bacaterus web banner retina

10 Aktor Legendaris Mandarin yang Sukses Mendunia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 10 November 2021

Di era tahun 90-an, film Mandarin menjadi salah satu tema film yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air. Selain menghadirkan jalan cerita yang seru, aksi laga para jagoan di film dapat memacu adrenalin para penonton. Berkat aksi mereka yang keren, beberapa diantaranya bahkan sukses mengepakkan sayap karirnya hingga ke Hollywood.

Nah, dari sekian banyak aktor Mandarin yang bermunculan, nama-nama yang akan Bacaterus bahas di bawah merupakan para aktor legendaris Mandarin yang sukses mendulang popularitas tidak hanya di negeri asalnya tapi juga di luar negeri. Siapa saja mereka? Berikut adalah daftarnya:

Baca juga: 10 Drama Mandarin Terbaik di Tahun 2021

1. Jackie Chan

Jackie Chan

Jackie Chan adalah aktor legendaris kelahiran Hongkong tahun 1954. Pria yang memulai karirnya sebagai stuntman ini pertama kali debut di film New Fist of Fury (1974) karya sutradara Lo Wei. Popularitas Chan mulai meningkat setelah bermain di film arahan sutradara Yuen Woo Ping berjudul Snake in the Eagle's Shadow pada tahun 1978.

Sejak saat itu, Chan pun mulai mendapat banyak tawaran untuk bermain dalam berbagai judul film. Salah satunya adalah di film Battle Creek Brawl, yang menjadi awal mula kiprahnya di industri perfilman Hollywood.

Beberapa film produksi Hollywood yang pernah dibintanginya antara lain adalah Rush Hour, The Karate Kid, The Foreigner, dan Kungfu Panda. Meski telah berusia lanjut, tetapi Chan sendiri terlihat masih aktif bermain film. Hal itu dalam di lihat dari film terbarunya bertajuk 'Vanguard' karya sutradara Stanley Tong tahun 2021.

2. Jet Li

Jet Li

Jet Li adalah aktor legendaris Mandarin selanjutnya yang tidak kalah populer. Pemeran Wong Fei Hung di film Once Upon a Time in China ini pertama kali debut pada tahun 1982 di film Shaolin Temple. Selain dikenal sebagai aktor beladiri, pria kelahiran Beijing tahun 1963 ini juga dikenal sebagai sutradara dan produser film.

Sama seperti Jackie Chan, Jet Li adalah aktor yang sukses mengembangkan karier perfilmannya di Hollywood. Lethal Weapon 4 adalah film yang menandai karirnya di negara paman Sam tersebut. Di film yang tayang pada tahun 1998 tersebut, Li harus beradu akting dengan sejumlah aktor Hollywood kenamaan seperti Mel Gibson, Danny Glover, Joe Pesci, Rene Russo, dan Chris Rock.

Beberapa film box office Hollywood lainnya yang pernah dimainkan olehnya antara lain Hitman, Romeo Must Die, The One, The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor, dan The Expendables.

3. Andy Lau

Andy Lau

Andy Lau lahir di Hong Kong tahun 1961. Ia adalah seorang aktor, produser film, pembawa acara, dan penyanyi asal Hong Kong. Andy Lau diketahui memulai debut aktingnya pada tahun 1982 dengan berperan di serial televisi berjudul Hunting.

Popularitasnya meningkat setelah ia berperan sebagai Yoko di serial The Return of The Condor Heroes pada tahun 1983, yang kemudian disusul dengan bermain di sejumlah film layar lebar seperti King of Gamblers, A Fighter's Blue, Running of out time, dan Infernal Affairs.

Berkat penampilannya di film-film tersebut, pria yang berasal Dari Xinhui, Guangdong ini pun berhasil mendapat penghargaan sebagai 'Best Actor' di ajang penghargaan Hongkong seperti Golden Bauhinia Awards, Hong Kong Film Critics Society Awards, Golden Horse Awards, dan Golden Rooster Awards.

4. Stephen Chow

Stephen Chow

Siapa yang tidak kenal dengan aktor sekaligus komedian yang kerap menghibur dengan tingkah kocaknya. Stephen Chow adalah pria kelahiran Kowloon, Hong Kong pada 1962. Chow sukses mencuri perhatian para penggemar karena bakat aktingnya yang mumpuni.

Selain sebagai aktor, pria yang sangat mengagumi Bruce Lee ini dikenal juga sebagai Penulis Skenario, Sutradara, Pengusaha, dan Produser. Stephen Chow sendiri membintangi film pertamanya pada 1986 bertajuk A Better Tomorrow.

Sejak saat itu, ia kerap tampil dalam sejumlah film sukses seperti Flirting Scholar, Beijing with Love, Forbidden City Cop  dan King of Comedy. Popularitas Chow semakin meningkat di dunia berkat keterlibatannya di sejumlah film box office seperti Shaolin Soccer, CJ7, dan Kung Fu Hustle.

5. Chow Yun Fat

Chow Yun Fat

Aktor legenda Mandarin lainnya yang tidak kalah terkenal adalah Chow Yun Fat. Pria berusia 66 tahun ini diketahui memulai karirnya di industri perfilman sejak tahun 1974 di serial televisi. Setelah sukses meraih popularitas, ia mulai merambah dunia film layar lebar dengan membintangi A Better Tomorrow (1986) karya sutradara John Woo.


Penampilannya yang kerap memukau dalam sebuah film membuat namanya semakin melambung. Surat kabar Amerika, The LA Times bahkan menobatkan aktor kelahiran Hong Kong ini sebagai 'aktor paling mengagumkan di dunia'. 

Beberapa film box office yang sempat dibintanginya antara lain seperti Anna and the King (1999), Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000), Curse of the Golden Flower (2006), dan Pirates of the Caribbean: At World's End (2007).

6. Tony Leung

Tony Leung

Tony Leung mulai mendapat perhatian sejak bermain di film arahan sutradara John Woo berjudul Hard Boiled tahun 1992. Sebelum terjun ke layar lebar, pria yang sempat menempuh latihan akting di stasiun televisi TVB ini merupakan seorang komedian dan aktor televisi.

Kemampuan akting pria kelahiran Hong Kong tahun 1962 memang cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan keterlibatannya dalam banyak film. Leung sendiri mulai dikenal luas oleh penggemar internasional paska membintangi film A City of Sadness tahun 1989.

Berkat penampilannya tersebut, Leung pun berhasil meraih penghargaan Singa Emas Venesia. Beberapa filmnya yang juga cukup populer antara lain Chungking Express, Happy Together, dan Internal Affairs. Di film In the Mood for Love sendiri, Leung sempat meraih penghargaan ‘Best Actor' di Cannes Film Festival.

7. Bruce Lee

Bruce Lee

Bruce Lee adalah aktor legendaris yang cukup dikenal luas di industri hiburan dunia. Bruce Lee diketahui lahir di San Fransisco pada tahun 1940. Saat usianya muda, aktor yang memiliki gaya khas dalam setiap aksi laganya ini pernah tinggal dan besar di Hong Kong. Lee sendiri adalah murid dari ahli bela diri Wing Chun yang cukup melegenda, yaitu Yip Man.

Lee mulai menjadi sorot perhatian setelah bermain dalam film The Big Boss yang dirilis tahun 1971. Film tersebut mendapatkan kesuksesan yang besar di Hongkong. Menyusul kemudian film Fist of Fury pada tahun 1972 yang berhasil meraih box office Hong Kong.

Berkat popularitas Lee yang semakin meningkat, pihak rumah studio Warner Bros pun sempat mengajaknya bekerja sama di film The Game of Death. Lee sendiri diketahui sempat bermain di film Enter the Dragon sebelum akhirnya dinyatakan tewas di sebuah hotel.

8. Donnie Yen

Donnie Yen

Donnie Yen lahir di Guangzhou, Tiongkok tahun 1963. Pria yang lahir dan besar di lingkungan seni bela diri ini sukses merebut perhatian para penggemar berkat aksinya dalam sejumlah film. Donny sendiri memulai kariernya di industri perfilman dengan berperan di film Drunken Tai Chi pada tahun 1984.

Awal mula karirnya di Hollywood dimulai dengan bermain di film Iron Monkey (2000) dan Blade (2002). Pria berusia 58 tahun ini juga sempat dipertemukan dengan aktor Jet Li dalam beberapa judul film seperti Once Upon a Time in China II (1992), Iron Monkey (1993), dan Hero (2002).

Beberapa film populer lainnya yang pernah dimainkan oleh Donnie Yen antara lain Ip Man, The Expendables 2, Rogue One, dan xXx: Return of Xander Cage.

9. Sammo Hung

Sammo Hung

Sammo Hung adalah aktor kawakan yang dikenal memiliki ciri khas tubuh besar. Pria kelahiran Hong Kong pada tahun 1952 ini diketahui sempat menjadi koreografer untuk beberapa aktor terkenal dunia seperti Bruce Lee, Jackie Chan, Stephen Chow dan John Woo.

Sammo Hung sendiri memulai debutnya sebagai aktor di Enter the Dragon tahun 1972. Sejak saat itu, karier pria ini pun semakin cemerlang. Puluhan film diketahui sempat dimainkan oleh aktor berusia 69 tahun ini. Beberapa film terkenal yang dimainkan oleh Sammo Hung antara lain The Bodyguard, IP Man, Game of Death, Heart of Dragon, Kung Fu Chefs, dan Rise of The Legend.

10. Ge You

Ge You

Selanjutnya ada aktor Ge You. Pria yang cukup disegani di industri perfilman Hong Kong ini memulai karirnya sejak tahun 1985. Ge You merupakan putra dari aktor China yang cukup populer tahun 1950-an bernama Ge Cunzhuang. Ge You memulai debut dengan bermain di film berjudul Sheng Xia He Ta De Wei Hun Fu (1985).

Berkat penampilannya yang memukau, pria berkepala pelontos ini pun mulai mendapat banyak tawaran bermain untuk sejumlah drama dan film. Popularitas Ge You semakin naik setelah dirinya berperan di film Zhang Yimou To Liv. Di film tersebut Ge You menjadi aktor Asia pertama yang memenangkan Penghargaan ‘Best Actor' di Cannes Film Festival tahun 1994.

Beberapa filmnya yang cukup terkenal antara lain The Dream Factory, Big Shot's Funeral, Cell Phone, After Separation, dan Stories From The Editorial Board.

Demikian 10 Aktor Legendaris Mandarin yang sukses mencuri perhatian penggemar yang berhasil Bacaterus rangkum. Kehadiran para aktor laga dari never Tiongkok tersebut memang telah memberi warna yang lebih menarik di industri perfilman dunia. Kira-kira siapa idola favoritmu? Tulis komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram