Bacaterus / Peralatan Dapur / Masakan Menjadi Lebih Renyah dengan Alat Canggih Ini!

Masakan Menjadi Lebih Renyah dengan Alat Canggih Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2019

air fryer philips

Banyak cara untuk mengolah makanan renyah, misalnya dengan menggoreng menggunakan minyak. Sebenarnya tidak baik jika tubuh kita terlalu sering memakan makanan yang diolah dengan terlalu banyak minyak secara terus menerus. Namun, sekarang mommies tidak perlu khawatir karena sudah ada solusi alat penggoreng yang tidak memerlukan minyak setetes pun, yaitu dengan menggunakan air fryer.

Dengan adanya alat ini, makanan yang mommy masak akan menjadi lebih sehat dan bebas minyak. Mungkin alat ini terdengar asing untuk sebagian orang karena memang di Indonesia sendiri belum banyak yang menggunakannya. Sedangkan di luar negeri sendiri alat ini sudah menjadi alat yang umum digunakan untuk menggoreng.

 Cara kerja

Air Fryer bekerja dengan cara menyebarkan udara panas berkecepatan tinggi pada sekeliling makanan. Udara panas tersebut dihasilkan dari kipas mekanik yang ada di dalam air fryer. Sehingga udara panas tersebut akan membuat kadar air yang ada di dalam makanan menguap hingga dapat mematangkan makanan sekaligus akan mendapatkan tekstur yang renyah.

 Jenis

1. Basket air fryer

Basket Air Fryer

Jenis air fryer yang pertama ini merupakan yang paling banyak digunakan. Air fryer ini berbentuk seperti teko, dengan permukaan yang lebih cenderung bulat, serta ada banyaknya tombol.

Keunikan dari basket air fryer ini terletak pada cara membuka tutupnya yakni, dari samping yang tampak seperti sedang membuka laci. Selain itu, bentuk wadah dari basket air fryer ini seperti loyang. Dengan air fryer jenis ini moms bisa dengan mudah memasak makanan yang tidak terlalu kering. Bahkan, air fryer ini juga bisa digunakan untuk memanggang kue.

2. Paddle air fryer

Paddle air fryer

Paddle air fryer lebih mudah digunakan dengan cara membuka tutupnya pada bagian atas dan bentuknya pun hampir mirip seperti, magic com. Pada Paddle air fryer ini, terdapat baling-baling di bagian tengah yang berfungsi sebagai penyebar udara panas ketika memasak makanan. Paddle air fryer ini sangat cocok digunakan untuk memasak makanan frozen food dengan hasil yang sangat renyah pada permukaannya.

3. Oil free turkey fryer

Oil Free Turkey Fryer

Dengan kapasitas yang paling besar dari jenis lainnya, Oil free turkey fryer ini disebut sebagai air fryer Jumbo. Untuk bentuknya sendiri tidak jauh berbeda dari jenis panci berkaki lengkap dengan dua gagang di kanan dan kirinya, sehingga moms dapat dengan mudah mengangkatnya.

Berbeda dengan air fryer lainnya, jenis oil free ini memiliki tutup yang terpisah dengan wadahnya. Jadi, moms bisa dengan leluasa saat ingin memasukkan makanan ke dalam wadah air fryer jenis ini. Dengan kapasitasnya yang besar, Oil free turkey fryer ini biasa digunakan untuk memanggang ayam maupun kalkun utuh.

 Kelebihan menggunakan air fryer

Kelebihan pertama tentunya makanan menjadi lebih sehat karena tidak menggunakan minyak sama sekali dalam proses memasaknya. Selain itu, penggunaan air fryer juga akan menghemat penggunaan minyak goreng. Lalu, hasil makanan pun menjadi lebih krispi dan renyah karena kadar air dalam makanan telah menguap sempurna saat proses memasak.

Kelebihan lainnya adalah air fryer tidak merubah rasa makanan, sehingga rasanya sama seperti ketika menggoreng menggunakan minyak. Selain itu, air fryer juga bisa dibilang sebagai alat multifungsi. Karena selain berguna untuk memasak, moms bisa menggunakannya untuk memanggang. Jadi, tidak perlu repot-repot memiliki alat masak dan panggangan.

Untuk moms yang memiliki banyak kesibukan dirumah sangat cocok menggunakan air fryer. Karena saat memasak menggunakan alat ini, moms bisa sekaligus sambil menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya tanpa harus takut makanan gosong.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai alat air fryer. Ini bisa menjadi pilihan buat para moms agar masakan lebih sehat dan renyah. Praktis, bukan? Jadi, tunggu apalagi buruan beli, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar