Bacaterus / Film Barat / 10 Film Berlatar Belakang Afrika Terbaik yang Sarat Makna

10 Film Berlatar Belakang Afrika Terbaik yang Sarat Makna

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Januari 2019

Afrika adalah benua terbesar kedua dengan jumlah populasi terbanyak kedua setelah Asia. Benua yang terkenal dengan mayoritas penduduknya yang berkulit hitam ini dari dahulu hingga sekarang masih banyak tertinggal dengan benua lainnya dan masih banyak terjadi konflik di negara-negara yang dianggap negara dunia ketiga.

Penduduk Afrika masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan, bahkan beberapa negara masih memiliki masalah bencana kelaparan. Meski tangan kemanusiaan dari seluruh dunia sudah dan selalu membantu, tetapi hingga detik ini, semua masalah di benua yang pernah menjadi koloni negri-negri penjajah ini masih belum terselesaikan.

Bagi insan perfilman, Afrika adalah sebuah lokasi yang menyimpan banyak sumber cerita menarik untuk diolah, salah satunya adalah sosok Nelson Mandela, tokoh perjuangan Afrika Selatan. Dengan landscape yang masih alami, ada yang dipenuhi hutan rimba belantara, ada juga yang gersang dengan padang pasir nan panas, memunculkan banyak keinginan para sineas untuk membuat film disana.

Meski tidak banyak, tetapi mayoritas film yang melakukan syuting disana, khususnya produksi Hollywood, memiliki kualitas di atas rata-rata dan selalu dianggap sebagai kandidat Oscar. Mari kita telusuri bersama, film apa sajakah yang mengambil lokasi syuting di benua Afrika? Berikut ini kami pilihkan sepuluh terbaik diantaranya.

10 Film Berlatar Belakang Afrika Terbaik

1. Out of Africa [1985]

out of africa

Film petualangan nan romantis yang diperankan oleh Robert Redford dan Meryl Streep ini mengambil lokasi di Kenya era Perang Dunia I. Dengan raihan tujuh Oscar di berbagai kategori, film ini membayar lunas kerja keras para kru dalam membesut film ini.

Beberapa lokasi yang tidak bisa diakses oleh kendaraan, terpaksa membuat mereka berjalan kaki puluhan kilometer dengan membawa perangkat syuting dengan tambahan kru penduduk asli yang tidak bisa berbicara bahasa Inggris. Belum lagi dengan banyaknya binatang buas yang ikut melihat apa yang mereka kerjakan selama syuting yang bisa saja mengancam hidup mereka.

2. Cry Freedom [1987]

cry freedom

Film biografi Steve Biko, tokoh aktivis Afrika Selatan, yang diperankan oleh Denzel Washington ini melakukan syuting di Zimbabwe dan Kenya karena tidak diizinkan untuk masuk dan syuting di Afrika Selatan yang pada saat itu masih berada di masa apartheid.

Dinominasikan di tiga kategori Oscar, film ini menampilkan sejarah kelam rezim apartheid berkulit putih yang menindas warga asli berkulit hitam yang membuat seorang aktivis ini wafat di dalam penjara yang tidak diketahui sebab kematiannya.

3. Lord of War [2005]

lord of war

Film yang menceritakan tentang dealer senjata yang memasok persenjataan untuk para pemberontak di negara-negara konflik ini mengambil salah satu lokasi syutingnya di Cape Town, Afrika Selatan.

Nicolas Cage dan Jared Leto, dua aktor yang berperan sebagai kakak-beradik di film ini, menyatakan mereka terpesona dengan keindahan benua Afrika dalam konteks alam yang masih natural. Meski seringkali khawatir dengan banyaknya binatang buas disana-sini, mereka merasa senang selama syuting di ibukota Afrika Selatan dan negara sekitarnya, seperti Liberia dan Sierra Leone.

4. Black Hawk Down [2001]

black hawk down

Somalia adalah salah satu negara konflik dan miskin di Afrika. Banyak pasukan militer dari berbagai negara yang tergabung di dalam PBB mengamankan negara itu. Salah satunya adalah pasukan AS yang melakukan misinya untuk membekuk Mohamed Farrah Aidid, salah satu tokoh penting dalam konflik di Somalia.

Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini menampilkan kisah nyata yang terjadi di tahun 1993 tersebut. Banyak aktor ternama yang ikut serta dalam film ini, antara lain Josh Hartnett, Eric Bana dan Ewan McGregor. Film ini adalah salah satu film perang terbaik.

5. The Constant Gardener [2005]

the constant gardener

Film karya Fernando Meirelles ini menampilkan banyak sisi kota dan perkampungan di Nairobi, Kenya. Mulai dari rumah-rumah ekspatriat hingga perkampungan kumuh yang padat penduduk di bawah garis kemiskinan diperlihatkan secara gamblang.

Kisahnya sendiri bertutur tentang pencarian seorang suami atas istrinya yang dinyatakan hilang. Akting Ralph Fiennes dan Rachel Weisz mampu menguras emosi penonton dalam film yang diadaptasi dari novel karya John le Carre ini.

6. Blood Diamond [2006]

blood diamond

Sutradara Edward Zwick sudah dikenal sebagai sineas yang sangat memperhatikan nilai cinematography yang tinggi. Tidak terkecuali di film ini. Dia mampu menyuguhkan pemandangan alam dan kehidupan yang keras penuh konflik di Sierra Leone era 1990an akhir.

Dengan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Jennifer Connelly dan Djimon Honsou, film ini menceritakan perebutan sebuah berlian darah oleh beberapa pihak yang bernilai tinggi. Leonardo DiCaprio dan Djimon Honsou masuk nominasi di kategori Best Actor dan Best Supporting Actor lewat akting mereka di film ini.

7. The Last King of Scotland [2006]

the last king of scotland

Idi Amin adalah seorang presiden Uganda yang memerintah di tahun 1971-1979. Dia dikenal sebagai pemimpin yang keras dan sadis terhadap warganya, hal ini dibuktikan dengan jumlah penduduk yang terbunuh berkisar antara 100 ribu hingga 500 ribu jiwa menurut data yang dikumpulkan dari berbagai organisasi kemanusiaan.

Di film yang sebenarnya merupakan kisah fiksi ini, meski memiliki seting waktu dan kejadian nyata, tokoh ini diperankan dengan sangat baik oleh Forest Whitaker yang mengantarkannya meraih Oscar sebagai Best Actor. Keseluruhan lokasi syuting dilakukan semua di tempat-tempat dimana peristiwa itu terjadi di Uganda.

8. District 9 [2009]

district 9

Jika biasanya kita disuguhkan kisah-kisah alien dan UFO dalam film selalu berseting di Amerika, maka kali ini sutradara asli Afrika Selatan, Neill Blomkamp, menampilkan peradaban alien yang terpuruk di bumi Afrika dan menjadi warga kelas dua di negara tersebut.

Film yang didukung produksinya oleh Peter Jackson ini banyak mencuri perhatian publik berkat cerita yang menarik dan visualisasi alien yang sangat baik dan nyata, yang juga kemudian mengangkat nama salah satu aktornya, Sharlto Copley, untuk kemudian berkarir di perfilman Hollywood.

9. Invictus [2009]

invictus

Film ini mengisahkan penggalan kisah kehidupan Nelson Mandela, tokoh pergerakan dan Presiden Afrika Selatan di masa itu. Sosok Nelson Mandela diperankan dengan penuh wibawa oleh Morgan Freeman dan Matt Damon berperan sebagai kapten tim nasional rugby di Piala Dunia Rugby 1995 dimana mereka berhasil meraih gelar juara.

Keseluruhan syuting dilakukan di lokasi-lokasi aslinya, termasuk Stadion Ellis Park, dimana mereka mengangkat trofi Piala Dunia Rugby tersebut.

10. Queen of Katwe [2016]

queen of katwe

Film tentang catur ini adalah salah satu film sport-drama terbaik produksi Disney Studio yang memang secara reguler selalu ada di setiap tahunnya. Mengambil cerita dari kisah nyata Phiona Mutesi, seorang anak yang tidak mengenyam pendidikan secara formal yang menjadi juara catur tingkat internasional.

Film ini mengambil lokasi syuting di Uganda, tempat asli cerita ini berasal, dan didukung oleh semua sosok nyata yang memberikan masukan tentang bagaimana mereka bisa menguasai dan menjuarai olahraga catur ini. Sutradara Mira Nair kembali membuktikan kehandalannya dalam menyorot kehidupan masyarakat bawah dengan segala aspek hidup dan kesulitan mereka.

Mayoritas film yang mengambil cerita dan lokasi syuting di sana, memang selalu menampilkan kehidupan mereka yang jauh dari kata layak untuk masa kini. Seakan-akan semua sineas ingin mengajak para penonton untuk peduli kepada kehidupan mereka dan membantu dengan apa yang kita punya dan yang bisa kita lakukan.

Semoga untuk ke depannya, tanah Afrika bisa terbebas dari kelaparan, kemiskinan dan konflik yang tiada henti, agar para penduduknya bisa menjalani kehidupan mereka dengan baik.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Film Berlatar Belakang Afrika Terbaik yang Sarat Makna”

Tinggalkan komentar