11 Film Terbaik Joko Anwar yang Sukses Mencuri Perhatian

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Salah satu sineas film yang satu ini memang kerap menyajikan sebuah film yang tidak hanya memiliki alur cerita menarik, akan tetapi juga menampilkan sinematografi ciamik yang selalu berhasil menarik perhatian penonton tanah air.

Kepiawaiannya dalam menulis cerita dan menggarap sebuah film dibuktikan dengan keberhasilan mendapat sejumlah penghargaan di ajang bergengsi di tanah air. Sebagai sutradara sekaligus penulis skenario yang mumpuni.

Joko Anwar memang menjadi salah satu yang terbaik di industri perfilman Indonesia. Bila kamu adalah salah satu penggemar karya dari Joko Anwar. Kali ini, Bacaterus telah rangkum 11 film Joko Anwar yang sukses mencuri perhatian yang wajib untuk ditonton. Berikut adalah daftarnya:

1. Pengabdi Setan 2: Communion

film joko anwar_Pengabdi Setan 2_

Pengabdi Setan 2: Communion menjadi film tersukses yang disutradarai oleh Joko Anwar di tahun 2022. Sebenarnya hal ini sudah tidak aneh lagi, karena toh para penggemar memang sangat menantikan film ini.

Bayangkan saja, para penggemar harus menanti lima tahun lamanya hingga akhirnya Joko Anwar dan Rapi Film resmi menayangkan Pengabdi Setan 2: Communion.

Masih mengisahkan kehidupan Rini, Toni dan Bondi, kali ini ketiganya akan tinggal disebuah rusun bersama ayah mereka. Selama tiga tahun terakhir mereka hidup bahagia dan damai.

Hingga suatu hari kecelakaan tragis menewaskan banyak penduduk rusun. Tak hanya itu, dalam keadaan gelap gulita dan diterjang badai, Rini beserta kedua adiknya harus bertahan saat berhadapan dengan ibu mereka lagi.

2. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Film yang sempat menghebohkan penonton tanah air tahun 2017 ini menjadi salah satu film yang sukses meraih perhatian penonton tanah air. Pengabdi Setan adalah remake dari film berjudul sama yang diputar tahun 1982.

Sukses menyajikan teror menyeramkan bagi penonton lewat seorang ibu. Film ini mengambi latar tahun 1980-an. Berkisah mengenai sebuah keluarga sederhana yang baru saja kehilangan sosok ibu karena penyakit misterius.

Sejak kematian sang ibu, keluarga tersebut mengalami teror mistis yang akan membawa penonton pada sebuah rahasia besar yang mengerikan. Kemampuan Joko Anwar dalam meracik film sederhana menjadi tontonan menarik sekaligus hiburan yang menegangkan telah sukses membius penonton.

3. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan dari Tanah Jahanam
Tahun Rilis 2019
Genre
Sutradara
Pemeran Tara Basro Marissa Anita Asmara Abigail Christine Hakim Ario Bayu

Nama Joko Anwar seperti sebuah jaminan kesuksesan sebuah film layar lebar. Beberapa karya yang berhasil lahir dari tangan dingin sineas berbakat ini memang mampu menarik perhatian para pecinta film bioskop Indonesia.

Salah satu film terbaru Joko Anwar yang berjudul Perempuan dari Tanah Jahanam dirilis tahun 2019. Film bergenre thriller yang diperankan oleh Tara Basro ini memang cukup membuat penasaran para penonton. Sehingga film ini berhasil meraih jutaan penonton saat dirilis. Mau tahu kisah selanjutnya tentang film ini. Sebaiknya kamu tonton filmnya!

4. Ratu Ilmu Hitam

film joko anwar_ratu ilmu hitam

Bukan sebagai sutradara, Joko Anwar dipercaya menjadi penulis skenario dalam Ratu Ilmu Hitam. Film yang merupakan hasil remake film tahun 1981 dengan judul yang sama ini disturadarai oleh Kimo Stamboel serta diperankan oleh para aktor dan aktris kawakan Indonesia seperti Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Zara JKT48, Tanta Ginting dan Miller Khan.

Ratu Ilmu hitam bercerita tentang satu keluarga yang berkunjung ke panti asuhan tempat Sang Ayah dahulu dibesarkan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang sudah mengasuhnya dari kecil.

Akan tetapi, satu persatu keganjilan yang mengerikan muncul dan dialami oleh mereka ketika berada di sana, bahkan sampai menelan korban. Keganjilan mengerikan ini ternyata berhubungan dengan sejarah kelam yang terlupakan oleh mereka yang semasa kecil dahulu besar di panti.

5. Arisan

Arisan
Tahun Rilis 2003
Genre ,
Sutradara
Pemeran Cut Mini Tora Sudiro Aida Nurmala Surya Saputra Rachel Maryam

Sebagai seorang penulis dan juga sutradara. Nama, Joko Anwar memang tidak bisa diragukan lagi. Film Arisan sempat menarik perhatian para penonton pada tahun 2003. Film ini memberi warna baru dalam perfilman tanah air yang kala itu banyak didominasi dengan film-film bertema horor.

Arisan sendiri bercerita mengenai kehidupan 3 sahabat yang diperankan oleh Cut Mini, Aida Nurmala dan Tora Sudiro sebagai masyarakat sosial kelas atas yang bergabung dalam sebuah grup arisan dengan segala permasalahan kehidupan masing-masing yang rumit.

Meskipun menimbulkan kontroversi pada saat perilisannya, film yang satu telah berhasil menarik banyak penonton.

6. A Copy Of My Mind

A Copy Of My Mind

A Copy of My Mind adalah karya Joko Anwar yang sempat diikutsertakan dalam dua ajang internasional yaitu Venice Film Festival dan Toronto Internasional Film Festival tahun 2015.

Mengambil latar waktu saat masa-masa pemilihan Presiden. Film yang mengangkat isu yang terjadi di kota Metropolitan ini memang menarik untuk ditonton.

Berawal dari pertemuan seorang wanita pekerja salon kecantikan dengan penjual CD bajakan. Hubungan keduanya pun semakin dekat dan intim. Menggambarkan sisi lain kehidupan di ibu kota.

Film ini telah masuk ke dalam 7 nominasi Festival Film Indonesia dan berhasil meraih 3 piala Citra sebagai Sutradara Terbaik, Pemeran Wanita Terbaik dan Penata Suara Terbaik.

7. Modus Anomali

Modus Anomali
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Joko Anwar
  • Pemeran: Rio Dewanto, Hannah Al Rasyid, Izzati Amara, Aridh Tritama
  • Perusahaan Produksi: Lifelike Pictures

Selanjutnya film berjudul Modus Anomali. Film dengan genre thriller pshycology ini dirilis tahun 2012. Bercerita mengenai perjuangan seorang pria untuk mengungkap misteri yang tersembunyi tentang keluarganya yang hilang serta pria misterius yang terus memburunya di dalam hutan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram