Bacaterus / Telur / 10 Manfaat Cangkang Telur untuk Wajah hingga Kerajinan

10 Manfaat Cangkang Telur untuk Wajah hingga Kerajinan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sangka sampah rumah tangga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk kita? Ya, Ini benar! Sampah semacam kulit telur (cangkang) yang biasanya langsung kita lempar setelah mengeluarkan isinya memiliki manfaat yang luar biasa hebat, baik untuk hiasan hingga perawatan kecantikan. Tak percaya? Yuk kita intip 10 manfaat cangkang telur tersebut.

10 Manfaat Cangkang Telur

1. Sebagai Hiasan

Sebagai Hiasan

* sumber: mrezasetiawan1233211.blogspot.co.id

Menghias rumah dari cangkang telur? Kenapa tidak, bahannya mudah didapat dan tentu harganya jauh lebih ekonomis jika dibandingkan membeli hiasan di toko. Jika Kamu menginginkan sebuah hiasan unik, kreatif, dan juga inovatif, coba deh membuat hiasan dari cangkang telur ini.

Caranya mudah, pertama bersihkan cangkang, keringkan lalu hancurkan. Siapkan pigura tak bermotif lalu tempelkan serpihan cangkang telur tersebut di setiap sisinya. Untuk menambah kesan menarik, kita bisa mewarnai cangkang tersebut dengan warna gradasi, seperti putih hingga biru atau putih hingga merah muda.

2. Masker

* sumber: health.rakyatku.com

Tidak hanya sebagai hiasan yang cantik, cangkang telur juga bisa Kamu manfaatkan untuk kecantikan lho. Ya, cangkang telur yang biasanya langsung dibuang ke tempat sampah ini ternyata sangat bagus untuk perawatan kulit terutama wajah.

Cara menjadikan cangkang telur sebagai masker wajah ini sangat mudah. Awalnya, Kamu cuci cangkang hingga bersih lalu keringkan. Setelah kering, tumbuk cangkang hingga benar-benar lembut. Untuk memastikan kadar kelembutan cangkang, kita bisa mengayak hingga menjadi serbuk.

Nah, serbuk cangkang telur tersebut kita campurkan dengan putih telur, aduk hingga rata dan bisa langsung dipakai sebagai masker. Dijamin, setelah masker kering dan bilas wajah dengan air. Kulit wajah akan terasa lebih kencang, halus dan terlihat lebih putih.

3. Perban

* sumber: www.sooperboy.com

Tergores akibat kecelakaan dan tidak ada perban? Tak perlu cemas dan panik. Jika Kamu memiliki cangkang telur, maka Kamu bisa memanfaatkannya sebagai perban untuk mengobati luka tersebut.

Cara menggunakan cangkang telur sebagai perban, Kamu bisa coba remukan cangkang telur. Setelah itu gunakan sebagai perban untuk menutup luka. Biarkan hingga mengering hingga cangkang mengelupas sendiri.

4. Menghaluskan Tumit

Menghaluskan Tumit

* sumber: manfaatnyasehat.com

Memiliki tumit kering atau pecah-pecah? Pasti kadar percaya diri kita bisa jadi turun ketika ingin mengenakan sepatu yang terlihat tumit. Tapi kini Kamu tak perlu khawatir lagi! Tumit kering bisa disembuhkan dengan cangkang telur saja lho.

Caranya gampang, hancurkan cangkang telur lalu gosokan pada tumit dan tunggu hingga area cangkang mengering. Bilas dengan air bersih. Kandungan hyaluronan dalam cangkan telur mempunyai efek untuk melembutkan kulit kasar.

5. Pupuk

Pupuk

* sumber: warasfarm.wordpress.com

Puas dengan manfaat cangkang telur sebagai kecantikan, kini beralih pada manfaatnya sebagai pupuk. Sedikit informasi bahwa Kulit telur memiliki kandungan zat kalsium. Zat kalsium inilah yang biasa dibutuhkan untuk menyuburkan tanaman. Maka dari itu, cangkang telur bisa Kamu gunakan sebagai pupuk organik.

Untuk membuat pupuk dari cangkang telur mudah saja. Hancurkan cangkang hingga halus, lalu sebarkan di sekitar tanaman. Cangkang akan hancur dengan sendirinya, kemudian melepaskan zat kalsium ke dalam tanah hingga nantinya diserap oleh tanaman, khususnya tanaman mawar. Mudah bukan?

6. Pembasmi Hama

Pembasmi Hama

* sumber: makassar.tribunnews.com

Sering menemukan bekicot di sekitar pekarang rumah? Selain menggelikan, bekicot adalah hama yang jahat untuk tanaman. Mengapa? karena bekicot akan menyerap nutrisi tanaman hingga nantinya tanaman akan layu dan mati. Nah, manfaat cangkang telur yang selanjutnya ini dapat menangkal hama bekicot tersebut.

Untuk menangkalnya, kita bisa sebarkan pecahan cangkang telur di sekitar area bekicot sering eksis. Cangkang telur yang tajam akan menghalangi bekicot untuk datang menghampiri tanaman kesayangan kita lagi. Sangat praktis bukan?

7. Wadah

wadah lilin

* sumber: www.tribunnews.com

Ingin menjadikan cangkang telur sebagai ide kratif dan inovatif lainnya? Mungkin manfaat yang satu ini bisa memberikan inspirasi untuk Kamu yang hobi melakukan daur ulang. Ya, Kamu bisa melakukan daur ulang dengan bahan cangkang telur.

Cangkang telur yang sudah tak terpakai bisa didaur ulang menjadi wadah-wadah yang cantik dan menarik lho. Biasanya, orang-orang akan menggunakannya sebagai wadah lilin. Lilin yang mengadung parafin sulit sekali dibersihkan apabila sudah menempel di piring kecil atau wadah lainnya. Nah, kini cangkang telur bisa dipakai sebagai wadah lilin.

Caranya gampang kok! Bersihkan cangkang telur yang sudah terbelah supaya bau amisnya hilang. Setelah itu buat tatakan dari karton supaya cangkang telur bisa berdiri. Lelehkan parafin hingga cair lalu tuang ke dalam cangkang, tunggu agar sedikit mengering. Sebelum mengering sempurna, masukan sumbu hingga terendam setengahnya. Selesai!

8. Mengobati Iritasi pada kulit

manfaat cangkang telur

Punya masalah pada iritasi kulit? Tak perlu panik dan langsung pergi ke dokter, siapa tahu cara mengolah cangkang telur satu ini bisa Kamu gunakan untuk menyembuhkan iritasi pada kulit.

Iritasi yang terjadi pada kulit biasanya akan membuat kita merasa gatal dan perih, bahkan menimbulkan ruam merah yang mengganggu penampilan. Namun Kamu tidak perlu merasa cemas ataupun khawatir, pasalnya hanya dengan menggunakan cangkang telur, iritasi kulit bisa disembuhkan lho.

Cara memanfaatkan cangkang telur sebagai penyembuh iritasi pada kulit ini sangat mudah. Pertama, masukkan cangkang telur ke dalam wadah yang sudah diisi dengan cuka sari apel. Rendam selama 2 hingga 3 hari. Larutan cuka tersebut akan sedikit mengental, oleskan pada bagian yang iritasi.

9. Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian

* sumber: www.liekr.com

Memang sangat mengesalkan jika ingin mengenakan pakaian putih namun ada noda di pakaian tersebut. Ya, noda pada pakaian putih sangat sulit dihilangkan. Noda di pakaian putih selalu saja menjadi masalah yang sering sekali dihindari.

Namun kini Kamu sudah tidak perlu bingung untuk menghilangkan noda tersebut. Kita bisa mengakali noda membandel itu dengan cangkang telur. Taruh cangkang telur yang sudah diremuk kasar ke bagian baju yang terkena noda. Diamkan selama 20 menit, beri sabun lantas cuci. Pakaian Anda kembali putih seperti semula.

10. Pembersih Panci

Pembersih Panci

Mungkin beberapa dari Kamu seringkali jengkel dengan noda hitam yang berada di bagian bawah panci. Tak jarang, bagian bawah panci yang hitam seringkali mengganggu kegiatan mencuci kita. Bahkan Sponge yang dipakai untuk membasuh panci pun tak cukup untuk membersihkan noda hitam itu.

Justru Sponge akan menjadi berwarna hitam akibat noda tersebut. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan cangkang telur yang sudah digerus, cangkang tersebut kita gosok pada bagian bawah panci yang berkerak. Sifat cangkang telur yang abrasif akan memudahkan kita menggerus kerak yang bandel.

Nah itulah 10 manfaat cangkang telur yang mungkin selama ini tidak kita sadari. Mulai sekarang, kita bisa mulai mengurangi limbah sampah di sekitar kita dengan memanfaatkan cangkang telur tersebut. Jika Anda memiliki tips untuk memanfaatkan kulit telur yang lainnya, silahkan bagikan dengan kami pada kolom komentar di bawah ini. Kamu tertarik mencoba beragam tips tadi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Gusti Ayu Made SusiLawati berkata:

    Kereeen ???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *