Bacaterus / 6 Alasan Wajib Memiliki Asuransi Meskipun Masih Berusia Muda

6 Alasan Wajib Memiliki Asuransi Meskipun Masih Berusia Muda

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2019

Masih muda tidak perlu asuransi, dong!” Siapa bilang pemuda tidak butuh asuransi? Setiap orang membutuhkan asuransi, tak terkecuali kamu yang masih berusia muda dan produktif. Asuransi bukan hanya diperlukan untuk lansia saja, justru kamu harus memiliki asuransi selagi masih muda dan sehat, lho.

Selama ini, banyak pemuda yang menganggap remeh tentang pentingnya asuransi. Padahal, asuransi akan memberikan jaminan yang pasti untuk masa depan kita kelak. Nah, buat kamu yang masih enggan untuk memiliki asuransi, Bacaterus akan memberikan beberapa alasan mengapa kamu wajib memiliki asuransi meskipun usiamu masih terbilang muda.

1. Siapapun Bisa Jatuh Sakit

Siapapun Bisa Jatuh Sakit

* sumber: www.videoblocks.com

Dewasa ini, penyakit bisa dialami siapapun tanpa mengenal usia. Seseorang yang terlihat sehat dan aktif bisa jatuh sakit di keesokan harinya. Jadi, usia muda tidak menjamin bahwa kita selalu sehat dan bugar. Sekalipun kamu sudah melakukan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat, hal tersebut tidak lantas membuatmu terhindar dari risiko sejumlah penyakit.

Sedia payung sebelum hujan.” Pepatah ini sangat cocok untuk menggambarkan peran asuransi bagi para pemuda. Sebelum jatuh sakit, kamu harus memiliki asuransi untuk berjaga-jaga.

2. Tabungan Bisa Dimanfaatkan untuk Keperluan Lain

Tabungan Bisa Dimanfaatkan untuk Keperluan Lain

* sumber: www.foxnews.com

Kamu tentu tidak mau jika tabungan yang sudah lama kamu kumpulkan harus terpakai untuk biaya berobat, bukan? Padahal, mungkin kamu ingin memanfaatkan tabungan tersebut untuk membeli kendaraan, kredit tempat tinggal, atau berlibur.

Apabila kamu memiliki asuransi kesehatan sejak masih berusia muda, kamu tidak perlu khawatir tabunganmu akan terpakai untuk berobat ketika sakit. Biaya pengobatanmu akan ditanggung oleh asuransi sehingga dana di tabunganmu bisa dipakai untuk keperluan lainnya.

3. Premi Lebih Rendah, Nilai Investasi Lebih Tinggi

Premi Lebih Rendah, Nilai Investasi Lebih Tinggi

* sumber: www.turtlemint.com

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh ketika mengikuti asuransi pada usia muda. Salah satu manfaat yang bisa kamu peroleh adalah uang premi yang dibayarkan lebih rendah, tetapi nilai investasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemegang asuransi di usia 40 tahun ke atas. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Perusahaan asuransi tentu saja akan memperhitungkan risiko dari setiap nasabahnya. Nasabah yang masih berusia muda dinilai lebih sehat, produktif, dan tidak rentan sakit jika dibandingkan dengan nasabah yang usianya sudah menginjak 40 tahun ke atas. Hal ini akan membuat nasabah di usia muda membayar premi yang jumlahnya lebih murah.

Tak hanya sampai di situ saja, ketika kamu memutuskan untuk membeli asuransi di usia muda, nilai investasi yang akan kamu peroleh juga lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan jangka investasimu lebih panjang dibandingkan dengan nasabah yang baru membeli asuransi di usia 40-50 tahun.

4. Mengurangi Risiko Masalah Keuangan

Mengurangi Risiko Masalah Keuangan

* sumber: worldpreneur.com

Setiap orang tentu menginginkan tubuh yang sehat. Namun, penyakit bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Untuk memperoleh pengobatan yang baik, kamu harus rela merogoh kocek lebih banyak. Kamu harus mempertimbangkan biaya konsultasi ke dokter, obat-obatan, sampai dengan biaya rawat inap jika kamu diharuskan untuk opname. Biaya berobat yang mahal bisa membuat keuanganmu bermasalah.

Agar kamu tidak perlu merogoh kocek ekstra saat sakit, kamu wajib memiliki asuransi. Bila perlu kamu harus memilih asuransi yang memberikan pertanggungan rawat inap dan rawat jalan. Sangat penting untuk membandingkan asuransi yang satu dengan yang lain. Kamu harus memilih asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan dan memberikan banyak manfaat sesuai dengan prinsip asuransi yaitu untuk mengurangi risiko masalah keuangan.

5. Bentuk Cinta pada Keluarga

Bentuk Cinta pada Keluarga

* sumber: www.loveexploring.com

Asuransi tidak hanya memberi manfaat untuk dirimu saja, tetapi juga untuk keluargamu kelak. Terlepas statusmu masih lajang atau sudah menikah, asuransi akan meringankan beban diri dan keluargamu di masa depan.

Sebagai contoh, ketika kamu membeli asuransi kesehatan dan jika suatu saat kamu jatuh sakit, kamu dan keluarga tidak perlu pusing memikirkan biaya berobat karena kamu dapat mengklaim biaya pengobatanmu pada perusahaan asuransi yang kamu ikuti.

Terlihat sederhana, bukan? Akan tetapi, hal yang sederhana inilah yang merupakan wujud cintamu kepada keluarga. Dengan kata lain, ketika sakit kamu tidak menyusahkan keluargamu dengan masalah finansial.

6. Jaminan Masa Tua yang Lebih Baik

Jaminan Masa Tua yang Lebih Baik

* sumber: www.aginginplace.org

Apakah kamu merasa bahwa premi asuransi yang harus dibayarkan terasa berat? Kalau kamu sudah membeli asuransi sejak muda, kamu akan terbiasa dan tidak akan merasa terbebani membayar premi setiap bulan dan tahunnya. Sebaliknya, jika kamu baru mengikuti asuransi di usia 40 tahun ke atas, kamu akan merasa berat, apalagi jika kamu sudah berumah tangga dan memiliki anak-anak yang harus dinafkahi.

Selain itu, asuransi dapat menjamin hari tuamu. Kondisi kesehatan setiap orang tentu berbeda-beda, biaya berobat pun akan semakin mahal setiap tahunnya. Dengan memiliki asuransi, kamu tidak perlu khawatir apabila di hari tua kamu memerlukan biaya untuk berobat karena semua biaya pengobatanmu akan ditanggung asuransi. Kamu pun tidak akan merepotkan anak cucumu dalam hal biaya pengobatan ketika hari tua nanti.

Kesimpulannya, anak-anak muda wajib memiliki asuransi, terutama jika kamu sudah memiliki penghasilan sendiri. Asuransi akan membuat hidup lebih tenang, memberikan jaminan kesehatan yang lebih baik, dan mengajarkan kita untuk berinvestasi untuk masa depan. Jadi, pilihlah asuransi terbaik yang sesuai kebutuhan dan terbukti memberikan manfaat yang menguntungkan, ya!

 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *