bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / 10 Aneka Olahan Pisang Goreng Unik yang Patut Dicoba

10 Aneka Olahan Pisang Goreng Unik yang Patut Dicoba

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 29 Mei 2020

Pisang goreng adalah kudapan paling umum yang bisa kamu jumpai. Kamu bisa menemukan kudapan ini hampir di setiap tempat, mulai dari pedagang kaki lima; warung; hingga di rumah tetanggamu. Cara membuatnya yang mudah dan rasanya yang enak adalah dua alasan mengapa kudapan ini populer.

Pisang goreng sendiri dibuat dari bahan yang sederhana: tepung terigu, air, gula, dan tentu saja pisang. Seiring waktu, kudapan satu ini mengalami sejumlah evolusi. Kini, kamu bakal bisa menemukan pisang goreng dalam bentuk olahan yang unik.

Di bawah ini, Bacaterus akan memberitahu apa saja olahan pisang goreng yang tergolong unik dan layak dicoba. Adapun sejumlah olahan pisang goreng tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pisang Goreng Pasir

* sumber: food.detik.com

Ini adalah olahan pisang goreng unik yang cukup populer. Ciri khas pisang goreng ini adalah bagian luarnya yang seperti dibalut dengan pasir. Tampilan luar itulah yang menyebabkan pisang goreng ini dinamai Pisang Goreng Pasir.

Pisang Goreng Pasir dibuat dari pisang yang dicampur dengan sejumlah bahan seperti terigu, air, gila, margarin, dan tepung roti. Hidangan pisang goreng ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Akan semakin lezat bila kamu menyantapnya bersama dengan selai srikaya.

2. Pisang Goreng Keju Parut

* sumber: www.happyfresh.id

Ini adalah sajian pisang goreng yang dihiasi parutan keju di atasnya. Bahan dasar olahan ini sendiri adalah pisang kepok. Dalam proses pembuatannya, pisang tersebut bakal dipotong dulu menjadi 2 bagian.

Sesudah pisangnya dipotong, pisang tersebut nantinya bakal dibalurkan ke campuran tepung pisang goreng dan air. Setelah itu, digoreng agak matang; dicelupkan lagi ke dalam tepung; dan digoreng lagi hingga matang.

Setelah matang, pisang goreng tersebut bakal ditiriskan sejenak. Barulah sesudahnya diberi parutan keju, gula merah, dan susu kental manis di bagian atasnya.

3. Pisang Goreng Kriuk Susu Keju

* sumber: mymilk.com

Sajian pisang goreng bentuknya kurang lebih sama dengan olahan sebelumnya. Bedanya, olahan pisang ini bisa dibuat jenis pisang apa pun. Letak perbedaan lainnya adalah adanya bahan tepung beras di dalam adonan tepungnya.

Dalam pisang goreng ini, tepung beras nantinya bakal dicampur dengan terigu, gula, garam, vanili, dan air. Setelahnya baru dibalurkan ke pisang yang sudah dibelah dua. Kehadiran tepung beras pada adonan pisang goreng ini bakal membuat pisang gorengnya jauh lebih krispi.

Selain krispi, pisang goreng ini memiliki cita rasa yang manis dan kaya topping. Topping yang dipakai pada olahan ini lumayan banyak. Susu kental manis, cokelat parut, dan keju parut adalah beberapa di antaranya.

4. Jemput-Jemput Pisang

Olahan pisang goreng unik ini merupakan salah satu makanan tradisional asal Riau. Tepatnya, dari Desa Nyamuk, Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Riau. Secara bahan, olahan ini sama seperti pisang goreng pada umumnya: pisang dan tepung terigu.

Cara membuat pisang ini dimulai dengan memasukkan daging ke pisang ke wadah besar, dan kemudian dihancurkan dengan gelas atau sendok nasi. Daging pisang yang hancur itu nantinya bakal dicampur dengan tepung terigu dan sedikit gula hingga merata.

Setelah tercampur rata, adonan pisang tersebut bakal diambil sedikit-sedikit dengan memakai sendok kecil. Cara mengambil adonan pisang tersebut yang kelak membuat pisang goreng ini unik, terutama dari bentuknya.

5. Pisang Krispi

* sumber: www.njajan.com

Serupa dengan Pisang Goreng Kriuk, pisang goreng ini juga berbahan dasar tepung beras. Cara mengolahnya pun juga kurang lebih sama. Yang membedakannya dengan Pisang Kriuk adalah tidak adanya topping pada pisang goreng ini.

Pisang Goreng Krispi sangat cocok disantap selagi hangat. Apalagi, jika menyantapnya di kala hujan tiba. Olahan Pisang Goreng unik ini cocok disantap bersama kopi atau teh, serta bisa menjadi menu sarapanmu nanti.

6. Lumpia Pisang Cokelat

* sumber: yantimaragas.blogspot.com

Lumpia biasanya berisi udang, rebung, dan sayur-sayuran lainnya. Namun, berbeda dengan lumpia satu ini. Sesuai namanya, Lumpia Pisang Cokelat adalah lumpia yang berisi potongan pisang yang dilumuri cokelat.

Sajian pisang goreng ini lazim sekali dijadikan jajanan kaki lima. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti menyukai olahan pisang ini. Pisang Goreng Cokelat bisa kamu santap langsung, disantap bareng teh, atau dicocol ke dalam krim.

7. Pisang Goreng Mozzarella

*Sumber: https://www.instagram.com/pigout_nyc/

Sesuai namanya, olahan ini merupakan sajian pisang goreng yang diberi tambahan keju mozzarella. Menariknya, keju mozzarella pada sajian pisang ini tidak diparut dan menjadi hiasan di atas pisang gorengnya.

Keju mozzarella pada sajian ini justru bakal dimasukkan ke dalam pisang goreng. Caranya, lubangi pisang dengan sedotan, lalu masukkan keju mozzarella yang diparut ke dalam lubang pisang tersebut. Saat keju yang ada di dalam pisang itu bakal menjadi lelehan yang lezat.

8. Lumpiang Turon Saba

* sumber: luckymom2009.wordpress.com

Makanan ini sekilas sama dengan Lumpia Pisang Cokelat. Letak kesamaan tersebut ada pada tampilannya, serta bahan dasarnya berupa pisang dan kulit lumpia. Hanya saja, olahan pisang unik tidak diberi tambahan cokelat.

Pada olahan pisang ini, pisang bakal dibungkus kulit lumpia bersama dengan irisan nangka tipis. Setelah itu, barulah digoreng hingga matang. Sesudah matang, bagian atas olahan pisang tersebut bakal diberi siraman gula karamel dan juga wijen.

9. Pisang Goreng Geprek

* sumber: netz.id

Di Makassar, ada satu olahan pisang goreng unik yang harus kamu coba. Olahan itu adalah Pisang Goreng Geprek. Sesuai namanya, ini adalah pisang goreng yang disajikan dengan cara digrepek laiknya ayam geprek.

Pengolahan pisang goreng ini dimulai dengan menggoreng pisang secukupnya. Setelah itu, pisang digeprek hingga bentuknya pipih dan direndam sebentar di dalam air garam. Barulah setelahnya digoreng hingga kering dan matang.

Untuk bisa menikmati olahan ini, kamu bisa datang ke kedai Pisang Geprek Celebes yang ada di Jalan Bougenville No. 7, Karang Gayam, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Kedai tersebut merupakan pelopor dari olahan pisang goreng unik satu ini.

Di Pisang Geprek Celebes nanti, kamu bisa menikmati Pisang Goreng Geprek dengan cocolan sambal petis. Seporsi pisang ini bisa kamu dapatkan dengan kocek 12 - 20 ribu rupiah.

10. Pisang Nugget

* sumber: id.tastemade.com

Selain Pisang Goreng Pasir, ini adalah olahan pisang unik lainnya yang paling populer. Olahan pisang ini dibuat dengan cara membentuknya seperti nugget, lalu setelahnya digoreng hingga matang. Pisang goreng unik ini memiliki sejumlah varian rasa.

Cokelat, keju, Oreo, dan Cadburry adalah beberapa di antaranya. Kalau kamu sedang di Jakarta, kamu bisa mencicipi pisang goreng ini di Pisang Nugget Rajo. Kedai ini berada di Jalan Tenggiri No. 2 C, Jati, Kecamatan Pulo Gadung, Jakata Timur, DKI.

Itulah beberapa olahan pisang goreng unik yang patut kamu coba. Selamat mencicipi olahan-olahan pisang unik di atas! Di artikel olahan pisang kekinian ini kamu juga bisa mengetahui berbagai cara mengolah pisang agar tidak bosan saat menyantap buah tersebut.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram