Ditulis oleh - Diperbaharui 8 September 2018

Kopi adalah salah satu minuman yang dapat merekatkan tali silaturahmi di masyarakat. Yup, bagi para pecinta kopi, diskusi dengan ngopi-ngopi akan terasa lebih poll.

Namun, rasanya capek juga, ya, kalau harus pergi jauh-jauh untuk membeli kopi yang sudah jadi? Tidak bisa, gitu, bikin di rumah saja? Jangan khawatir, Bacaterus punya rekomendasi alat-alat pembuat kopi manual yang bisa kalian cari dan beli. Yuk, baca terus!

1. V60

v60

Tidak jarang kita menemukan menu bertuliskan ‘V60’ di toko-toko sekitar, kan? Ternyata, V60 ini adalah alat pembuat kopi, lho! V60 merupakan alat penyeduh kopi yang menggunakan metode pour over. Bentuknya yang unik mungkin dapat membuat kita bertanya-tanya, bagaimana bisa menyeduh kopi tubruk di dalam gelas? Nah, rupanya, penyeduhan dalam V60 ini punya ciri khasnya sendiri.

Alat ini ada yang terbuat dari keramik, kaca, metal, plastik, hingga tembaga. Bentuknya seperti cangkir biasa, yang uniknya memiliki motif spiral. V60 memiliki ujung lubang yang membuat kita dapat mengontrol waktu ekstraksi, mengontrol suhu air, dan grind size atau potongan kopi. Hal ini berarti V60 akan menghasilkan rasa yang lebih ringan, jernih, dan bernuansa.

V60 juga dikenal sebagai salah satu metode pembuatan kopi yang cukup ikonis. Meski sudah banyak kafe yang juga menggunakan metode V60 sebagai salah satu menu pembuatan kopi andalan mereka, bukan berarti kita tidak bisa mencobanya sendiri!

Tidak hanya kafe-kafe yang menyediakan sajian V60 untuk kopi mereka, banyak penggemar kopi juga sudah membeli alat ini untuk menyeduh kopi sendiri di rumah. Wah, menarik, tidak, tuh? Anda bisa membeli alat ini secara online melalui Bukalapak di link ini.

2. Vietnam Drip

vietnam drip

Seperti namanya, Vietnam Drip adalah metode penyeduhan kopi asal Vietnam. Pada awalnya, orang-orang Vietnam menyeduh es kopi Vietnam, resep tradisional Vietnam, menggunakan filter besi kecil yaitu Vietnam Drip.

Ketika kopi diseduh dengan air panas, filter tersebut mengeluarkan tetes-tetes kopi panas secara perlahan ke dalam cangkir. Setelah selesai, kopi panas tersebut dimasukkan ke dalam gelas yang telah diisi penuh oleh es batu, hingga tersajilah es kopi Vietnam.

Vietnam Drip juga sudah banyak disajikan di kafe-kafe. Metode ini cukup populer dan disukai para pecinta kopi karena filter yang digunakan dinilai lebih dapat menjaga rasa yang terkandung dalam kopi. Selain itu, proses penyeduhan dan ekstraksinya juga cepat; kopi yang dihasilkan tidak terlalu padat.

Tampilan Vietnam Drip cukup sederhana. Terdapat saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper, serta penutup. Ada dua jenis tamper, yaitu tamper yang disekrup (untuk memberikan tekanan tambahan) dan tamper tanpa sekrup (tekanan diberikan hanya dari gravitasi).

Untuk mendapatkan hasil seduhan yang baik, kita juga harus memiliki grinder, timbangan digital, dan termometer. Anda bisa membeli alat ini melalui Bukalapak di link ini.

3. AeroPress

 aeropress

Dari bentuknya, AeroPress memang terlihat tidak biasa. Sekilas, justru terlihat seperti pipet raksasa! Yup, desain sederhana AeroPress kadang membuat sebagian orang berpikir skeptis akan keunggulannya. Namun, jangan salah, penyeduhan kopi menggunakan AeroPress ternyata lebih mudah, lebih cepat, dan lebih mudah untuk dibersihkan daripada yang lainnya!

Mekanisme penyeduhan AeroPress memang sedikit mirip Vietnam Drip. Perbedaannya, penyeduhan Vietnam Drip benar-benar bergantung pada gaya gravitasi, sementara AeroPress menggunakan bantuan tekanan udara.

Berbeda dengan V60, kopi hasil racikan AeroPress akan terasa lebih kuat. Kit dari AeroPress terdiri dari tabung kopi, filter kertas, alat pengaduk, satu sendok takaran kopi bubuk, serta funnel atau corong untuk mengalirkan air panas. Jika V60 memiliki bahan yang beragam, AeroPress kebanyakan hanya terbuat dari plastik. Produk ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

4. French Press

french press

French Press dikenal dengan banyak sebutan di seluruh dunia. Misalnya, orang-orang Italia menyebutnya caffettiera a stantuffo, dan orang-orang Prancis menyebutnya cafetière à piston. Nah, French Press sendiri, seperti namanya, dapat dikatakan berasal dari Prancis, hingga dipatenkan oleh desainer berkebangsaan Milan Attilio Calimani pada tahun 1929.

Desain French Press yang sekarang kebanyakan berbentuk pot silinder dengan sebuah alat panjang semacam pompa mini atau plunger serta sebuah layar saringan yang menekan air panas hingga menembus kopi yang telah digiling.

Suhu air panas dan waktu penekanan menentukan hasil kopi dari penyeduhan French Press. Biasanya, kopi yang dihasilkan adalah semacam kopi tubruk, tetapi tanpa ampas. French Press tidak hanya dapat digunakan untuk kopi, lho, tapi bisa juga digunakan untuk menyeduh teh. Anda bisa membeli alat ini melalui Bukalapak di link ini.

5. ROK Presso

rokpresso

Nah, bagi kalian pecinta kopi espresso atau espresso-based, mungkin alat ini sudah tidak asing lagi. Yup, hasil penyeduhan menggunakan ROK Presso dapat mendekati espresso ala mesin kopi profesional yang sebenarnya!

ROK Presso menawarkan kelebihan bagi kita untuk menentukan jenis bubuk kopi apa pun yang kita mau, suhu yang kita inginkan, serta tekanan yang kita butuhkan. Dibandingkan dengan mesin espresso standar, ROK Presso tidak memerlukan daya listrik.

Selain itu, kemasannya yang mudah dibawa kemana-mana juga menjadi nilai plus bagi mesik buatan Patrick Hunt ini. ROK Presso terdiri dari “kedua tangan” yang berfungsi sebagai presser atau penekan, tamper, portafilter, cerat (spout), serta pembuih susu (milk frother).

Kesederhanaan dan kemampuannya untuk menghasilkan espresso, membuat kafe-kafe juga menggunakannya sebagai alat untuk menyajikan kopi-kopi andalan mereka. Tanpa perlu repot-repot pergi ke kafe, kita dapat membuat racikan kopi sendiri menggunakan alat-alat di atas. Tidak hanya lebih praktis, kita juga dapat menyeduh kopi sesuai selera. Anda bisa membeli alat ini melalui Bukalapak di link ini.

6. Chemex

chemex

Chemex pertama kali ditemukan oleh Peter Schulmbohm, diproduksi oleh Chemex Corporation pada tahun 1942. Pembuat kopi ini dimanufaktur oleh International Housewares of Pittsfield.

Penggunaan chemex mulai populer sejak tahun 2000-an. Desain chemex yang menarik tak jarang memancing minat pembelinya untuk menjadikannya dekorasi. Namun, chemex akhir-akhir ini lebih populer digunakan sebagaimana hakikatnya, yaitu sebagai pembuat kopi manual.

Metode kopi dengan alat chemex adalah metode infusi. Rasanya tidak jauh berbeda dengan kopi drip pada umumnya jika dilihat dari rasa dan tekstur kopi. Kopi yang dihasilkan chemex lebih lambat tetapi dengan rasa yang lebih mantap. Anda bisa membeli alat ini melalui Bukalapak di link ini.

7. Bialetti Moka Pot

bialetti moka pot

Pertama kali ditemukan pada awal tahun 1930-an, siapa yang menyangka bahwa pembuat kopi ini akan langsung digandrungi setelahnya? Terutama di negara-negara Eropa. Namun, Indonesia juga tidak ketinggalan gaul, kok!

Bialetto Moka Pot juga dikenal dengan sebutan Moka Espresso atau Moka Elite. Pembuatan kopinya tidak terlalu sulit. Air yang dipanaskan di kontainer terbawah menguarkan tekanan uap yang menekan ground coffee yang berada di tengah kontainer, hingga kopi yang ditekan akhirnya naik ke kontainer teratas dan siap dituangkan. Cukup mudah, ya, kelihatannya? Jika tertarik, Anda bisa membeli alat ini secara online melalui Bukalapak di link ini.

8. Bodum Coffee Maker

bodum coffee maker

Pembuat kopi ini memiliki desain cantik plastik transparan yang cukup memperlihatkan isi dari Bodum coffee maker itu sendiri. Membuat kopi dengan alat ini juga tidak begitu sulit, sebab hanya ada satu tombol untuk mengontrolnya: tombol on dan tombol off.

Cara membuatnya hanya dengan menyimpan ground coffee ke dalamnya dan masukkan air. Lalu, tekan tombol on, dan tunggu hasilnya. Sangat mudah, kan? Produk ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

9. Siphon Coffee Maker

siphon coffee maker

Dikenal juga sebagai Vacuum Coffee Maker, pembuat kopi ini menggunakan sistem perendaman penuh, yaitu dengan menggunakan sumber panas konstan. Cara brewing-nya tidak jauh berbeda dengan Moka Pot, yaitu dengan memanaskan kontainer dengan aliran air panas yang dihasilkan dari uap air.

Desain pembuat kopi ini cukup menarik dan cantik. Tidak hanya membuat kopi, berkat desainnya ini kita juga bisa membuatnya menjadi bagian dari dekorasi rumah, lho! Anda bisa membeli alat ini di Bukalapak lewat link ini.

10. Café Press

cafe press

Café press berbahan stainless steel dengan karet silikon untuk filter shaft-nya. Penutupnya dibuat dari bahan plastic polypropylene, dengan bahan yang tidak mudah terbakar. Alat ini menghasilkan kopi yang halus dan kaya rasa. Teknik brewing-nya yang mantap juga membuat bubuk-bubuk kopi tidak terbawa. Alat ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

Dari paparan di atas, ternyata tidak perlu kita jauh-jauh ke kafe untuk membuat dan merasakan nikmatnya minuman teman begadang ini. Kita hanya perlu cari alat-alatnya, dan buat di rumah sendiri.

Masih terdapat banyak alat pembuat kopi manual lainnya yang belum dibahas di sini. Apa kalian punya rekomendasi atau review asyik tentang kelima alat di atas? Yuk, jangan ragu untuk berkomentar!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .