Bacaterus / Pasta / 10 Olahan Makaroni di Indonesia yang Paling Enak & Populer

10 Olahan Makaroni di Indonesia yang Paling Enak & Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Makaroni merupakan salah satu di antara jenis-jenis pasta. Di luar negeri, pasta satu ini lazim disajikan bersama saus krim dan kacang polong. Adapun di Indonesia, pasta berbentuk elbow ini lazim disajikan sebagai pelengkap dalam sayur sup.

Kendati begitu, orang-orang Indonesia pun juga lazim mengolah pasta ini ke dalam sejumlah olahan lain. Beberapa di antaranya merupakan olahan yang terpopuler di Indonesia. Lalu, apa saja olahan makaroni yang populer itu? Yuk, simak informasi lengkap dari Bacaterus di bawah ini.

1. Makaroni Goreng

* sumber: simpleandhappy029.blogspot.com

Ini adalah olahan makaroni yang paling populer di Indonesia. Popularitas olahan ini terbukti dari banyaknya orang menjual olahan ini di beragam tempat, khususnya di pinggiran jalan. Cara membuat makaroni goreng sendiri tidaklah sulit.

Makaroni yang sudah direbus sebelumnya tinggal kamu goreng di atas wajan berminyak panas. Goreng makaroni hingga warnanya menjadi kecokelatan. Tiriskan sejenak, dan makaroni goreng pun siap disantap. Agar makin mantap, kamu bisa memasukkan bumbu-bumbu lain ke dalamnya, entah itu bumbu keju maupun cabai bubuk.

2. Macaroni Schotel

* sumber: www.loveindonesia.com

Olahan makaroni ini juga tergolong sangat populer di Indonesia. Olahan ini biasa kamu jumpai di sejumlah kafe ataupun restoran. Berbeda dengan makaroni goreng, olahan makaroni ini memiliki proses pengolahan yang cukup panjang.

Pertama, makaroni bakal direbus dahulu, lalu dimasak lagi bersama tumisan bawang, sosis ayam, dan daging sapi. Setelah itu, masukkan campuran susu; telur; dan keju, dan berilah merica dan garam secukupnya. Masaklah hingga menjadi adonan Macaroni Schotel yang bertekstur kental.

Bila sudah kental, angkatlah adonan tersebut dan berilah taburan keju di permukaannya. Barulah kemudian dipanggang selama 20 menit di dalam oven bertemperatur 180 derajat. Bila sudah matang, angkatlah adonan tersebut dan tiriskan sejenak. Macaroni Schotel pun siap untuk disantap.

Temukan juga cara lengkap membuat makanan ini dalam artikel resep macaroni schotel yang bisa kamu coba di rumah.

3. Mac and Cheese

* sumber: www.delish.com

Ini adalah olahan makaroni lainnya yang lazim ditemukan di kafe atau restoran. Sesuai namanya, olahan ini dibuat dari makaroni yang dipadupadankan dengan keju. Cara membuatnya sendiri tidak terlalu susah, dan bisa kamu praktekkan di rumah.

Pertama, kamu harus menumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu. Setelah itu, masukkan daging sapi; tepung terigu; dan susu cair, lalu diaduk hingga merata. Barulah sesudahnya kamu masukkan makaroni dan garam. Aduklah hingga cairan adonan tersebut berkurang.

Tiriskan sejenak adonan tersebut, lalu tuangkan di atas piring. Taburkanlah keju di atasnya. Dan, Mac and Cheese pun siap disantap.

4. Makaroni Saus Bolognaise

* sumber: www.simplyrecipes.com

Saus Bolognaise sangat cocok dipadukan dengan jenis pasta apapun. Makaroni termasuk salah satunya. Bila kamu memadukan saus tersebut dengan saus Bolognaise, maka akan menghasilkan olahan Makaroni Saus Bolognaise yang lezat.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Caranya adalah: buatlah dulu saus Bolognaise yang terbuat dari tumisan bawang merah dan putih; daging; wortel; tomat; dan sebagainya. Agar makin mantap, masukkan pula bumbu basil, oregano, dan juga garam ke dalamnya.

Barulah kemudian masukkan makaroni dan aduk hingga matang. Setelah matang, taruh di atas piring dan tiriskan barang sebentar. Kemudian, beri taburan keju parut di atasnya, dan Makaroni Saus Bolognaise pun siap disantap.

5. Seblak Makaroni

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/354095589433592575/?lp=true

Siapa bilang seblak hanya bisa dibuat dari kerupuk basah? Makaroni pun juga bisa dijadikan bahan seblak, lho! Ada dua cara untuk membuat olahan ini: kuah ataupun kering. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai dengan kemampuanmu.

Seblak Makaroni sendiri memiliki cita rasa yang sama pedasnya dengan seblak kerupuk basah. Yang menjadi pembedanya adalah kehadiran makaroni yang memberi tekstur tersendiri pada olahan ini. Olahan ini bisa menjadi alternatif yang tepat untukmu yang bosan dengan seblak kerupuk basah.

6. Bitterballen isi Makaroni

* sumber: www.royco.co.id

Bitterballen merupakan makanan khas Belanda yang rasanya seperti kroket, namun bentuknya lebih bulat. Olahan ini biasanya berisi daging sapi, udang, atau bahkan daging kuda. Walau begitu, olahan ini juga bisa diberi isian lain, termasuk makaroni.

Proses pembuatan olahan ini terhitung panjang. Resepnya sendiri bisa kamu temukan di sejumlah media daring atau di situs-situs khusus kuliner lainnya. Kuliner ini sangat cocok disantap selagi hangat. Kamu pun juga bisa menambahkan cocolan saus saat hendak menyantap makanan ini.

7. Pizza Makaroni

* sumber: sajiansedap.grid.id

Selain bisa dibuat dari bahan lain seperti mi instan, pizza pun rupanya juga bisa dibuat dari makaroni. Olahan ini dibuat dengan cara mencampurkan makaroni dengan telur, susu, wortel, dan garam. Setelah itu, adonan itu dituangkan di atas pan berdiameter 12 cm.

Setelah itu, letakkan sejumlah topping pizza di bagian atasnya. Sejumlah topping yang bisa dipakai adalah: bawang Bombay, ayam giling, jamur, dan saus. Bila sudah matang, taruhlah Pizza Makaroni tersebut di atas piring.

8. Waffle Makaroni

* sumber: www.idntimes.com

Tak hanya diolah menjadi pizza, makaroni pun rupanya juga bisa diolah menjadi waffle. Pada olahan ini, makaroni bakal diolah bersama dengan tepung terigu; susu cair; garam; merica; pala; smoked chees; brokoli; dan telur.

Aduk rata makaroni dan sejumlah campuran bahan tersebut. Sesudahnya, masukkan adonan itu ke dalam cetakan waffle yang sudah diberi olesan margarin sebelumnya. Tutup cetakan dan pangganglah hingga matang.

9. Salad Makaroni

* sumber: www.onegreenplanet.org

Bagi kamu yang menyukai makaroni tapi lagi diet, maka olahan ini patut untuk dicoba. Cara membuatnya sendiri tidak terlalu susah, sehingga kamu pun bisa mencobanya di rumah. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat olahan ini, makaroni mesti dicampur bersama telur; paprika; seledri; wortel; dan peterseli. Setelah itu, dicampur lagi dengan bahan dressing yang berbahan dasar mayonaise; yoghurt; madu; garam; dan merica bubuk.

10. Makaroni Panggang Khas Bogor

* sumber: bonjouriana.blogspot.com

Olahan khas Bogor ini sebetulnya mirip dengan Macaroni Schotel. Bedanya, Makaroni Panggang memiliki taburan keju di atasnya, dan isian khusus di dalamnya. Pada makanan ini, makaroni nantinya bakal dicampur dengan susu, keju, dan bahan-bahan lainnya.

Olahan asal Bogor ini memiliki cita rasa yang gurih dan lembut. Isiannya pun juga beragam. Ada yang yang berisi jamur dan smoked beef. Bila kamu di Bogor, kamu bisa mencicipi olahan ini di kedai Macaroni Panggang yang ada di Jalan Salak No. 24, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16128.

Selain bisa mencicipi langsung, kamu pun bisa membawanya sebagai buah tangan. Macaroni Panggang di sana tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar. Harganya pun beragam, sesuai dengan ukuran Macaroni Panggang-nya.

Makaroni rupanya bisa diolah lagi menjadi sejumlah olahan yang lezat. Bahkan, beberapa di antaranya sudah menjadi olahan populer di Indonesia. Sepuluh olahan makaroni di atas adalah buktinya. Kalau kamu mau merasakan sensasi menyantap makaroni yang tidak biasa, sepuluh olahan di atas barangkali bisa kamu coba.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar