Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis 100 Days My Prince, Drama Sageuk Rom-Com

Review & Sinopsis 100 Days My Prince, Drama Sageuk Rom-Com

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

100 Days My Prince merupakan drama komedi romantis yang ber-setting di Era Josoen. Drama kolaborasi dari aktor ternama Do Kyung Soo atau DO EXO dan Nam Ji Hyun ini begitu dicintai oleh publik, hingga meraih posisi ke-5 drama tvN dengan rating tertinggi. Selain dibintangi oleh aktor ternama apa yang membuat drama ini mengundang atensi publik?

Penasaran dengan akting DO EXO? Simak dulu yuk ulasan drama 100 Days My Prince berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis 100 Days My Prince (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Historical, Romantic, Comedy
  • Produksi: AStory, tvN
  • Sutradara: Lee Jong Jae, Nam Sung Woo
  • Pemeran: Do Kyung Soo, Nam Ji Hyun
  • Jumlah episode: 16

Meskipun mendapatkan gelar sebagai Putra Mahkota, hidup Lee Yul (Do Kyung Soo) tidaklah bahagia. Hidupnya mulai berubah saat antek-antek dari ayah Lee Yul melakukan kudeta demi mengambil alih tahta kerajaan dan juga saat ibunya meninggal dunia. Kejadian tersebut membentuk kepribadiannya menjadi lebih dingin, disiplin dan tidak bersahabat.

Setelah ia sudah menjadi dewasa, ia dinikahkan dengan Kim So Hye (Han So Hee) putri dari Wakil Perdana Menteri Kim Cha Eon, orang yang sudah mendorong ayahya untuk mengambil alih kekuasaan kerajaan. Karena keduanya dipaksa untuk menikah, kedua tidak saling mencintai dan lebih terlihat seperti orang asing dari pada pasangan yang sudah menikah.

Suatu ketika kerajaan mengalami musim panas berkepanjangan, sehingga lahan-lahan pertanian mengering dan stok makanan berkurang. Orang-orang kerajaan yang percaya dengan tahayul menyalahkan Lee Yul karena hingga pada saat itu mereka masih belum mempunyai anak, sehingga tidak ada keselarasan antara yin dan yang.

100 Days My Prince (Copy)

Lee Yul yang merasa terganggu dengan tuduhan orang-orang di Kerajaan akhirnya memerintahkan seluruh pria dan wanita yang belum menikah dan sudah cukup umur untuk segera menikah dalam waktu satu bulan.

Lalu, politik kerajaan makin memanas saat Lee Yul sedang dalam perjalanan ritual hujan ia di serang dengan sekawanan pembunuh bayaran. Dan beruntungnya, ia berhasil terselamatkan dari maut dengan bantuan dari temannya sekaligus tangan kanannya Dong Joo. Namun, Lee Yul berakhir dengan tubuh yang penuh dan tak sadarkan diri di sekitar gunung Chunwoo.

Lee Yul ditemukan oleh ayah angkat (Jung Hae Kyun) dari Hong Shim (Nam Ji Hyun). Dan ayah Hong Shim membawa Lee Yul yang tak sadarkan diri dan merawat luka-luka yang ada ditubuhnya.

Melihat anaknya yang belum kunjung menikah membuatnya khawatir jika Hong Shim akan mendapatkan hukuman karena aturan baru yang diperintahkan oleh Kerajaan. Hingga akhirnya, ayah Hong Shim meyakinkan Lee Yul yang mengalami hilang ingatan akibat insiden sebelumnya, bahwa ia adalah Won Deuk, tunangan dari anaknya.

Akhirnya, sang Putra Makhota yang semasa hidupnya dikelilingi kemewahan dan selalu dilayani harus memulai kembali hidup sebagai rakyat biasa dan menikah dengan Hong Shim.

Kombinasi Sempurna antara Sageuk dan Komedi Romantis

Kombinasi Sempurna antara Sageuk dan Komedi Romantis

Jika kita biasanya melihat sageuk drama yang dipenuhi dengan adegan perang, politik kerajaan yang serius serta skema perebutan tahta yang menguras emosi. Dalam seri 100 Days My Prince penonton akan tetap menemukan formula sageuk seperti itu namun drama ini mengemasnya menjadi lebih ringan untuk ditonton.

Selain intrik kerajaan, 100 Days My Prince berfokus pada kisah cinta dari kedua tokoh utama yaitu Lee Yul/ Won Deuk dan Hong Shim. Diawal pertemuannya mereka selalu berselisih namun semakin ceritanya berjalan hubungan keduanya semakin berkembang.

Mereka jatuh cinta tanpa mengetahui identitas mereka yang sebenarnya, mereka mau mengorbankan apapun demi satu sama lain. Lalu mereka juga menerima satu sama lain, meskipun orang-orang dari pihak mereka berdua pernah berbuat kesalahan besar pada keduanya.

Selain itu, penulis juga mampu membuat kisah dari Putra Mahkota yang amnesia dan harus menjalani hidup sebagai sebagai Won Deuk menjadi kisah yang jenaka. Mulai dari Won Deuk yang masih membawa kebiasaannya di kerajaan, Hong Shim yang geram karena mempunyai suami yang tidak bisa apa-apa hingga para warga desa yang menertawakan Won Deuk yang tidak tahu cara bertahan hidup di desa.

Top Notch Actors

Top Notch Actors

Peran utama pria Lee Yul atau Won Deuk ini diperankan oleh idol-actor ternama yaitu Do Kyung Soo (EXO DO). Bagi yang pernah menonton performa akting dari Do Kyung Soo pasti setuju jika ia merupakan salah satu idol-actor yang memiliki kemampuan akting yang excellent. 100 Days of Prince merupakan project drama pertamanya sebagai pemeran utama sekaligus drama sageuk pertamanya.

Meskipun begitu, ia mampu memerankan sosok Lee Yul/ Won Deuk yang arogan, dingin namun sebenarnya menimpan rasa simpati yang tinggi. Selain itu, ia juga mampu menyampaikan emosi dari karakternya yang selama berjalannya kisah ia mengalami banyak roller coaster emosi.

Top Notch Actors 2 (Copy)

Nam Ji Hyun yang dulunya merupakan child actor juga mampu membangun sosok Hong Shim yang ceria, cerdas, independen dan kuat. Meskipun Hong Shim mempunyai sifat yang ceria namun dibalik itu sebenanya ia masa lalu yang sangat pahit. Dan saat melakukan adegan sedih, Nam Ji Hyun mampu membuat penonton larut dalam emosi.

Konklusi

Konklusi

Amnesia, childhood memories, karakter antagonis yang benar-benar jahat, double life, perjodohan merupakan formula yang sering ditemukan di drama-drama Korea. Dan itu semua bisa kalian temukan di 100 Days My Prince. Sehingga secara plot, sejujurnya tidak ada yang begitu berbeda dari drama ini.

Hanya saja sang penulis dapat mengembangkan plot-plot yang umum seperti diatas menjadi sesuatu yang fresh dan menghibur. Lalu, cara penulis menghubungkan satu kejadian ke keajadian lainnya bisa dikatakan lumayan rapih.

Meskipun fokus ceritanya adalah Hong Shim dan Won Deuk, karakter-karakter lainnya tetap mendapakan bagian penting dalam memberi warna pada kisah dari drama ini. Selain itu, tidak hanya chemistry dari Hong Shim dan Won Deuk saja yang ditonjolkan disini, jika kalian menonton drama ini kalian dapat merasakan chemistry dari para karakter lainnya terutama para warga-warga desa.

Konklusi 2

Tetapi ada beberapa hal yang saya menurut saya mengganjal dari drama ini salah satunya adalah pacing issue. Hal ini sangat disayangkan apalagi 100 Days My Prince merupakan drama pre-production.

Sejujurnya saya sangat menikmati kisah dari keseharian Won Deuk dan Hong Shim bersama dengan warga-warga desa lainnya.Hanya saja, menurut saya mereka terlalu menghabiskan waktu disitu sehingga penyelesian konflik utamanya terkesan terburu-buru.

Jika saja mereka meng-cut sedikit bagian tersebut untuk memberikan ruang guna menjelaskan dan menyelesaikan intrik utama, keseluruhan storyline drama ini akan menjadi jauh lebih smooth.

Selain itu, menurut saya point of view dari karakter villain disini yaitu Wakil Perdana Menteri Kim Cha Eon masih abu-abu.  Alasan mengapa ia begitu serakah dengan kekuasaan hingga berani mengambil langkah kudeta dan kejahatan-kajahatannya lainnya menurut saya butuh lebih diperjelas lagi.

Meskipun terdapat beberapa isu, secara kesulurah saya sangat terhibur dengan kisah yang disajikan oleh drama ini. Sejujurnya saya tidak begitu menikmati drama-drama sageuk, namun cerita dari drama ini tergolong ringan dan unsur komedi romantisnya membuat drama ini menjadi lebih seru untuk diikuti.

Sehingga untuk penilainan saya memberi drama ini skor sebesar 7.7/10. 100 Days of Prince mungkin bukan drama terbaik yang pernah saya tonton, namun cerita jenaka serta kisah cinta dari Won Deuk dan Hong Sim membuat drama penonton menyukai drama ini.

Lalu, bagaimana dengan kalian? Berapa skor yang kalian berikan untuk drama ini? Dan bagaimana pendapat kalian tentang drama 100 Days of Prince? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *