Bacaterus / Singkong / 10 Makanan Ringan Dari Singkong Yang Sangat Lezat

10 Makanan Ringan Dari Singkong Yang Sangat Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Singkong merupakan salah satu bahan makanan paling populer di Indonesia. Meskipun masih jarang yang menjadikannya sebagai makanan pokok seperti nasi, namun banyak yang mengolah singkong ini menjadi makanan ringan yang sangat lezat.

Singkong juga merupakan makanan yang kaya karbohidrat sehingga dapat memberikan efek kenyang dengan cepat pada perut. Dengan begitu, cemilan dari bahan singkok dapat menjadi pengganjal perut yang pas di saat lapar.

Makanan ringan dari singkong sangat mudah ditemui di berbagai tempat. Berbagai makanan ringan tersebut biasanya juga dijual dengan harga yang cukup murah. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas daftar makanan ringan yang dibuat dari bahan dasar singkong.

10 Makanan Ringan Dari Singkong Yang Sangat Lezat

1. Singkong Rebus

cara membuat singkong keju

Cara mengolah singkong yang paling mudah adalah dengan merebus atau mengukusnya. Cukup ambil beberapa batang singkong, kupas, potong kecil-kecil, lalu rebus hingga matang. Olahan singkong rebus ini sangat cocok untuk menemani kita di waktu santai.

Jika ingin mencoba variasi rasa yang lain, Anda bisa mencoba mengkombinasikannya dengan keju, coklat, atau bahan lainnya sesuai dengan selera. Jika ingin mencoba nikmat dan gurihnya singkong kukus keju, silahkan simak cara pembuatannya di sini.

2. Getuk

makanan ringan dari singkong getuk

Getuk merupakan salah satu makanan yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk dibuat dengan cara merebus singkong kemudian menumbuknya hingga halus. Setelah itu, singkong yang sudah halus diberi campuran gula jawa dan pewarna makanan. Getuk biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

3. Singkong Crispy

singkong crispy

Makanan yang selanjutnya ini sudah termasuk dalam olahan singkong versi modern. Singkong crispy ini tampaknya terinspirasi dari salah satu berbagai jajanan crispy lain yang banyak dijual di pedagang kaki lima seperti kentang crispy, jamur cripsy, dan lainnya. Untuk rasanya sendiri singkong crispy ini sangat lezat, terlebih dengan efek kriuk ketika memakannya.

4. Keripik Singkong

keripik singkong

Nah, kalau makanan ringan dari singkong yang satu ini rasanya sudah menjamur di mana-mana. Jika dulu keripik singkong hanya terdiri dari satu rasa saja, kini keripik yang sangat renyah ini sudah tersedia dengan berbagai macam varian rasa.

Salah satu yang paling populer adalah keripik pedas. Makanan ini sempat booming di Bandung beberapa waktu yang lalu berkat sebuah produk lokal dengan merek “emak-emak”. Karena orang Indonesia yang suka latah, maka setelah itu bermunculanlah berbagai merek lainnya, mulai dari “emak”, “engkong”, hingga “buyut” dan lainnya.

Keripik pedas tersebut biasanya terdiri dari berbagai macam level atau tingkat kepedasan. Bahkan dalam beberapa level tampaknya lebih banyak bumbu cabenya dibanding keripiknya. Selain rasa pedas, keripik singkong juga saat ini terdapat dalam rasa balado, keju, dan lainnya.

5. Singkong Goreng

singkong goreng

Selain direbus, singkong juga dapat dinikmati kelezatannya dengan cara digoreng. Singkong goreng ini sangat mudah sekali ditemui di pinggir jalan. Biasanya, singkong goreng ini juga dijual bersamaan dengan aneka gorengan yang lainnya. Rasa gurih beserta teksturnya yang renyah membuat singkong goreng ini sangat pas dinikmati dalam berbagai suasana.

6. Singkong Bakar

Tidak hanya jagung atau ubi saja yang nikmat jika dibakar, karena singkong juga sangat menggugah selera ketika diolah dengan cara dibakar. Ketika matang, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dicampurkan dengan bumbu lain. Sewaktu kecil penulis sendiri paling suka memakan singkong bakar yang dicocol dengan gula pasir. Ada yang sudah coba?

7. Tape

peuyeum

Tape merupakan sebuah makanan yang diolah dari singkong yang difermentasi. Makanan ini cukup banyak tersebar di indonesia dengan berbagai macam jenis dan nama, namun yang paling terkenal ada tape dari Bandung. Di Bandung sendiri tape singkong dikenal dengan nama “peuyeum”.

Cara membuat tape sendiri sangatlah mudah karena kita hanya tinggal mengupas singkong, kemudian mencuci, dan memendamnya setelah dibaluri dengan ragi tape. Proses pemendaman ini dalam bahasa Sunda terkenal dengan istilah “dipeyeum” sehingga tape singkong ini akhirnya dinamai sebagai “peuyeum”.

Meskipun tidak diberi gula atau pemanis, namun tape bisa menjadi manis karena proses fermentasi yang mengurai zat gula di dalamnya. Tape ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi makanan lainnya seperti colenak.

8. Donat Singkong

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut

Donat singkong juga merupakan salah satu makanan yang cukup modern. Jika biasanya donat dibuat dari tepung terigu, maka kini bisa juga dibuat dari bahan kentang, ubi, hingga singkong. Rasa donat singkong ini juga tidak jauh berbeda dengan donat biasa dan cukup mengenyangkan untuk mengisi perut kosong.

9. Comro

makanan khas Bandung comro

Comro merupakan salah satu makanan khas Bandung yang cukup populer. Penamaannya sendiri merupakan singkatan dari bahasa Sunda yakni “oncom dijero” yang berarti “oncom di dalam”. Ya, comro memang dibuat dari singkong yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan sambel oncom. Comro ini sangat nikmat dimakan setelah digoreng atau selagi dalam keadaan hangat.

10. Misro

misro

Makanan ringan yang selanjutnya ini merupakan saudara kembar dari comro. Jika comro diisi dengan oncom, maka misro ini diisi dengan gula jawa. Jadi misro ini dapat disebut sebagai versi manis dari comro.

Untuk membedakannya dengan comro, para penjual gorengan biasanya membuat misro dalam bentuk lonjong sedangkan comro berbentuk pipih. Misro sendiri merupakan singkatan dari “amis di jero” yang artinya “manis di dalam”.

Dari berbagai macam makanan ringan dari singkong di atas, manakah yang paling Anda sukai? Ataukah ada makanan berbahan dasar singkong lain yang Anda sukai namun belum ada di daftar tersebut? Silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

7 Responses

  1. valueandi hartanto berkata:

    Kalau aku suka singkong bakar

  2. Banyak sekali JENIS makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong, terima kasih artikel nya sangat bermanfaat. Masih ada lagi namanya Timus, cara buat nya: singkong diparut lalu di peras buang airnya, campur dengan gula merah dan sedikit garam, bungkus dengan daun pisang bentuk segiempat ukuran 3×5 lalu kukus. Kalau dulu Abang Tukang Bajigur yang suka jual.

    1. Terima kasih kak Ruth informasinya 🙂

    1. Terima kasih sudah mengunjungi Bacaterus.com 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *