Bacaterus / Film Horror / 10 Film Bertema Exorcism (Pengusiran Roh Jahat) Terbaik

10 Film Bertema Exorcism (Pengusiran Roh Jahat) Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Februari 2019

Exorcism adalah sebuah aktivitas mengusir roh jahat dari tubuh manusia atau benda yang dilakukan oleh tokoh spiritual, seperti pendeta Katolik atau kyai Islam. Masing-masing tokoh atau golongan agama dan spiritual ini memiliki cara atau metode masing-masing yang dianggap mampu untuk menghilangkan pengaruh roh jahat yang mengganggu hidup manusia.

Praktek exorcism, atau dalam istilah Islam yaitu ruqyah, telah lama dipraktekkan. Semenjak era kenabian hingga zaman modern ini yang kemudian didukung oleh teknologi canggih untuk membantu mengungkap keberadaan roh jahat. Teknologi yang ada dipakai untuk menangkap suara, gelombang panas, bayangan pada kamera dan foto, dan masih banyak hal lainnya.

Tema pengusiran arwah ini kemudian banyak diangkat ke dalam film di berbagai negara, tidak terkecuali perfilman Hollywood. Dengan teknologi special-effect yang canggih, penampakan roh jahat bisa ditampilkan dengan realistis. Jikapun tidak, suasana mencekam akan disuguhkan dalam film-film jenis ini. Dari beberapa film bertema serupa, kami pilihkan sepuluh di antaranya.

10 Film Bertema Exorcism Terbaik

1. The Exorcist [1973]

The Exorcist

Salah satu film horror terbaik yang sudah menjadi klasik ini adalah adaptasi dari novel best-seller karya William Peter Blatty yang filmnya disutradarai oleh William Friedkin. Kesuksesan film ini mendunia dan hingga saat ini masih bertengger di posisi atas sebagai film horror terlaris sepanjang masa.

Banyak adegan mengerikan dan mencekam sepanjang film, salah satunya adalah dimana gadis cilik yang kerasukan roh jahat berputar kepalanya hingga 360 derajat. Pada saat itu, adegan ini sangat menakutkan.

Sayangnya, kelegendarisan film ini menjadi sedikit tercoreng dengan hadirnya beberapa film sequel maupun prequel yang kualitasnya buruk sekali, yaitu Exorcist II: The Heretic [1977], The Exorcist III [1990], Exorcist: The Beginning [2004] dan Dominion: Prequel to the Exorcist [2005].

2. Stigmata [1999]

Stigmata

Seorang wanita mengalami luka-luka yang sama dengan seluruh luka yang ada pada tubuh Yesus. Peristiwa ini kemudian diselidiki oleh pendeta yang dikirim dari Vatikan. Dengan berbagai cara exorcism, akhirnya sang pendeta tahu, bahwa wanita ini dirasuki oleh arwah seorang pendeta yang tewas karena melukai dirinya sendiri.

Dengan melakukan perjanjian dengan arwah, akhirnya wanita ini bisa diselamatkan. Sekilas di akhir film, ditampilkan keberadaan Injil St. Thomas, Kitab Injil yang dipercaya ditulis di zaman kehidupan Yesus, yang diingkari keberadaannya oleh Vatikan.

3. Constantine [2005]

Constantine

Film yang merupakan adaptasi komik terbitan DC/Vertigo Comics ini menampilkan Keanu Reeves sebagai seorang exorcist yang mampu masuk ke alam akhirat untuk memusnahkan roh jahat yang merasuki manusia. Dirinya sendiri memiliki perjanjian terikat dengan Lucifer, sang Raja Iblis. Salah satu metode yang digunakan adalah menangkap roh jahat dengan cermin besar dan memecahkannya.

Meski dirinya terkesan cuek dan urakan, tetapi dia memiliki hati yang baik dan etos kerja yang tinggi untuk menyelamatkan umat manusia dari roh-roh jahat yang tidak pernah bosan mengganggu hidup manusia.

4, The Exorcism of Emily Rose [2005]

The Exorcism of Emily Rose

Film drama-horror ini lebih mengedepankan situasi persidangan atas pendeta yang dituduh menewaskan pasiennya dalam sebuah praktek exorcism. Tetapi meski begitu, adegan kerasukan dan exorcism-nya cukup mengejutkan dan inovatif, salah satunya adalah badan korban yang terpelintir hingga susah dilihat lagi bentuknya.

Cerita film ini berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh Anneliese Michel yang tewas karena praktek exorcism di Jerman pada tahun 1976.

Uniknya, film ini menampilkan banyak roh yang merasuki satu tubuh yang semuanya adalah tokoh jahat legendaris, antara lain Cain, Nero, Judas Iscariot, Belial dan Lucifer sendiri. Dan metode yang digunakan oleh sang pendeta adalah metode kuno yang sudah tidak digunakan lagi selama 400 tahun.

5. The Unborn [2009]

The Unborn

Jika biasanya roh jahat bisa diusir oleh pendeta dengan salib dan air suci, maka roh jahat dalam film ini tidak mempan dengan cara itu. Kenapa? Karena roh jahat yang ditampilkan dan merasuki tubuh wanita dalam film ini adalah Dybbuk, sosok roh legendaris dalam agama Yahudi yang sudah ada sebelum Yesus dilahirkan.

Sehingga dibutuhkan seorang Rabbi yang paham dengan mantra-mantra berbahasa Ibrani dari lembaran Taurat agar roh jahat ini bisa dikembalikan ke alamnya. Meski film ini dianggap gagal, tetapi pemaparan sosok Dybbuk dan segala kemampuannya cukup menambah pengetahuan bagi kita.

6. The Last Exorcism [2010]

The Last Exorcism

Film yang menggunakan found-footage style ini cukup menegangkan dengan berbagai tampilan kerasukan yang cukup inovatif yang belum pernah ada di film-film sejenisnya. Meski terkesan lambat, tetapi pondasi mencekam yang dibangun cukup baik hingga membuat kita terus ingin mengikuti jalan ceritanya hingga akhir.

Roh jahat yang ditampilkan di sini bernama Abalam, salah satu Raja Neraka yang paling dekat dengan Lucifer, berdasarkan tradisi Yahudi. Sequel-nya, The Last Exorcism Part II [2013], hadir dengan format film standar yang menuai banyak kritikan.

7. The Rite [2011]

The Rite

Film dengan bintang Anthony Hopkins ini berdasarkan kisah nyata perjalanan seorang calon exorcist mendampingi pendeta veteran dalam melakukan praktek pengusiran roh jahat.

Awalnya, dia tidak memiliki keyakinan yang penuh dan keimanan yang kuat akan Tuhan. Tetapi setelah sang pendeta veteran dirasuki oleh Baal, salah satu putra Lucifer, akhirnya dia mampu untuk mengembalikan keyakinannya akan Tuhan dan mengusir Baal kembali ke Neraka.

Film yang mengambil lokasi syuting di Roma dan Budapest ini diakui oleh mayoritas exorcist sebagai film yang menampilkan metode exorcism yang akurat sebagaimana yang mereka praktekkan selama ini.

8. The Possession [2012]

The Possession

Sekali lagi Dybbuk dihadirkan dalam sebuah film yang diproduseri oleh Sam Raimi ini. Dybbuk yang bersembunyi di dalam sebuah kotak tua, merasuki anak-anak dalam sebuah keluarga sehingga melakukan perbuatan-perbuatan yang diluar akal sehat manusia.

Sang ayah akhirnya meminta bantuan seorang Rabbi yang berhasil memasukkan kembali Dybbuk ke dalam kotaknya dan membawanya pergi dengan meninggalkan keluarga itu dengan aman. Tetapi di akhir film, sang Rabbi mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya dan kembali melepaskan Dybbuk dari kotaknya.

9. The Devil Inside [2012]

The Devil Inside

Hadir dengan gaya dokumenter, film yang menggambarkan metode-metode exorcism ini menampilkan banyak adegan menakutkan, meski semuanya kebanyakan adalah pengulangan film-film sejenis yang pernah ada sebelumnya.

Kisahnya sendiri bercerita tentang seorang wanita yang mencari tahu penyebab ibunya yang mengalami kerasukan hingga membunuh tiga orang. Dengan bantuan para exorcist, dia berusaha menyembuhkan ibunya. Tetapi karena roh jahat ini cukup kuat dan bisa berpindah-pindah ke tubuh manusia dengan cepat dan langsung mempengaruhinya, sehingga susah untuk ditaklukkan. Bahkan hingga film berakhir.

10. The Conjuring [2013]

Ed dan Lorraine Warren adalah pasangan paranormal yang terkenal karena praktek exorcism yang mereka lakukan di era 1970an. Salah satu kasus yang mereka tangani kemudian dijadikan dasar cerita film ini yang terjadi di tahun 1971 di Rhode Island, USA.

Patrick Wilson dan Vera Farmiga tampil bersinergi dengan chemistry yang padu diantara mereka. Banyak adegan mengerikan yang mengejutkan sehingga membuat kita kaget setengah mati. Sutradara James Wan memang ahlinya dalam hal mengejutkan penonton.

Kesuksesan film ini kemudian diikuti oleh The Conjuring 2 [2016] yang menceritakan pengalaman pasangan ini dalam mengusir roh jahat di sebuah rumah di London, UK.

Meski tidak semua film jenis ini memiliki kualitas yang baik, tetapi setidaknya kita sebagai penonton pastinya cukup terkejut dengan beberapa adegan mencekam dalam setiap filmnya.

Plus, kita akan ditambah pengetahuannya tentang berbagai macam roh jahat dari berbagai tradisi dan pengusirannya dengan berbagai macam metode dari para exorcist. Tentunya film dengan tema ini akan terus dibuat, dan semoga menampilkan inovasi yang lebih baik dari film-film sebelumnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar