Bacaterus / Ikan Lele / 10 Aneka Olahan Lele Populer di Indonesia Selain Pecel Lele

10 Aneka Olahan Lele Populer di Indonesia Selain Pecel Lele

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Januari 2020

Pecel lele adalah menu yang tak bisa dilepaskan kala menyebut nama lele. Hal ini wajar mengingat kepopuleran masakan khas Lamongan itu yang cukup tinggi. Namun, tahukah kamu, kalau masih ada banyak olahan lele yang tak kalah populer?

Di artikel ini, akan kami sebutkan apa saja olahan-olahan lele yang dimaksud. Olahan-olahan tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

1. Pecak Lele

Pecak Lele

* sumber: travel.kompas.com

Ini merupakan olahan lele yang juga makanan khas Betawi. Olahan ini dibuat dari ikan lele yang digoreng matang, serta ditaburi bumbu pecak di atasnya. Bumbu pecak sendiri dibuat dari kacang tanah goreng, bawang merah, cabai, dan jahe.

Semua bahan itu nantinya bakal diulek dan diberi air panas. kehadiran bumbu pecak tersebut membuat olahan lele ini memiliki cita rasa yang pedas, asam, dan gurih. Kalau mau mencicipi olahan lele ini, kamu bisa datang ke Pondok Gabus Lukman yang ada di Jalan Jenderal Sudirman No. Km 32, Bekasi, Jawa Barat.

2. Lele Kremes

Lele Kremes

* sumber: review.bukalapak.com

Tak hanya ayam, lele pun juga bisa disajikan bersama dengan kremesan. Cara membuatnya pun tidaklah sulit. Lele yang sudah digoreng terlebih dahulu lantas ditaburi kremesan yang terbuat dari tepung sagu, tepung beras, rendaman, dan kaldu ayam bubuk.

Kalau kamu lagi di Tebet dan malas membuat lele kremes sendiri, kamu bisa datang ke Lele Crispy the Best Kremes in Town yang ada di Jalan Tebet Raya IV No. 12, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Di tempat makan tersebut, lele kremes disajikan dengan membalutkan langsung ke permukaan lelenya laiknya tepung krispi pada fried chicken.

3. Mangut Lele

Mangut Lele

* sumber: www.masakapahariini.com

Olahan lele satu ini bisa kamu temukan kala piknik ke Jogja atau Jawa Tengah. Olahan ini dibuat dari lele goreng yang diberi bumbu berbahan bawang putih, bawang merah, laos, sunti, santan dan juga cabai. Penggunaan sejumlah bahan itu membuat cita rasa makanan ini begitu gurih.

Kalau kamu sedang ada di Jogja, kamu bisa mencicipi mangut lele di rumah makan Mangut Lele Yu Mur. Di rumah makan ini, kamu bisa menikmati mangut lele dan sepiring nasi dengan kocek Rp. 12 ribu saja. Kalau kamu tertarik, datang saja ke alamat lengkapnya di Bambanglipuro, Kuwon, Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, DIY.

4. Tongseng Lele

Tongseng Lele

Seperti halnya daging sapi atau kambing, ikan lele pun bisa diolah dengan cara ditongseng. Caranya, goreng daging lele hingga matang lalu tiriskan. Selama meniriskan lele, buatlah tumisan yang terbuat daun jeruk, serai, jahe, daun salam, dan bumbu halus.

Tumisan tersebut lantas diberi tambahan gula, kecap, garam, dan merica. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan lele goreng ke dalamnya. Aduk secara perlahan dan tunggu hingga air tongsengnya berkurang. Kalau sudah, masukkan irisan kol, tunggu hingga matang, dan sajikan selagi hangat.

5. Lele Balado

Lele Balado

* sumber: www.masakapaya.com

Selain di tongseng, lele pun juga bisa diolah secara balado. Untuk membuatnya, lumuri ikan lele dengan air jeruk dan garam, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kalau sudah, goreng ikan lele hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.

Sambil menunggu lele agak dingin, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan tomat. Setelah itu, tumis campuran bahan itu bersama ketumbar hingga harum. Masukkan lengkuas, garam, gula, ai jeruk nipis, dan lele goreng. Masaklah hingga bumbunya meresap. Angkat dan sajikan selagi hangat.

6. Lele Saus Padang

Lele Saus Padang

* sumber: cookpad.com

Saus Padang tak hanya bisa diolah bersama kepiting atau cumi. Kamu pun bisa mengolahnya dengan ikan lele. Untuk membuat olahan ini,kamu harus membuat saus Padang-nya terlebih dahulu. Saus ini mesti dibuat dari bawang Bombay yang ditumis bersama saus sambal, gula pasir, dan kaldu instan.

saus Padang tersebut lantas ditumis bersama cabai rawit tumbuk. Setelah itu, barulah masukkan lele yang sebelumnya telah digoreng. Masaklah lele dan saus Padang itu hingga bumbunya merata ke seluruh bagian lele.

Angkat lele tersebut bila saus Padang-nya sudah merata. Sajikan lele saus Padang tersebut bersama dengan lalapan dan nasi.

7. Lele Teriyaki

Lele Teriyaki

* sumber: www.payanadewa.com

Kalau mau mencoba lele dengan cita rasa Japanese Food, kamu bisa mencoba olahan lele ini. Olahan ini dibuat dari lele goreng yang disajikan bersama saus teriyaki. Kamu bisa membuat langsung olahan ini di rumah atau mencobanya di sejumlah rumah makan.

Salah satu rumah makan yang menjual olahan ini adalah Lele Saurus. Di sini, kamu bisa menikmati lele saus teriyaki dengan ukuran lele beragam, mulai yang sedang hingga yang besar. Kalau kamu mau mencobanya, sila datang ke alamat lengkapnya di Jalan Raya Boulevard Raya Blok J4 No. 8, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

8. Lele Saus Mayonaise

Lele Saus Mayonaise

* sumber: www.payanadewa.com

Kamu juga bisa mengolah ikan lele bersama saus mayonaise. Untuk membuatnya, kamu harus melumuri lele terlebih dulu dengan jeruk nipis, merica, garam, dan bawang putih. Diamkan beberapa saat, lalu masukkan lele tersebut ke dalam telur kocok dan tepung terigu.

Goreng lele tersebut hingga matang sambil menepuk-nepuk bagian tubuhnya. Angkat dan tiriskan lele itu bila sudah matang. Buatlah saus mayonaise dari mayonaise yang dicampur jeruk nipis, cabai merah, merica bubuk, garam, dan gula. Campur hingga merata dan siramkan langsung ke badan lele. Lele Saus Mayonaise pun siap disajikan.

9. Lele Fillet Goreng Tepung

Lele Fillet Goreng Tepung

* sumber: cookpad.com

Kalau mau mencicipi lele tanpa tulang dan kulit, olahan satu ini patut dicoba. Langkah awal membuat olahan ini adalah mem-fillet daging lelenya dulu. Saat mem-fillet daging, pastikan tulang dan kulitnya betul-betul terlepas.

Buat adonan tepung dari terigu dan air. Aduk hingga keduanya merata. Masukkan lele fillet itu ke dalam tepung tersebut, lalu goreng hingga warnanya kecokelatan. Sajian lele ini amat cocok dijadikan camilan atau lauk santap nasimu.

10. Burger Lele

Burger Lele

* sumber: pertanian.pontianakkota.go.id

Ini merupakan olahan lele paling unik di daftar ini. Bagaimana tidak, burger yang biasanya dibuat dari daging sapi kini justru bisa berisi daging lele. Olahan ini dibuat dari daging lele yang dibentuk layaknya daging burger, dan dihimpit oleh roti burger, serta diberi sayur-sayuran khas burger.

Kalau kamu kesulitan membuatnya sendiri, kamu jangan khawatir. Kamu bisa mencicipinya di Café Matrix. Kafe yang menjual beragam olahan serba lele ini berada persis di Jalan Letjend Sutoyo Gang Matrix No. 19, Lingkungan Sumber Pak, Kecamatan Sumber Sari, Jember, Jawa Timur.

Masih banyak olahan lele terpopuler di Indonesia lainnya selain pecel lele. Sepuluh di antaranya sudah kami paparkan di atas. Semoga olahan-olahan di artikel ini membuat wawasanmu soal olahan lele kian bertambah. Intip juga artikel resep mangut lele ini untuk menambah kreasi memasakmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *