Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Maret 2019

Apabila banyak yang bertanya, apa sih moda transportasi paling aman dan nyaman di dunia? Maka jawabannya adalah pesawat terbang. Kok bisa? Oke, tim Bacaterus coba untuk menjelaskanya yaa…

Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang sampai saat ini diminati oleh orang banyak. Selain karena jarak tempuh yang mampu dipersingkat, alasan keamanan menjadi hal lain mengapa pesawat masih menjadi popular di kalangan traveler.

Menurut para ahli, pesawat merupakan salah satu kendaraan paling canggih yang pernah dibuat. Dengan sistem GPS yang sudah terpasang juga program yang terdapat di Air Traffic Control (ATC), jalur pesawat sudah ditentukan sehingga pesawat tidak mungkin ‘nyasar’ atau keluar jalur, bahkan saat pesawat sedang dalam mode autopilot.

Belum lagi teknologi yang ada di dalam kabin pesawat; mulai dari emergency lamp yang akan menyala otomatis begitu ada keadaan genting, perahu karet yang mengembang apabila pesawat harus water landing, juga ratusan pelampung yang disediakan untuk penumpang.

Nah, kalau untuk urusan keamanan sudah bisa dipastikan oke, bagaimana dengan urusan kenyamanan? Banyak loh yang mengeluh untuk urusan satu ini. Bagaimana tidak? Penumpang pesawat bisa diam di tempat duduknya masing-masing sehingga puluhan jam tanpa bergerak banyak.

Kebayang gak sih pegelnya kaya gimana? Kita saja apabila pergi menggunakan pesawat selama 3-4 jam sudah males apalagi mereka yang harus menempuh puluhan jam? Sekalipun bagi orang-orang yang mampu membayar kelas bisnis; mereka pun pasti akan bosan dan lelah sekali untuk duduk manis saja.

Kini kalian tidak usah khawatir lagi yaa. Sebab, kini sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan fasilitas-fasilitas yang membuat para penumpangnya lebih nyaman dan santai menikmati penerbangan mereka.

Salah satunya ya pesawat airbus A380 dibawah ini. Sebagai maskapai yang memiliknya; Emirates terus berupaya untuk membuat para penumpangnya relaks saat terbang bersama mereka. Sehingga terwujudlah hotel terbang ala Emirates yang dijamin membuat seluruh penumpangnya lupa kalau mereka sedang ada di ketinggian 36.000 kaki. Penasaran? Yuk kita lihat!

Pesawat Airbus A380

emirates a380

Negara yang pertama kali memakai pesawat jenis ini adalah SIngapura. Melalui maskapainya; Singapore Airlines, pesawat Airbus A380 melakukan penerbangan perdananya pada bulan Oktober tahun 2007 silam dengan tujuan Singapura ke Sydney (nomor penerbangan SQ380). Setelah dirasa cukup sukses, akhirnya beberapa Negara seperti Inggris, Dubai, Perancis, Korea, Malaysia, Australia dan negara-negara lainnya mulai menggunakan pesawat ini.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman; banyak maskapai yang mulai memodifikasi isi pesawat dengan fasilitas kelas satu bahkan untuk para penumpang ekonominya. Kali ini Bacaterus akan melihat bagaimana kerennya pesawat Airbus A380 milik Emirates Airlines yang kesohor itu.

Kabin Pesawat

seat-kelas-utama

Pesawat A380 ini memiliki dua deck yang membedakan kelas utama dan kelas ekonomi yang mampu menampung sekitar 600 penumpang. Setting tempat duduk di kelas ekonomi adalah 3-4-3. Nah, untuk Kelas utama berada di lantai dengan kabin yang berbeda; First Class dan Business Class.

Untuk Business Class setting tempat duduknya adalah 2-3-2 dengan kabin pribadi (tablet), sedangkan untuk kabin First Class, kita akan dibuat seperti berada di hotel bintang 5, bukan di dalam pesawat yang sedang melaju dengan kecepatan 926 km/jam.

kabin kelas satu

First Class Private Suite dilengkapi dengan kabin pribadi yang memiliki pintu geser. Dalam kabin, tersedia tempat duduk berbahan dasar kulit asli Poltrona Flau super nyaman yang bisa berubah menjadi tempat tidur untuk penumpangnya.

Sebagai catatan, kulit Poltrona Flau merupakan jenis bahan kulit yang dipakai untuk mobil-mobil high-class semacam Ferrari dan Alfa Romeo. Luas tempat duduk di kabin ini luasnya 3 kali lipat tempat duduk di maskapai penerbangan biasa (kelas ekonomi). Gak usah ribet lagi deh kalau mau ke toilet, harus grasak-grusuk dulu baru bisa keluar.

Nah, kalau selama di perjalanan kalian merasa bosan, Emirates juga sudah menyediakan hiburan. Di dalam kabin sudah terpasang televisi nirkabel 24 inch dengan 2.500 channel dari seluruh dunia. Masih kurang? Emirates bahkan menambahkan layanan internet, private cinema, game paling up-to-date dan ribuan musik berbagai genre yang bisa dinikmati selama perjalanan!

monitor kamera

Kalian juga bisa loh melihat pemandangan dari luar pesawat. Ada sekitar 4 kamera yang terpasang di badan pesawat; di bagian depan pesawat, di sayap, juga di bagian vertical stabilizer pesawat. Hal ini mampu membuat kalian melihat keadaan di luar pesawat; entah melihat awan atau langit di luar sana.

Mini Bar

mini bar

Sedang menikmati hiburan dalam kabin lantas lapar atau haus? Kalian tidak perlu lagi berjalan keluar atau minta bantuan pramugari. Dalam kabin juga terdapat mini bar yang bisa mengatasi masalah kelaparan kalian. Beragam makanan ringan juga minuman tersedia di dalam kulkas yang ada di mini-bar tepat di samping seat yang kalian duduki.

Oh iya, kalau kalian mau, kalian juga bisa keluar dan menuju lounge di dekat galley kelas utama. Di sana kalian pasti akan bertemu banyak orang layaknya di VIP’s club. Puluhan wine terbaik disajikan untuk para penumpang Emirates, buah atau sejenisnya juga akan mendampingi kalian selama berada di lounge.

Untuk urusan makanan yang memang disediakan di meja lounge, kalian tak usah malu-malu atau takut membayar lagi. Sebab semuanya sudah menjadi compliment dari Emirates untuk penumpangnya.

Restoran

restoran

Setelah asyik bercengkrama dengan penumpang lain dan puas menikmati segarnya minuman di lounge, jangan dulu kembali ke kabin kalian. Emirates sudah menyiapkan makanan super lezat yang bisa disantap di restoran. Keren sekali bukan? Biasanya kendaraan yang memiliki restoran hanya kereta api saja mengingat beratnya alat-alat masak, tapi kini Emirates memilikinya juga.

Makanan di dalam pesawat juga bukan makanan biasa; Grilled Angus Beef Tenderloin, Poached Cod Fillet, Seafood Pappardelle, Murgh do Pyaza, Spinach and Ricotta Torellini siap sedia untuk kalian sebagai hidangan utama. Bagi kalian yang sedang melakukan program diet, beritahu saja pramugarinya, maka hidangan yang diasajikan pun special untuk program diet. Pokoknya sip sekali deh! Lapar? Tidak lagi!

Shower dan Spa

Shower

Ketika urusan perut sudah selesai, yuk bersihkan mulut dan menyegarkan badan di fasilitas shower dan spa pesawat. Saat menikmati fasilitas ini, kalian akan diberikan beberapa peralatan refreshers dari Bvlgari! Produk kecantikan Irlandia, Voya pun bisa kalian dapatkan sekaligus; mulai dari shampoo, conditioner, hand cream, moisturizer, body wash, sabun dan cleanser. Keren kan?

produk bvlgari

Saat menggunakan shower, kalian bisa menikmati air hangat tapi hanya dalam waktu 5 menit saja. Cukup untuk membuka pori-pori supaya kulit bisa bernafas kembali. Sehabis menyegarkan dan membersihkan diri, pramugari akan memberikan jus anti-detox yang sehat dan segar supaya kalian menjadi semakin nyaman menikmati perjalanan.

Fasilitas Anak dan Lansia

Bila kalian berpergian bersama keluarga atau ada anak-anak yang menjadi tanggung jawab kalian, jangan merasa berat hati yaa! Emirates akan treat kalian sebaik mungkin; penumpang yang berpergian bersama anak kecil akan lebih dahulu dilayani. Kalian akan masuk ke dalam pesawat pun pertama kali dari penumpang lainnya.

Di dalam pesawat juga sudah disediakan beberapa mainan lucu dan program-program televisi yang dikhususkan untuk anak-anak. Ini akan membuat perjalanan kalian tidak akan terganggu lagi dengan ‘tingkah’ anak kecil selama di dalam pesawat yang suka menangis saat mendengar suara jet pesawat atau karena merasa bosan berjam-jam duduk.

Teknologi yang ada dalam pesawat ini memungkinkan adanya penurunan tingkat bising akibat suara jet sebesar 50%; sehingga anak kecil tidak akan terganggu lagi akan suara bising.

Pelayanan lainnya untuk anak-anak pun masih ada lagi; salah satunya makanan. Makanan yang disajikan dan beverages akan disesuaikan dengan anak-anak. Jadi kalian juga tidak usah khawatir lagi pada anak-anak soal urusan makanan. Emirates sudah pasti memanjakan kalian deh pokoknya.

Untuk penumpang lanjut usia juga ada pelayanannya sendiri. Di setiap tempat duduk khusus penumpang First Class, sudah dilengkapi dengan telepon yang bisa digunakan untuk memanggil pramugari. Karena tombol panggil dirasa tidak cukup efektif untuk para lanjut usia.

Perayaan Ulang Tahun

Oh iya, kalau kalian berpergian dengan Emirates di hari ulang tahun kalian, Emirates akan menyediakan kue ulang tahun untuk kalian loh dan yaaah… akan ada sedikit pesta kecil-kecilan di kabin kalian. Untuk mendapatkan compliment semacam ini, kalian harus buat reservasi sekaligus kasih tahu staff Emirates yaah kalau pada saat di perjalanan nanti, kalian ulang tahun. Nanti bakal dapet surprise deh.

Kalau kalian mau membeli hadiah untuk diri sendiri ketika ulang tahun, kalian bisa kok belanja di pesawat lewat fasilitas duty free by Emirates. Ada ribuan produk tanpa pajak yang bisa dibeli online dari pesawat dan diambil ketika kalian sampai di bandara tujuan. Para pegawai Emirates akan menyiapkan barang-barang yang kalian pesan dan mengemasnya sesuai dengan custom yang kalian inginkan.

Semua pelayanan yang diberikan oleh maskapai Emirates ini bersifat sama; baik di darat ketika menunggu boarding ataupun saat di dalam pesawat. Para pramugari dan staff ahli sudah di training dengan baik supaya setiap penumpang entah itu yang ada di kelas ekonomi ataupun kelas utama mendapatkan pelayanan yang serupa menurut kelasnya.

Tidak mungkin juga kan kalau penumpang kelas ekonomi lompat ke lounge penumpang kelas utama? Pramugari bisa kerepotan nantinya kalau sekitar 600 penumpang di atas pesawat mondar-mandir di aisle.

Pramugari di Emirates juga diusahakan untuk tidak melakukan kesalahan sekecil apapun. Kalau kita adalah penumpang prioritas alias penumpang kelas utama dan menemukan flaw dari servis yang dilakukan oleh pramugari Emirates, maka kita berhak menuntutnya.

Sikap para staff dan pramugari yang sudah sangat baik itu harus ada feedback dari kita juga ya. Kita juga harus bersikap kepada mereka karena tingkah laku dan gerak-gerik kita dimonitor oleh kamera pengawas yang terletak di tengah-tengah dinding kabin. Jadi, kalau kalian macam-macam, kamera akan merekam tindakan kalian. So, keep smile guys! You’re on the camera!

Untuk menjadi penumpang kelas utama dan merasakan bagaimana hebatnya hotel ‘terbang’ di atas sana memang lumayan menguras isi dompet. Kalian harus membayar sekitar $ 29.000 atau sekitar Rp 385.700.000,-. Mahal? Pasti. Tapi harga mahal ini sebanding dengan perjalanan mengagumkan selama puluhan jam di atas 36 – 40.000 kaki di atas permukaan laut juga menjadi pengalaman yang pastinya akan seru sekali.

Besar harapan tim Bacaterus supaya Indonesia bisa menggunakan jenis pesawat ini untuk jarak tempuh dan tujuan yang sangat jauh, karena akses terdekat untuk menikmati mewahnya pesawat Emirates masih ada di Singapura dan Malaysia saja. Tunggu apalagi? Pesan tiketnya sekarang juga!