Sinopsis & Review Alchemy of Souls: Light and Shadow (2022)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Alchemy of Souls: Light and Shadow
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Berlatarkan empat tahun pasca kejadian memilukan yang menimpa Jang Uk dan Mudeok, Alchemy of Souls: Light and Shadow atau bagian dua akhirnya tayang. Jang Uk berubah menjadi pemburu pemindah jiwa sedangkan Mudeok hidup kembali sebagai Bu Yeon dengan jiwa Naksu di dalamnya. 

Bu Yeon dikurung di dalam Jinyowon karena dia tak punya kekuatan. Penguasa Jinyowon sekaligus sang ibu, Jin Ho Gyeong, tak ingin para penyihir tahu rahasia mengenai keberadaan putri pertamanya itu.

Sayang, keinginannya berantakan ketika Bu Yeon tiba-tiba menghilang di hari pernikahannya. Apakah Jang Uk ada di balik kejadian tersebut? Bagaimana kelanjutan kisah mereka di bagian kedua ini?

Sinopsis

Jang Uk hidup kembali dengan kekuatan Batu Es di tubuhnya. Namun, efek samping dari hal itu adalah dia hidup menderita karena arwah-arwah jahat selalu mengelilinginya.

Tak heran jika Jang Uk hidup tanpa gairah, terutama karena Mudeok juga diketahui sudah tewas. Jang Uk kembali bersemangat karena bertemu seorang gadis: seseorang yang dipercaya bisa mencabut Batu Es di tubuhnya.

Episode 1-2

Alchemy of Souls Light and Shadow_Ep 1-2_

Empat tahun pasca Jang Uk bangkit dari kematian berkat kekuatan Batu Es dan energi langit, pemuda itu lebih sibuk sebagai pemburu pemindah jiwa.

Jang Uk menyendiri di dalam Jeongjingak yang ditinggalkan para penyihir. Auranya kelam dan menderita karena dengan kekuatan Batu Es di dalam tubuhnya, Jang Uk kerap didatangi arwah-arwah jahat yang mengintai kekuatan itu.

Walau begitu, Jang Uk tidak bisa berhenti menangkap pemindah jiwa, bahkan ketika dia harus mengejar pemindah jiwa sampai ke Jinyowon. Setelah kejadian empat tahun lalu, Jinyowon memang tertutup bagi penyihir mana pun, tetapi Jang Uk nekat memasukinya.

Di sana Jang Uk tanpa sengaja malah bertemu dengan wanita cantik yang seharusnya tidak dia lihat. Pasalnya, wanita itu sengaja disembunyikan oleh Jin Ho Gyeong. Setelah keheranan melihat Jang Uk di sana, gadis tersebut meminta dibawa keluar dari Jinyowon sebab merasa terpenjara. 

Jang Uk tentu tidak bisa mengabulkannya, tapi dia membantunya kabur dari sana. Namun, gadis itu ternyata dipakaikan gelang pelacak, sehingga tidak bisa pergi jauh karena pengawal Jinyowon selalu bisa menemukannya.

Jin Ho Gyeong yang seolah tak puas telah mengurungnya di dalam Jinyowon, merencanakan pernikahan gadis tersebut dengan paman Seo Yul bernama Seo Yun O.

Saat dalam pelarian, gadis itu kembali bertemu Jang Uk. Secara mengejutkan dia meminta Jang Uk saja yang menjadi suaminya. Mengejutkannya lagi, dia mengaku sebagai Jin Bu Yeon. Jang Uk menyangsikannya karena yang dia tahu Bu Yeon sudah meninggal empat tahun lalu. 

Jang Uk kemudian menceritakan perihal Bu Yeon pada Park Jin. Mantan pemimpin Songrim itu mengatakan kalau Bu Yeon benar-benar ada, maka dia dapat bantu mengeluarkan Batu Es dari tubuh Jang Uk. 

Tepat saat pesta pernikahan akan digelar, Bu Yeon menghilang. Jin Ho Gyeong menuduh Songrim yang menyembunyikannya, terutama karena Dang Gu pernah gagal menikah dengan Jin Chu Yeon. Tingkah Ho Gyeong itu secara tidak langsung mengungkapkan keberadaan Bu Yeon yang dia sembunyikan selama beberapa tahun. 

Bu Yeon sendiri ternyata tidak hilang, melainkan bersama Jang Uk. Kali ini, Jang Uk tidak keberatan dengan ide pernikahan antara mereka karena dia butuh kekuatan Bu Yeon untuk mengeluarkan Batu Es dari tubuhnya. Sayang, kekuatan Bu Yeon itu tidak terbukti dan membuat Jang Uk kecewa.

Bu Yeon sebenarnya hampir tewas dalam peristiwa empat tahun lalu karena tubuhnya juga sudah membatu. Akan tetapi, Jin Ho Gyeong memohon pada Guru Lee untuk menghidupkannya kembali karena dia yakin gadis itu adalah putrinya yang hilang. 

Guru Lee tidak keberatan karena dalam tubuh Bu Yeon masih terdapat jiwa Naksu yang membantunya tetap hidup. Namun, jika tubuh Bu Yeon diselamatkan, jiwanya harus disingkirkan dan diisi oleh jiwa Naksu.

Guru Lee juga menjelaskan jika Bu Yeon kembali dihidupkan, tubuhnya akan menyesuaikan dengan wujud jiwa Naksu agar tidak hilang kendali. 

Berita hilangnya Bu Yeon tak lama tersebar di Daeho. Wajah Bu Yeon dipajang di mana-mana sampai Jin Mu melihatnya dan mengenali sosok wanita itu sebagai Naksu.

Dengan niat licik, Jin Mu yang tahu bahwa Bu Yeon atau Naksu tidak punya kekuatan, menyarankan Jin Ho Gyeong mengenalkan Bu Yeon pada para penyihir dalam Pertemuan Umum. Jin Mu tahu jika Bu Yeon sampai gagal menunjukkan kekuatannya di depan umum, kepengurusan Jinyowon akan berpindah tangan.

Tak punya pilihan lain, Jin Ho Gyeong mengenalkan Bu Yeon di depan para penyihir. Bu Yeon tampak gugup karena dia tahu dirinya tak punya kekuatan apa pun semenjak ingatannya hilang.

Sejurus kemudian, Jang Uk datang setelah menyadari kalau Bu Yeon sebenarnya punya kekuatan. Dia meminta Bu Yeon mematikan lentera dari Jinyowon yang terkenal sulit dipadamkan. Jika Bu Yeon berhasil, dia akan membawa wanita itu.

Tanpa diduga Bu Yeon ternyata bisa memadamkannya. Atas kejadian mengejutkan itu Jang Uk secara yakin mengakui di depan umum kalau Bu Yeon adalah istrinya.

Episode 3-4

AOS Light and Shadow_Episode 3-4_

Kabar pernikahan Jang Uk dan Bu Yeon menggemparkan para penyihir di Pertemuan Umum, termasuk Jin Ho Gyeong. Bu Yeon bahkan mengaku tengah hamil agar dibiarkan pergi dari pertemuan itu. Setelah berhasil membuat banyak orang terkejut, Bu Yeon kini tinggal di kediaman Jang Uk. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram