Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Film Hollywood Bertema Zombie yang Lucu dan Menghibur

10 Film Hollywood Bertema Zombie yang Lucu dan Menghibur

Dalam definisinya, “zombie” adalah mayat yang hidup kembali setelah mati tetapi tidak memiliki perasaan lagi. Biasanya mereka bergerak dalam tempo yang lambat dan makanannya adalah daging manusia. Karakter ini hanyalah fiktif belaka yang berkembang dari legenda bangsa Haiti tentang mayat yang hidup kembali setelah mati karena ilmu sihir.

Dalam definisinya, “zombie” adalah mayat yang hidup kembali setelah mati tetapi tidak memiliki perasaan lagi. Biasanya mereka bergerak dalam tempo yang lambat dan makanannya adalah daging manusia. Karakter ini hanyalah fiktif belaka yang berkembang dari legenda bangsa Haiti tentang mayat yang hidup kembali setelah mati karena ilmu sihir.

Dalam perkembangannya, banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya zombie yang sudah menjadi semacam wabah. Salah satu yang paling sering digunakan adalah karena virus yang menjadi epidemik di sebuah kawasan dan menyebar ke daerah lain. Salah satu cara yang paling efektif untuk memusnahkannya adalah menembak tepat di kepalanya hingga pecah.

Kali ini kami tampilkan 10 film zombie dalam format comedy yang tentunya lebih menghibur tetapi tidak meninggalkan kesan mengerikan akan teror zombie yang tidak pernah lelah mengejar calon mangsanya dari kalangan manusia yang selalu terkepung oleh kelompok mayat hidup ini.

1. Night of the Comet [1984]

night of the comet

Film yang bergenre Sci-Fi Action ini menyuguhkan kisah para survivor yang selamat dari bencana alam berupa jatuhnya sebuah komet. Yang tidak disangka, ternyata komet itu membuat banyak orang menjadi zombie karena radiasinya. Meski film ini tidak terkenal pada zamannya, saat ini film karya Thom Eberhardt ini telah menyandang status cult classic.

Di beberapa website review film, rating film ini selalu tinggi dengan jumlah vote yang banyak. Film ini kemudian banyak menginspirasi film bertema serupa dan menjadi pionir dalam genre horror zombie rasa comedy. Salah satu yang terinspirasi adalah serial Buffy the Vampire Slayer.

2. The Return of the Living Dead [1985]

return of living dead

Film zombie yang pertama kali menyodorkan ide bahwa zombie suka mengonsumsi otak manusia ini sangat terkenal pada masanya karena memiliki premise yang berbeda dengan bumbu comedy yang cukup kental. Dengan dukungan musik deathrock dan punk yang populer di era tersebut, film ini melejit dan menelurkan beberapa sequel.

Return of the Living Dead Part II [1988] dan Return of the Living Dead 3 [1993] yang kental dengan nuansa romantis melanjutkan kisah para survivor zombie ini dalam petualangan lainnya. Selain itu, masih ada dua film TV lagi, yaitu Return of the Living Dead: Necropolis [2005] dan Return of the Living Dead: Rave to the Grave [2005] yang sayangnya berkualitas buruk.

3. Dead Alive [1992]

dead alive

Film ini berjudul asli Braindead dan diproduksi oleh New Zealand yang merupakan salah satu karya awal Peter Jackson sebagai sutradara sebelum dirinya terkenal. Asal-muasal virus zombie dimulai ketika salah seorang penjaga toko tergigit oleh monyet liar, dia membuat hampir seluruh penduduk kota kecil tersebut menjadi pasukan zombie.

Meski gagal pada peredaran bioskopnya, film ini kemudian menyandang status cult classic setelah trilogy The Lord of the Rings karya sang sutradara sukses di seluruh dunia. Film ini memang sederhana dengan menempatkan visual effect seadanya secara tepat, sehingga film ini dijuluki sebagai “The Goriest Fright Film of All Time.”

4. Army of Darkness [1992]

army of darkness

Film yang melengkapi trilogy Evil Dead ini melanjutkan kisah tepat setelah ending Evil Dead II [1987] dimana Ash Williams terlempar ke abad pertengahan. Untuk kembali ke dunia modern, dia harus mengalahkan kekuatan sihir seorang necromancer yang mampu membangkitkan mayat yang sudah mati menjadi hidup kembali.

Hadir dengan action yang lebih banyak dan bumbu comedy yang lebih lucu dibandingkan dua film sebelumnya, film karya Sam Raimi ini sangat ditunggu kemunculannya oleh para fans Evil Dead. Dengan keuntungan yang cukup baik dan kualitas yang tidak kalah dari dua film sebelumnya, film ini menjadi penutup petualangan Ash Williams dalam menumpas kekuatan jahat yang mengejarnya.

5. Shaun of the Dead [2004]

shaun of the dead

Film produksi Inggris ini sangat lucu sebagai sebuah film zombie. Hampir di semua adegannya kita dibuat tertawa atau minimal tersenyum dengan kelucuan zombie yang di akhir film bisa berteman dengan manusia, bahkan ada yang dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga dan teman bermain Playstation.

Salah satu adegan yang paling lucu adalah ketika Pegg dan teman-temannya harus meniru gerak-gerik zombie agar bisa selamat dari kepungan sekelompok zombie di hadapan mereka. Masih banyak lagi adegan lucu lainnya yang tidak terduga oleh kita dan pastinya membuat kita tertawa lepas karenanya.

Nama Simon Pegg sebagai komedian Inggris terangkat namanya lewat film ini dan melanjutkan kerjasamanya dengan sutradara Edgar Wright di dua film berikutnya. Ide zombie dalam film ini nyaris tidak berbeda dengan zombie pada film lainnya, bahkan tidak diketahui bagaimana asal-muasal munculnya zombie ini, tetapi yang pasti film ini memiliki akhir yang happy ending.

6. Slither [2006]

slither

Film ini memiliki ide asal-muasal zombie yang sama dengan film Night of the Comet [1984], yaitu sebuah meteor yang jatuh ke Bumi dan menyebarkan binatang sejenis lintah yang bisa membuat orang yang digigitnya menjadi zombie. Sebenarnya, ide film ini diambil dari film kelas B, Night of the Creeps [1986] dengan tampilan special effects yang lebih baik.

Meski gagal pada peredarannya di bioskop, beberapa tahun setelahnya film ini menyandang status cult classic dan melambungkan nama Elizabeth Banks sebagai salah satu aktris populer yang kemudian membintangi banyak film besar. Respon yang ditimbulkan beragam, ada yang memujinya, tidak sedikit pula yang mengkritiknya.

7. Planet Terror [2007]

planet terror

Film yang merupakan bagian dari Grindhouse dimana film lainnya, Death Proof [2007], disutradarai oleh Quentin Tarantino, diputar dalam sekali penayangan di bioskop-bioskop Amerika. Dengan banyak bintang di dalamnya, antara lain hadirnya Fergie “Black Eyed Peas” dan Bruce Willis, film ini menampilkan adegan action yang cukup baik dan aneh.

Rose McGowan yang didapuk sebagai pemeran utama, tampil dengan kaki yang diganti dengan senapan mesin demi menumpas bangsa zombie yang sudah semakin merajalela. Seperti biasanya, Robert Rodriguez tidak hanya bertindak sebagai sutradara saja, tetapi juga sebagai penulis naskah, cinematographer, penggubah musik, editor dan produser.

8. Zombieland [2009]

zombie land

Jalan cerita film ini cenderung sama saja dengan kisah survivor dari peristiwa zombie apocalypse di film lainnya. Yang membedakannya adalah aturan-aturan yang diterapkan oleh Columbus dalam menghadapi zombie yang menjadi pusat perhatian. Karakter ini diperankan oleh Jesse Eisenberg dengan baik, serta dukungan Woody Harrelson, Emma Stone dan Abigail Breslin.

Uniknya, empat karakter utama film ini menggunakan nama daerah tempat mereka berasal. Selain Columbus, ada Tallahassee, Wichita dan Little Rock. Film ini rencananya segera diikuti oleh sebuah sequel, tetapi hingga tahun 2017 belum ada titik terang kapan akan dimulainya proses produksi film ini. Bahkan kabar serial TV-nya pun menghadapi kendala serupa.

9. Warm Bodies [2013]

warm bodies

Film zombie yang satu ini sangat unik. Selain ceritanya diambil dari sudut pandang sang zombie, kesan romantisnya cukup kental dan menyentuh hati. Lihatlah bagaimana cinta dapat membuat zombie menjadi manusia kembali karena jantungnya yang dingin menjadi hangat karena cinta. Film ini diadaptasi dari novel karya Isaac Marion yang diterbitkan di tahun 2010.

Chemistry yang baik antara Nicholas Hoult sebagai zombie dan Teresa Palmer sebagai Julie turut membantu kenikmatan dalam mengikuti alur film yang banyak dipenuhi referensi dari banyak film zombie sebelumnya yang ditampilkan dalam nuansa komedi.

10. Scouts Guide to the Zombie Apocalypse [2015]

scout guide to zombie appocalypse

Di film ini, yang akan menghadapi dan menumpas para zombie adalah dua pramuka yang dibantu penari niteclub dan rekan-rekannya. Asal mula virus tidak diketahui secara pasti, tetapi dimulai ketika seekor rusa tertabrak mobil di jalan raya. Dari situ, satu-persatu penduduk mulai terjangkit virus tersebut dan berubah menjadi zombie, termasuk ketua pramuka mereka.

Film yang dipenuhi dengan banyak lagu-lagu populer sebagai soundtrack-nya ini menuai respon beragam. Ada yang menganggap film ini masuk ke dalam kelas B, tetapi akting Tye Sheridan sebagai tokoh utama tampil cukup baik sama seperti performa di film-filmnya sebelumnya. Banyak kelucuan di dalam film ini dan dilengkapi dengan cerita yang unik dan sulit ditebak.

Film zombie dengan nuansa comedy ini memang cenderung tidak memiliki kualitas sebaik film zombie yang bernuansa action, tetapi cerita yang disuguhkan terkesan lebih kreatif dengan asal-muasal virus yang beragam. Zombie yang ditampilkan tetap menyeramkan, tetapi kelucuan demi kelucuan tetap dihadirkan disekitar serangan para zombie ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment