bacaterus web banner retina

10 Gorengan Enak dari Berbagai Negara untuk Berbuka Puasa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 2 April 2021

Goreng-gorengan memang kerap jadi kudapan utama untuk berbuka puasa. Selama Anda mengonsumsinya dengan wajar dan dalam batasan, konsumsi gorengan cukup aman. Jenis gorengan yang biasa dibuat dan disajikan untuk takjil antara lain tempe goreng, tahu isi, bakwan, dan pisang goreng. Namun, khusus untuk Anda yang bosan dengan ‘mereka’, kami perkenalkan aneka gorengan dari berbagai negara untuk berbuka yang siapa tahu bisa menginspirasi.

Citarasa gorengan yang dipilihkan terdiri atas rasa manis dan asin. Bila Anda ingin membuatnya untuk berbuka puasa nanti, boleh-boleh saja! Sesuaikan bahan yang sulit didapat dengan bahan-bahan yang ada. Penasaran apa saja gorengan ‘internasionalyang menggugah selera untuk berbuka puasa? Berikut pilihannya!

1. Samosa, Pakistan

Samosa, PakistanSumber: bonappetit.com

Anda pasti tidak asing dengan nama gorengan yang satu ini: Samosa. Ia merupakan olahan makanan dari pastry yang digoreng, bentuknya segitiga, bagian isinya terdiri atas kentang rebus yang sudah dibumbui aneka rempah dan dicampur irisan bawang bombay, kacang kapri, daun ketumbar serta paneer atau sejenis keju yang umum dipakai dalam hidangan Pakistan, India, dan Afghanistan.   

Samosa bisa juga berisi campuran daging domba, labu, kentang dan bawang bombay. Gorengan yang tampak lezat disantap saat berbuka puasa ini biasa dimakan dengan dicocol pada saus berupa chutney. Chutney sendiri merupakan saus yang terbuat dari sayuran atau buah yang dihaluskan dan diberi tambahan rempah.

Kentang rebus pada Samosa cukup mengenyangkan sehingga pas disantap saat berbuka. Ia bisa mengganjal perut yang kosong sebelum makan berat selepas Tarawih. Selain itu cocolan chutney pun kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh karena terbuat dari sayur atau buah. 

2. İçli köfte, Turki

İçli köfte, TurkiSumber: sabah.com.tr

Inspirasi aneka gorengan dari berbagai negara untuk berbuka selanjutnya datang dari Turki. Gorengan yang dimaksud dikenal dengan nama İçli köfte. Di negara asalnya, ia termasuk kudapan yang umum dan mudah ditemukan. İçli köfte atau Oruk terbuat dari bulgur yang diisi dengan daging cincang berbumbu, tambahan peterseli, bawang, kacang pinus lalu digoreng. Kudapan ini renyah di luar dan lembut di dalam.

Oruk kerap disajikan saat makan malam atau cemilan sembari minum teh di jam lima sore. Penggunaan rempah-rempah atau bumbu memegang peran penting dalam hidangan ini, antara lain bawang bombay, pasta tomat, cincangan parsley, cabai dan lada hitam. Selain digoreng, ia rupanya juga bisa direbus, lho. Sangat cocok disantap ketika berbuka, apalagi dalam keadaan hangat!

3. Sigara böreği, Turki

Sigara böreği, TurkiSumber: doyouknowturkey.com

Anda punya kulit lumpia di rumah? Mengapa tidak coba membuat gorengan khas Turki yang satu ini? Namanya adalah Sigara Borek atau Sigara Böreği. Secara sekilas, ia mirip dengan lumpia goreng ya? Bedanya, isian Sigara Böreği terdiri atas daging cincang, keju putih, kentang dan bayam. Tidak sulit menemukan gorengan satu ini di Turki. Ia juga menjadi favorit bagi banyak warganya.

Kata ‘sigara’ dalam bahasa Turki artinya cigarette atau rokok. Dinamakan demikian karena kudapan ini bentuknya memang seperti rokok: panjang, ramping dan digulung. Sigara Böreği biasa disajikan sebagai cemilan untuk anak-anak atau makanan pembuka.

Bahan isian yang terdiri atas daging cincang, keju, kentang dan bayam, sangat bernutrisi sehingga asupan gizi harian Anda yang berkurang selama seharian berpuasa, bisa terpenuhi kembali saat berbuka dengan menyantap gorengan satu ini. Sudah enak, bergizi pula. Layak dicoba!

4. Cekodok, Malaysia

Cekodok, MalaysiaSumber: asianfoodnetwork.com

Cekodok pada dasarnya merupakan nama untuk sejenis kue-kuean yang digoreng. Terdapat aneka variasi Cekodok di Malaysia, yaitu Cekodok Pisang, Cekodok Ikan, Cekodok Udang, Cekodok Labu dan lain-lain. Hasilnya, tiap Cekodok punya tekstur dan rasa yang berbeda. Secara garis besar, aneka gorengan dari Malaysia yang menggugah selera untuk di santap saat berbuka ini dibuat dengan cara sama.   

Bahan utama yang akan dibuat Cekodok digiling terlebih dulu kemudian campur bersama adonan terigu yang sudah lebih dulu diberi tambahan pengembang. Dilihat dari bentuk, Cekodok biasanya bulat-bulat, tapi ada juga yang tidak bulat sempurna. Warnanya coklat, terlihat tidak menggugah selera, tapi soal rasa, dijamin lezat!

Untuk berbuka, Anda bisa mencoba untuk membuat Cekodok Pisang karena rasa manis dari pisang yang sudah matang merupakan sumber kalori yang cukup mudah diolah tubuh. Hasilnya, energi tubuh yang sempat hilang atau menurun karena seharian berpuasa, dapat tergantikan dengan cepat.  

5. Cucur Udang, Malaysia

Cucur Udang, MalaysiaSumber: reddit.com

Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun, tidak heran jika kemudian ada banyak sekali kemiripan makanan antara keduanya. Salah satunya Cucur Udang. Dari penampilannya, ia terlihat persis dengan bakwan udang di Indonesia. Citarasa gurih pasti dominan. Saat memakan Cucur Udang dijamin tidak akan cukup jika hanya satu.

Gorengan dari negara tetangga ini terbuat dari campuran terigu, udang segar, irisan daun kucai dan perasa. Seperti gorengan di Indonesia, Cucur Udang juga mudah ditemukan di Malaysia. Setiap pedagang punya ciri khasnya sendiri. Satu hal yang otentik adalah gorengan ini dimakan dengan saus kacang yang pedas. Menyantap Cucur Udang dengan teh manis hangat saat berbuka, perut bisa langsung kenyang. Anda bisa ibadah Maghrib dan Tarawih dengan tenang sebelum makan berat. 

6. Keropok Lekor, Malaysia

Keropok Lekor, MalaysiaSumber: resepborneo.com

Inspirasi aneka gorengan dari berbagai negara untuk berbuka selanjutnya masih datang dari Malaysia. Kali ini, Anda akan dikenalkan pada sebuah cemilan bernama Keropok Lekor. Cemilan berbahan dasar ikan gembung, terigu, tapioka dan minyak ikan ini terkenal di kawasan Terengganu. Ia biasa juga disebut dengan nama ikan tongkat, sosis ikan atau ikan goreng oleh masyarakat setempat.

Tampilan Keropok Lekor persis seperti Otak-otak goreng atau bahkan Empek-empek. Dari segi rasa pun tampaknya tidak terlalu jauh karena sama-sama berbahan dasar ikan. Keropok Lekor lebih lezat disantap dalam keadaan hangat. Jangan lupa dicocol pada saus tomat atau cabai! Gurih dari ikan bisa membuat Anda lupa pada bakwan. Selain itu cemilan ini juga tidak terlalu banyak mengandung minyak, jadi cukup aman bagi Anda yang ingin mengurangi minyak saat puasa.

7. Empanadas, Spanyol

Empanadas, SpanyolSumber: delish.com

Inspirasi aneka gorengan dari berbagai negara untuk berbuka yang seterusnya membawa kita ke Spanyol. Negara yang terkenal karena sepak bolanya tersebut punya olahan makanan yang digoreng, dan cukup terkenal bernama Empanadas. Sekilas ia mirip dengan pastel atau karipap, tapi adakah perbedaannya?

Secara singkat, Empanadas merupakan roti isi atau pastry isi yang digoreng atau dipanggang. Isiannya bisa sangat bermacam-macam, antara lain daging sapi cincang yang sudah lebih dulu ditumis dengan bawang putih, bawang bombay, oregano, tomat dan jalapenos. Selain daging sapi, Anda juga bisa mengisinya dengan kentang atau udang. Terbayang gurih dan lezatnya Empanadas disantap saat panas?

Sebagai salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan protein tinggi, daging sapi dibutuhkan saat berpuasa. Ia bisa menjadi sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Selain dimakan sebagai takjil, Anda bisa mengonsumsi Empanadas ini saat santap sahur. Pasalnya ia bisa menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama.  

8. Falafel, Mesir

Falafel, MesirSumber: nomadparadise.com

Falafel merupakan kudapan yang mudah ditemukan di negara-negara Timur Tengah. Menurut sejarah, Falafel diyakini berasal dari Mesir yang disantap oleh Koptik saat Prapaskah sebagai pengganti daging. Di negara asalnya, gorengan yang terbuat dari kacang arab ini terkenal saat Ramadhan tiba. Masyarakat setempat biasa menyantap Falafel untuk berbuka. 

Gorengan khas Timur Tengah ini salah satu jajanan yang paling mudah didapat. Ia juga biasa disajikan sebagai isian sandwich, bersama hummus, labaneh dan saus khas Timur Tengah yang menggugah selera. Falafel bercitarasa gurih dan berempah karena dibuat dengan campuran bawang bombay, bawang putih, bubuk jalapeno, garam, bubuk jintan dan ketumbar. 

9. Qatayef, Mesir

Qatayef, MesirSumber: kejarmimpi.id

Satu lagi gorengan dari kawasan Timur Tengah yang bisa menjadi inspirasi untuk berbuka. Ia adalah Qatayef. Kudapan ini sebenarnya sejenis pancake yang diisi dengan kacang dan krim lalu digoreng hingga keemasan. Qatayef bertambah lezat saat disantap bersama sirup yang disiramkan di atasnya. Ia biasa muncul saat Ramadhan dan masyarakat setempat menyantapnya sebagai takjil.

Seiring perkembangan, isian Qatayef lebih bervariasi. Gorengan asal Mesir ini juga bisa disajikan gurih dengan isian daging cincang, keju, krim, dan mint. Qatayef juga tersedia dalam bentuk yang tidak digoreng. Ia disajikan sebagai pancake pada umumnya. Penasaran ingin coba mencicipi salah satu takjil khas Mesir ini?

10. Kelewele, Ghana

Kelewele, GhanaSumber: husseinhuda.wordpress.com

Inspirasi aneka gorengan dari berbagai negara untuk berbuka yang satu ini pasti sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Pasalnya Kewelewe merupakan sajian pisang goreng yang khas dari Ghana. Jika Indonesia punya pisang krispi, pisang kipas, nugget pisang, Ghana punya Kewelewe

Goreng pisang khas Ghana ini tidak menggunakan adonan tepung, melainkan digoreng begitu saja dengan tambahan rempah-rempah yang dibalurkan, antara lain jahe, bawang putih, merica dan nkitikiti atau biji anise khas Ghana. Kewelewe sangat mudah dijumpai pada malam hari. Banyak pedagang, terutama di Accra, yang menjualnya. 

Penggunaan rempah-rempah pada Kelewele seperti jahe dapat menjaga kekebalan tubuh dengan baik. Itulah sebabnya minum air jahe hangat saat berbuka sangat dianjurkan karena bisa membunuh bakteri dan mengeluarkan racun sehingga tubuh tidak mudah sakit. Jika Anda tidak terlalu suka dengan air jahe, Kelewele bisa dicoba!

Aneka gorengan dari berbagai negara untuk berbuka pada artikel ini bisa sekaligus menjadi inspirasi untuk Anda apabila bingung menyiapkan takjil. Sederhanakan saja resepnya dan sesuaikan dengan lidah Anda serta keluarga. Gorengan-gorengan di atas tidak sekadar lezat, tapi juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Dari 10 gorengan dari berbagai negara di atas, mana yang ingin Anda coba lebih dulu?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram