Bacaterus / Daging / 10 Masakan Daging Sapi khas Indonesia yang Menggugah Selera

10 Masakan Daging Sapi khas Indonesia yang Menggugah Selera

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di Indonesia ternyata ada beragam menu masakan daging sapi yang siap memanjakan lidah. Daging sapi merupakan daging halal yang paling umum disantap oleh semua orang. Bahkan, daging sapi sendiri juga sering diolah menjadi makanan siap saji, seperti sosis, ham, dan kornet.

Jika Anda sedang mencari ide untuk mengolah daging sapi di rumah, Bacaterus memiliki 10 aneka masakan daging sapi yang paling menggugah selera. Sajian daging sapi ini cocok dinikmati di segala suasana, baik saat hari raya atau sekedar untuk makan malam harian bersama keluarga di rumah.

10 Aneka Masakan Daging Sapi yang Menggugah Selera

1. Rendang

Rendang Aneka Masakan Daging Sapi

Di posisi nomor satu daftar aneka masakan daging sapi yang paling favorit, Bacaterus memiliki rendang. Ya, hidangan yang terkenal dari Padang, Sumatera Barat, ini memang sangat terkenal di seantero Indonesia. Bahkan, menurut survey dari salah satu stasiun TV internasional, rendang masuk dalam daftar makanan paling lezat di dunia.

Rendang bisa saja menggunakan daging bebek, telur, atau jengkol. Namun, yang paling umum adalah rendang dari daging sapi. Rendang bisa dinikmati dengan nasi putih atau Anda ingin sekalian membuat tambahan sayur-sayuran khas Rumah Makan Padang.

2. Sop buntut

Sop buntut

Nah, yang satu ini juga merupakan menu hidangan daging sapi yang sangat terkenal, lho. Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahwa bagian tubuh yang digunakan untuk memasak adalah buntut sapi. Buat Anda yang belum pernah mencoba sop buntut, buntut sapi juga memiliki banyak daging.

Hanya saja daging di bagian buntut bercampur dengan lemak. Untuk mengolah sop buntut, bahan-bahannya cukup sederhana. Sop ini bening dan bisa ditambahkan dengan potongan wortel di dalamnya. Jangan lupa untuk turut membuat sambal rawit agar sop buntut Anda semakin lezat.

3. Rawon

Rawon

Masyarakat yang berasal dari Jawa Timur pasti sudah sangat familiar dengan makanan yang bernama Rawon. Ya, makanan yang satu ini memang sangat mudah dijumpai di kota-kota yang berada di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan sekitarnya.

Rawon memang dikenal menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Untuk menghasilkan kuah yang berwarna hitam, Anda harus menggunakan kluwek. Setelah selesai dimasak, rawon disajikan dengan tauge, sambal terasi, dan telur asin. Sajikan juga sepiring nasi putih untuk menikmati rawon daging sapi ini. Di beberapa rumah makan, rawon juga bisa disajikan dengan tempe goreng dan perkedel kentang.

4. Dendeng balado

Dendeng balado

Seperti yang sudah Bacaterus sampaikan sebelumnya, ada begitu banyak aneka masakan daging sapi yang terkenal di nusantara. Salah satu hidangan yang cukup favorit adalah dendeng balado. Untuk membuat makanan ini, Anda harus menggunakan daging sapi yang tidak berlemak.

Pertama, daging sapi yang sudah diiris tipis harus digoreng terlebih dahulu. Selanjutnya, daging yang sudah digoreng ini akan ditumis bersama dengan potongan cabai merah besar dan bumbu lainnya. Dendeng balado bisa dimakan sebagai cemilan atau dimakan sebagai lauk dengan nasi putih.

5. Aneka soto

Aneka soto

Soto bisa Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia, ada Soto Betawi, Soto Madura, Soto Padang, sampai dengan Soto Lamongan. Nah, beberapa jenis soto menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sebut saja Soto Madura, Soto Mie, Soto Betawi, dan Soto Padang yang menggunakan daging sapi sebagai lauknya.

Anda bisa memilih salah satu jenis soto yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Tentu saja meskipun namanya sama-sama soto, tetapi soto di setiap daerah ini memiliki citarasa yang berbeda. Yuk, mulai hunting resep soto favorit Anda agar daging sapi yang sudah tersedia bisa segera dimasak.

6. Krengsengan

resep krengsengan daging sapi

Krengsengan adalah makanan yang bisa dijumpai di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada umumnya, krengsengan ini bisa terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Anda tinggal memilih jenis daging sesuai dengan selera. Daging nantinya akan dipotong tipis-tipis, lalu ditumis bersama dengan bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, pala, dan kecap manis.

Krengsengan adalah makanan yang tidak berkuah. Kalau Anda ingin menambahkan sedikit kuah, maka usahakan kuahnya tidak terlalu banyak agar citarasanya masih tetap terjaga. Jika ingin variasi lain, Anda juga bisa menambahkan jeroan di dalam krengsengan yang Anda masak.

7. Empal goreng

Empal goreng

Mudah dan cepat, itulah dua kata yang dapat mendeskripsikan cara mengolah makanan dari daging sapi berikut ini. Siapa sih yang tidak kenal dengan empal goreng? Di antara beberapa aneka masakan daging sapi yang sudah kami bahas satu persatu, empal goreng adalah menu makanan yang paling mudah.

Cara membuat empal cukup mudah karena Anda hanya perlu merebus daging tanpa lemak sampai dengan empuk. Kemudian, daging tersebut dilumuri dengan bumbu halus dari rempah-rempah pilihan. Setelah bumbu meresap ke dalam daging, goreng daging tersebut sampai berwarna coklat atau sudah terlihat agak kering. Empal goreng bisa langsung disantap bersama sambal dan nasi putih.

8. Aneka sate

Sate Padang

Setelah menjajal berbagai soto khas nusantara yang terbuat dari daging sapi, kini tiba saatnya bagi Anda untuk mencoba resep aneka sate yang bahan utamanya adalah daging sapi. Sate Padang dan Sate Kelapa khas Madura merupakan dua jenis sate yang menggunakan daging sapi.

Keduanya sama-sama disajikan dengan bumbu kacang, tapi cita rasanya sangat berbeda. Ada juga sate daging sapi yang tidak dibakar, melainkan hanya ditumis dengan bumbu-bumbu khusus, lalu disajikan tanpa perlu ditusuk seperti sate pada umumnya.

9. Tengkleng sapi

Tengkleng sapi

Siapa bilang bagian iga sapi hanya bisa digoreng dan dibakar saja? Iga sapi bisa diolah menjadi hidangan khas Solo yang bernama Tengkleng. Iga sapi akan direbus sampai empuk, lalu dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu.

Hasilnya, tengkleng sapi ini disajikan dengan kuah yang berwarna kuning. Usahakan untuk memasak tengkleng dalam waktu yang cukup lama agar bumbunya bisa meresap hingga ke dalam daging.

10. Sop konro

Sop konro

Anda pasti tidak bisa menolak kelezatan makanan dari Makassar yang satu ini. Ya, sop konro merupakan makanan yang sangat lezat yang berasal dari suku Bugis di Makassar. Bagian daging sapi yang dipakai untuk memasak sop konro adalah iga.

Sementara itu, kuahnya sendiri berwarna kecoklatan. Sop konro disajikan dengan ketupat, tapi jika tidak ingin menyantap ketupat sop ini masih cocok disantap dengan nasi putih. Hidangan yang satu ini memiliki citarasa rempah yang sangat kuat.

Sudahkah Anda memilih salah satu aneka masakan daging sapi yang sesuai dengan selera? Tidak perlu repot mencari inspirasi hidangan daging sapi dari luar negeri, lho. Pasalnya, di Indonesia sendiri sudah banyak aneka makanan yang terbuat dari daging sapi dan jadi idola bagi semua orang. Jika Anda ingin menambahkan ide masakan daging sapi lainnya, silakan tulis ide Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Oh iya, bagi Anda yang doyan makan daging kambing, kami juga punya beberapa rekomendasi olahan daging kambing yang populer di Indonesia. Apa saja itu? Simak selengkapnya di 10 Masakan Daging Kambing ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *