Bacaterus / Daging Ayam / Lezat! Ini Dia 10 Olahan Ayam Terpopuler di Indonesia

Lezat! Ini Dia 10 Olahan Ayam Terpopuler di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Olahan ayam adalah salah satu makanan terfavorit di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya kedai, kafe, dan restoran yang menyajikan menu satu ini. Menu olahan ayam sendiri memiliki sejumlah varian yang masing-masing memiliki cita rasa yang lezat.

Ada sejumlah menu olahan ayam di Indonesia yang tergolong populer. Sepuluh di antaranya akan Bacaterus tampilkan di sini. Kalau kamu mau tahu, langsung saja simak kesepuluh olahan ayam terpopuler itu di bawah ini.

1. Ayam Goreng

* sumber: lintasusaha.com

Semua orang pasti tahu olahan ayam terpopuler satu ini. Olahan ayam ini tergolong sederhana dalam cara mengolahnya. Pada olahan ini, ayam bakal dicampur dulu dengan bumbu khusus, baru kemudian digoreng di dalam minyak yang panas.

Bumbu yang dipakai olahan ini lumayan beragam, tergantung varian ayam goreng itu sendiri. Pada ayam goreng tradisional misalnya. Varian ayam goreng ini biasanya bakal memakai bumbu kuning yang bahan dasarnya adalah kunyit dan campuran sejumlah bumbu dapur.

2. Ayam Bakar

* sumber: www.masakapahariini.com

Berbeda dengan ayam goreng, olahan ayam satu ini tidak dimasak di dalam minyak goreng panas. Pada olahan ini, ayam bakal dibakar di atas arang yang berapi. Namun, sebelum dibakar, ayam bakal terlebih diberi bumbu khusus.

Bumbu yang dipakai ayam bakar pada umumnya adalah kecap manis. Namun, seiring bertambahnya varian ayam bakar, bumbu yang dipakai pun juga variatif. Kini, ayam bakar bisa dibumbui dengan perpaduan kecap dengan madu, atau bahkan dengan bumbu rujak.

3. Pepes Ayam

* sumber: review.bukalapak.com

Pepes ayam merupakan olahan ayam khas Jawa Barat. Walau begitu, olahan ini juga terkadang bisa dijumpai di daerah-daerah lainnya. Adapun cara membuat olahan ini adalah dengan membalurkan daging ayam dengan sejumlah bumbu khusus pepes.

Bumbu pepes yang dipakai lazimnya berbahan dasar rempah-rempah, kemangi, tomat, dan cabai. Ayam yang sudah dibaluri bumbu lalu dibungkus dengan daun pisang dan kedua bagian ujung daun pisangnya disemat oleh dua bambu kecil.

Barulah setelahnya dibakar di atas bara api hingga mengering. Di beberapa tempat, pepes ayam tidak diolah dengan cara dibakar. Tetapi, dikukus di dalam panci hingga matang.

4. Opor Ayam

* sumber: harusjeli.com

Kalau olahan ayam satu ini pasti sering kamu jumpai, terutama di Hari Raya Idul Fitri. Berbeda dengan olahan-olahan ayam sebelumnya, olahan ayam satu ini memiliki kuah yang terbuat dari santan, serai, kencur, dan bumbu-bumbu lainnya.

Opor ayam memiliki tampilan warna yang kuning sedikit pucat, sehingga terkesan tidak menarik untuk disantap. Walau begitu, cita rasa olahan ini tentu jangan kamu pertanyakan. Pada Hari Raya Idul Fitri, olahan ayam ini bakal disantap bersama dengan ketupat dan sambal goreng hati.

5. Ayam Geprek

* sumber: ceritamedan.com

Ayam geprek adalah olahan ayam yang saat ini tengah ngehits di masyarakat. Olahan ini sendiri merupakan varian ayam goreng yang tidak diolah sebagaimana ayam goreng umumnya. Pada olahan ini, ayam bakal dibaluri dengan tepung dan digoreng hingga bagian tepungnya krispi.

Setelah krispi, ayam bakal digeprek dan diulek dengan sejumlah bahan sambal. Seperti: cabai, bawang, dan garam. Barulah setelah itu disajikan di atas piring bersama nasi putih hangat. Di beberapa tempat makan, olahan ayam ini lazim disajikan bersama sejumlah sayur lalapan.

Saat ini, ayam geprek memiliki sejumlah varian. Salah satunya yang cukup unik adalah ayam geprek dengan baluran keju mozzarella.

6. Ayam Penyet

* sumber: ayampresident.com

Olahan ayam satu ini sering disamakan dengan ayam geprek. Padahal, ayam penyet punya sejumlah perbedaan dengan ayam geprek. Pada ayam penyet, ayam selaku bahan dasar bakal diberi bumbu kuning dahulu, lalu digoreng dalam waktu yang agak lama.

Setelah selesai, ayam bakal dipenyet dengan ulekan hingga bentuknya agak gepeng. Barulah kemudian diberi sambal di bagian atasnya. Sambal pada ayam penyet sendiri tergolong bervariasi. Kamu bisa memakai sambal biasa, sambal bawang, hingga sambal terasi ke atas menu olahan ayam ini.

7. Ayam Panggang

* sumber: makanantips.blogspot.com

Sama seperti ayam penyet, olahan ayam satu ini juga sering disamakan dengan olahan ayam lainnya. Adapun olahan ayam lainnya itu adalah ayam bakar. Dalam ayam panggang, terdapat proses memasak yang membedakannya dengan ayam bakar.

Pada ayam panggang, ayam tidak selalu menggunakan arang yang dibakar. Bisa saja olahan ini dimasak di atas teflon yang diberi api panas di bawahnya, dan mentega di atas permukaannya. Jadi, si ayam tidak langsung terkena api laiknya ayam bakar.

8. Ayam Rica-Rica

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Kalau kamu ke Manado, kamu bakal menemukan satu menu olahan ayam yang menarik. Menu tersebut adalah ayam rica-rica. Sederhananya, ayam rica-rica merupakan olahan ayam yang diberi bumbu rica-rica.

Bumbu rica-rica sendiri merupakan bumbu pedas khas Manado. Cara mengolah ayam rica-rica sendiri lumayan beragam, tergantung tempat makan atau orang yang mengolahnya. Di Manado, ayam rica-rica lazim disantap bersama nasi, mentimun, dan bawang goreng.

9. Ayam Goreng Tepung

* sumber: www.today.com

Selain ayam penyet dan geprek, ayam goreng masih memiliki satu variannya yang cukup populer. Ayam goreng tepung adalah varian tersebut. Sederhananya, ayam goreng tepung merupakan ayam yang dibaluri dengan tepung terigu, lalu digoreng hingga terigunya garing dan bertekstur krispi saat digigit.

Di Indonesia, ayam goeng tepung bisa ditemui di mana saja. Mulai dari restoran hingga pedagang kaki lima, kamu bisa dengan mudah menemukannya. Salah satu tempat terpopuler yang menyajikan ayam goreng tepung adalah Kentucky Fried Chicken (KFC) yang berasal dari Amerika Serikat.

Saking populernya, tempat makan tersebut kini memiliki banyak cabang di Indonesia. Bahkan, sampai membuat orang Indonesia menganggap ayam goreng tepung berasal dari Amerika Serikat. Padahal, olahan ayam ini justru berasal dari tanah Skotlandia.

Orang-orang Skotlandia adalah pihak pertama yang mengolah daging ayam dengan cara digoreng. Orang-orang ini kelak akan berpindah ke Amerika Serikat dan memperkenalkan resep ayam goreng mereka. Seiring waktu, ayam goreng Skotlandia pun berkembang menjadi ayam goreng tepung yang kita kenal sekarang.

10. Ayam Teriyaki

* sumber: www.delish.com

Dari namanya saja kamu pasti tahu, olahan ayam ini tidaklah berasal dari Indonesia, melainkan Jepang. Kendati begitu, olahan ini cukup populer di negara kita. Ayam pada olahan ini dibuat dengan cara dipanggang atau dipanaskan, sambil dibaluri dengan saus Teriyaki.

Di Jepang, saus Teriyaki yang dipakai biasanya berbahan dasar sake yang dicampur dengan kecap, gula merah dan madu. Namun, di beberapa negara dengan mayoritas umat Muslim seperti Indonesia, sake tidak akan dipakai sebagai bahan campuran saus Teriyaki.

Demikianlah sepuluh olahan ayam tepopuler di Indonesia. Di antara semua olahan tersebut, mana yang paling kamu sukai? Atau, mana yang belum pernah kamu coba, dan ingin kamu coba suatu saat nanti? Yuk, ceritakan ke kami di kolom komentar! Jangan lupa untuk turut membaca artikel cara menyimpan daging ayam di kulkas ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *