Bacaterus / Film Barat / 10 Film Hollywood Terbaik yang Diadaptasi dari Mainan

10 Film Hollywood Terbaik yang Diadaptasi dari Mainan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mainan sangat lekat dengan dunia anak. Mungkin hidup akan terasa hampa bagi anak kecil jika tidak ada mainan di tangan mereka. Industri mainan sangat pesat sejak akhir 1970an. Biasanya mainan baru bermunculan ketika ada sebuah film berorientasi keluarga yang sukses, sehingga dibuatkan versi mainannya. Contohnya ketika film Star Wars [1977] meraih box-office, banyak perusahaan mainan membuat replika para karakternya.

Tetapi tidak hanya film yang menginspirasi industri mainan, sebaliknya, terkadang mainan juga bisa menginspirasi sebuah cerita dan diangkat ke layar lebar. Terutama itu adalah mainan yang populer di mata anak-anak.

Berharap meraih keuntungan besar dengan kesuksesan mainannya, maka diproduksilah film-film dengan cerita dan karakter yang berdasarkan mainan tersebut. Hal ini pun disambut baik oleh para produsen mainan yang juga bertindak selaku executive producer dalam film-film mereka.

Berikut ini kami pilihkan sepuluh film yang berdasarkan mainan populer, baik dalam animasi atau pun live-action.

1. Clue [1985]

clue

Board game yang lebih dikenal dengan nama cluedo ini adalah permainan yang sangat populer pada masanya. Tiga sampai enam orang pemain harus bisa memecahkan misteri pembunuhan yang terjadi di sebuah mansion lengkap dengan cara pembunuhannya. Permainan produksi Hasbro ini kemudian diadaptasi ke dalam film oleh Jonathan Lynn dengan banyak bintang film ternama di dalamnya dengan genre comedy.

Meski mendapat respon negatif dan pendapatan yang kurang baik, tetapi saat ini film ini kemudian menyandang status cult classic. Uniknya, pada saat perilisan di bioskop, film ini memiliki tiga buah ending yang disebar ke bioskop-bioskop secara acak, sehingga para penonton akan memiliki ending yang berbeda. Untungnya, ketiga versi ending ini ditampilkan semua dalam versi home video-nya.

2. My Little Pony: The Movie [1986]

my little pony

Mainan My Little Pony adalah salah satu produk mainan andalan Hasbro yang dirilis untuk anak-anak perempuan. Mainan ini sangat populer bahkan hingga sekarang, tentunya dengan berbagai macam inovasi yang disesuaikan dengan zaman.

Filmnya sendiri dirilis dalam bentuk animasi dan diisisuarakan oleh Danny DeVito, Madeline Kahn dan banyak lagi artis lainnya yang ikut menyumbangkan suara mereka di film karya Michael Joens ini.

Untuk animasinya dibuat oleh Toei Animation dari Jepang dan AKOM dari Korea Selatan. Meski tidak begitu sukses, film ini kemudian melahirkan beberapa film TV sejak 1986 sampai 2016 lalu. Kabarnya, My Little Pony akan dibuatkan film versi barunya masih dalam bentuk animasi di tahun 2017 ini.

3. Mars Attacks! [1996]

mars attacks

Pernah bermain trading card? Mars Attacks! adalah salah satu yang paling populer dari permainan ini. Sejak dirilis di tahun 1962 oleh Topps, permainan ini sudah mengalami banyak revisi dan inovasi, bahkan sudah sampai dibuat serial komiknya.

Film adaptasinya sendiri bergenre comedy dengan tampilan yang unik dan nyentrik khas sutradara Tim Burton dengan bertaburan bintang film ternama di dalamnya, termasuk Jack Nicholson, Pierce Brosnan dan Natalie Portman. Dengan pameran special-effects memukau dari Industrial Light & Magic, film ini ternyata kurang begitu mendapat respon baik.

4. Transformers [2007]

transformers

Rasa-rasanya, Transformers adalah mainan yang paling dikenal oleh anak kecil sedunia. Mainan andalan Hasbro ini awalnya adalah produksi Takara, sebuah perusahaan mainan di Jepang. Kemudian Hasbro membeli hak distribusi untuk peredaran di Amerika dan pada akhirnya seluruh perusahaan dibeli sahamnya oleh Hasbro.

Film pertamanya yang dibesut oleh Michael Bay dalam versi live-action mampu memukau semua penonton dan disambut hangat oleh banyak pihak yang puas dengan visualisasi dan ceritanya. Tetapi sayangnya, beberapa film setelahnya mengalami penurunan kualitas, meski special-effects yang ditampilkan tetap maksimal.

5. Kit Kittredge: An American Girl [2008]

kit kittredge

Selain Barbie, American Girl adalah mainan anak perempuan yang sangat populer hingga merambah sampai ke dunia buku dengan hadirnya serial buku American Girl yang cukup dikenal oleh masyarakat Amerika. Kit Kittredge adalah salah satu karakter American Girl yang diceritakan hidup di era Great Depression sekitar tahun 1930an.

Dalam versi filmnya, karakter ini diperankan dengan sangat baik oleh Abigail Breslin dan kisahnya sendiri banyak menyimpan pesan moral yang positif bagi anak perempuan dalam menghadapi hidupnya.

6. G.I. Joe: The Rise of Cobra [2009]

GI Joe

Nah, ini dia mainan yang dibuat khusus bagi anak laki-laki! Sejak kehadirannya di tahun 1964, mainan action figures produksi Hasbro ini langsung memikat hati para anak laki-laki, karena karakternya banyak dan lengkap dari berbagai bidang militer, seperti US Army (Angkatan Darat), US Navy (Angkatan laut), Air Force (Angkatan Udara), Marine Corps (Korps Marinir) dan yang terbaru adalah Action Nurse (Perawat Palang Merah).

Sudah dua film layar lebar yang dirilis yang semuanya berhasil meraih pendapatan box-office yang tinggi meski kualitas filmnya banyak mendapat kritikan.

7. Battleship [2012]

battleship

Board game yang satu ini usianya sudah cukup tua, yaitu sejak tahun 1915 dan mulai dipublikasikan di tahun 1930an. Milton Bradley kemudian merilisnya dalam bentuk board game plastik di tahun 1967. Film adapatasinya mencoba menuangkan sensasi permainan ini dalam sebuah film perang melawan alien dengan berbagai macam senjata berat dan nuansa patriotisme.

Sayangnya, film yang dibintangi oleh Rihanna ini kurang mendapat respon baik dari semua pihak, terutama dari sisi cerita dan akting para bintangnya.

8. The LEGO Movie [2014]

lego movie

Siapa sih yang gak kenal mainan LEGO? Mainan ini adalah mainan terpopuler yang memiliki range usia terluas dari balita sampai remaja tanggung, bahkan ada orang dewasa yang masih memainkannya. Saking populernya, saat ini sudah ada enam buah Legoland amusement park di seluruh dunia.

Film layar lebarnya yang berbentuk animasi sangat sukses secara kualitas dan juga pendapatannya. Bumbu humor yang ditampilkan sangat lucu, pesan moral tentang keberanian juga sangat mengena, dan tentunya, animasi yang ditampilkan mampu memanjakan mata dan kesan LEGO-nya sendiri tidak hilang malah menjadi sangat hidup.

9. Ouija: Origin of Evil [2016]

ouija

Ternyata, permainan sejenis jelangkung tidak hanya milik masyarakat Indonesia saja, masyarakat Amerika mengenal Ouija, yaitu sebuah papan berisi huruf-huruf dan sebuah potongan kayu berbentuk hati dengan kaca ditengahnya, yang fungsinya untuk melihat bentuk arwah yang datang. Permainan ini sudah dikenal sejak akhir tahun 1890an dan banyak dipercaya oleh paranormal barat bisa sebagai media untuk mendatangkan arwah.

Film pertamanya yang dirilis di tahun 2014 memang sedikit mengecewakan, tetapi film keduanya, yang berupa prequel, lebih menyeramkan dibandingkan film sebelumnya.

10. Trolls [2016]

trolls

Boneka troll asal Denmark ini sudah populer sejak era 1960an hingga saat ini yang selalu digemari oleh berbagai generasi. Sempat turun pamornya di tahun 2005, tetapi sejak dibeli hak patennya oleh DreamWorks, mainan ini kembali populer seiring dirilisnya film animasi yang terkenal dengan lagu “Can’t Stop the Feeling!” yang dinyanyikan oleh Justin Timberlake.

Film ini menuai banyak respon positif dan pendapatan box-office yang cukup baik sehingga akan dibuatkan sequel-nya yang akan dirilis di tahun 2020 nanti.

Dominasi Hasbro sebagai produsen mainan sangat kentara di dunia film, karena Hasbro bekerjasama dengan Michael Bay dan production house yang dimilikinya, Platinum Dunes. Padahal masih banyak produsen mainan lain yang mainannya diadaptasi ke dunia film, seperti Mattel dengan Barbie dan Monster High. Tetapi sayangnya, film-film produksi Mattel hanya merambah di layar kaca dan home video saja.

Masih banyak proyek-proyek film yang akan mengadaptasi berbagai bentuk permainan lainnya. Dan tentunya, kita harapkan ditampilkan dengan kualitas yang baik.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *