Bacaterus / Sayuran / Inilah 10 Olahan Buncis yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Inilah 10 Olahan Buncis yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Buncis merupakan salah satu jenis polong-polongan yang dipercaya berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Semua bagian buncis, buah, biji dan daunnya dapat dikonsumsi serta dimanfaatkan sebagai sayuran.

Kaya akan protein, vitamin A, B, dan C, buncis juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan, di antaranya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Sayuran dengan nama latin phaseolus vulgaris ini dapat diolah, dan dikombinasikan dengan berbagai macam olahan makanan lainnya yaitu bisa sebagai lalapan, tumis, sayuran, hingga kreasi lainnya sesuai dengan selera.

Selain menghasilkan cita rasa yang lezat, kira-kira apa saja sih olahan buncis yang nikmat yang menyehatkan? Penasaran? Yuk, simak berbagai olahan berbahan dasar buncis di bawah ini.

1. Tumis Buncis Jagung Wortel

Tumis Buncis Jagung Wortel

Pada dasarnya olahan buncis bisa dicampur dengan berbagai sayuran lain seperti halnya campuran buncis bersama jagung dan wortel yang ditumis. Perpaduan yang sungguh menyehatkan.

Cara memasaknya sangat mudah. Buncis, jagung, dan wortel yang sudah dibersihkan kemudian dipotong, lalu ditumis bersama cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam dan lengkuas yang sudah digeprek.

Tak lupa berikan lada, garam, penyedap, dan air secukupnya untuk menambahkan rasa. Aduk dan masak hingga matang lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

2. Capcay Buncis Kuah

Capcay Buncis Kuah

Capcay adalah olahan makanan yang berisi beragam jenis sayuran, buncis salah satunya. Makanan khas Tionghoa, Cina ini menjadi pilihan menu makanan yang selalu tersedia di meja makan. Cara membuatnya juga mudah!

Siapkan bahan-bahan utama berupa wortel, kembang kol, jamur, sawi, jagung, sawi putih, brokoli, dan tentunya buncis yang sudah dipotong. Tumis di minyak panas bersama dengan bawang putih yang sudah digeprek, lada bubuk, garam, penyedap rasa, gula pasir, dan tambahkan sedikit air.

Masak hingga matang sampai semua bahan makanan layu. Lalu diamkan hingga air yang dimasukan tadi mendidih. Aduk perlahan agar semua bumbu merata. Capcay siap disajikan!

3. Oseng Buncis Bakso

Oseng Buncis Bakso

Enggak hanya bisa dipadukan dengan sayuran lain, ternyata buncis juga bisa dipadukan dengan bakso, lho! Untuk kamu yang menyukai sayuran dan bakso, perpaduan keduanya pasti akan menjadi favorit kamu.

Cara membuatnya juga mudah. Kamu hanya perlu dua bahan utama, yaitu buncis yang sudah dipotong serong dan bakso sapi atau ikan diiris tipis. Oseng keduanya bersama dengan irisan bawang merah dan putih, cabai merah, garam, gula, dan penyedap rasa.

Jangan lupa beri sedikit air. Masak hingga air berkurang dan semuanya matang lalu sajikan oseng buncis bakso di meja makan kamu.

4. Orak Arik Telur Buncis

Orak Arik Telur Buncis

Bagi anak kos, mengonsumsi olahan telur adalah hal yang biasa namun pernahkah kamu menyantap orak arik telur buncis? Cara memasaknya hampir sama seperti saat kamu memasak telur pada umumnya.

Pertama-tama, siapkan telur dan buncis. Orak arik telur hingga matang lalu sisihkan. Setelahnya, tumis irisan bawang merah dan putih, serta daun salam hingga harum. Kemudian masukan buncis dan tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, penyedap rasa, serta saus tiram.

Setelah semua sudah tercampur rata, masukan telur yang sudah disisihkan tadi. Aduk hingga rata dan jangan lupa tambahkan sedikit air. Masak hingga matang, angkat, dan sajikan.

5. Tumis Buncis Udang

Tumis Buncis Udang

Bagi kamu penggemar seafood, olahan satu ini pasti akan menjadi favorit karena selain menyehatkan, juga nikmat dan lezat. Tumis buncis udang enak disantap saat hangat dan dimakan bersama dengan nasi panas.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan utama berupa buncis dan udang. Boleh ditambahkan tempe atau tahu jika kamu mau. Bersihkan udang sebelum ditumis bersama buncis, daun salam, irisan cabai, irisan bawang merah dan putih, serta kemiri yang sudah digeprek.

Enggak lupa masukan gula, garam, penyedap rasa, kecap asin, dan sedikit air. Masak semuanya hingga rata dan udang berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Selamat makan!

6. Sayur Buncis Santan

Sayur Buncis Santan

Untuk kamu yang kurang suka olahan oseng atau tumis, tenang! Olahan buncis satu ini dibuat khusus untuk kamu pencinta kuah. Yup, sayur buncin santan kuah! Dari namanya saja sudah terdengar enak deh.

Cara buatnya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu siapkan satu bahan utama, yaitu buncis. Boleh tambahkan udang, pete, dan tahu kalau kamu mau. Sesuaikan saja dengan selera kamu ya.

Langkah pertama, haluskan bawang merah dan putih, cabai merah, kunyit, dan kemiri. Tumis pada wajan yang sudah diberikan minyak panas. Lalu masukan sereh dan lengkuas yang sudah digeprek, serta jeruk dan daun salam.

Kemudian, masukan buncis dan bahan makanan lainnya. Tuang air dan santan. Jangan lupa bubuhi garam dan gula sebagai penyedap rasa. Masak hingga matang, angkat, dan sajikan. Jangan lupa untuk dicicipi ya, agar rasanya pas!

7. Sambal Goreng Buncis Kentang

Sambal Goreng Buncis Kentang

Orang Indonesia terkenal dengan lidah pedas maksudnya lidah orang Indonesia enggak bisa dipisahkan dengan rasa pedas. Maka dari itu, terciptalah sambal. Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis sambal, salah satunya ialah sambal goreng buncis kentang.

Untuk kamu penikmat sambal, olahan satu ini pasti sudah enggak asing lagi. Rasanya yang pedas dan gurih jadi perpaduan yang lezat. Apalagi jika sambal ini dimakan bersama dengan nasi hangat. Delicious!

Cara buatnya mudah banget lho! Kamu hanya perlu menyiapkan buncis dan kentang sebagai bahan utama yang sudah dipotong dadu. Kemudian, haluskan bawang merah, cabai, dan tomat. Di sini, kamu bisa atur pedas sesuai seleramu.

Goreng kentang hingga matang, lalu tumis bersama bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum. Selanjutnya, masukan buncis dan masak hingga layu. Tak lupa tambahkan garam, gula, sedikit kecap manis dan air. Masak sampai bumbu merata dan mengering dan sambal buncis kentang pun siap disantap!

8. Buncis Goreng Crispy

Buncis Goreng Crispy

Ayam crispy adalah jenis olahan crispy yang sering kamu temui. Bagaimana dengan buncis crispy? Pernahkah kamu mencobanya? Yuk, kita coba buat!

Bahan yang perlu kamu siapkan tentunya buncis, tepung terigu, telur, bawang putih, lada, dan garam. Bersihkan buncis terlebih dahulu. Lalu sediakan telur yang sudah dikocok dan terigu di wadah yang berbeda.

Haluskan bawang putih dan lada, kemudian campurkan ke dalam wadah terigu. Jangan lupa tambahkan garam. Setelahnya, celupkan buncis ke telur, lalu masukan ke wadah tepung hingga merata, dan goreng sampai matang. Lakukan hal yang sama pada semua buncis. Angkat dan sajikan buncis crispy. Jangan lupa sediakan saus, ya!

9. Tumis Buncis Daging Giling

Tumis Buncis Daging Giling

Sama seperti tumis buncis bakso. Kali ini, buncis yang akan kamu masak bisa dipadukan bersama daging giling sebagai kreasi baru. Sajian ini bisa kamu sajikan ketika hari raya. Cara buatnya mudah, kok.

Siapkan buncis yang sudah dipotong, daging sapi giling, bawang putih, cabe rawit, kecap manis, saus tiram, garam, merica, penyedap rasa, dan tepung sagu. Tumis semuanya dan aduk hingga rata. Tak lupa tambahkan sedikit air. Masak sampai matang dan mengental. Sajikanlah selagi hangat!

10. Tumis Buncis Tahu Tempe

Tumis Buncis Tahu Tempe

Siapa tak suka tahu dan tempe? Bahan makanan khas dari Indonesia ini ternyata enak lho jika dikombinasikan dengan buncis. Jadi Indonesia, banget! Enggak cuma itu, bahan yang kamu butuhkan juga mudah banget didapat.

Cukup sediakan buncis, tahu, dan tempe sebagai bahan utama. Kemudian bumbu yang kamu perlukan adalah irisan bawang merah dan putih, cabai merah dan rawit, daun jeruk, garam, gula, merica, dan kecap manis.

Cara masaknya mudah nih. Gorenglah terlebih dahulu tahu dan tempe sampai kecokelatan, lalu sisihkan. Tumis semua bumbu dan masukan buncis, kemudian aduk sampai rata. Masukan sedikit air. Setelahnya, masukan tahu dan tempe yang sudah digoreng tadi. Masak sampai bumbu meresap. Tumis buncis tahu tempe siap dihidangkan.

Itulah sepuluh olahan berbahan dasar buncis yang bisa kamu coba di rumah. Dari sepuluh olahan yang sudah disajikan, yang mana olahan buncis favorit kamu? Tulis di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *