Bacaterus / Film Indonesia / 10 Film Joko Anwar yang Sukses Mencuri Perhatian

10 Film Joko Anwar yang Sukses Mencuri Perhatian

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Salah satu sineas film yang satu ini memang kerap menyajikan sebuah film yang tidak hanya memiliki alur cerita menarik, akan tetapi juga menampilkan sinematografi ciamik yang selalu berhasil menarik perhatian penonton tanah air.

Kepiawaiannya dalam menulis cerita dan menggarap sebuah film dibuktikan dengan keberhasilan mendapat sejumlah penghargaan di ajang bergengsi di tanah air. Sebagai sutradara sekaligus penulis skenario yang mumpuni.

Joko Anwar memang menjadi salah satu yang terbaik di industri perfilman Indonesia. Bila kamu adalah salah satu penggemar karya dari Joko Anwar. Kali ini, Bacaterus telah rangkum 10 film Joko Anwar yang sukses mencuri perhatian yang wajib untuk ditonton. Berikut adalah daftarnya:

1. Kala

Kala

Kala adalah film yang dirilis pada tahun 2007. Film bergenre thriller ini merupakan film yang dibuat bergaya film noir dengan menyelipkan sedikit cerita horor di dalamnya. Berkisah tentang pencarian harta karun terpendam yang dilakukan seorang jurnalis bernama Janur dan seorang polisi bernama Eros.

Film yang banyak menampilkan simbol dan nilai filosofi dalam setiap adegannya ini, membuat cerita film ini keluar dari zona yang biasa disajikan sineas film Indonesia. Dibintangi sejumlah aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Fahri Albar, Ario Bayu dan seniman eksentrik, Sujiwo Tejo. Film ini  menjadi salah satu karya Joko Anwar yang menarik perhatian penonton.

2. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang

Pintu Terlarang dirilis tahun 2009. Film bergenre thriller pshycology  ini menjadi salah satu film Joko Anwar yang terbaik. Berkisah mengenai seorang pematung bernama Gambir dan sebuah pintu terlarang yang akan membawa penonton pada petualangan seru menelusuri jejak seorang anak misterius.

Joko Anwar memang selalu berhasil menawarkan tontonan yang berkelas dan berbeda dari film-film kebanyakan yang diputar di tanah air yang cenderung monoton. Memiliki plot twist yang rapi, film yang di adaptasi dari novel karangan penulis Ayu Sekar ini memang menjadi film yang dapat menarik perhatian penonton selanjutnya dari Joko Anwar.

3. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Film yang sempat menghebohkan penonton tanah air tahun 2017 ini menjadi salah satu film yang sukses meraih perhatian penonton tanah air. Pengabdi Setan adalah remake dari film berjudul sama yang diputar tahun 1982.

Sukses menyajikan teror menyeramkan bagi penonton lewat seorang ibu. Film ini mengambi latar tahun 1980-an. Berkisah mengenai sebuah keluarga sederhana yang baru saja kehilangan sosok ibu karena penyakit misterius.

Sejak kematian sang ibu, keluarga tersebut mengalami teror mistis yang akan membawa penonton pada sebuah rahasia besar yang mengerikan. Kemampuan Joko Anwar dalam meracik film sederhana menjadi tontonan menarik sekaligus hiburan yang menegangkan telah sukses membius penonton.

4. Arisan

Arisan

Sebagai seorang penulis dan juga sutradara. Nama, Joko Anwar memang tidak bisa diragukan lagi. Film Arisan sempat menarik perhatian para penonton pada tahun 2003. Film ini memberi warna baru dalam perfilman tanah air yang kala itu banyak didominasi dengan film-film bertema horor.

Arisan sendiri bercerita mengenai kehidupan 3 sahabat yang diperankan oleh Cut Mini, Aida Nurmala dan Tora Sudiro sebagai masyarakat sosial kelas atas yang bergabung dalam sebuah grup arisan dengan segala permasalahan kehidupan masing-masing yang rumit. Meskipun menimbulkan kontroversi pada saat perilisannya, film yang satu telah berhasil menarik banyak penonton.

5. A Copy Of My Mind

A Copy Of My Mind

A Copy of My Mind adalah karya Joko Anwar yang sempat diikutsertakan dalam dua ajang internasional yaitu Venice Film Festival dan Toronto Internasional Film Festival tahun 2015. Mengambil latar waktu saat masa-masa pemilihan Presiden. Film yang mengangkat isu yang terjadi di kota Metropolitan ini memang menarik untuk ditonton.

Berawal dari pertemuan seorang wanita pekerja salon kecantikan dengan penjual CD bajakan. Hubungan keduanya pun semakin dekat dan intim. Menggambarkan sisi lain kehidupan di ibu kota. Film ini telah masuk ke dalam 7 nominasi Festival Film Indonesia dan berhasil meraih 3 piala Citra sebagai Sutradara Terbaik, Pemeran Wanita Terbaik dan Penata Suara Terbaik.

6. Modus Anomali

Modus Anomali

Selanjutnya film berjudul Modus Anomali. Film dengan genre thriller pshycology ini dirilis tahun 2012. Bercerita mengenai perjuangan seorang pria untuk mengungkap misteri yang tersembunyi tentang keluarganya yang hilang serta pria misterius yang terus memburunya di dalam hutan.

Menampilkan banyak adegan menegangkan. Film Joko Anwar yang satu ini memang bisa mengaduk emosi penonton dengan sinematografi yang unik dan backsound yang bisa membuat imajinasi penonton bergerak bebas.

Sang tokoh utama John Evans yang diperankan oleh aktor Rio Dewanto pun berhasil membawa karakternya dengan baik. Sehingga film yang menggunakan dialog Bahasa Inggris sepanjang film ini menjadi film yang wajib untuk ditonton.

7. Janji Joni

Janji Joni

Tema-tema yang diangkat oleh Joko Anwar ke dalam sebuah cerita dalam film memang cukup unik. Salah satunya pada karyanya yang berjudul Janji Joni pada tahun 2005. Mengangkat kisah tentang seorang pengantar roll film bioskop. Film Janji Joni memang menawarkan cerita yang segar dan unik.

Bercerita tentang kehidupan Joni yang diperankan oleh aktor tampan Nicholas Saputra yang harus berpacu dengan waktu ketika menjalankan pekerjaannya. Film drama komedi yang menampilkan model sekaligus aktris cantik, Mariana Renata sebagai pemeran utama perempuannya ini menjadi karyanya yang wajib untuk ditonton.

8. Fiksi

Fiksi

Film Fiksi dirilis tahun 2008. Berkisah mengenai seorang gadis yang pendiam serta memiliki masa lalu suram bernama Alisha. Berawal dari rasa penasarannya pada seorang pria yang ditemuinya di rumahnya saat sedang membersihkan kolam renang.

Sehingga Alisha memutuskan kabur dan tinggal bersebelahan dengan pria yang diketahui seorang penulis cerita fiksi. Karena obsesi Alisha pada Bari dan tulisannya. Perempuan tersebut pun mulai melakukan hal-hal yang berada di luar nalar. Bagaimana kisah selanjutnya tentang Alisha dan Bari? Kamu bisa tonton film yang satu ini sendiri.

9. Gundala

Gundala

Indonesia memiliki beragam cerita yang bisa diangkat sebagai tema untuk sebuah film layar lebar. Salah satunya adalah tema pahlawan atau superhero. Setelah sempat jaya di era tahun 80-an. Produksi film yang mengangkat tentang jagoan-jagoan asli Indonesia ini memang hampir tak pernah terdengar lagi.

Namun, di tahun 2019 penonton Indonesia dapat berbangga, karena Joko Anwar kembali menghidupkan tokoh-tokoh jagoan asli Indonesia ke dalam sebuah film layar lebar di bawah Jagat Sinema Bumi Langit. Film pertama yang dirilis adalah Gundala. Film ini telah berhasil menarik jutaan penonton di Indonesia.

Jagat Sinema Bumi Langit pun sudah menyiapkan beberapa judul film bertema superhero di masa depan. Kehadirannya tentu sangat dinantikan oleh para pecinta film tanah air, mengingat film Gundala sendiri digarap secara apik.

10. Perempuan dari Tanah Jahanam

Perempuan dari Tanah Jahanam

Nama Joko Anwar seperti sebuah jaminan kesuksesan sebuah film layar lebar. Beberapa karya yang berhasil lahir dari tangan dingin sineas berbakat ini memang mampu menarik perhatian para pecinta film bioskop Indonesia.

Salah satu film terbaru Joko Anwar yang berjudul Perempuan dari Tanah Jahanam dirilis tahun 2019. Film bergenre thriller yang diperankan oleh Tara Basro ini memang cukup membuat penasaran para penonton. Sehingga film ini berhasil meraih jutaan penonton saat dirilis. Mau tahu kisah selanjutnya tentang film ini. Sebaiknya kamu tonton filmnya.

Nah, itulah 10 film karya Joko Anwar yang sukses mencuri perhatian penonton. Nantikan informasi film lainnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *