Bacaterus / Serba Serbi / Sensasi Menginap Di Hotel ‘Terbang’ A380 Emirates Airlines

Sensasi Menginap Di Hotel ‘Terbang’ A380 Emirates Airlines

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Desember 2018

Apabila banyak yang bertanya, apa sih moda transportasi paling aman dan nyaman di dunia? Maka jawabannya adalah pesawat terbang. Kok bisa? Oke, tim Bacaterus coba untuk menjelaskanya yaa…

Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang sampai saat ini diminati oleh orang banyak. Selain karena jarak tempuh yang mampu dipersingkat, alasan keamanan menjadi hal lain mengapa pesawat masih menjadi popular di kalangan traveler.

Menurut para ahli, pesawat merupakan salah satu kendaraan paling canggih yang pernah dibuat. Dengan sistem GPS yang sudah terpasang juga program yang terdapat di Air Traffic Control (ATC), jalur pesawat sudah ditentukan sehingga pesawat tidak mungkin ‘nyasar’ atau keluar jalur, bahkan saat pesawat sedang dalam mode autopilot.

Belum lagi teknologi yang ada di dalam kabin pesawat; mulai dari emergency lamp yang akan menyala otomatis begitu ada keadaan genting, perahu karet yang mengembang apabila pesawat harus water landing, juga ratusan pelampung yang disediakan untuk penumpang.

Nah, kalau untuk urusan keamanan sudah bisa dipastikan oke, bagaimana dengan urusan kenyamanan? Banyak loh yang mengeluh untuk urusan satu ini. Bagaimana tidak? Penumpang pesawat bisa diam di tempat duduknya masing-masing sehingga puluhan jam tanpa bergerak banyak.

Kebayang gak sih pegelnya kaya gimana? Kita saja apabila pergi menggunakan pesawat selama 3-4 jam sudah males apalagi mereka yang harus menempuh puluhan jam? Sekalipun bagi orang-orang yang mampu membayar kelas bisnis; mereka pun pasti akan bosan dan lelah sekali untuk duduk manis saja.

Kini kalian tidak usah khawatir lagi yaa. Sebab, kini sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan fasilitas-fasilitas yang membuat para penumpangnya lebih nyaman dan santai menikmati penerbangan mereka.

Salah satunya ya pesawat airbus A380 dibawah ini. Sebagai maskapai yang memiliknya; Emirates terus berupaya untuk membuat para penumpangnya relaks saat terbang bersama mereka. Sehingga terwujudlah hotel terbang ala Emirates yang dijamin membuat seluruh penumpangnya lupa kalau mereka sedang ada di ketinggian 36.000 kaki. Penasaran? Yuk kita lihat!

Pesawat Airbus A380

emirates a380

Negara yang pertama kali memakai pesawat jenis ini adalah SIngapura. Melalui maskapainya; Singapore Airlines, pesawat Airbus A380 melakukan penerbangan perdananya pada bulan Oktober tahun 2007 silam dengan tujuan Singapura ke Sydney (nomor penerbangan SQ380). Setelah dirasa cukup sukses, akhirnya beberapa Negara seperti Inggris, Dubai, Perancis, Korea, Malaysia, Australia dan negara-negara lainnya mulai menggunakan pesawat ini.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman; banyak maskapai yang mulai memodifikasi isi pesawat dengan fasilitas kelas satu bahkan untuk para penumpang ekonominya. Kali ini Bacaterus akan melihat bagaimana kerennya pesawat Airbus A380 milik Emirates Airlines yang kesohor itu.

Kabin Pesawat

seat-kelas-utama

Pesawat A380 ini memiliki dua deck yang membedakan kelas utama dan kelas ekonomi yang mampu menampung sekitar 600 penumpang. Setting tempat duduk di kelas ekonomi adalah 3-4-3. Nah, untuk Kelas utama berada di lantai dengan kabin yang berbeda; First Class dan Business Class.

Untuk Business Class setting tempat duduknya adalah 2-3-2 dengan kabin pribadi (tablet), sedangkan untuk kabin First Class, kita akan dibuat seperti berada di hotel bintang 5, bukan di dalam pesawat yang sedang melaju dengan kecepatan 926 km/jam.

kabin kelas satu

First Class Private Suite dilengkapi dengan kabin pribadi yang memiliki pintu geser. Dalam kabin, tersedia tempat duduk berbahan dasar kulit asli Poltrona Flau super nyaman yang bisa berubah menjadi tempat tidur untuk penumpangnya.

Sebagai catatan, kulit Poltrona Flau merupakan jenis bahan kulit yang dipakai untuk mobil-mobil high-class semacam Ferrari dan Alfa Romeo. Luas tempat duduk di kabin ini luasnya 3 kali lipat tempat duduk di maskapai penerbangan biasa (kelas ekonomi). Gak usah ribet lagi deh kalau mau ke toilet, harus grasak-grusuk dulu baru bisa keluar.

Nah, kalau selama di perjalanan kalian merasa bosan, Emirates juga sudah menyediakan hiburan. Di dalam kabin sudah terpasang televisi nirkabel 24 inch dengan 2.500 channel dari seluruh dunia. Masih kurang? Emirates bahkan menambahkan layanan internet, private cinema, game paling up-to-date dan ribuan musik berbagai genre yang bisa dinikmati selama perjalanan!

monitor kamera

Kalian juga bisa loh melihat pemandangan dari luar pesawat. Ada sekitar 4 kamera yang terpasang di badan pesawat; di bagian depan pesawat, di sayap, juga di bagian vertical stabilizer pesawat. Hal ini mampu membuat kalian melihat keadaan di luar pesawat; entah melihat awan atau langit di luar sana.

Mini Bar

mini bar

Sedang menikmati hiburan dalam kabin lantas lapar atau haus? Kalian tidak perlu lagi berjalan keluar atau minta bantuan pramugari. Dalam kabin juga terdapat mini bar yang bisa mengatasi masalah kelaparan kalian. Beragam makanan ringan juga minuman tersedia di dalam kulkas yang ada di mini-bar tepat di samping seat yang kalian duduki.

Oh iya, kalau kalian mau, kalian juga bisa keluar dan menuju lounge di dekat galley kelas utama. Di sana kalian pasti akan bertemu banyak orang layaknya di VIP’s club. Puluhan wine terbaik disajikan untuk para penumpang Emirates, buah atau sejenisnya juga akan mendampingi kalian selama berada di lounge.

Untuk urusan makanan yang memang disediakan di meja lounge, kalian tak usah malu-malu atau takut membayar lagi. Sebab semuanya sudah menjadi compliment dari Emirates untuk penumpangnya.

Restoran

restoran

Setelah asyik bercengkrama dengan penumpang lain dan puas menikmati segarnya minuman di lounge, jangan dulu kembali ke kabin kalian. Emirates sudah menyiapkan makanan super lezat yang bisa disantap di restoran. Keren sekali bukan? Biasanya kendaraan yang memiliki restoran hanya kereta api saja mengingat beratnya alat-alat masak, tapi kini Emirates memilikinya juga.

Makanan di dalam pesawat juga bukan makanan biasa; Grilled Angus Beef Tenderloin, Poached Cod Fillet, Seafood Pappardelle, Murgh do Pyaza, Spinach and Ricotta Torellini siap sedia untuk kalian sebagai hidangan utama. Bagi kalian yang sedang melakukan program diet, beritahu saja pramugarinya, maka hidangan yang diasajikan pun special untuk program diet. Pokoknya sip sekali deh! Lapar? Tidak lagi!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Pluviophile; (n) a lover of rain; someone who finds joy and peace of mind during rainy days

Leave A Comment