bacaterus web banner retina

5 Pencakar Langit Rekayasa Paling Keren di Film Box-Office

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 5 Januari 2021

Menurut hasil penelitian, setidaknya ada lebih dari 1.000 pencakar langit yang ada di seluruh dunia. Negara penghasil pencakar langit terbanyak dimiliki oleh Hong Kong, dilanjut dengan Amerika hingga paling akhir adalah Korea Selatan. Penasaran dengan Indonesia berada di urutan ke berapa? Indonesia berada di urutan ke 15 sebagai penghasil pencakar langit terbanyak.

Nah, fenomena ini yang sering kali diambil oleh banyak sineas guna membuat film yang memiliki setting pencakar langit. Namun karena rumitnya izin dan mahalnya peralatan yang mendukung proses pembuatan film di dalam gedung pencakar langit; apalagi kalau filmnya mengusung tema aksi yang punya ledakan, ratusan galon air tumpah, remuknya tulang baja sampai runtuhnya gedung. 

Hal ini membuat para sineas jadi urung menggunakan setting gedung asli. Hingga akhirnya banyak sineas yang memutar otak; bagaimana caranya memiliki film bersetting gedung pencakar langit tanpa harus ada di dalamnya dengan membuat gedung pencakar langit rekayasa yang benar-benar terlihat seperti bangunan sungguhan setelah dibubuhi efek CGI (Computer-Generated Image). Penasaran bagaimana penampakan gedung-gedung itu? Yuk simak artikelnya dibawah ini!

1. The Glass Tower

Building_The Glass Tower (Copy)

Film produksi Irwin Allen berjudul Towering Inferno ini menceritakan tentang sebuah pencakar langit brand-new tertinggi sejagat raya bernama The Glass Tower. Dengan tinggi 138 lantai, seluruh masyarakat di San-Francisco bisa melihat anggunnya gedung ini dari kejauhan. 

Dengan alasan ingin memukau para tamu undangan di hari pembukaan; pemilik gedung The Glass Tower memaksakan para engineer untuk tetap menyalakan seluruh lampu di The Glass Tower meski pasokan listrik yang terambil melebihi daya. Benar saja, akibat hal tersebut, korslet di lantai 81 pun terjadi menyebabkan ratusan orang dan tamu-tamu penting yang ada di lantai 135 terperangkap tidak bisa turun menyelamatkan diri. 

Gedung The Glass Tower sendiri merupakan gedung pencakar langit rekayasa yang dibuat oleh sang illustrator di film Towering Inferno, Joseph Musso. Dalam blue-print miliknya, The Glass Tower digambarkan memiliki tinggi 503 meter, dengan design segi lima tidak simetris, berhiaskan lapisan kaca berwarna emas, dan terletak di lokasi fiksi 655 Market Street, San Francisco, California yang notabenenya tidak pernah ada.

2. Nakatomi Plaza

Nakatomi Plaza Apabila kalian pecinta film aksi, sudah pasti tidak asing lagi dengan film Die Hard bukan? Film yang rilis di tahun 1988 dan dibintangi oleh si keren Bruce Willis ini mengambil setting di gedung perkantoran super mewah tengah kota Los Angeles, California bernama Nakatomi Plaza. Bruce Willis yang berperan sebagai John McClane seorang detektif NYPD datang kesana untuk menemui istrinya Holly namun berubah menjadi perjuangan hidup akibat teroris yang dikepalai oleh Hans Gruber datang ikut nimbrung pesta natal di Nakatomi Plaza. Nakatomi Plaza sendiri merupakan tempat fiksi; sedangkan gedung aslinya memang ada di 2121 Avenue of The Stars, California dengan nama Fox Plaza. Dalam film Die Hard, Nakatomi Plaza digambarkan sebagai perkantoran dengan total 35 lantai berukuran 150 meter dari permukaan tanah. Seluruh sistem yang ada di gedung ini menggunakan sistem mutakhir untuk tahun 1988; membuat Nakatomi Plaza digadang-gadang sebagai gedung kompleks paling mewah di California. (Copy)

Apabila kalian pecinta film aksi, sudah pasti tidak asing lagi dengan film Die Hard bukan? Film yang rilis di tahun 1988 dan dibintangi oleh si keren Bruce Willis ini mengambil setting di gedung perkantoran super mewah tengah kota Los Angeles, California bernama Nakatomi Plaza.

Bruce Willis yang berperan sebagai John McClane seorang detektif NYPD datang kesana untuk menemui istrinya Holly namun berubah menjadi perjuangan hidup akibat teroris yang dikepalai oleh Hans Gruber datang ikut nimbrung pesta natal di Nakatomi Plaza.

Nakatomi Plaza sendiri merupakan tempat fiksi; sedangkan gedung aslinya memang ada di 2121 Avenue of The Stars, California dengan nama Fox Plaza. Dalam film Die Hard, Nakatomi Plaza digambarkan sebagai perkantoran dengan total 35 lantai berukuran 150 meter dari permukaan tanah.

Seluruh sistem yang ada di gedung ini menggunakan sistem mutakhir untuk tahun 1988; membuat Nakatomi Plaza digadang-gadang sebagai gedung kompleks paling mewah di California.

3. Tower Sky

The Tower_Image (Copy)

*Source: HanCinema

Masih ingat film Box-Office asal Korea Selatan berjudul The Tower? Yak! Film yang rilis di tahun 2016 silam ini menceritakan tentang perjuangan banyak orang dalam insiden kebakaran terbesar di Korea yang melanda sebuah bangunan tertinggi di jantung kota Seoul, Korea Selatan bernama Tower Sky akibat tertabrak 2 helikopter yang saling adu akibat diterpa angin kencang saat menabur salju buatan di atas menara.

Dalam film ini, Tower Sky diceritakan bukan hanya gedung tertinggi di Korea, namun juga merupakan gedung ultra kompleks super mewah dengan struktur gedung kembar; terdiri dari 2 menara; Tower A - City View (Menghadap langsung ke wilayah pusat bisnis di Yeouido) dan Tower B - River View (Menghadap ke sungai Han).

Menara ini juga memiliki 108 lantai dengan okupansi sebanyak 30.000 jiwa yang terbagi atas penghuni apartemen kelas kakap, para tenant di perkantoran juga pusat perbelanjaan.

4. The Stark Tower

Building_The Stark Tower (Copy)

Pecinta Marvel khususnya edisi Avengers Universe pasti sudah tidak asing lagi dengan bangunan ikonik satu ini. The Stark Tower yang sekarang sudah berubah menjadi Avengers Tower merupakan gedung pencakar langit kompleks yang berada tepat di kota Manhattan; gedung ini merupakan rekayasa dan menggunakan efek CGI untuk mendapatkan feel sebuah gedung nyata.

Konstruksinya dibuat oleh Tony Stark si Iron Man super kaya dan ditenagai oleh Arc Reactor yang mampu memberikan daya sendiri terhadap gedung tanpa bantuan listrik selama setahun penuh.

The Stark Tower berisikan seluruh perusahaan dari grup Stark Industries yang sudah pasti dipegang penuh oleh Tony Stark dan kekasihnya Pepper Pots sebelum akhirnya mengikuti arahan dari S.H.I.E.L.D., untuk membuat gedung super tinggi ini menjadi main headquarter untuk para Avenger. Sampai ketika di masa Avengers Civil War, Tony Stark menjual menara tersebut dan pindah ke fasilitas baru Avengers.

5. The Pearl

Skyscraper_The Pearl (Copy)

Satu lagi bangunan rekayasa yang tampil untuk film Box Office, Skyscraper. Film tersebut tayang di tahun 2018 dan dibintangi oleh aktor laga Dwayne Johnson yang berperan sebagai William Sawyer, seorang mantan tim penyelamat FBI yang kini menjadi Ayah dari dua anak kembar dan insinyur sistem keamanan dan kebakaran gedung paling tinggi di dunia dan menjadi keajaiban dunia ke 8. The Pearl.

The Pearl, merupakan menara ultra kompleks termewah di jantung kota Hong Kong dengan tinggi hampir 3 km menjulang ke langit, memiliki 225 lantai terbagi atas area publik, residen dan perkantoran paling hype yang pernah ada.

Dalam cerita, sang pemilik The Pearl yaitu seorang triliuner asal Hong Kong bernama Zhao Long Ji (Ng Chin Han) bahkan sampai menyebutkan bahwa banyak pihak asuransi yang menolak untuk mengcover menara The Pearl sampai satu kali ada pihak asuransi yang mau bekerja sama menjadikan asuransi tempat tinggal premium yang pernah ada.

The Pearl memiliki arsitektur berbentuk naga yang meliuk ke atas dan menggigit bola Mutiara raksasa. Tidak main-main, Gedung ini memiliki 3 buah turbin baling-baling berukuran 10 lantai yang menghasilkan energi listrik sendiri membuat The Pearl menjadi Gedung yang mengusung eco green.

Kurang fantastis? Dengar ini, The Pearl juga memiliki hutan lengkap dengan tebing air terjun setinggi 30 lantai di dalam menaranya! Dahsyat sekali bukan?

Itu dia 5 gedung pencakar langit rekayasa yang memiliki desain, isi dan fungsi paling keren yang pernah dibuat untuk keperluan setting film-film Box Office kelas kakap! Dari 5 gedung pencakar langit di atas,  mulai dari The Glass Tower sampai The Stark Tower; mana gedung pencakar langit yang paling kamu suka? Biasanya para arsitek nih yang bakal bermunculan. Tulis di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram