang sering dijadikan berbagai macam olahan, termasuk pisang nugget. Pisang nugget adalah salah satu olahan berbahan dasar pisang yang dicampur dengan tepung terigu dan tepung roti yang digoreng hingga matang. Yang membedakan pisang nugget dengan olahan pisang lainnya yaitu topping.

Pisang nugget biasanya dihiasi berbagai macam topping yang enak dan cantik. Topping-topping tersebut di antaranya green tea, oreo, kacang, coklat, dan masih banyak lagi. Karena keunikannya tersebut, pisang nugget menjadi salah satu jajanan hits dan kekinian di Indonesia sehingga cocok dijadikan sebuah usaha atau bisnis makanan olahan.

2. Keripik pisang

Keripik hidangan arisan murah meriah

* sumber: www.tokomesin.com

Keripik pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian dijemur agar kadar airnya berkurang dan kemudian di goreng. Keripik pisang memiliki rasa lezat yang khas dan tak kalah enak dari keripik olahan lainnya. Keripik pisang sudah menyebar hampir di seluruh pulau Jawa.

Saat ini, keripik olahan dari pisang sudah semakin berkembang karena telah menciptakan inovasi-inovasi baru dengan cara menambah varian rasa, seperti jagung bakar, pedas, green tea, dan lain sebagainya membuat kripik pisang ini semakin populer dan digemari oleh banyak orang. Maka dari itu, kripik olahan berbahan dasar pisang sangat cocok dijadikan usaha makanan olahan.

3. Manisan Pisang

* sumber: cookpad.com

Manisan pisang merupakan makanan olahan yang sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Makanan olah pisang ini bisa berupa manisan kering ataupun basah tergantung pada selera. Tujuan dari pembuatan manisan ini yaitu agar pisang bisa dinikmati dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa khawatir membusuk.

Selain rasa manisnya yang lezat, cara membuatnya pun terbilang mudah sehingga manisan pisang ini menjadi salah satu makanan olahan berbahan dasar pisang yang unggul untuk diperjual belikan atau dijadikan suatu usaha makanan olahan.

4. Bolu Pisang

* sumber: www.harianmu.com

Bolu merupakan makanan yang sudah populer di Indonesia. Bolu yang satu ini berbeda dengan bolu pada umumnya karena berbahan dasar pisang. Cara membuatnya yaitu mencampurkan adonan tepung dengan pisang, telur, dan gula secara merata yang kemudian dikukus dalam sebuah panggangan.

Bolu pisang tentunya memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut hingga tak sedikit orang yang sangat menyukai bolu pisang. Makanya, bolu pisang banyak diperdagangkan di toko-toko bolu di Indonesia. Bolu pisang biasanya memiliki harga yang cukup murah sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

5. Pisang Keju

* sumber: cookpad.com

Makanan olahan yang satu ini adalah makanan berbahan dasar pisang yang sangat mudah dibuat. Cara membuatnya hanya dengan mengiris pisang sesuai ukuran yang diinginlan,  kemudian menggorengnya, lalu taburkan berbagai topping di atasnya. Topping yang biasa ditaburkan pada pisang keju ini tentunya adalah keju dan biasanya ditambah susu, coklat, dan yang lainnya.

Harga yang relatif murah dan mudah ditemukan di Indonesia, menjadikan makanan ini dapat dinikmati oleh semua kalangan sehingga berpotensi untuk dijadikan sebuah usaha makanan olahan. Pisang keju ini bisa ditemukan dari mulai pedagang kaki lima, sekolah-sekolah hingga di cafe-cafe di Indonesia.

6. Pisang Goreng

* sumber: solo.tribunnews.com

Pisang goreng merupakan makanan olahan berbahan dasar pisang yang hampir semua orang sudah mengenalnya. Cara membuat pisang goreng sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan pisang dengan tepung yang sudah dicampur gula terlebih dahulu. Lalu, pisang digoreng pada minyak yang panas hingga berwarna keemasan.

Pisang goreng ini banyak ditemukan di pedagang gorengan kaki lima atau di warung-warung tertentu. Harga yang dibanderol sangatlah murah namun rasanya sangat enak. biasanya pisang goreng dinikmati pada pagi hari sebagai sarapan atau teman mengopi bagi sebagian orang.

7. Es Pisang

* sumber: travelingyuk.com

Berbeda dengan olahan pisang lainnya, olahan yang satu ini menyajikan olahan dengan sensasi dingin karena dibuat dengan cara dibekukan dan dilumuri cokelat bertopping. Rasanya yang lezat menjadikan es pisang ini sangat digemari oleh banyak orang terutama anak-anak. Es pisang ini dinilai cocok untuk dibuat menjadi sebuah usaha karena bahan yang mudah didapat juga cara membuat yang mudah.

Selain dibalut dengan coklat lalu dibekukan, es pisang bisa dibuat dalam bentuk yang lain. Misalnya, es pisang hijau khas Makasar di mana pada makanan tersebut, pisang diselimuti oleh tepung berwarna hijau yang kemudian dimasukan ke dalam sirup. Olahan es pisang ini tentunya memiliki rasa yang enak hingga tak heran banyak orang yang menyukainya.

8. Pisang Geprek

* sumber: travelingyuk.com

Pisang geprek hampir sama dengan pisang goreng karena prosesnya sama-sama digoreng. Namun, yang membedakan adalah pisang ini di geprek terlebih dahulu hingga tipis yang kemudian digoreng tanpa dicampur apapun. Rasanya yang manis menjadikan pisang geprek ini disukai oleh banyak orang.

Pisang ini nikmat jika disantap secara hangat baik langsung ataupun dicampur dengan taburan topping sesuai dengan selera. Bahkan, ada sebagian orang yang menyantap pisang geprek dengan sambal.

9. Puding Pisang

* sumber: www.1health.id

Semakin berkembangnya zaman, puding pun semakin bervariasi, salah satunya adalah puding yang berbahan dasar pisang. Tak kalah dari puding yang lainnya, puding pisang ini memiliki rasa yang enak juga tekstur yang sangat lembut di mulut. Selain lezat, kandungan gizi dari pisang juga menjadi alasan bagi sebagian orang menyukai puding pisang ini.

Puding pisang bisa disantap secara langsung atau bahkan menambahkan fla dan berbagai macam topping di atasnya sesuai dengan selera.

10. Roti Pisang

* sumber: resepkakak.com

Selain bolu, ternyata pisang juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat roti. Namun, berbeda dengan bolu pisang yang mana pisangnya dicampurkan dengan tepung. Pada roti pisang ini, pisang menjadi isian dari roti tersebut. Roti pisang memiliki rasa lezat sehingga tak heran roti pisang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai variasi, biasanya para pembuat roti menambahkan cokelat pada pisangnya sehingga menambah kelezatan dari roti pisang itu sendiri. Roti ini sangat cocok menjadi suatu usaha bakery karena rasanya tak kalah enak dibandingkan dengan roti-roti isian yang lainnya.

Rekomendasi Olahan Pisang Lainnya

Selain kesepuluh olahan pisang yang sudah disebutkan di atas, Bacaterus juga masih punya beberapa rekomendasi olahan pisang yang sangat cocok untuk usaha. Berikut beberapa di antaranya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment