bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 7 Alasan Memakai Reusable Bag Sebagai Pengganti Tas Plastik

7 Alasan Memakai Reusable Bag Sebagai Pengganti Tas Plastik

Ditulis oleh Rizky Maisyarah - Diperbaharui 29 Mei 2020

Tas plastik merupakan tas yang murah dan gampang diperoleh, jadi tidak heran jika tas plastik gampang robek dan rusak. Sayangnya, sifat gampang robek ini sangat berbeda dengan sifat asli dari plastik itu sendiri. Sampah plastik memerlukan waktu ratusan hingga ribuan tahun agar bisa terurai di dalam tanah.

Salah satu alternatif pengganti penggunaan tas plastik adalah dengan menggunakan reusable bag. Reusable bag adalah tas yang bisa digunakan berkali-kali dan biasanya digunakan untuk berbelanja. Kali ini Bacaterus akan membahas mengapa kita sebaiknya mulai membiasakan diri menggunakan reusable bag.

7 Alasan Memakai Reusable Bag Sebagai Pengganti Tas Plastik

1. Indah Dipandang Mata

Indah Dipandang Mata

Reusable bag memiliki beragam bentuk dan desain. Ada yang polos dan sederhana, ada yang berwarna-warni, atau berupa tas rajutan yang modis seperti gambar di atas. Bahkan Anda bisa membuat sendiri reusable bag Anda dengan kreasi yang Anda mau.

Semua itu tergantung selera Anda. Yang pasti, Anda akan terlihat lebih keren saat membawa barang-barang belanjaan Anda daripada Anda harus menenteng tas plastik hitam, bukan?

2. Bisa Dibuat Sendiri

Bisa Dibuat Sendiri

Bermodalkan mesin jahit, kain perca atau kain dari pakaian yang sudah tidak terpakai, benang, jarum, dan contekan pola reusable bag yang dicomot dari internet, Anda bisa membuat reusable bag kreasi sendiri.

Tentunya, selain hemat, ini juga merupakan salah satu cara mendaur ulang pakaian yang sudah tidak layak pakai. Untuk pola-pola reusable bag, Anda bisa menconteknya dari situs pinterest.com dan semacamnya.

Bagi Anda yang ingin reusable bag cantik tapi tidak memiliki mesin jahit atau tidak ada waktu untuk membuatnya, sekarang sudah banyak jasa pembuatan tote bag atau reusable bag yang bisa Anda pesan dengan desain sesuai keinginan Anda. Atau, luangkan waktu sejenak untuk mencari-cari desain yang menarik minat Anda ke situs-situs toko online.

3. Tahan Lama dan Bisa Dipakai Berkali-kali

Ucapkan selamat tinggal pada perasaan malu ketika tas plastic Anda sobek di tempat umum. Dengan reusable bag, tas belanja kita akan lebih awet dan juga bisa dicuci. Selain itu, jika Anda bosan dengan salah satu tote bag atau reusable bag Anda, Anda bisa menjualnya kembali dan membeli yang baru. Atau, Anda bisa memakai reusable bag Anda sebagai salah satu tempat penyimpan barang di rumah.

4. Tanda Cinta pada Lingkungan dan Makhluk Hidup

Mengurangi Limbah Plastik

Diperkirakan, sekitar seratus ribu binatang yang hidup di sekitar laut mati setiap tahunnya karena tidak sengaja memakan plastik. Binatang-binatang ini bingung membedakan makanan mereka dengan tas plastic yang mengapung di lautan atau partikel plastic lainnya. Plastik yang mereka makan menghalangi jalur pencernaan binatang-binatang ini dan dapat menyebabkan mereka mati kelaparan.

Selain berakibat buruk bagi kelangsungan makhluk hidup, plastik juga membuat suplai minyak bumi dan gas alam semakin menipis. Plastik terbuat merupakan salah satu produk olahan minyak bumi dan gas alam. Itulah alasan kenapa plastik memiliki rantai karbon yang sangat panjang dan sulit untuk diurai oleh mikroorganisme alam.

Dengan menggunakan reusable bag, selain mendukung kelestarian makhluk hidup, kita juga ikut melestarikan sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas untuk penggunaan yang lebih bermanfaat.

5. Bukan Sekedar Tas Belanja

Reusable bag tidak hanya berfungsi untuk menemani Anda berbelanja ke pasar. Anda juga bisa memakai reusable bag untuk bepergian, menyimpan barang bawaan ke kampus atau ke tempat kerja atau sebagai tas untuk membawa bekal makan siang Anda. Yang jelas, kegunaan reusable bag lebih dari sekedar pengganti tas plastik ketika Anda berbelanja ke pasar atau supermarket.

6. Reusable Bag Lebih Unggul Daripada Paper Bag

Tanda Cinta pada Lingkungan dan Makhluk Hidup

Mungkin Anda sedikit bertanya-tanya, apa perbedaan antara paper bag dan reusable bag? Reusable bag masih lebih unggul dari paper bag. Meskipun sama-sama bisa tidak seberbahaya tas plastik, paper bag masih memiliki banyak kekurangan.

Paper bag merupakan tas yang terbuat dari kertas. Untuk keperluan pembuatan paper bag, sekitar ratusan pohon ditebang pertahunnya. Selain itu, proses pembuatan paper bag juga menggunakan banyak bahan kimia dan karena dibuat di pabrik, pembuatan paper bag juga menghabiskan banyak energi.  Reusable bag lebih ramah lingkungan karena kita bisa membuatnya sendiri dan lebih tahan lama.

7. Mengurangi Limbah Plastik

https://www.youtube.com/watch?v=4XI4WacWE4Q

Seluruh sampah anorganik (tidak dapat diurai, seperti plastik) yang kita buang ke sungai akan berakhir ke lautan. Lalu, setelah bermuara di lautan, ke mana lagi sampah-sampah itu pergi?

Sampah-sampah di lautan akhirnya menumpuk di sekitar Samudera Pasifik atau berakhir di Samudera Hindia. Yang terbesar ada di Samudera Pasifik. Kumpulan sampah di Samudera Pasifik membentuk sebuah daratan sampah plastik yang luasnya sekitar 700.000 kilometer persegi atau sekitar enam kali luas pulau Jawa. Mirisnya lagi, Indonesia merupakan penghasil sampah plastik kedua terbesar di dunia.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan reusable bag. Sudah saatnya kita ikut mengurangi limbah plastik dan berpartisipasi dalam menjaga keberlangsungan ekosistem di planet bumi kita tercinta.

Demikianlah ulasan dari Bacaterus mengenai penggunaan reusable bag. Yuk, mulai memakai reusable bag, karena selain lebih ekonomis dan tahan lama, reusable bag juga ramah lingkungan. Bagaimana pendapat Anda? Jika Anda memiliki pendapat lain atau tips seputar reusable bag, silakan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram