bacaterus web banner retina

10 Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 25 Maret 2021

Bulan Ramadan adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan. Umat muslim yang ada di seluruh dunia biasanya akan meningkatkan berbagai amalan di bulan penuh berkah ini. Selain lebih meningkatkan kualitas ibadah wajib yang harus dilaksanakan, umat Islam sendiri sering kali melakukan banyak amalan sunah yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Jika kamu salah satu orang yang ingin mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Nah, untuk mengetahui amalan sunah apa saja yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Kali ini Bacaterus akan mengulasnya untuk kamu. Seperti apa itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Tadarus Al-Quran

Bulan Diturunkannya Al-quranSumber: blog.anteraja.id

Mengaji adalah amalan yang biasa dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia saat bulan Ramadhan. Umat Islam biasanya akan memperbanyak membaca dan mengkhatamkan Al-Quran saat bulan Ramadhan. Selain memiliki nilai pahala yang cukup besar, membaca dan mempelajari Al-Quran dengan serius dapat mendekatkan diri pada sang pencipta.

Kegiatan tadarus Al-Quran sendiri bisa dilakukan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Selain itu, kita juga bisa  melakukan metode membaca satu hari satu juz agar bisa khatam saat menjelang puncak puasa atau perayaan Idul Fitri, yang menjadi tanda perpisahan dengan bulan penuh rahmat tersebut.

2. Bersedekah

BersedekahSumber: blog.wecare.id

Islam adalah ajaran yang mengajarkan untuk saling berbuat baik pada seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi. Salah satu amalan sunah yang juga kerap dilakukan oleh umat muslim di dunia saat bulan Ramadhan adalah bersedekah. Sedekah sendiri adalah salah satu perbuatan baik yang telah dicontohkan nabi Muhammad SAW.

 Salah satu contoh sedekah yang cukup ringan bisa dilakukan oleh umat islam adalah dengan tersenyum atau memberi air minum pada orang lain yang membutuhkan. Meskipun terlihat sederhana, namun perbuatan tersebut memiliki nilai pahala yang besar, terlebih ketika hal tersebut dilakukan saat bulan puasa.

3. Sholat Malam

Sholat MalamSumber: republika.id

Bulan Ramadhan adalah momen yang tepat bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa yang tercela. Pada bulan ini, umat Islam kerap berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan. Selain berusaha memperbaiki diri, mereka juga biasanya melaksanakan berbagai amalan yang sesuai dengan syariat Islam yang telah diajarkan  oleh baginda Rasulullah SAW.

Salah satu amalan tersebut antara lain adalah mengerjakan sholat sunnah malam seperti sholat Tarawih, sholat Qiyamulail Lail, dan sholat malam lainnya. Sholat malam sendiri memiliki banyak keutamaan serta ganjaran yang cukup besar. Salah satunya dapat membuat orang-orang yang mengamalkannya dapat diangkat ke tempat yang terpuji di sisi Allah SWT.

4. Melaksanakan Sahur

Melaksanakan SahurSumber: idntimes.com

Amalan sunnah lain yang kerap dikerjakan oleh setiap muslim adalah melaksanakan sahur seperti yang telah contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Makan sahur diketahui memiliki keberkahan bagi orang yang menjalankannya. Selain dapat memberi kekuatan ketika menjalankan puasa, sahur juga memiliki nilai pahala.

Hal itu seperti yang telah dijelaskan dalam hadis riwayat HR. Ahmad dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu yang mengatakan "Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.

5. Melaksanakan I'tikaf

Melaksanakan I'tikafSumber: popbela.com

I'tikaf adalah kegiatan yang sangat dianjurkan pada bukan puasa. I'tikaf sendiri adalah salah satu ibadah sunnah yang biasa dijalankan oleh Rasulullah SAW pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Itikaf sendiri merupakan berdiam di dalam masjid dengan  niat semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Kegiatan i'tikaf sendiri biasanya diisi dengan ibadah seperti salat sunnah tarawih, tahajud, witir, hingga sholat hajat. Selain itu mereka yang melaksanakan i'tikaf juga biasa membaca Al-Quran dan berzikir, dan berserah diri kepada Allah SWT. Kegiatan i'tikaf sendiri biasanya dilaksanakan setiap hari secara berturut-turut.

Baca juga: 10 Keutamaan Bulan Ramadhan, Bulan Istimewa Bagi Umat Muslim

6. Memperbanyak Zikir dan Doa

Memperbanyak Zikir dan DoaSumber: zakat.or.id

Selama hidup kita tentu telah banyak melakukan kesalahan, baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja. Bulan Ramadhan sendiri adalah bulan penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Hal ini kerap kali dimanfaatkan oleh umat Islam untuk berbenah diri, taubat sembari memohon ampunan atas segala perbuatan buruk yang mungkin selama ini kita lakukan selama hidup.

Selain melaksanakan ibadah seperti sholat dan mengaji, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa kepada Allah SWT. Zikir dan doa adalah salah satu amalan sunnah yang dapat mendatangkan kebaikan pada orang yang menjalankannya. Nah, jika kamu menginginkan kehidupan dunia dan akhirat yang bahagia, maka mulailah untuk melaksanakan amalan tersebut.

7. Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan BerbukaSumber: moslemlifestyle.com

Sama seperti sahur, berbuka puasa juga memiliki pahala dan ganjaran dari Allah SWT. Menyegerakan berbuka puasa dapat membawa keberkahan. Hal itu berdasarkan kepada hadis HR. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7916. Al Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 9025.

Hadis tersebut mengatakan "Para sahabat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya". Cara berbuka sendiri telah diajarkan Nabi Muhammad SAW. Nah, agar puasa kita penuh keberkahan, maka berbukalah dengan makanan yang baik. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah buah kurma.

8. Umroh

UmrohSumber: umroh.com

Jika kamu termasuk orang yang mampu untuk beribadah umroh, maka bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat baik untuk melaksanakan ibadah tersebut. Umroh sendiri adalah ibadah umat Islam yang dilaksanakan di Mekah al-Mukarramah, terutama di Masjidil Haram. Umroh adalah salah satu impian setiap muslim yang ada di seluruh dunia.

Tata cara pelaksanaan umroh hampir mirip dengan ibadah haji, namun dalam ibadah umroh tidak melaksanakan wukuf, mabit atau melontar jumrah sebagaimana yang dilakukan dalam ibadah haji. Umroh sendiri adalah salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan saat bulan puasa, terutama oleh mereka yang mampu secara finansial.

9. Memberi Makan Berbuka Bagi Orang Puasa

Memberi Makan Berbuka Bagi Orang PuasaSumber: crispygreen.com

Nah, amalan selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar bisa mendekatkan diri pada Allah SWT adalah memberi makan berbuka bagi orang yang sedang menjalankan puasa. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat dari Imam Muhammad Al-Baqir.

Hadis tersebut berbunyi “Memberi makanan orang berbuka puasa kepada orang yang sedang berpuasa lebih aku sukai daripada membebaskan ini dan itu seperti dibebaskannya Nabi Ismail As. Dari penyembelihan ayahnya, Nabi Ibrahim”.

Hal ini tentu dapat memberi gambaran bagi kita bahwa memberi makan pada orang yang sedang melaksanakan puasa memiliki keutamaan dan nilai ibadah yang sangat besar.

10. Menjauhi Kemaksiatan

Menjauhi KemaksiatanSumber: upjourney.com

Selain menahan diri dari makan dan haus, umat Islam juga harus menjauhi segala kemaksiatan pada bulan suci Ramadhan seperti melakukan perbuatan ghibah, mengikuti nafsu syahwat dan perbuatan fasik yang dapat merusak nilai puasa yang kita jalankan.

Meskipun perbuatan tersebut dilarang dalam islam, namun masih banyak pula umat yang kerap melakukan perbuatan tersebut, baik disengaja maupun tidak disengaja. Nah, jika kamu tidak puasa kamu menjadi sia-sia karena perbuatan tersebut, maka kamu harus bisa menjauhi segala kemaksiatan yang dapat membuat kamu diliputi oleh banyak kerugian dan kehancuran.

Demikian 10 amalan sunah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Bulan puasa adalah bulan istimewa yang harus kita syukuri keberadaannya. Sebagai bentuk rasa syukur akan hal tersebut, maka kita bisa melaksanakan amalan-amalan sunnah yang telah dijelaskan di atas. Kira-kira apakah ada amalan lain yang kamu ketahui? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram