Bacaterus / Daging / 10 Masakan Daging Kambing Paling Favorit di Indonesia

10 Masakan Daging Kambing Paling Favorit di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin memasak daging kambing, tapi belum tahu hendak memasak apa? Sejatinya, Anda bisa mengolah daging kambing untuk menjadi hidangan khas nusantara. Pasalnya, ada sejumlah makanan khas Indonesia yang bahan utamanya adalah daging kambing. Jadi, Anda tidak perlu bingung untuk menemukan inspirasi untuk mengolah menu hidangan daging kambing yang lezat.

Tak perlu menunggu lama lagi, Bacaterus akan membagikan ulasan mengenai 10 aneka masakan daging kambing paling favorit se-nusantara! Anda hanya perlu memilih hidangan yang cocok dengan selera Anda dan keluarga.

10 Aneka Masakan Daging Kambing Paling Favorit

1. Sate kambing

Sate kambing Aneka Masakan Daging Kambing

Di antara begitu banyak aneka masakan daging kambing, sate kambing adalah masakan khas nusantara yang paling favorit. Hidangan ini sebenarnya berasal dari Madura, tetapi saat ini sate kambing sudah bisa ditemukan di hampir semua daerah di Indonesia.

Resep untuk membuat sate kambing yang nikmat terletak pada pemilihan dagingnya. Bila Anda menggunakan daging kambing muda, maka tekstur dagingnya terasa sangat empuk. Tingkat kematangan bisa disesuaikan dengan selera. Sebagai bahan pelengkap, buatlah bumbu kacang untuk menyantap sate kambing buatan Anda ini dan tambahkan sambal maupun jeruk nipis agar lebih sedap.

2. Nasi goreng kambing

nasi goreng kambing solo

Menu yang satu ini juga sudah sangat familiar di Indonesia. Bahkan, nasi goreng kambing sudah banyak dijual di beberapa kota di Indonesia. Kelezatan nasi goreng kambing ini memang sudah melegenda. Daging kambing dipotong kecil-kecil lalu dimasak bersama dengan nasi putih dan rempah-rempah lainnya.

Untuk memasak nasi goreng kambing, Anda bebas menggunakan bagian daging kambing mana pun. Hanya saja, Anda harus tetap memotong daging itu kecil-kecil agar tekstur daging menjadi lebih empuk. Bahan pelengkap nasi goreng kambing ini adalah taburan bawang goreng dan emping.

3. Sop kambing

resep sop kambing bening

 

Malas mengolah daging kambing dengan cara yang ribet? Bagaimana jika kali ini Anda membuat sop kambing saja. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup sederhana, seperti ketika Anda ingin membuat sop ayam. Bagian daging yang paling cocok dibuat sop adalah paha dan iga.

Tambahkan berbagai bahan tambahan lain, seperti wortel, tomat, dan bawang bombay ke dalam sop kambing yang sedang dimasak. Selain itu, penggunaan daun salam saat memasak sop kambing ini juga sangat penting untuk menetralisir aroma daging kambing yang cukup menyengat. Setelah matang, sajikan sop kambing ini bersama dengan nasi putih hangat.

4. Gulai kambing

Gulai kambing

Yang satu ini adalah aneka masakan daging kambing favorit bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Daging kambing yang empuk akan diolah bersama dengan santan dan rempah-rempah lainnya sehingga menjadi sangat lezat dan aromanya juga harum.

Sebelum memasak, Anda perlu mengetahui bahwa ada 2 jenis gulai kambing, yakni Gulai Madura atau Gulai Timur Tengah. Keduanya sama-sama menggunakan santan, hanya saja ada beberapa bumbu lainnya yang berbeda. Gulai kambing sangat nikmat jika disantap dengan kecap manis pedas, bawang goreng, dan emping.

5. Tongseng kambing

Tongseng kambing

Tongseng kambing merupakan hidangan khas Solo yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Sekilas tampilan tongseng kambing ini memang nampak serupa dengan gulai. Akan tetapi, dapat kami pastikan bahwa kedua hidangan ini memiliki citarasa yang berbeda. Kuah tongseng kambing lebih sedikit dan kental dibanding gulai.

Sedikit tips sebelum Anda memasak tongseng kambing, pilihlah daging kambing muda yang rasanya lebih empuk. Selain itu, Anda pun dapat melumuri daging dengan parutan nanas untuk menghilangkan bau menyengat pada daging kambing sekaligus membuat tekstur daging jadi lebih empuk. Sajikan hidangan tongseng kambing ini pada saat Idul Adha, Idul Fitri, maupun acara-acara spesial lainnya.

6. Kurma Aceh

Kurma Aceh

Selanjutnya, ada hidangan daging kambing yang berasal dari Aceh, yakni Kurma Aceh. Apakah makanan ini menggunakan buah kurma sebagai bahan utamanya? Tidak. Kurma Aceh justru menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya.

Daging kambing yang dipakai pun adalah daging kambing yang masih ada tulangnya. Kemudian, daging kambing tersebut dimasak dengan campuran adas, kunyit, jahe, ketumbar, kayu manis, dan rempah-rempah lainnya untuk menghilangkan bau kambing yang sangat menyengat. Rasa Kurma Aceh ini cukup gurih ditambah dengan rasa pedas yang pastinya bikin ketagihan.

7. Petis kambing

Petis kambing

Dari Aceh kita melipir sejenak ke Jawa Tengah, kali ini ada hidangan khas Pati yang terbuat dari daging kambing, yakni Petis Kambing. Meskipun namanya adalah petis kambing, tapi makanan ini sama sekali tidak menggunakan petis udang sebagai bahan memasaknya.

Petis kambing memiliki kuah yang berwarna kehitaman karena menggunakan kecap manis sebagai bumbunya. Bila dilihat sekilas petis kambing memang serupa dengan gulai kambing. Hanya saja, makanan yang satu ini menggunakan tambahan tepung beras, sedangkan gulai kambing tidak ditambahkan tepung beras. Untuk membuat rasa dan aroma petis kambing ini jadi lebih sedap jangan lupa untuk menambahkan daun jeruk.

8. Kagape kambing

Kagape kambing

Berbicara mengenai aneka masakan daging kambing yang terkenal di nusantara, Anda juga tidak boleh melewatkan hidangan dari Jepara yang satu ini. Adalah Kagape kambing yang merupakan makanan familiar di Jepara pada saat Idul Adha.

Ada yang mengatakan bahwa kagape ini mirip dengan soto atau kari, tapi rasanya berbeda karena hidangan ini menggunakan air asam jawa dan santan kental. Kagape juga termasuk salah satu hidangan yang kaya rempah-rempah sehingga citarasanya begitu sedap. Penggunaan daging kambing ini membuat makanan khas Jepara ini jadi semakin lezat.

9. Nasi kebuli

resep nasi kebuli kambing arab

Pecinta makanan yang terbuat dari daging kambing pasti sudah akrab dengan yang namanya nasi kebuli. Walaupun makanan yang satu ini merupakan hidangan khas Arab, tapi nasi kebuli menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Bahkan, banyak juga rumah makan Indonesia yang menyajikan menu ini.

Yang membuat citarasa nasi kebuli ini unik adalah nasi putih dimasak dengan kaldu kambing, susu kambing, dan minyak samin. Setelah itu, nasi kebuli disajikan dengan potongan daging kambing goreng yang ditaburi dengan kurma. Wah, jadi lapar ya?

10. Kambing bakar

Kambing bakar

Mau menghidangkan makanan olahan daging kambing yang berbeda dari biasanya? Cobalah untuk membuat kambing bakar. Pada umumnya, bagian yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah iga. Namun, Anda juga diperkenankan untuk menggunakan bagian daging lainnya sesuai selera.

Membuat kambing bakar ini sebenarnya cukup muda karena bumbunya sendiri hanyalah kecap manis dan mentega. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain seperti lada, jeruk nipis, dan rempah-rempah lainnya.

Namun, ada satu kendala yang sering dialami oleh orang ketika masak daging, yakni alot alias keras. Nah, agar Anda tidak mengalami hal tersebut, Bacaterus punya solusinya di artikel Cara Melembutkan Daging agar empuk saat dimasak.

Nah, itulah inspirasi aneka masakan daging kambing yang harus Anda coba! Carilah resepnya segera dan buat hidangan olahan daging kambing yang lezat. Untuk menikmati makanan olahan daging kambing kita bisa memasaknya sendiri, lho. Selain lebih ekonomis, kita juga lebih puas bila menyantap masakan sendiri karena porsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *