Bacaterus / Film Psikologi / 10 Film Thriller Psikologis Terbaik yang Wajib Ditonton

10 Film Thriller Psikologis Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Akhir tahun, selain rekat kaitannya dengan Natal dan tahun baru, juga sangat identik dengan perayaan mistis yang juga digandrungi orang. Yup, apa lagi kalau bukan Halloween! Sudah tidak ayal lagi jika kita merayakan Halloween dengan berdandan seram atau bahkan nobar film horor.

Nah, tapi, kali ini kita coba metode baru, yuk! Alih-alih merayakan Halloween dengan nonton horor, kita bisa menonton film yang lebih memacu adrenalin, mind-blowing, serta ngena secara psikologis. Adalah film ber-genre thriller psikologis yang bisa membuat kita dihantui paranoia dan membuat pikiran kita juga jadi lari kemana-mana. Kurang ‘horor’ apa lagi, tuh? Hihi.

Bingung mau memulai nonton yang mana? Jangan khawatir! Di sini Bacaterus punya rekomendasi untuk kalian. Berikut adalah 10 film thriller psikologis yang bisa kalian tonton, baik itu bareng-bareng ataupun sendirian. Baca terus, ya!

10 Film Thriller Psikologis Terbaik

1. Donnie Darko (2001)

Siapa yang pernah dengar atau bahkan menonton film The Sixth Sense? Film tentang seorang anak lelaki indigo, dengan kutipannya yang paling terkenal, “I see dead people,” atau ‘aku bisa melihat hantu’. Perbedaannya, Donnie Darko, protagonis di film ini, tidak bisa melihat hantu. Namun, ia seolah bisa melihat peristiwa yang akan terjadi di masa depan.

Kehidupan Donnie awalnya biasa-biasa saja, sebelum terjadinya insiden benda langit yang jatuh di rumahnya, tepatnya di kamar tidurnya. Untung saja Donnie tidak ada di kamarnya saat itu. Akan tetapi, setelah kejadian itu, Donnie tiba-tiba mendapatkan penglihatan aneh, bahkan ia didatangi seorang kelinci bernama Frank yang mengaku temannya.

Anehnya, hanya Donnie yang dapat melihat Frank. Selain itu, Frank juga nampak seolah menuntun Donnie untuk melakukan hal-hal yang menyeramkan dan di luar kesadarannya sendiri. Bagaimana bisa, ya?!

Film garapan sutradara Richard Kelly ini diusung sebagai Top Rated Movies #225 di IMDb, lho! Selain karena alurnya yang tidak dapat diprediksi, soundtrack-nya (Mad World oleh Gary Jules) yang legendaris, para pemainnya juga tak kalah keren.

Ada Jake Gyllenhaal sebagai Donnie, Jena Malone, Seth Rogen, Maggie Gyllenhaal, juga aktris nominee penghargaan Oscar, Mary McDonnell. Ayo, jangan lupa masukkan daftar nobar, ya!

2. Elephant (2003)

elephant

Ups, meskipun arti judulnya adalah ‘Gajah’, film ini tidak bercerita tentang binatang berbelalai panjang itu sama sekali, lho! Wah, lalu tentang apa, dong? Film karya Gus Van Sant ini mengambil latar tempat di sekolah. Alurnya cukup lambat, maka tak heran kalau nanti kita kedapatan bertanya-tanya, ‘Ini film tentang apa, sih?’ Hihihi.

Adegan-adegan awal hanya mengisahkan tentang keseharian murid-murid di sekolahnya. Ada Elias yang terobsesi dengan fotografi, si pirang John yang pemalu, Michelle yang tidak pernah ikut olahraga lantaran tidak percaya diri, dan lain-lain. Namun, di antara keseharian para murid yang nampak biasa tersebut, ada bibit masalah tersendiri yang justru tidak begitu terlihat.

Nah, banyak spekulasi yang beranggapan bahwa masalah tersebutlah arti dari judul film ini sesungguhnya. Sebab, elephant in the room, atau gajah di pelupuk mata, adalah ungkapan untuk masalah yang seharusnya nampak sangat jelas, tetapi terabaikan. Itulah inti dari film yang terinspirasi dari sebuah tragedi kemanusiaan di SMA Columbine AS ini. Penasaran? Ayo cari tahu dengan menontonnya!

3. The Skin I Live In/La piel que habito (2011)

the skin I live

Siapa yang pernah terbangun dari mimpi indah atau mimpi buruk yang terasa begitu nyata, sampai bertanya-tanya apakah mimpi barusan itu kenyataan atau tidak? Rasanya pasti sangat membingungkan. Nah, kira-kira, sedikit-banyak mungkin hal itulah yang dirasakan Vera, protagonis dalam rekomendasi film ketiga ini.

Vera sudah lama tinggal di kediaman dr. Robert Ledgard sebagai ‘pasien’-nya, sehingga ia sendiri pun mulai kehilangan tujuannya berada di sana. Dokter bedah yang diperankan oleh Antonio Banderas itu selalu membatasi ruang gerak Vera, tidak mengizinkannya keluar rumah, bahkan keluar kamar sekalipun.

Hari demi hari berlalu, ingatan Vera tentang kejadian-kejadian sebelum ia tinggal di rumah dr. Robert pun mulai terlupakan. Namun, rahasia tentang dr. Robert di masa lampau perlahan mulai terkuak, begitu pula dengan jati diri dan asal-usul Vera sebenarnya.

Film yang dibintangi Antonio Banderas, Elena Anaya, dan Marisa Peredes ini sukses masuk nominasi Golden Globe pada tahun 2012, dan memenangkan penghargaan BAFTA di tahun yang sama. Plot yang tidak mudah diprediksi dan alur yang maju-mundur membuat film ini tidak bisa dilewatkan.

4. Hard Candy (2005)

hard candy

Di tengah maraknya website atau aplikasi kencan online, kita harus lebih hati-hati dengan orang yang kita ajak ngobrol di seberang sana. Meskipun ia mengaku seumuran dengan kita, siapa yang bisa jamin jika ia justru adalah salah satu dari sekian banyak predator jahat di luar sana?

Percakapan dalam dunia maya adalah adegan pembuka di film yang disutradarai oleh David Slade ini. Hayley Stark yang masih berumur 14 tahun dan Jeff Kohvler yang berumur 32 tahun akhirnya janjian untuk bertemu, setelah sebelumnya intens bercakap-cakap di dunia maya. Awalnya mereka hanya kopdar di toko kopi, sebelum Jeff mengajak Hayley untuk ikut ke kediamannya.

Premis awal yang mungkin terlihat adalah bahwa Hayley terkena jebakan Jeff, yang ternyata adalah seorang pedofil. Namun, siapa sangka jika kejadiannya justru berbalik 180 derajat? Yup, alih-alih Jeff yang mengeksploitasi Hayley, justru Hayley-lah yang menyiksa Jeff.

Dikarenakan oleh akting para pemerannya (Patrick Wilson sebagai Jeff dan Ellen Page sebagai Hayley) yang spektakuler serta jalan ceritanya yang mencekam, film ini dikategorikan oleh banyak orang sebagai salah satu film yang cukup ‘keras’ serta sulit untuk ditonton untuk yang kedua kalinya. Wah, memang seperti apa, sih, filmnya? Yuk, coba nonton!

5. Insomnia (2002)

insomnia

Setiap orang pasti punya rahasia yang tidak bisa dibagikan kepada siapa pun, dan disimpan sendirian. Entah itu karena rahasia tersebut dinilai terlalu gelap, atau entah karena rahasia itu bisa merugikan diri sendiri. Agen LAPD Will Dormer pun memiliki rahasianya sendiri, yang membuatnya dihantui rasa bersalah hingga tidak bisa tidur sama sekali.

Setelah melakukan investigasi lapangan terkait pembunuhan seorang remaja bernama Kay Connell, jam tidur Will Dormer mulai berantakan. Ditambah dengan kematian rekannya dan tersangka pembunuhan yang masih berkeliaran, gejala insomnia Will semakin parah. Hari-harinya kemudian jadi lebih buruk ketika suatu hari si pembunuh menerornya, mengklaim bahwa ia tahu rahasia Will.

Christopher Nolan memang selalu membuat orang terkagum-kagum dengan karyanya, termasuk film yang dibintangi oleh bintang Hollywood papan atas sekelas Al Pacino, Robin Williams, dan Hilary Swank ini. Dijamin tidak mengecewakan, deh!

6. Blue Ruin (2013)

blue ruin

Manusia memang tidak luput dari amarah dan dendam. Banyak justru menyalurkan amarah dan dendamnya pada kekerasan, tidak terkecuali pemeran utama kita di film independen ini.

Dwight Evans (Macon Blair) hidup menggelandang di dalam mobilnya ketika polisi memberi tahu bahwa narapidana yang telah membunuh orang tuanya akhirnya dibebaskan. Terdorong oleh dendam atas kematian ayah-ibunya, Dwight pun mendatangi Wade Cleland si pembunuh dan secara tidak sengaja menusuknya hingga mati. Sayangnya, kejadian tersebut membuat kehidupan Dwight semakin amburadul.

Perburuan dan ketegangan yang beruntun dapat membuat penontonnya menebak-nebak arah cerita dan akhir yang sulit diprediksi. Tak hanya memberikan atmosfer yang membuat kita sport jantung, waswas menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya, film ini juga menyuguhkan sinematografis yang mengagumkan. Adrenalin terpacu, mata pun dimanjakan!

7. Prisoners (2013)

prisoners

Kehilangan anak terkasih pasti jadi mimpi buruk semua orang tua. Manusiawi jika mereka mati-matian berusaha untuk menemukan anaknya kembali, bahkan hingga melakukan hal-hal yang di luar batas. Hal itulah yang dialami Keller Dover ketika ia kehilangan anak perempuannya.

Kurangnya pengawasan membuat putri keduanya hilang diculik bersama dengan teman putrinya. Keller mengerahkan segala cara untuk menemukan penculiknya, dan ketika seorang pria dengan mobil van mencurigakan diduga menjadi pelaku penculikan, meski tidak terbukti secara hukum, Keller tetap bersikeras menuntut sang terduga Alex Jones.

Akting yang brilian dari deretan pemain ternama seperti Hugh Jackman, Jake Gyllenhaal, Viola Davis, Paul Dano, dan Terrence Howard, jalan cerita yang tidak mudah ditebak, serta ketegangan di setiap adegannya membuat film ini wajib ditonton.

8. Mystic River (2003)

mystic rivers

Trauma pasti memungkinkan untuk mengubah seseorang, tidak terkecuali orang yang sudah kita kenal sejak kecil. Ketika Jimmy Markum dan Sean Devine diam menyaksikan teman mereka Dave Boyle dibawa pergi seorang pria asing dengan mobilnya, tidak ada yang menyangka bahwa itulah terakhir kali mereka melihat Dave yang mereka kenal.

Setelah melarikan diri dari tangan pria asing penculiknya, seorang predator pedofil, Dave Boyle tidak lagi sama. Pertemanannya dengan Jimmy dan Sean juga semakin berjarak. Tahun demi tahun berlalu, mereka menjalani kehidupan masing-masing. Hingga akhirnya, mereka didekatkan kembali oleh tragedi pembunuhan anak perempuan Jimmy.

Alur cerita yang rumit serta akting yang meyakinkan mampu membuat film garapan Clint Eastwood ini meraih penghargaan Oscar, yaitu untuk kategori Pemeran Pria Utama Terbaik (dimenangkan oleh Sean Penn sebagai Jimmy) dan kategori Pemeran Pria Pendukung Terbaik (dimenangkan oleh Tim Robbins sebagai Dave). Wah, sudah tidak harus jadi pertimbangan lagi, tuh!

9. Nightcrawler (2014)

nightcrawler

Jurnalis memang pekerjaan berisiko, terlebih jurnalis yang bergelut di bidang kriminal. Namun, hal itu tidak diindahkan Louis “Lou” Bloom. Didasari kebutuhan ekonomi, Lou mau bekerja apa saja asal dibayar. Siapa sangka kecelakaan yang disaksikannya di perjalanan pulang ternyata menjadi titik balik kehidupannya? Video amatir yang direkamnya mampu menghasilkan uang yang lebih dari cukup.

Ketagihan, Lou semakin menekuni kegiatan dan profesi barunya sebagai jurnalis. Ia bahkan tidak ragu untuk keluar batas etis asalkan ia mendapatkan apa yang diinginkannya. Meski keadaan semakin rumit, Lou tetap tidak berhenti.

Suasana yang menegangkan serta protagonis yang tidak dapat dipercaya membuat film ini cukup mencekam. Tak heran jika penghargaan Oscar meliriknya untuk masuk nominasi Best Writing, Original Screenplay pada tahun 2014, dan Golden Globe untuk nominasi  Penampilan Aktor Terbaik dalam Film Layar Lebar (dimenangkan oleh Jake Gyllenhaal sebagai Lou).

10. Match Point (2005)

match point

Cinta bisa membuat segalanya terasa rumit, terlebih jika kita jatuh cinta dengan kekasih kakak tunangan kita sendiri. Pasti pusing, jadinya! Begitulah premis yang dialami Chris Wilton.

Di antara titik balik karier dan pertunangannya, Chris bertemu dengan Nola Rice. Meskipun tahu betul bahwa Nola adalah pacar calon kakak iparnya, Chris tidak berusaha untuk menutupi perasaannya ataupun berhenti curi-curi kesempatan untuk berdua dengan Nola. Chris tetap menjaga image-nya di depan keluarga calon mempelainya, sekaligus terus berhubungan dengan Nola.

Tenang, film ini tidak hanya bercerita tentang percintaan, kok! Penonton diajak untuk mengeksplorasi kehidupan sosial, ambisi, dan prioritas yang terkadang menuntut manusia untuk melakukan hal yang tak terbayangkan. Alur cerita yang semakin lama semakin mencekam juga dijamin bakal membuat penonton gigit jari lantaran penasaran sekaligus deg-degan untuk tahu akhir ceritanya.

11. Shutter Island

Shutter Island

Mungkin bagi yang suka menonton film sudah sangat tidak asing dengan aktor di Shutter Island, ya Leonardo DiCaprio ini menjadi karakter utama pada film besutan 2010 silam ini. Selain aktornya memang unggul, cerita film arahan Martin Scorsese bisa diacungi jempol dengan raihan rating 8.1 pada iMDb.

Film ini berkisah tentang pulau Shutter di mana ada sebuah rumah sakit jiwa yang kehilangan satu pasiennya. Teddy Daniels (Leonardo) diminta untuk menemukan sang pasien bersama dengan partner-nya, Chuck (Mark Ruffalo). Sayangnya, mereka sangat kesulitan menemukan pasien tersebut akibat kurangnya clue dan tidak ada saksi satu pun.

Saat mereka hendak kembali, badai pun menghadang, karenanya Chuck dan Teddy harus tinggal di pulau Shutter untuk menunggu badai reda. Entah pertanda baik atau buruk, selama mereka menginap justru mendapatkan kejadian-kejadian aneh hingga mengungkap masa lalu Teddy. Ada apa sebenarnya di pulau Shutter?

12. Dream House

Dream House

Bagaimana rasanya, ketika mendapati rumah impianmu ternyata berubah menjadi malapetaka? Itulah yang dirasakan oleh keluarga Will. Ia, istri, serta dua anaknya hendak pindah rumah ke tempat terpencil demi mendapatkan kebahagiaan. Will ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarganya. Sayangnya, rumah barunya punya kenangan buruk di mana pernah terjadi pembantaian.

Dulunya, rumah tersebut ditempati oleh Pete Ward yang juga tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Entah apa masalahnya, Pete Ward membunuh istri dan kedua anaknya sendiri hingga akhirnya ia harus mendekam di penjara. Dan saat ini Pete Ward keluar dari penjara dan kembali ke rumah tersebut yang ternyata sudah ditempati oleh Will. Saat kembali, Pete Ward ternyata meneror keluarga Will, terutama anak mereka. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Pete Ward?

Siapkan popcorn atau makanan ringan lainnya selagi memilih film pertama untuk ditonton. Film-film di atas memang tidak dibumbui penampakan boneka angker atau kikikan seram, tapi momen-momen menegangkan dan jalan ceritanya yang tidak dapat ditebak membuat kita yang menonton bisa lebih geregetan! Punya rekomendasi film thriller psikologis lainnya? Tulis di kolom komentar, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

6 Responses

  1. ada yang terlewat: Shutter Island
    Film ini akan mengguncangkan jiwa anda

    1. Terima kasih atas masukannya. 🙂

    1. Terima kasih atas masukannya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *