Bacaterus / Film Kriminal / 10 Film dengan Tema Penyanderaan Terbaik Sepanjang Masa

10 Film dengan Tema Penyanderaan Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Tindak kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku kriminal banyak macamnya. Salah satunya adalah penyanderaan. Menurut definisinya, penyanderaan ialah menculik/menahan seseorang atau beberapa orang dengan maksud tertentu yang cenderung ke arah menyakiti fisik.

Motivasi para penyandera ini berbagai macam jenisnya, ada yang meminta tebusan, ada yang dikarenakan kepanikan, ada juga yang memang mengincar orang yang disandera sejak lama atas dasar dendam.

Berbagai macam kisah penyanderaan sudah sangat sering difilmkan oleh Hollywood. Sudah pasti ketegangan selalu ada dalam film berjenis ini. Kepiawaian penulis naskah dalam membuat dialog dan tensi cerita yang baik juga adalah faktor utama kualitas film seperti ini. Tidak kalah pentingnya juga adalah kemampuan akting memukau yang ditampilkan oleh para pemerannya.

Berikut ini kami pilihkan sepuluh film yang mengusung tema tentang penyanderaan, berikut motivasi dan cara mereka menyandera. Dan tentu saja penyelesaian yang dicapai pada akhir film.

10 Film dengan Tema Penyanderaan Terbaik

1. The Taking of Pelham One Two Three [1974]

The Taking of Pelham One Two Three

Film yang diangkat dari novel karya John Godey ini mengisahkan komplotan penjahat yang membajak kereta api dan menyandera para penumpangnya demi mendapat tebusan sebesar $1 juta. Ketegangan film ini adalah ketika kepala stasiun mencoba bernegosiasi dengan pimpinan komplotan sekaligus mengulur waktu bagi kepolisian untuk mencari cara menyelamatkan para penumpang.

Dengan berbagai cara, akhirnya para penjahat bisa dilumpuhkan dan kereta bisa dihentikan sebelum mencapai ujung rel yang buntu. Di tahun 2009 film ini di remake dengan bintang Denzel Washington dan John Travolta.

2. Die Hard [1988]

Die Hard

Salah satu film action terbaik ini mengisahkan penyanderaan yang dilakukan oleh organisasi kriminal yang dipimpin oleh Hans Gruber di gedung pencakar langit demi mendapatkan uang sebesar $ 640 juta. Dengan persenjataan berat yang lengkap, mereka menyandera semua orang yang ada di gedung tersebut, tetapi ada seorang polisi yang lolos.

Ya, dialah John McClane yang berusaha seorang diri untuk melumpuhkan pencurian berkedok terorisme ini yang juga mengancam nyawa istrinya. Pada akhirnya McClane berhasil mengalahkan pimpinan penjahat ini dengan menembaknya sehingga jatuh dari atas gedung yang tinggi.

3. Speed [1994]

Speed

Lewat film yang mengangkat nama Keanu Reeves ke jajaran aktor papan atas Hollywood ini, penyanderaan terjadi di dalam bus yang jika kecepatannya dikurangi akan meledakkan bom yang tersembunyi di dalam bus.

Bersama seorang wanita yang menggantikan sopir bus yang tertembak oleh sang peneror, polisi ini mencoba menyelamatkan seluruh penumpang bus dengan berbagai cara. Hingga pada akhirnya dia bisa mengalahkan sang peneror dalam permainan pikiran, taktik dan baku hantam di dalam kereta bawah tanah di mana mereka saling berhadapan.

4. The Ref [1994]

The Ref

Ketika hendak mencuri di rumah seorang konseling pernikahan, dirinya tidak sengaja memencet alarm dan digigit oleh anjing penjaga rumah. Mau tidak mau dia harus menyandera pasangan suami-istri tersebut.

Lewat perdebatan hingga perbincangan dari hati ke hati, akhirnya sang pencuri dilepaskan dengan membawa si anjing bersamanya tepat sebelum polisi sampai di rumah itu. Film ini bergenre black comedy dengan bahasa yang kasar tetapi lucu dan cukup menyentil.

5. The Negotiator [1998]

The Negotiator

Seorang polisi jujur dipecat dari kesatuannya karena fitnah yang dituduhkan kepadanya dalam penyelidikan sebuah pembunuhan. Dia menjadi stress dan frustrasi sehingga menyandera para polisi di sana termasuk salah seorang penyidik dari Infernal Affairs. Dia hanya meminta penjelasan atas pemberhentian sepihak itu.

Lalu kepolisian mengirim seorang negosiator yang sudah sangat berpengalaman untuk bernegosiasi dengan sang penyandera. Drama antara mereka berdua sangat menegangkan. Ternyata dirinya mengetahui jika komandannya yang telah menjebak dirinya.

6. John Q [2002]

John Q

Seorang ayah terpaksa menyandera seluruh orang di rumah sakit demi mendapatkan perawatan yang baik bagi anaknya yang menderita pembesaran hati. Hal ini dia lakukan karena tidak memiliki biaya dan perawatannya tidak ditanggung oleh asuransi dan rumah sakit.

Setelah melewati proses panjang negosiasi dengan pihak yang berwajib dan mengalami ketegangan yang cukup berarti, akhirnya sang anak mendapatkan donor dan segera dioperasi, sehingga sang ayah menyerahkan diri dan ditangkap.

7. Hostage [2005]

Hostage

Seorang mantan negosiator S.W.A.T. menghadapi sebuah situasi dimana seluruh anggota keluarganya disandera oleh orang yang sangat mengenalnya. Sembari mencari tahu siapa sang penyandera, dia berusaha mencari cara untuk menyelamatkan istri dan anaknya dari penyanderaan. Bruce Willis bermain cukup baik dan bersinergi dengan putri kandungnya yang berperan sebagai sang anak yang disandera.

8. Inside Man [2006]

Inside Man

Dengan maksud merampok bank, komplotan penjahat sekaligus menyandera para karyawan dan nasabah yang sedang berada di bank tersebut.

Dalam cerita film ini, tidak hanya dua pihak yang melakukan negosiasi, penjahat dan polisi, tetapi juga ada pihak ketiga yang tidak mau kotak depositnya di bank tersebut diambil sang penjahat pula, sehingga dia menugaskan wakilnya untuk bernegosiasi juga kepada penjahat ini.

Hasilnya negosiasi mereka gagal dan para penjahat berhasil lolos menyamar sebagai korban sandera di tengah kerumunan sandera yang berhasil dilepaskan. Tetapi ada satu orang lagi yang masih tertinggal dan berhasil melakukan pencurian barang-barang berharga di dalam brankasnya. Dia keluar dengan selamat setelah berhari-hari di dalam ruangan yang dia buat sendiri di dalam bank sesuai rencananya.

9. Money Monster [2016]

Money Monster

Dalam sebuah siaran televisi berisi berita ekonomi yang disiarkan secara langsung, host acara disandera secara mendadak oleh pria yang mengaku telah menghabiskan uangnya membeli saham perusahaan yang ternyata saat ini sedang mengalami masalah keuangan.

Dalam keputusasaannya itu yang membuat tegang seluruh isi studio, kejadian ini tetap disiarkan secara langsung sehingga ditonton oleh masyarakat.

Polisi sudah mengepung gedung studio, tetapi sebelum sempat terjadi apa pun, sutradara acara berhasil menjebak pimpinan perusahaan yang ternyata melakukan korupsi terhadap perusahaannya sendiri. Meski telah mendapat jawaban, sang penyandera membuat gerakan mendadak yang membuat polisi menembaknya hingga tewas.

10. Air Force One [1997]

Air Force One

Tidak diragukan lagi, inilah film yang menampilkan keberanian dan patriotisme seorang presiden fiktif USA dalam layar lebar yang diperankan oleh Harrison Ford. Dia dan seluruh anggota keluarga dan staffnya disandera di dalam pesawat kepresidenan Air Force One dalam sebuah pembajakan yang dilakukan oleh teroris Rusia.

Dengan keahliannya sebagai veteran Perang Vietnam, melumpuhkan para teroris satu persatu hingga pimpinannya di akhir film dengan cara menjatuhkan sang teroris dari bagasi pesawat.

Itulah sepuluh film yang menampilkan situasi penyanderaan. Dengan berbagai motif, mulai dari balas dendam, kekurangan ekonomi, hingga unsur politik mewarnai beberapa film di atas.

Dalam kehidupan nyata, kejadian seperti ini sering terjadi beberapa tahun belakangan ini yang dilakukan oleh kelompok radikal seperti ISIS dan komplotannya. Bahkan beberapa WNI sempat disandera di perairan Filipina oleh kelompok Abu Sayyaf. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali sehingga perdamaian bisa tercipta di seluruh dunia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *