Bacaterus / Bahan Dapur / Yummy! Ini 10 Aneka Olahan Bakso Terpopuler di Indonesia

Yummy! Ini 10 Aneka Olahan Bakso Terpopuler di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2019

Siapa sih yang tak kenal bakso? Makanan yang berbahan dasar daging ini menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh orang-orang khususnya orang Indonesia karena memiliki rasa yang amat lezat. Bakso sendiri biasanya memiliki bentuk bulat dengan ukurannya yang bervariasi dari mulai bakso berukuran mini hingga bakso jumbo yang tengah marak beberapa tahun terakhir ini.

Bakso sendiri menjadi makanan yang dapat kita temukan dengan mudah karena hampir di seluruh daerah di Indonesia telah mengenal bakso dan menyukainya. Harga dari bakso sendiri biasanya cukup terjangkau mulai dari di bawah 10 ribu rupiah hingga puluhan ribu tergantung dengan ukuran serta topping dari bakso tersebut.

Menjadi makanan yang sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia, kini bakso mulai banyak dijumpai dengan tampilan baru yang unik dan tentunya sangat lezat. Berbagai jenis olahan berbahan dasar bakso bermunculan seiring berjalannya waktu. Mau tahu apa saja aneka olahan bakso yang paling populer di Indonesia? Bacaterus sudah merangkumnya untukmu, lho

1. Bakso Kuah

Bakso Kuah

Olahan bakso yang paling populer di Indonesia yang pertama yaitu bakso kuah. Olahan bakso yang satu ini menjadi highlight dari semua olahan bakso yang ada di Indonesia. Saking populernya, bakso kuah dapat kita temukan hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Bakso kuah sendiri memiliki banyak varian yang unik dengan kreativitas para penjualnya. Varian bakso kuah yang tengah naik daun saat ini adalah bakso beranak yang berukuran besar dan jika dibelah, maka akan mengeluarkan beberapa butir bakso mini bak orang yang tengah beranak atau melahirkan.

Tak hanya itu, variasi lain dari bakso kuah ini sudah ada sejak dahulu diantaranya adalah bakso urat dan bakso telur. Memiliki rasa yang lezat dengan kuahnya yang dibumbui beberapa jenis rempah, bakso kuah menjadi santapan yang sangat populer terlebih dihidangkan dalam kondisi panas atau hangat.

2. Bakso Goreng

Bakso Goreng

* sumber: id.tastemade.com

Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti tahu dengan olahan bakso yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan basreng atau bakso goreng. Basreng ini merupakan olahan bakso yang dimasak dengan cara yang cukup sederhana yaitu dengan menggoreng bakso hingga kering dan renyah.

Setelah digoreng, bakso diberi taburan bumbu berupa garam dan cabai bubuk sesuai selera. Basreng ini biasanya dijual di beberapa titik yang ramai seperti sekolah karena harganya yang relatif murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Basreng memiliki tekstur renyah di bagian luar sementara untuk bagian dalamnya biasanya masih memiliki tekstur kenyal yang khas. Basreng lebih nikmat jika disajikan dalam kondisi hangat karena biasanya lebih renyah dan gurih.

3. Bakso Mercon

Bakso Mercon

* sumber: www.jajanbeken.com

Bagi kamu para pencinta makanan pedas, ada nih olahan bakso yang terkenal dengan rasa pedasnya yang “nampol”. Bernama bakso mercon, bakso yang satu ini sepintas terlihat biasa saja jika dilihat dari bagian luarnya. Tapi ketika dibuka, maka kamu akan dibuat “melongo” karena isian baksonya yang dipenuhi cabai.

Ya, bakso mercon ini memiliki isian daging dengan cabai rawit yang cukup banyak sehingga akan membuatmu puas akan kepedasannya. Bakso mercon ini sengaja dibuat untuk memenuhi hasrat para pencinta makanan pedas.

Benar saja, bakso yang memiliki rasa pedas yang sangat lezat ini menjadi salah satu olahan bakso terfavorit dan tengah naik daun beberapa tahun terakhir ini. Karena rasanya yang pedas dan berpotensi membuat lambungmu panas berkat cabai rawitnya, maka tidak disarankan untuk memakannya secara berlebihan, ya!

4. Seblak Bakso

Seblak Bakso

* sumber: asliyatulngarofah.blogspot.com

Seblak merupakan makanan yang juga dikategorikan sebagai makanan yang tengah menjadi sorotan karena rasa dan tampilannya yang menggugah selera. Makanan khas Jawa Barat ini menjadi salah satu makanan yang identik dengan rasa pedas dan gurihnya yang khas serta wangi kencur yang sedap.

Tak hanya di Jawa Barat, seblak saat ini sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dan menghadirkan beberapa varian baru termasuk seblak bakso yang tentunya berbahan dasar bakso.

Bakso diolah menjadi makanan lezat dan pedas dengan beberapa bumbu khusus sehingga menjadi seblak bakso yang memiliki cita rasa nikmat dan menggugah selera jika dipandang.

Dari banyaknya variasi seblak, seblak bakso ini menjadi salah satu varian paling populer karena lebih lezat dengan aroma bakso yang khas juga tekstur kenyalnya yang nikmat di lidah.

5. Sup Bakso

Sup Bakso

* sumber: www.chowhound.com

Selain dapat diolah menjadi makanan super pedas, bakso juga banyak dijadikan olahan makanan berkuah dan menyehatkan seperti sup. Sudah bukan rahasia lagi, bakso menjadi bahan dasar dari sup yang dibuat dengan campuran beberapa sayur seperti kol dan wortel.

Sup bakso menjadi olahan makanan yang cocok disajikan dengan nasi dan menjadi menu makan siang untuk keluarga karena rasanya yang lezat dan aromanya yang nikmat. Bakso yang digunakan untuk membuat sup ini biasanya bakso yang memiliki ukuran mini atau yang sering disebut bakso kerikil.

6. Siomay Bakso

Siomay Bakso

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=7-MTbigQWJ8

Siapa nih di antara kalian yang suka makan siomay? Kali in ada terobosan baru dari siomay yang mana siomay yang satu ini berbahan dasar bakso. Kamu bisa memilih aneka bakso seperti bakso sapi atau bakso ayam.

Cara membuatnya yang sederhana namun memiliki rasa yang lezat menjadikan siomay bakso ini banyak diminati orang-orang. Biasanya siomay bakso ini dipadukan dengan bahan lain seperti kentang, telur, dan buah pare lalu disiram dengan saus kacang yang lezat.

Siomay bakso ini menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia karena rasa manis dan gurihnya yang menggoda.

7. Keripik Bakso

Keripik Bakso

* sumber: umkm.online

Bagi kamu yang hobi ngemil, keripik bukan lagi suatu hal baru untuk dijadikan cemilan. Jika keripik singkong atau ubi terlalu mainstream untuk dijadikan cemilan, maka keripik yang satu ini bisa jadi alternatif lain jika kamu merasa bosan dengan keripik yang terbuat dari umbi-umbian.

Yap, apa lagi kalau bukan keripik bakso yang tak kalah lezat dibandingkan dengan keripik lain. Keripik bakso biasanya memiliki rasa serta aroma daging yang sedap dengan teksturnya yang renyah.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadi alasan utama mengapa orang-orang memilih keripik bakso dibandingkan keripik lainnya untuk dijadikan cemilan.

8. Bakso Bakar

Bakso Bakar

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=eZ6ySmY_kuU

Selain bakso goreng, bakso bakar juga tak kalah populer menjadi makanan yang paling diminati masyarakat Indonesia dari muda hingga tua. Seperti namanya, bakso bakar ini diolah dengan cara dibakar dengan tambahan bumbu khusus supaya rasanya semakin lezat.

Ketika matang, biasanya bakso bakar diberi beberapa olesan saus dan mayones sesuai selera. Bakso bakar biasanya diperjualbelikan di kios-kios atau warung tertentu yang juga menjual olahan makanan lainnya seperti sosis bakar dan suki bakar.

9. Capcay Bakso

Capcay Bakso

* sumber: thegorbalsla.com

Makan sayur memang penting bagi kesehatan agar kebutuhan gizi pada diri kita terpenuhi. Akan tetapi, bosan rasanya jika sayur yang dikonsumsi hanya itu-itu saja tanpa ada variasi baru. Tapi jangan khawatir, karena bakso juga dapat dijadikan menu makan sehat seperti capcay, lho!

Ya, capcay bakso namanya. Capcay bakso ini menjadi makanan yang cukup populer diperjualbelikan di beberapa rumah makan di Indonesia berkat rasanya yang lezat dan menyehatkan.

Olahan bakso yang satu ini bisa kamu buat sendiri di rumah agar lebih higienis dan merupakan olahan bakso yang cocok disantap bersama nasi. Cara membuatnya cukup mudah dengan tambahan bahan-bahan lain yang mudah ditemukan seperti wortel, jagung, dan jamur.

10. Bakso Penyet

Bakso Penyet

* sumber: phinemo.com

Tak asing lagi rasanya mendengar kata “ayam penyet” yang merupakan jenis makanan khas Indonesia khususnya Jawa Timur. Tak kalah populer dari ayam penyet, bakso penyet juga turut naik daun dalam kategori makanan pedas.

Bakso penyet dibuat dengan cara menggoreng beberapa buah bakso hingga matang lalu mencampurkannya pada sambal pedas yang khas. Bakso penyet ini memiliki rasa lezat dimana rasa gurih dari bakso dipadukan dengan sambal yang memiliki rasa pedas. Bakso penyet juga merupakan olahan bakso yang cocok dijadikan lauk nasi terlebih disantap dalam kondisi hangat.

Itu dia aneka olahan bakso yang tengah populer di Indonesia berkat rasa dan kreativitas penyajiannya. Aneka olahan bakso tersebut dapat kamu temukan di banyak tempat di seluruh Indonesia karena telah menjadi makanan yang cukup terkenal dan banyak disukai oleh para pencinta kuliner di seluruh daerah di Indonesia.

Selain bisa kamu beli di beberapa tempat terdekat, aneka olahan bakso tersebut sangat mudah dibuat sehingga kamu bisa membuat aneka olahan baksomu secara handmade oleh dirimu sendiri sesuai selera. Kira-kira olahan bakso yang mana sih yang menjadi olahan terfavoritmu?

Semoga informasi mengenai aneka olahan bakso sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kamu para pencinta bakso dan pemburu kuliner agar tak ketinggalan makan makanan yang tengah populer berbahan dasar bakso ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar