Bacaterus / Entertainment / Film Barat / Inilah 10 Aktor Kawakan yang Nyaris Tewas Saat Syuting

Inilah 10 Aktor Kawakan yang Nyaris Tewas Saat Syuting

Ditulis oleh

Sikap profesional atau totalitas sangat diutamakan dalam pekerjaan apapun, termasuk sebagai aktor. Banyak bintang action yang biasa berperan dalam film laga mengalami kecelakaan di lokasi syuting, baik itu kecelakaan kecil hingga yang kemungkinan bisa merenggut nyawa sang aktor.

Keamanan dalam melakukan adegan aksi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, banyak aktor yang menggunakan stuntman professional untuk melakukan adegan-adegan berbahaya. Tetapi, tetap saja aktor yang baik akan melakukan adegan seperti itu tanpa menggunakan stuntman. Tentu saja dengan banyak latihan fisik dan mental.

Berikut ini adalah sepuluh aktor yang nyaris tewas di lokasi syuting dalam sebuah adegan berbahaya. Meski meninggalkan luka dan cedera yang lumayan parah, mereka tetap bisa melanjutkan proses syuting hingga produksi berakhir.

10 Aktor yang Nyaris Tewas Saat Syuting

1. Jackie Chan di Armour of God [1986]

Aktor ini memang dikenal selalu melakukan aksi berbahayanya sendiri, tanpa stuntman bahkan terkadang tanpa alat bantu seperti wire. Dalam semua aksi nekadnya di banyak filmnya, di film yang mengambil syuting di Yugoslavia pada saat itu, adalah yang paling berbahaya dan hampir merenggut nyawanya.

Chan harus melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Sebenarnya, proses syuting adegan ini sudah dilakukan dan berhasil, tetapi Chan merasa kurang puas dengan hasilnya dan memutuskan untuk re-shooting sekali lagi. Kali ini, ketika dia melompat ke dahan pohon yang dituju, dahan tersebut patah dan membuat Chan terjatuh dari ketinggian lima meter dan kepalanya membentur sebuah batu.

Chan segera dilarikan ke rumah sakit setempat dan melakukan operasi di kepalanya. Terdapat keretakan di tengkoraknya dan patahan tulangnya menusuk ke dalam otaknya. Hasilnya, hingga saat ini, Chan memiliki lubang di kepalanya yang disumpal dengan plastik buatan dan sedikit kehilangan pendengaran.

2. Ed Harris di The Abyss [1989]

Di salah satu film terbaik arahan James Cameron ini, Ed Harris melakukan sebuah adegan di kedalaman 10 meter di dalam tangki air raksasa. Meski sebelumnya sudah banyak melakukan latihan dan diarahkan oleh pelatih diving terbaik, tetap saja adegan ini hampir merenggut nyawa sang aktor.

Aksi ini dilakukan dengan banyak kru yang juga ikut menyelam dengan alat masing-masing, seperti kamera dan lampu. Saat itu, pengambilan gambar lebih dari waktu yang ditentukan sehingga membuat Ed Harris kehabisan nafas, karena memang dia menahan nafas di dalam helm yang diisi sejenis cairan.

Cairan itu kemudian masuk ke hidung dan matanya yang membuat dia nyaris pingsan jika tidak segera ditolong oleh kru film. Akhirnya, Harris terpaksa dirawat di rumah sakit untuk beberapa minggu dan mengalami sedikit guncangan jiwa karena adegan ini.

3. Michael J. Fox di Back to the Future Part III [1990]

Film sci-fi ini sangat populer di zamannya dan menginspirasi banyak remaja saat itu. Di film yang ketiga ini, dua pemeran utamanya kembali beraksi menembus waktu hingga terlempar ke zaman western. Syuting film yang dilakukan back-to-back dengan film Back to the Future Part II [1989] ini menjadi film dengan pendapatan tertinggi di tahun 1990.

Ada sebuah adegan di mana karakter Marty McFly digantung oleh kelompok musuh sebelum diselamatkan oleh Doc, sang profesor. Ternyata di adegan ini, Michael J. Fox tergantung tanpa menggunakan alat bantu, hingga membuat nafas Fox nyaris habis dan jatuh pingsan.

Untuk memulihkan kondisinya, jadwal syuting ditunda hingga Fox pulih dan bisa melanjutkan syuting kembali. Produksi film ini sempat tertunda berkali-kali, antara lain karena wafatnya ayah Fox dan kelahiran putranya.

4. Kevin Costner di Waterworld [1995]

Film sci-fi ini termasuk salah satu film termahal yang pernah diproduksi oleh Hollywood. Kevin Costner yang pada saat itu sedang berada di puncak karirnya ikut bertindak selaku produser dan co-director untuk film yang berseting di tahun 2500 ini, di mana dikisahkan bumi sudah dipenuhi oleh air dan hampir tidak ada daratan.

Dalam sebuah adegan yang menggunakan helikopter untuk pengambilan angle jarak jauh, Costner berdiri di atas tiang layar dan terlilit tali layar ketika hendak melompat dan terseret oleh kapal. Untungnya, kru stuntman sigap bertindak dan nyawa Costner bisa tertolong, meski butuh setengah jam untuk melepaskannya dari tali-tali tersebut.

5. Tom Hanks di Cast Away [2000]

Film yang mayoritas adegan hanya menampilkan Hanks dalam kesendiriannya terdampar di sebuah pulau di tengah lautan ini, ternyata juga membuat sang aktor nyaris terenggut nyawanya meski bukan karena sebuah adegan aksi berbahaya.

Dalam sebuah adegan, Hanks mendapat luka di tangannya ketika hendak menghidupkan api unggun dengan kayu dan batu. Telapak tangan Hanks yang luka ternyata terinfeksi oleh bakteri dan memaksa Hanks untuk mengunjungi dokter spesialis untuk berobat. Tidak sampai disitu, ternyata akibat dari infeksi itu, Hanks terkena keracunan darah dan jadwal syuting terpaksa ditunda hingga Hanks sembuh.

6. Viggo Mortensen di The Lord of the Rings: The Two Towers [2002]

Film kolosal karya Peter Jackson ini memang tidak terbantahkan lagi, adalah salah satu film terbaik yang pernah dibuat dan masih termasuk juga sebagai salah satu film dengan pendapatan tertinggi alias terlaris. Film ini melanjutkan petualangan untuk menghancurkan cincin dan menjadi jembatan ke episode terakhir.

Dalam salah satu adegan, di mana Viggo Mortensen yang berperan sebagai Aragorn, mengambang di permukaan sungai karena terluka dan tak sadarkan diri. Ternyata, ketika proses syutingnya, Mortensen terbawa arus deras sungai di lokasi syuting dan kepalanya terantuk batu di tepian sungai.

Proses syuting terus berlangsung dengan kondisi Mortensen yang sudah hampir pingsan, sehingga apa yang ditampilkan dan terlihat di film tampak begitu nyata. Setelah itu, Mortensen dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa kesehatannya setelah peristiwa tersebut.

7. Tom Cruise di The Last Samurai [2003]

Aktor yang satu ini memang sering melakukan adegan-adegan berbahaya di film-film blockbuster-nya, tidak terkecuali di film ini. Dalam film kolosal arahan Edward Zwick ini, banyak adegan aksi yang menggunakan samurai sebagai senjatanya. Samurai inilah yang hampir mencelakai Cruise.

Dalam sebuah adegan pertempuran, Cruise menunggang kuda dan berhadapan dengan Hiroyuki Sanada, aktor senior Jepang. Ketika pengambilan adegan di mana Sanada harus menebas leher kuda, ternyata hampir saja mengenai kepala Cruise yang sedang terpelanting ke belakang.

Kuda yang digunakan pada saat syuting tersebut adalah kuda animatronic yang akhirnya mengalami kerusakan mekanis karena adegan ini. Sanada sendiri merasa samurainya hanya beberapa inci dari kepala Cruise. Tetapi, dalam sebuah wawancara, Cruise berkata jika dia percaya dengan keahlian samurai Sanada.

8. Isla Fisher di Now You See Me [2013]

Di film tentang dunia sulap yang penuh dengan trik yang ajaib, Isla Fisher berperan sebagai salah satu dari empat magician yang menjadi tokoh utamanya. Dalam sebuah adegan di awal film, Fisher melakukan aksi ditenggelamkan di kotak kaca dengan tangan terborgol.

Di awal syuting, Fisher tampak mengikuti arahan kepala stuntman, tetapi kemudian dia menjadi panik dan benar-benar memukul kaca dengan keras untuk meminta pertolongan. Hal ini dianggap oleh para kru adalah sebuah akting. Untung saja Fisher kemudian berhasil melepaskan borgol dan keluar dari kotak tersebut dengan selamat.

9. Johnny Depp di The Lone Ranger [2013]

Aktor yang karirnya sedang menanjak pada saat itu, meski dia tidak bisa keluar dari karakter Jack Sparrow di setiap filmnya, seolah-olah kembali menampilkan karakter itu dalam seting berbeda, yaitu di dunia western. Depp membuat karakter Tonto lebih nyentrik, tetapi tidak sesuai dengan karakter aslinya.

Dalam sebuah adegan berkuda, Depp terjatuh dan terseret oleh tali kekang kuda dalam kecepatan yang cukup tinggi. Sebelum kru stuntman bertindak mengatasi situasi tersebut, tali kuda sudah terlepas dari kaki Depp. Setelah diperiksa oleh tim medis, Depp mengalami memar di sekitar rusuknya.

10. Jason Statham di The Expendables 3 [2014]

Aktor laga asal Inggris ini terkenal lincah dan trengginas dalam beraksi. Statham juga seringkali melakukan adegan-adegan berbahaya sendiri tanpa menggunakan stuntman di dalam film-filmnya. Di dua film sebelumnya, Statham dan rekan-rekannya banyak melakukan aksi seru yang berbahaya.

Tetapi, di episode ketiga dari film action yang bertabur bintang aksi tiga zaman ini, Statham hampir mendekati kematian. Hal ini dinyatakan sendiri olehnya dan rekannya, seperti Stallone. Dalam sebuah adegan yang mengharuskannya mengebutkan mobil dan tercebur ke dalam laut, peristiwa ini terjadi.

Seharusnya, Statham menginjak rem tepat di tepi dermaga, tetapi mobil malah melewati batas itu dan tercebur ke dalam laut. Semua kru stuntman langsung ikut menceburkan diri dan membantu Statham keluar dari mobil itu. Beruntung, Statham berhasil keluar sebelum akhirnya mobil itu terus tenggelam ke kedalaman laut.

Menjadi seorang aktor profesional memang memiliki risiko yang tinggi. Selain harus menampilkan akting yang baik, terkadang mereka juga harus totalitas dalam melakukan semua adegan demi adegan di film, tidak terkecuali adegan aksi. Tetapi, ketika semua itu dijawab dengan sempurna, maka pujian pun akan menghampirinya.

Peristiwa-peristiwa di atas murni sebuah kecelakaan yang tidak terduga meski sudah dilakukan oleh para kru stuntman yang juga profesional. Untungnya, semua aktor di atas bisa melewatinya dan mampu melanjutkan proses syuting hingga akhir produksi. Semua kembali kepada kata “totalitas.”

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment