15 Film Bertema Exorcism (Pengusiran Roh Jahat) Terbaik

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Exorcism adalah sebuah aktivitas mengusir roh jahat dari tubuh manusia atau benda yang dilakukan oleh tokoh spiritual, seperti pendeta Katolik atau kyai Islam. Masing-masing tokoh atau golongan agama dan spiritual ini memiliki cara atau metode masing-masing yang dianggap mampu untuk menghilangkan pengaruh roh jahat yang mengganggu hidup manusia.

Praktek exorcism, atau dalam istilah Islam yaitu ruqyah, telah lama dipraktekkan. Semenjak era kenabian hingga zaman modern ini yang kemudian didukung oleh teknologi canggih untuk membantu mengungkap keberadaan roh jahat. Teknologi yang ada dipakai untuk menangkap suara, gelombang panas, bayangan pada kamera dan foto, dan masih banyak hal lainnya.

Tema pengusiran arwah ini kemudian banyak diangkat ke dalam film di berbagai negara, tidak terkecuali perfilman Hollywood. Dengan teknologi special-effect yang canggih, penampakan roh jahat bisa ditampilkan dengan realistis. Jikapun tidak, suasana mencekam akan disuguhkan dalam film-film jenis ini. Dari beberapa film bertema serupa, kami pilihkan 15 di antaranya.

1. The Exorcist

The Exorcist

Salah satu film horror terbaik yang sudah menjadi klasik ini adalah adaptasi dari novel best-seller karya William Peter Blatty yang filmnya disutradarai oleh William Friedkin. Kesuksesan film ini mendunia dan hingga saat ini masih bertengger di posisi atas sebagai film horror terlaris sepanjang masa.

Banyak adegan mengerikan dan mencekam sepanjang film, salah satunya adalah dimana gadis cilik yang kerasukan roh jahat berputar kepalanya hingga 360 derajat. Pada saat itu, adegan ini sangat menakutkan.

Sayangnya, kelegendarisan film ini menjadi sedikit tercoreng dengan hadirnya beberapa film sequel maupun prequel yang kualitasnya buruk sekali, yaitu Exorcist II: The Heretic [1977], The Exorcist III [1990], Exorcist: The Beginning [2004] dan Dominion: Prequel to the Exorcist [2005].

2. The Conjuring

The Conjuring

Ed dan Lorraine Warren adalah pasangan paranormal yang terkenal karena praktek exorcism yang mereka lakukan di era 1970an. Salah satu kasus yang mereka tangani kemudian dijadikan dasar cerita film ini yang terjadi di tahun 1971 di Rhode Island, USA.

Patrick Wilson dan Vera Farmiga tampil bersinergi dengan chemistry yang padu diantara mereka. Banyak adegan mengerikan yang mengejutkan sehingga membuat kita kaget setengah mati. Sutradara James Wan memang ahlinya dalam hal mengejutkan penonton.

Kesuksesan film ini kemudian diikuti oleh The Conjuring 2 [2016] yang menceritakan pengalaman pasangan ini dalam mengusir roh jahat di sebuah rumah di London, UK.

3. Constantine

Constantine

Film yang merupakan adaptasi komik terbitan DC/Vertigo Comics ini menampilkan Keanu Reeves sebagai seorang exorcist yang mampu masuk ke alam akhirat untuk memusnahkan roh jahat yang merasuki manusia. Dirinya sendiri memiliki perjanjian terikat dengan Lucifer, sang Raja Iblis. Salah satu metode yang digunakan adalah menangkap roh jahat dengan cermin besar dan memecahkannya.

Meski dirinya terkesan cuek dan urakan, tetapi dia memiliki hati yang baik dan etos kerja yang tinggi untuk menyelamatkan umat manusia dari roh-roh jahat yang tidak pernah bosan mengganggu hidup manusia.

4. The Exorcism of Emily Rose

The Exorcism of Emily Rose

Film drama-horror ini lebih mengedepankan situasi persidangan atas pendeta yang dituduh menewaskan pasiennya dalam sebuah praktek exorcism. Tetapi meski begitu, adegan kerasukan dan exorcism-nya cukup mengejutkan dan inovatif, salah satunya adalah badan korban yang terpelintir hingga susah dilihat lagi bentuknya.

Cerita film ini berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh Anneliese Michel yang tewas karena praktek exorcism di Jerman pada tahun 1976.

Uniknya, film ini menampilkan banyak roh yang merasuki satu tubuh yang semuanya adalah tokoh jahat legendaris, antara lain Cain, Nero, Judas Iscariot, Belial dan Lucifer sendiri. Dan metode yang digunakan oleh sang pendeta adalah metode kuno yang sudah tidak digunakan lagi selama 400 tahun.

5. Deliver Us From Evil

Deliver Us From Evil

Flashback pada masa perang Amerika dengan kaum militan di Irak, tiga orang tentara AS – Santino (Sean Harris), Griggs (Scott Johnsen), dan Jimmy (Chris Coy) – menemukan sebuah gua dan memasukinya. Dinding gua tersebut dipenuhi tulisan yang mencurigakan. Siapa sangka, pengalaman tiga orang tentara yang masuk ke dalam gua tersebut ternyata membawa imbas buruk beberapa tahun kemudian.

Di masa sekarang, seorang polisi bernama Ralph Sarchie (Eric Bana) menyelidiki beberapa kasus kejahatan yang melibatkan ketiga tentara AS tersebut. Lambat laun Sarchie menyadari bahwa ini bukan kasus kriminal biasa. Pertemuan Sarchie dengan seorang pendeta modern bernama Mendoza (Edgar Ramirez) mengubah cara pandang Sarchie yang atheis.

Segera Sarchie dan Mendoza sadar bahwa tentara AS yang masuk ke dalam gua di Irak itu kerasukan setan. Mendoza menyanggupi untuk mengusir setan dalam raga Santino (salah satu dari ketiga tentara AS itu), tetapi ia harus mengetahui nama setan yang merasukinya terlebih dahulu.

6. Stigmata

Stigmata

Seorang wanita mengalami luka-luka yang sama dengan seluruh luka yang ada pada tubuh Yesus. Peristiwa ini kemudian diselidiki oleh pendeta yang dikirim dari Vatikan. Dengan berbagai cara exorcism, akhirnya sang pendeta tahu, bahwa wanita ini dirasuki oleh arwah seorang pendeta yang tewas karena melukai dirinya sendiri.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram